5 Jenis Produk Asuransi yang Penting Dimiliki dan Cara Memilihnya

Produk asuransi merupakan produk keuangan yang berguna untuk melindungi diri dari berbagai resiko kerugian finansial ketika musibah datang menghampiri.

Musibah kerap datang pada saat yang tidak dapat di prediksikan. Misalnya, jatuh sakit dan harus berobat di rumah sakit, terjadi kecelakaan, mobil di curi orang hingga terjadi rumah kebanjiran.

Di sinilah fungsi asuransi, kamu akan mendapatkan proteksi atau perlindungan dari sisi keuangan yang diberikan oleh perusahaan asuransi. Misalnya, biaya perawatan, biaya penggantian barang hilang, biaya kebanjiran akibat bencana banjir dan lain sebagainya.

Dengan memiliki asuransi, sudah pasti akan membuat kamu menjadi lebih tenang, dan tak perlu khawatir jika terjadi musibah sewaktu-waktu.

Bayangkan saja, jika suatu saat tiba-tiba rumah akan kebanjiran atau kebakaran? atau kamu tiba-tiba di vonis dokter mengidap penyakit tertentu yang membutuhkan pengobatan dengan biaya yang tak murah? Stres pastinya, apalagi jika tak punya asuransi.

Berapa banyak kerugian finansial yang harus kamu tanggung? Tentu tak sedikit. Namun, semua resiko tersebut bisa kamu kelola dengan cukup memiliki asuransi.

Pastikan kamu paham dengan baik manfaat dari asuransi untuk hidupmu kelak. Ya, memang bayar polis asuransi biasanya bulanan atau tahunan, dan untuk merasakan manfaatnya tidak langsung. Namun di saat darurat tiba, kamu tak perlu panik atau stres keuangan, karena asuransi siap melindungimu.

Buat kamu yang lagi mencari-cari jawaban, apakah sudah waktunya punya asuransi? Jawabnya. Ya.

Apa saja asuransi penting yang perlu kamu miliki?  Supaya kamu paham, berikut ulasan penting 5 produk asuransi yang bisa jadi pertimbangan untuk kamu miliki.

1. Asuransi Kesehatan

loader

Asuransi kesehatan adalah produk asuransi yang memberikan proteksi terhadap resiko kesehatan dengan berbagai skema dan pilihan manfaat asuransi.

Saat ini, pemerintah telah memiliki program asuransi kesehatan bagi seluruh rakyat Indonesia lewat program Jaminan Kesehatan Nasional yang dikelola oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan).

Khusus BPJS Kesehatan, kamu bisa mendaftarakan diri secara perorangan atau lewat tempat kerja untuk menjadi peserta BPJS Kesehatan. Lalu setelah terdaftar, kamu bisa memanfaatkan fasilitas kesehatan dengan berobat secara gratis sesuai dengan kelas BPJS yang kamu pilih.

Selain BPJS, apabila kamu ingin memperoleh benefit asuransi kesehatan yang lebih, kamu tentunya bisa membeli produk asuransi kesehatan yang dikelola oleh perusahaan asuransi swasta. 

Membeli produk asuransi kesehatan merupakan salah satu cara untuk kamu melindungi dirimu dari risiko finansial yang tentunya bisa membantu kamu terhindar dari kebangkrutan atau utang menggunung ketika mengalami sakit yang membutuhkan biaya berobat yang mahal.

Jadi jangan berpikir, bayar polis tapi tidak dapat apa-apa. Itu pemikiran yang tidak tepat. Sebab asuransi memang bukanlah hal yang kamu nikmati di masa sekarang, namun untuk masa depan atau lebih tepatnya, saat masa-masa darurat terjadi. 

Variasi manfaat produk asuransi swasta jauh lebih menarik dan banyak manfaatnya. Mulai dari pelayanan rawat inap, rawat jalan, pertanggungan biaya persalinan, gigi, mata, penyakit kritis, ganti kacamata dan lain sebagainya.

Cara Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik: 

  • Pilihlah produk asuransi kesehatan yang sesuai kebutuhan dengan harga premi yang tentunya sesuai anggaranmu.
  • Teliti dan pelajari polisnya. Ketahui apa saja manfaat asuransi (coverage) yang ditawarkan. 
  • Bandingkan produk asuransi kesehatan A dan B, cek mana manfaat yang lebih sesuai kebutuhan. 
  • Pelajari cara klaim asuransi kesehatan, ingat ya cek juga kondisi-kondisi yang dikecualikan yang tertera di polis asuransi.  

Baca Juga: Pentingnya Memilih Asuransi Kesehatan yang Menanggung Biaya Rawat Jalan

2. Asuransi Jiwa

loader Asuransi jiwa adalah produk asuransi yang memberikan perlindungan jika terjadi resiko kematian pada pemegang polis.

Asuransi jiwa ini sangat penting dimiliki untuk mereka yang telah berkeluarga atau menjadi tulang punggung keluarga.

Manfaat utama dari asuransi jiwa adalah memberikan santunan meninggal dunia kepada ahli waris dan memberikan santunan atas risiko cacat total/sebagian.

Ada jenis produk asuransi jiwa yang murni seperti pengertian di atas, dan ada juga jenis asuransi jiwa kredit, dimana asuransi jiwa kredit ini biasanya menjadi produk bundling dengan fasilitas kredit yang diberikan oleh bank.

Umumnya, untuk produk asuransi jiwa kredit ini, nantinya nasabah bank yang meminjam sejumlah uang di bank otomatis akan membayar premi asuransi jiwa kredit. Sehingga apabila ada resiko kematian pada nasabah, dan terjadi potensi gagal bayar cicilan kreditnya, maka perusahaan asuransi akan menanggung pembayaran sisanya.

Cara Memilih Asuransi Jiwa Terbaik: 

  • Pilihlah produk asuransi jiwa yang sesuai kebutuhan dengan harga premi yang tentunya sesuai anggaranmu.
  • Ketahui besarnya uang pertanggungan  (UP)  atau besaran manfaat (klaim) yang diterima.
  • Bandingkan produk asuransi jiwa A dan B. 
  • Pilih perusahaan asuransi yang memiliki kredibilitas baik.
  • Teliti dan pelajari isi polisnya. 
  • Pelajari cara klaim asuransinya dan cek juga kondisi-kondisi yang dikecualikan yang tertera di polis asuransi.  

3. Asuransi Mobil

  loader

Asuransi mobil memberi perlindungan terhadap mobil pribadi dari resiko bencana alam, kebakaran, kerusakaan, dan kecelakaan. Ketahui ada dua jenis asuransi mobil: asuransi mobil all risk dan asuransi mobil total loss only (TLO).

Rinciannya, dengan asuransi mobil all risk, mobil anda akan dilindungi dengan semua jenis resiko termasuk tabrakan kecil hingga kendaraan hilang. Sedangkan untuk asuransi mobil TLO, kendaraan anda hanya dilindungi untuk kecelakaan besar yang mengakibatkan kecelakaan lebih dari 80% atau kendaraan hilang.

 Jika kamu memiliki mobil, penting untuk mengasuransikannya karena resiko saat berkendara sangat tinggi.

Cara Memilih Asuransi Mobil Terbaik: 

  • Pilihlah produk asuransi mobil yang sesuai kebutuhan dengan harga premi yang tentunya sesuai dengan nilai mobil dan anggaranmu.
  • Teliti dan pelajari polisnya. Pilih manfaat asuransi (coverage) yang kamu butuhkan.
  • Pelajari cara klaimnya, dan cek juga kondisi-kondisi yang dikecualikan yang tertera di polis asuransi. 
  • Pilih dan bandingkan produk asuransi mobil, mulai dari asuransi mobil konvensional hingga asuransi mobil syariah di situs cermati.com , dan kamu bisa mendapatkan asuransi mobil terbaik dan termurah. Bandingkan Asuransi Mobil Terbaik Sekarang  

Baca Juga: Pilih Asuransi Mobil Syariah atau Konvensional? Cek Perbedaannya

4. Asuransi Pendidikan

loader

Asuransi pendidikan berfungsi layaknya tabungan masa depan untuk menjamin kelangsungaan pendidikan anak-anak di tengah mahalnya biaya pendidikan, dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi.

Saat ini, banyak produk tabungan bank yang otomatis digabung dengan asuransi pendidikan. kamu bisa memilih skema ini karena pada dasarnya kita menabung untuk dana pendidikan.

Namun, kamu wajib paham bahwa asuransi pendidikan bukanlah tabungan pendidikan. Ingat ya, sebelum kamu membeli asuransi pendidikan, pastikan dulu kamu paham dengan baik produk asuransi yang ditawarkan. 

Umumnya, asuransi pendidikan ini merupakan produk asuransi unit link yang menyertakan investasi. Cara kerjanya, dana yang terkumpul akan diinvestasikan oleh perusahaan asuransi ke berbagai instrumen atau portofolio investasi yang menurut mereka tepat dan menguntungkan. Tapi, perlu diketahui, dalam setiap investasi tak hanya untung saja, ada juga risikonya.

Cara Memilih Asuransi Pendidikan Terbaik: 

  • Pilihlah produk asuransi pendidikan sesuai tujuan keuangan.
  • Pastikan jumlah dana sesuai dengan target biaya pendidikan.
  • Teliti dan pelajari polisnya. Jangan mudah tergiur untung saja,
    pahami risiko dan cara kerja asuransi pendidikan.
  • Bandingkan produk asuransi pendidikan A dan B. Pilih yang sesuai kebutuhan dan biaya premi yang tidak memberatkan. 
  • Pelajari cara klaim asuransi pendidikan dan cek juga kondisi-kondisi yang dikecualikan yang tertera di polis asuransi.  

5. Asuransi Properti

  loader

Asuransi properti merupakan salah satu bagian dari produk asuransi umum. Asuransi properti dapat melindungi properti dengan kepemilikan sebagai rumah tinggal/apartemen, usaha pabrik/kos-kosan, dan lain sebagainya dari resiko kerusakan, pencurian dan kebakaran.

Nantinya, perusahaan asuransilah yang akan menanggung segala biaya yang timbul akibat resiko kerusakan yang terjadi. Umumnya, manfaat asuransi properti adalah kamu bisa mendapat ganti rugi atas kebakaran, pencurian, hingga bencana alam atas properti yang telah diasuransikan. 

Selain itu, asuransi properti tidak hanya berlaku untuk bangunan yang sudah jadi dan ditempati. Tapi juga untuk bangunan yang masih dalam proses pembangunan.

Cara Memilih Asuransi Properti Terbaik: 

  • Pilihlah produk asuransi properti sesuai kebutuhan dengan harga premi yang sesuai anggaran.
  • Teliti dan pelajari polisnya. Ketahui apa saja manfaat asuransi (coverage) yang ditawarkan. 
  • Bandingkan produk asuransi A dan B, cek mana manfaat yang lebih sesuai kebutuhan. 
  • Pelajari cara klaim asuransi properti dan cek juga kondisi-kondisi yang dikecualikan yang tertera di polis asuransi.  

Yuk Mulai Berasuransi

Demikianlah penjelasan masing-masing produk asuransi krusial yang perlu kamu miliki. Tentukan dulu apa saja prioritas dan tujuan keuanganmu. Lalu, saat kamu akan membeli asuransi, pastikan kamu beli produk asuransi yang kamu paham dan memilih manfaatnya sesuai dengan kebutuhanmu.

Jangan lupa, pilih besaran premi yang sesuai dengan anggaran supaya tidak stres finansial. Saatnya kamu cermat memilih asuransi dan menikmati manfaat yang didapatkan di masa mendatang. 

Baca Juga: Agar Tidak Gagal Paham, Ini Istilah-Istilah Asuransi yang Perlu Diketahui