5 Jenis Produk Asuransi Yang Penting Anda Miliki

Produk asuransi adalah produk finansial yang berguna untuk melindungi Anda dari resiko kerugian finansial yang terjadi di kehidupan. Terkait dengan hal tesebut, proteksi yang diberikan asuransi tentunya akan membuat Anda berpikir lebih tenang dan mampu bekerja secara maksimal. Siapa yang bisa menyangka suatu saat tiba-tiba rumah kita kebakaran, atau Anda mengidap penyakit tertentu yang membutuhkan pengobatan dengan biaya yang tak murah. Tidak bisa bukan? Semua resiko tersebut harus kita kelola agar terhindar dari kerugian finansia. Sehingga membeli polis asuransi adalah pilihan yang paling tepat. Nah berikut lima jenis produk asuransi yang penting Anda miliki.

1. Asuransi Kesehatan

Asuransi Kesehatan

Asuransi Kesehatan via studying-in-us.org

 

Asuransi kesehatan adalah produk asuransi yang memberikan proteksi terhadap resiko kesehatan dengan berbagai skema dan pilihan manfaat asuransi. Saat ini, pemerintah telah memiliki program asuransi kesehatan bagi seluruh rakyat Indonesia lewat program Jaminan Kesehatan Nasional yang dikelola oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan). Anda bisa mendaftarakan diri secara perorangan atau lewat tempat kerja untuk menjadi peserta BPJS Kesehatan dan bisa berobat secara gratis dengan kelas perawatan tertentu.

Namun, Jika ingin memperoleh benefit asuransi kesehatan yang lebih, Anda tentunya bisa membeli produk asuransi kesehatan yang dikelola oleh perusahaan asuransi swasta. Variasi manfaat produknya menarik dan banyak, dari mulai pelayanan rawat inap, persalinan, gigi, ganti kacamata dan sebagainya. Pilihlah produk asuransi kesehatan yang sesuai kebutuhan dengan harga premi yang bisa dijangkau dengan penghasilan Anda.

Saat ini, beberapa perusahaan juga sudah menawarkan asuransi yang disebut asuransi unit link. Artinya Anda membayar premi asuransi tiap bulan dengan benefit sebagai proteksi kesehatan sekaligus investasi saham. Menarik bukan? Membeli produk asuransi kesehatan adalah investasi sangat penting untuk perlindungan pembiayaan kesehatan dan tentunya membantu Anda terhindar dari bahaya finansial ketika mengalami sakit yang membutuhkan biaya mahal.

2. Asuransi Jiwa

Asuransi Jiwa

Asuransi Jiwa via myasuransisyariah.files.wordpress.com

 

Asuransi jiwa adalah produk asuransi yang memberikan perlindungan jika terjadi resiko kematian pada pemegang polis. Asuransi ini tentunya akan memberikan perlindungan jangka panjang terhadap ahli waris jika Anda tutup usia. Namun, selain produk asuransi jiwa yang murni seperti pengertian di atas, ada varian baru asuransi jiwa yang disebut asuransi jiwa kredit. Asuransi Jiwa Kredit ini biasanya menjadi produk bundling dengan fasilitas kredit yang diberikan oleh bank.

Nantinya nasabah bank yang meminjam sejumlah uang di bank otomatis akan membayar premi asuransi jiwa kredit. Sehingga jika ada resiko kematian pada nasabah, dan terjadi potensi gagal bayar cicilan kreditnya, maka perusahaan asuransi akan menanggung pembayaran sisanya.

 

Baca Juga: 4 Alasan Kenapa Asuransi Jiwa Penting Untuk Anda

3. Asuransi Mobil

Asuransi Mobil

Asuransi Mobil via medullainfomata.com

 

Asuransi mobil memberi perlindungan terhadap mobil pribadi dari resiko bencana alam, kebakaran, kerusakaan, dan kecelakaan. Ada dua jenis Asuransi mobil, asuransi mobil all risk dan asuransi mobil total loss only (TLO). Dengan asuransi mobil all risk, mobil anda akan dilindungi dengan semua jenis resiko termasuk tabrakan kecil hingga kendaraan hilang. Sedangkan untuk asuransi mobil TLO, kendaraan anda hanya dilindungi untuk kecelakaan besar yang mengakibatkan kecelakaan lebih dari 80% atau kendaraan hilang.

 Jika Anda memiliki mobil, penting untuk mengasuransikannya karena resiko saat berkendara sangat tinggi. Pilih produk asuransi mobil dengan premi yang sesuai dengan nilai mobil Anda dan sesuaikan dengan manfaat perlindungan yang Anda inginkan. Di situs asuransi cermati.com anda bisa membandingkan asuransi mobil dari perusahaan asuransi ternama sehingga anda bisa mendapatkan asuransi mobil terbaik dan termurah.

Bandingkan Asuransi Mobil Terbaik Sekarang  

4. Asuransi Pendidikan

Asuransi Pendidikan

Asuransi Pendidikan via bbsfinder.com

 

Asuransi pendidikan berfungsi layaknya tabungan masa depan untuk menjamin kelangsungaan pendidikan putra-putri Anda di tengah mahalnya biaya pendidikan dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi. Saat ini, banyak produk tabungan bank yang otomatis digabung dengan asuransi pendidikan. Anda bisa memilih skema ini karena pada dasarnya kita menabung untuk dana pendidikan putra-putri Anda.

Baca Juga : Pentingnya Asuransi Pendidikan Bagi Anak

5. Asuransi Properti

Asuransi Properti

Asuransi Properti via rmjmarket.com

 

Asuransi properti nantinya akan melindungi rumah dan bangunan milik Anda dari resiko kerusakan dan kebakaran. Asuransi jenis ini ada yang All Risk, artinya melindungi semua jenis kerusakan dengan pengecualian tertentu. Asuransi properti tidak hanya berlaku untuk bangunan yang sudah jadi dan ditempati. Tapi juga untuk bangunan yang masih dalam proses pembangunan. Perusahaan asuransi akan menanggung segala biaya yang timbul akibat resiko kerusakan yang terjadi.

Yuk Mulai Berasuransi

Nah, demikianlah penjelasan masing-masing produk asuransi krusial yang perlu Anda beli. Tentunya, besaran premi perlu disesuaikan dengan jumlah penghasilan Anda tiap bulan. Satu hal yang penting lagi adalah Anda paham dengan jenis produk asuransi serta manfaat yang diberikan serta pastikan Anda membaca polis asuransi secara cermat. Cermat memilih asuransi, manfaat yang didapatkan tentu akan sangat banyak.