Nikah Berkesan dengan Budget Rp20 Juta, Simak Simulasi dan Tipsnya

Berencana menikah dan ingin memulai kehidupan yang baru, Anda dan pasangan tentu berharap bisa menggelar sebuah pesta pernikahan yang berkesan dan penuh dengan kenangan. Hal ini sangat wajar, sebab pada kenyataannya hampir semua pasangan akan memimpikan hal yang sama.

Namun untuk sebuah pesta pernikahan yang besar dan berkesan, tentu akan dibutuhkan dana yang juga tak kalah besar, bukan?

Pada dasarnya, sebuah pernikahan yang sederhana juga bisa saja berkesan dan terlihat elegan, bahkan meski hanya memiliki budget Rp20 Juta saja untuk semua kebutuhan pernikahan. Awalnya hal ini mungkin terdengar sedikit mustahil, mengingat akan ada banyak sekali kebutuhan yang harus dipenuhi untuk sebuah pesta pernikahan.

Namun, jika Anda dan pasangan bisa mengelola dana tersebut dengan baik dan mengalokasikannya dengan sangat hati-hati sesuai dengan anggaran ketat yang telah diatur sejak awal, maka pernikahan berkesan dengan budget Rp20 Juta ini bisa saja terlaksana dengan baik.

Baca Juga : Ternyata Ini Keuntungan Pilih Hari Kerja Sebagai Tanggal Pernikahan

Lakukan Perhitungan dan Susun Anggaran yang Tepat

anggaran pernikahan
Perhitungan dan Penyusunan Anggaran Pernikahan

Untuk bisa sukses dengan pernikahan yang hemat, pastikan Anda dan pasangan telah menyusun anggaran pernikahan yang ketat sejak awal. Hal ini penting, agar semua rencana dan juga uang keluar dapat dikelola dengan tepat, sehingga dana Rp20 Juta tersebut cukup untuk semuanya.

Meski ketat, susunlah anggaran ini dengan masuk akal. Artinya, anggaran tersebut memang mungkin untuk dijalankan dengan baik dan bisa membuat pesta pernikahan berjalan lancar dan berkesan.

Simak simulasi anggaran pernikahan berikut ini, yang bisa diterapkan dengan dana Rp20 Juta saja:

Undangan     (100 x Rp2.000)

Rp200.000,-

Souvenir        (150 x Rp4.000)

Rp600.000,-

Tenda + perlengkapan lainnya

Rp3.000.000,-

Dekorasi                   

Rp1.000.000,-

Salon + sewa baju pengantin

Rp3.000.000,-

Dokumentasi + sewa kamera

Rp1.000.000,-

Makanan + kue-kue

Rp8.000.000,-

Biaya tak terduga    

Rp3.200.000,-

Total 

Rp20.000.000,-

Baca Juga : Tips Mempersiapkan Tabungan untuk Pernikahan Anda dan Pasangan

Rencanakan dengan Matang dan Hemat

rencana pernikahan
Rencana Pernikahan

Pada simulasi di atas, jelas terlihat beberapa pos pengeluaran terbesar dipangkas atau bahkan dihilangkan. Hal tersebut tentu harus dilakukan dengan pertimbangan yang matang, agar tidak sampai mengganggu acara pernikahan Anda nantinya.

Simak beberapa tips berikut ini, yang bisa dijadikan sebagai pertimbangan untuk membuat pesta pernikahan Rp20 Juta tetap berkesan dan berjalan dengan lancar:

1. Adakan Pesta di Rumah

Di dalam pesta pernikahan, biaya sewa gedung adalah salah satu komponen biaya yang paling besar, jadi Anda harus menghilangkannya dari pos pengeluaran. Tidak perlu memaksakan diri untuk menggelar pesta di gedung yang sewanya bisa saja mencapai belasan hingga puluhan juta, sebab ini akan menghabiskan lebih dari setengah dana yang Anda miliki.

Adakan pesta pernikahan di rumah, agar biaya bisa ditekan. Hal ini juga memungkinkan Anda untuk memiliki pesta pernikahan yang hangat dan kental dengan nuansa kekeluargaan.

2. Selektif dalam Memilih Tamu

Penting untuk selektif dalam memilih tamu undangan yang akan menghadiri pesta tersebut, sebab hal ini akan secara langsung mempengaruhi besaran biaya yang akan dikeluarkan nanti. Semakin banyak tamu, tentu biaya yang dibutuhkan juga akan semakin besar.

Undanglah hanya keluarga serta kerabat dekat saja, ditambah dengan teman dekat serta kolega Anda dan pasangan. Pilih dan tentukan tamu undangan ini secara selektif, jika perlu, libatkan juga orangtua ketika mempertimbangkannya.

3. Pilih Undangan dan Souvenir yang Unik tapi Murah

Murah, tapi jangan yang murahan. Ada banyak undangan yang bisa dipilih bersama pasangan, bahkan meski budget-nya terbatas. Saat ini, undangan dengan kisaran harga Rp2.000,- saja juga sudah cukup baik dan bisa dijadikan sebagai pilihan.

Pesan undangan untuk tamu tertentu saja, sebab untuk para sahabat dekat dan keluarga, mengundang secara langsung tentu akan jauh lebih baik. Hal yang sama juga berlaku untuk souvenir, dengan kisaran harga Rp4000,- saja sudah bisa mendapatkan yang unik dan lucu. Pesan souvenir ini lebih banyak dari undangan, agar teman dekat dan keluarga yang Anda undang langsung juga kebagian.

4. Atur Sendiri Dekorasi

Alokasikan juga dana untuk kebutuhan dekorasi, agar pesta berkesan dan terlihat elegan. Atur sendiri dekorasi pesta, termasuk berbagai pernak-pernik serta bunga yag ingin digunakan nantinya. Ini akan jauh lebih hemat, daripada menggunakan jasa dekorasi dari pihak lain.

5. Sewa Baju Pengantin

Tidak perlu membeli baju pengantin yang harganya berjuta-juta, sebab pakaian ini bahkan hanya digunakan satu kali saja. Sewa baju pengantin tersebut, termasuk untuk pagar ayu dan keluarga lainnya (jika perlu). Ini akan menghemat banyak uang, mengingat harga busana pengantin juga terbilang sangat mahal.

6. Masak Sendiri Hidangan Pesta

Selain gedung, biaya katering adalah komponen terbesar lainnya di dalam anggaran pernikahan. Pangkas biaya ini dengan cara menyiapkan sendiri hidangan pestamu. Mintalah bantuan kepada keluarga, kerabat, atau bahkan tetangga yang memang ahli di bidang tersebut.

Jangan lupa untuk memberikan imbalan atas bantuan mereka, sebab ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan dalam mempersiapkan berbagai menu hidangan ini. Pilih dan coba beberapa menu yang Anda anggap tepat, sehingga tampilan dan rasanya tidak mengecewakan.

7. Sewa Kamera dan Gunakan Talenta yang Ada

Tidak perlu menggunakan jasa fotografer profesional, sebab ini akan membutuhkan dana yang cukup besar. Cukup sewa kamera dan mintalah bantuan kepada teman atau kerabat yang mahir membidik foto-foto cantik, sehingga acara pernikahan bisa diabadikan dengan baik. Dana di atas, sudah termasuk biaya cetak fotonya, hemat bukan?

8. Susun Acara Pesta yang Menarik & Libatkan Orang-Orang Terdekat

Meski sederhana, buatlah pestamu berkesan dan berjalan dengan menyenangkan. Lakukan hal ini dengan melibatkan teman, sahabat dan juga anggota keluarga lainnya. Penyusunan acara yang unik dan menarik, akan membuat suasana pesta terasa hangat dan menyenangkan.

9. Siapkan Biaya Tidak Terduga

Jangan lupa untuk menyiapkan biaya tak terduga, agar keuangan Anda dan pasangan tetap aman setelah pernikahan nanti. Jika tak terpakai, dana ini bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan lainnya, bukan?

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Sederhana, namun Berkesan

Pesta pernikahan menjadi salah satu hal yang selalu ingin dikenang, sehingga akan diupayakan agar berkesan bagi para tamu undangan. Meski dengan budget Rp20 Juta saja, Anda dan pasangan tetap bisa menikmati pesta berkesan ini, tentunya dengan rencana yang matang dan anggaran yang ketat.

Susun anggaran pestamu dengan hemat dan atur acara dengan menarik, sehingga pesta pernikahan tersebut berkesan untuk semua yang datang, terutama untuk Anda dan pasangan.

Baca Juga : Biaya Nikah: 12 Cara Unik Untuk Menghematnya