Rekomendasi Berbagai Obat Batuk Kering, Dari yang Alami Hingga yang Tersedia di Apotik

Batuk bukan merupakan sebuah penyakit. Ini hanyalah respon yang diberikan tubuh ketika ada masalah yang terjadi terhadap kesehatan seseorang. Batuk biasanya terjadi saat ada benda asing, entah itu alergen atau debu, masuk ke dalam saluran pernapasan.

Meski begitu, bukan berarti kamu bisa menyepelekan batuk loh. Pasalnya, selain mengganggu aktivitas, batuk juga bisa menjadi tanda awal dari beberapa penyakit serius. Bahkan batuk kering sekalipun, bisa menjadi gejala penyakit serius seperti GERD (refluks asam lambung) atau asma.

Lalu, apa itu sebenarnya batuk kering dan apakah ini bisa sembuh dengan sendirinya atau perlu diobati? Agar tidak termakan informasi palsu, simak ulasannya berikut.

Ketahui  Apa Itu Batuk Kering dan Penyebabnya

loader

Batuk sebenarnya ada dua jenis, yakni batuk kering dan batuk berdahak. Hal yang membedakan keduanya terletak pada ada tidaknya dahak yang dikeluarkan saat batuk. Karena tidak adanya dahak atau lendir yang dikeluarkan saat batuk, batuk kering juga dikenal sebagai batuk tidak produktif.

Batuk yang dialami oleh orang dengan kondisi ini biasanya terjadi secara kontinyu sehingga sangat mengganggu saat beraktivitas. Apalagi sulit untuk bisa mengendalikan batuk kering ketika sudah terjadi.

Kondisi ini merupakan reaksi yang menunjukkan bahwa terjadi peradangan atau iritasi pada sistem pernapasan. Seringkali, belakang tenggorokan jadi terasa kering dan gatal ketika seseorang mengalami batuk kering. Hal ini akan semakin terasa saat ada di tempat yang kering atau ruangan dengan AC.

Penyebab dari batuk kering sendiri ada berbagai macam. Mulai dari infeksi virus, GERD, asma, terpapar debu dan asap, terpapar zat allergen, hingga penyakit jantung. Selain batuk kering, berbagai kondisi tersebut juga memiliki gejala lain sesuai dengan kondisi yang dialami.

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

Rekomendasi Obat Batuk Kering

Ada banyak obat batuk kering di pasaran yang bisa kamu pilih. Jika mencari obat batuk kering di apotik, carilah yang berjenis antitusif. Dalam obat-obatan tersebut terkandung guaifenesin dan dextromethorphan yang ampuh untuk atasi batuk kering.

Alam selalu menyediakan apa saja yang dibutuhkan manusia, tidak terkecuali obat untuk berbagai penyakit. Saat mengalami batuk kering pun, ada banyak bahan alam yang bisa digunakan.

Jika tidak menyukai obat-obatan buatan pabrik, kamu bisa memilih obat batuk kering yang mudah ditemukan di sekitarmu. Berbagai bahan alami ini bermanfaat untuk mengurangi radang penyebab batuk.

Berikut beberapa rekomendasi obat batuk kering di apotik dan obat batuk kering alami yang bisa kamu coba.

Obat Batuk Kering Alami
1. Capsaicin

Para pecinta pedas mungkin akan senang dengan obat batuk kering alami berikut ini. Pasalnya, senyawa capsaicin yang terkandung dalam cabai  bisa bermanfaat untuk mengatasi batuk kering yang sedang kamu alami.

Untuk bisa mendapatkan manfaat ini, kamu cukup menambahkan beberapa buah cabe rawit ke dalam makanan berkuah yang akan disantap. Kamu juga bisa mengkonsumsi capsaicin berbentuk kapsul untuk meredakan batuk kering.

2. Peppermint

Tidak hanya enak untuk membuat minuman, bahan alami yang satu ini juga efektif untuk mengatasi batuk kering. Kandungan mentol di dalam peppermint mampu mengatasi keinginan untuk batuk dan mengurangi rasa sakit dengan cara membuat ujung saraf di tenggorokan yang mengalami iritasi mati rasa. Bahan alami ini juga memiliki kandungan antivirus dan antibakteri.

Untuk bisa mendapat manfaat ini, kamu hanya minum teh peppermint sesaat sebelum tidur. Minyak esensial peppermint juga bisa digunakan untuk perawatan aromaterapi. Bisa juga dengan mengonsumsi pereda tenggorokan isap yang di dalamnya mengandung bahan ini.

3. Jahe

Bumbu masak ini juga menjadi salah satu obat batuk kering alami yang efektif. Manfaatnya sudah teruji mampu mengatasi rasa tidak nyaman dan menghilangkan rasa sakit serta meningkatkan sistem imun. Hal ini dikarenakan adanya kandungan yang bersifat anti inflamasi dan antibakteri.

Minum air rendaman akar jahe dapat membantumu mengatasi batuk kering. Agar rasanya lebih enak, kamu bisa menambahkan madu ke dalam minuman tersebut. Jika ingin lebih praktis, kamu dapat langsung mengunyah jahe atau minum yang berbentuk kapsul.

4. Kunyit

Obat batuk kering alami berikutnya adalah kunyit. Rempah-rempah yang satu ini sudah dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan berkat adanya kandungan kurkumin di dalamnya.

Untuk mendapatkan manfaat yang optimal, campurkan seperdelapan sendok teh lada hitam dengan satu sendok teh kunyit dengan minuman seperti jus jeruk dingin. Bisa juga dicampurkan ke dalam  air hangat.

5. Madu

Madu merupakan salah satu bahan alam yang banyak berkhasiat untuk kesehatan, termasuk mengatasi batuk kering. Bahan herbal ini dapat mengurangi iritasi dengan melapisi tenggorokan dan mempunyai sifat antibakteri.

Anak-anak berumur lebih dari satu tahun hingga orang dewasa bisa mengkonsumsi obat ini. Caranya cukup campurkan air hangat maupun teh herbal dengan dua sendok teh madu. Dalam sehari, kamu bisa meminumnya satu atau dua kali.

Selain obat batuk kering alami, kamu juga bisa mendapatkan berbagai obat batuk buatan pabrik di apotek. Ada banyak obat batuk kering dewasa yang tersedia, kamu hanya perlu membeli yang paling cocok untukmu. Namun secara umum, pilihlah obat yang mengandung antihistamin atau antitusif.

Obat dengan kandungan antihistamin mampu menghalangi senyawa penyebab radang di tenggorokan. Sedangkan antitusif akan mengurangi keinginan untuk batuk karena bekerja dengan cara menekan refleks batuk di otak. Berikut beberapa rekomendasi obat batuk kering di apotik.

Baca Juga: Obat Flu Alami yang Ampuh

Obat Batuk Kering di Apotik

1. Actifed Plus Cough Suppressant

Obat ini mengandung triprolidine HCL, pseudoephedrine HCL, dan dextromethorphan HBr yang mampu mengatasi tenggorokan gatal, batuk kering, serta gejala flu. Konsumsi Actifed Plus Cough Suppressant sebanyak 5 ml atau satu sendok takar sehari 3 kali.

2. OBH Herbal

Kandungan akar manis, kencur, jahe yang ada di dalamnya dapat bermanfaat untuk melegakan tenggorokan dan mengatasi batuk. Bahan-bahan alami ini telah dipercaya mampu menghangatkan tenggorokan. Kamu bisa meminumnya sebanyak 15 ml atau satu sendok takar sehari tiga kali.

3. Bodrex Flu & Batuk PE

Di dalam obat ini mengandung dextromethorphan yang bekerja untuk meredakan batuk.  Ada juga paracetamol yang mampu mengatasi flu dan sakit kepala.

Manfaat dari Bodrex Flu & Batuk PE adalah untuk menurunkan panas serta melegakan hidung dan tenggorokan yang disebabkan oleh flu. Obat ini bisa diminum satu kaplet sehari tiga kali.

4. Konidin

Di dalam obat ini mengandung dextromethorphan dan guaifenesin yang ampuh untuk meredakan batuk. Manfaat lain dari Konidin ada mengatasi flu dan mengurangi radang tenggorokan. Konsumsi obat ini setelah makan sebanyak satu sampai dua tablet sehari tiga kali.

5. Siladex Antitussive

Obat ini mengandung bromhexine dan guaifenesin yang mampu meredakan batuk kering.  Dosis penggunaannya sebanyak 5 ml atau 1 sendok takar sehari tiga kali.

6. Woods Peppermint Antitussive

Di dalam obat ini terkandung dextromethorphan dan diphenhydramine yang bermanfaat sebagai antihistamin dan antitusif untuk mengatasi batuk kering. Obat ini dapat dikonsumsi orang dewasa dan anak di atas 12 tahun dengan dosis 10 ml atau dua sendok teh sehari tiga kali. Sementara untuk yang berusia 6 sampai 12 tahun cukup 5 ml atau satu sendok teh sehari tiga kali.

7. Vicks Formula 44

Rekomendasi terakhir obat batuk kering di apotik yang bisa kamu pilih adalah Vicks Formula 44. Obat ini mengandung dextromethorphan yang ampuh mengatasi batuk tidak berdahak serta bersin-bersin. Dosis penggunaannya sebanyak 10 ml atau dua sendok takar diminum maksimal sehari 6 kali dengan jeda 4 jam setiap kali konsumsi.

Baca Juga: Obat Batuk Berdahak Alami yang Mudah Ditemukan

Kombinasikan Obat Batuk Kering dengan Pola Hidup Sehat

Deretan obat-obatan di atas secara efektif mampu mengatasi batuk kering yang sedang kamu alami. Mau memilih obat batuk kering alami atau obat batuk kering di apotik, semua dapat membantu meredakan batuk tidak berdahak.

Tetapi selain mengandalkan obat, kamu juga perlu memperbaiki pola hidup. Biasanyakan untuk cukup istirahat, makan-makanan bergizi, serta cukupi cairan tubuh, agar proses kesembuhan jadi lebih cepat. Selain itu, pastikan kamu mengonsumsi obat sesuai dengan aturan dan petunjuk penggunaan.

Baca Juga: Kenali Manfaat Obat Ibuprofen dan Dosis Aman Pemakaiannya

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!