Obat Betadine: Deskripsi Produk, Manfaat, hingga Efek Sampingnya

Luka bisa datang kapan saja dan di mana saja. Sekecil apapun luka, jika tidak segera diobati bisa menyebabkan infeksi yang berpotensi menyebabkan masalah kesehatan serius di kemudian hari. Tidak heran jika di pasaran, ada begitu banyak produk antiseptik yang ditawarkan untuk mencegah masalah tersebut terjadi.

Salah satu yang namanya cukup populer adalah Betadine. Produk antiseptik ini sudah dikenal dan dipercaya oleh masyarakat sebagai salah satu obat untuk mengatasi infeksi. Di dalamnya terkandung bahan aktif povidone iodine (PVPI) yang berguna untuk menyingkirkan kuman-kuman pada luka.

Untuk lebih jelasnya, simak ulasan lengkap soal obat Betadine berikut ini.

Baca Juga: 7 Makanan yang Bisa Cepat Sembuhkan Luka

Apa Itu Betadine?

loader

Obat Betadine

Selama lebih dari 50 tahun, Betadine telah hadir dan dipercaya oleh tenaga kesehatan maupun masyarakat untuk mengatasi infeksi. Obat ini mengandung bahan aktif utama PVPI yang secara cepat bekerja menghalau kuman-kuman yang menyebabkan infeksi.

Obat ini sering digunakan sebagai pertolongan pertama ketika terjadi luka. Selain itu juga digunakan di rumah sakit untuk membersihkan bagian tubuh yang akan dioperasi.

Di Indonesia obat ini hadir dalam berbagai bentuk. Mulai dari obat oles untuk luka luar, sabun antiseptik, obat kumur, hingga cairan pembersih vagina. Selain hadir dengan banyak varian, harga yang ditawarkan untuk produk ini juga masih cukup terjangkau.

Macam-macam Produk Betadine

Kalau dikategorikan, produk ini terbagi menjadi protective care, feminine care, URTI care, dan wound care. Masing-masing dari kategori ini memiliki beberapa produk yang bisa diandalkan untuk mengatasi infeksi pada bagian tubuh yang berbeda-beda.

Jenis Produk

Penjelasan

Protective Care

Kategori ini menghadirkan produk untuk membersihkan tubuh. Ada dua varian yang dihadirkan, yakni berupa produk medis dan kebersihan harian. 

Untuk produk medis berupa antiseptic skin cleanser yang berguna membersihkan kulit sekaligus menyingkirkan kuman yang menyebabkan penyakit. Obat ini mengandung Povidone-Iodine.

Kemudian untuk produk kebersihan harian yakni berupa natural defense body wash. Meskipun merupakan sabun antiseptik yang ampuh untuk membunuh kuman, tetapi sabun ini masih tetap ramah untuk kulit. 

Ada dua varian dari sabun antiseptik ini, yakni Natural Defense Nourishing Manuka Honey & Moisturising Aloe Vera Body Wash dan Natural Defense Refreshing Pomegranate % Moisturising Aloe Vera Body Wash. Keduanya tersedia dalam ukuran 400ml dan 500ml.

Feminine Care

Untuk kategori ini, ada dua subkategori lagi di bawahnya, yakni Treatment and Red Days Feminine Wash dan Daily Use Feminine Wash Product. Perbedaan keduanya adalah untuk dipakai ketika sedang menstruasi dan untuk sehari-hari. 

Untuk produk yang digunakan pada saat menstruasi ada Betadine Feminine Hygiene PVPI 10%. Ini berguna sebagai disinfektan vagina. Fungsinya untuk mengatasi iritasi ringan, gatal-gatal, keputihan, yang ditimbulkan oleh Gardnella Vaginalls, Candida Albicans, dan Trichomonas Vaginalis.

Sementara untuk yang digunakan harian, ada tiga produk yang ditawarkan yakni Betadine Daily Use Feminine Wash Foam, Feminine Wash Natural, dan Feminine Wipes. Produk-produk ini berguna untuk melindungi flora normal di area kewanitaan dan menjaga kebersihan serta kesegaran area kewanitaan.

URTI Care

Produk-produk URTI Care ini dihadirkan untuk menjaga kebersihan dari mulut, hidung, dan tenggorokan. Ada 4 varian yang ditawarkan yakni Betadine Lozenges, Throat Spray, Cold Defence Nasal Spray, dan Mouthwash & Gargle.

Betadine Lozenges merupakan tablet hisap yang mengandung antiseptik sehingga dapat membuat tenggorokan lega. Kemudian Betadine Throat Spray mengandung PVPI 0,45% yang berguna untuk mengatasi bau mulut dan napas tak segar, gusi bengkak, sariawan, juga sakit tenggorokan.

Sementara Betadine Cold Defence Nasal Spray merupakan semprotan rongga hidung yang mengandung Carragelose. Fungsinya untuk mengurangi tingkat keparahan pilek dan flu. 

Sedangkan Betadine Mouthwash & Gargle hadir untuk mengatasi napas tak segar, gusi bengkak, sakit tenggorokan, sariawan, dan bau mulut.

Wound Care

Untuk kategori ini juga ada empat produk yang dihadirkan di pasaran. Ada Betadine Plester yang bermanfaat sebagai plester kedap air untuk mencegah infeksi pada luka. Lalu ada Betadine Antiseptic Solution yang berguna sebagai antiseptik untuk melenyapkan kuman infeksi.

Selanjutnya ada Betadine Antiseptic Solution Stick untuk menyingkirkan kuman yang menyebabkan luka tergores, terkelupas, lecet, terkoyak atau terpotong terinfeksi. Terakhir ada varian Betadine Antiseptic Ointment yang berbentuk salep untuk mencegah luka ringan seperti tergores, terbakar, atau terpotong mengalami infeksi.

Manfaat Betadine

loader

Betadine Mouthwash & Gargle

Obat Betadine hadir dengan berbagai varian yang bisa diandalkan untuk menyingkirkan kuman dan mencegah terjadinya infeksi di sejumlah bagian tubuh. Mulai dari kulit, hidung, mulut, hingga bagian intim kewanitaan. Berikut adalah manfaat Betadine untuk masing-masing varian.

  • Protective Care yang memiliki manfaat untuk membersihkan tubuh. Dua varian sabun mandi memiliki pH seimbang dan kaya vitamin E yang dapat membersihkan, melembapkan, dan melembutkan kulit. Kemudian ada juga varian Antiseptic Skin Cleanser untuk membersihkan kulit dan membunuh kuman.
  • Feminine Care bermanfaat untuk menjaga dan merawat area kewanitaan. Berbagai gejala iritasi ringan di area kewanitaan seperti gatal, keputihan, dan bau tak sedap bisa diatasi dengan berbagai produk di kategori ini. Di dalamnya juga terkandung prebiotik yang mendukung pertumbuhan bakteri baik.
  • URTI Care memiliki manfaat untuk mengatasi bau mulut, sariawan, sakit tenggorokan, dan gusi bengkak. Singkatnya, empat varian dari kategori ini bisa menjadi solusi untuk menjaga kebersihan oral.
  • Wound Care bermanfaat untuk membunuh kuman pada luka. Ada empat varian untuk kategori ini yang semuanya berfungsi untuk menyingkirkan kuman yang menyebabkan infeksi pada luka kecil seperti tergores, terpotong, atau terbakar.

Baca Juga: Miconazole: Obat Anti Jamur yang Efektif Atasi Masalah Infeksi Jamur pada Kulit

Efek Samping Betadine

Ada beberapa efek samping yang mungkin dirasakan ketika menggunakan obat Betadine, seperti: 

  • Iritasi pada kulit, mulut, atau bagian tubuh lain yang terpapar Betadine.
  • Vagina terasa nyeri.
  • Bengkak pada kulit.
  • Ruam.
  • Gatal. 

Jika gejala ini memburuk atau tidak lekas membaik, segera kunjungi fasilitas kesehatan terdekat. Begitu juga ketika muncul reaksi alergi obat.

Harga Betadine

Soal harga, Betadine ini ditawarkan dengan harga yang masih cukup terjangkau. Untuk bisa mendapatkan produknya kamu cukup mengeluarkan uang dari belasan ribu hingga ratusan ribu Rupiah, tergantung dari varian yang ingin digunakan.

Misalnya untuk produk kategori Feminine Care, Betadine Sirih Radiance Blossom dibanderol dengan harga sekitar Rp19 ribuan. Sementara untuk harga Betadine Cold Defence Nasal Spray dibanderol Rp180 ribuan.

Aturan Pakai dan Dosis Betadine

Masing-masing varian memiliki aturan penggunaan yang berbeda.

Jenis

Aturan Pakai dan Dosis

Berbagai Produk Protective Care

Kamu cukup menggunakan produk secukupnya lalu usapkan pada kulit yang sudah lebih dahulu dibasahi. Diamkan 30 detik lalu bilas.

Betadine Feminine Hygiene PVPI 10%

Larutkan 8ml atau 1 tutup botol ke dalam 1 liter air. Selanjutnya basuhkan di area kewanitaan. Biarkan sekitar satu menit kemudian bilas.

Betadine Daily Use Feminine Wash Foam

Tuang secukupnya ke tangan yang sudah dibasahi lalu usapkan ke area kewanitaan. Selanjutnya bilas hingga bersih.

Betadine Throat Spray

Semprotkan ke tenggorokan 3-4 kali sehari.

Betadine Mouthwash & Gargle

Gunakan 15ml dari produk ini untuk berkumur 3-5 kali sehari.

Betadine Antiseptic Ointment

Obat ini cukup dioleskan pada permukaan kulit yang luka 1-2 kali sehari.

Betadine Antiseptic Solution

Oleskan secukupnya ke kulit yang membutuhkan.

Hal yang Perlu Diperhatikan

  • Meskipun Betadine relatif aman untuk digunakan, tetapi jika luka yang dialami luas dan dalam obat ini tidak disarankan. Begitu juga jika luka bakar yang dialami parah, kamu disarankan untuk melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.
  • Jika memiliki alergi terhadap Povidone-Iodine atau obat yang memiliki kandungan bahan tersebut, beritahukan dokter. Begitu juga jika mempunyai gangguan ginjal atau fungsi tiroid.
  • Bayi yang beratnya kurang dari 1,5kg atau lahir prematur tidak diperbolehkan menggunakan Betadine.
  • Obat ini juga hanya boleh digunakan selama satu minggu. Jika selama tiga hari belum melihat perubahan, segera kunjungi dokter.
  • Obat ini juga berpotensi menimbulkan gangguan tiroid jika digunakan dengan obat lain yang mengandung lithium. 
  • Simpan obat di tempat yang terlindung dari sinar matahari dan sejuk. 

Gunakan Obat Betadine Secara Bijak

Harga Betadine yang lumayan terjangkau tidak menandakan bahwa obat ini bisa digunakan secara bebas tanpa aturan pakai. Biar bagaimanapun, Betadine tetap merupakan obat yang harus digunakan sesuai dengan petunjuk kemasan maupun dokter. Jadi, gunakanlah obat ini dengan bijak.

Baca Juga: Pudarkan Bekas Luka dan Atasi Flek Hitam Akibat Jerawat, Begini Cara Pakai dan Efek Samping Dermatix