15 Oleh-Oleh dari Lampung yang Khas untuk Dibawa Pulang!

Mau liburan ke Lampung? Selain menyiapkan budget untuk berwisata, jangan lupa siapkan budget untuk beli oleh-olehnya yang khas, ya. Pasalnya ada banyak sekali pilihan oleh-oleh menarik khas dari Lampung yang harus dicoba keluarga di rumah. 

Bingung mau beli oleh-oleh apa dari Lampung yang khas? Yuk simak rekomendasi selengkapnya berikut ini! 

Rekomendasi Oleh-Oleh dari Lampung yang Khas yang Wajib Dicoba 

Bingung cari asuransi perjalanan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Beli Asuransi Perjalanan Terbaik Sekarang!  

1. Lempok Durian

loader

Jika kamu termasuk penggemar buah durian, maka jangan lewatkan lempok durian yang memiliki cita rasa legit serta bikin nagih ini. Lempuk durian sendiri adalah sejenis makanan yang sangat mirip dengan dodol. 

Terbuat dari bahan dasar daging durian, sehingga cita rasa dan aromanya cukup kuat bikin selera benar tergoda. Jajanan ini cocok buat dijadikan buah tangan keluarga maupun sahabat yang suka dengan citarasa durian yang khas. 

2. Kopi Lampung

loader

Buat pencinta kopi, jangan sampai lupa beli oleh-oleh dari Lampung yang khas satu ini. Kopi khas Lampung bisa dibilang punya cita rasa yang berbeda dan bakal bikin nagih.

Jenis kopi yang dijual adalah kopi robusta dengan banyak pilihan seperti kopi robusta grade ELB-350, lanang, dan lowi. Jangan sampai lupa beli kopi Lampung yang khas ini, ya.

3. Browkis

loader

Lanjut untuk rekomendasi oleh-oleh dari Lampung yang khas ada Browkis. Ini merupakan kue brownies khas Lampung yang terbuat dari kulit pisang. Kamu tidak salah dengar, karena makanan khas ini memang terbuat dari bahan kulit pisang. 

Meskipun demikian, cita rasanya sangat lezat dan bikin ketagihan, lho. Selain itu, tersedia banyak pilihan rasa menarik untuk dicoba dan dibawa pulang yaitu choco chip, stroberi coklat, dan mix.

4. Dodol Pandan

loader

Selain lempuk durian, Lampung juga memiliki dodol khas yang selalu laris manis diburu oleh wisatawan. Dodol pandan memiliki cita rasa legit seperti dodol-dodol pada umumnya. Keunikannya ada pada aroma pandan yang membuat dodol terasa lebih harum. 

5. Bakso Sony

loader

Bakso merupakan makanan yang bisa ditemui dimana saja. Namun bagi pencinta bakso, setiap bakso memiliki ciri khasnya masing-masing. 

Kamu yang liburan ke Lampung tidak boleh melewatkan bakso dari Kedai Bakso Sony yang legendaris. Selain dimakan langsung, kamu bisa menjadikannya oleh-oleh karena tersedia juga dalam kemasan frozen-nya.

Baca Juga:  15 Tempat Wisata Hits di Malang dan Biayanya

6. Pempek Lampung

loader

Pempek memang lebih dikenal sebagai makanan khas dari kota Palembang, tapi bukan berarti Lampung tidak memiliki makanan sejenis. Meski kurang populer, Pempek Lampung sebetulnya tidak kalah lezat dari pempek Palembang, lho. 

Pempek Palembang biasanya menggunakan bahan dari ikan belida sebagai bahan utamanya. Sementara daging ikan untuk bahan pempek Lampung adalah ikan tenggiri. 

Selain itu, bumbu cuko pempek Lampung juga memiliki rasa cuka dan gula aren yang lebih kuat. Buat penggemar pempek, wajib banget coba makanan khas dari Lampung satu ini.

7. Kopi Durian

loader

Bukan cuma kopi robustanya saja yang terkenal, lho. Lampung juga memiliki kopi lainnya yang sangat unik dan tak kalah menarik untuk dijadikan oleh-oleh yaitu kopi durian. 

Apakah kamu bisa membayangkan keunikan dari kopi dan durian? Jika kamu pencinta kopi, sensasi kopi unik ini layak untuk dicoba. Jangan lupa juga membawakannya untuk keluarga di rumah sebagai oleh-oleh, ya.

8. Pie Susu Pisang

loader

Pie susu pisang sangat direkomendasikan buat kamu yang lagi cari oleh-oleh dari Lampung yang tahan lama. Perpaduan antara pie susu dan buah pisang memang tiada tandingannya. Ada empat varian rasa yang bisa dipilih yaitu keju, cokelat, oreo, dan almond raisin.

9 Benjak Enjak

loader

Ingin cobain jajanan tradisional dari Lampung yang khas? Benjak enjak adalah salah satunya. Jajanan jadul unik cukup laris dan banyak diburu para wisatawan yang jalan-jalan atau kebetulan ada di Lampung. 

Tampilan jajanan ini sekilas mirip dengan wajik atau nagasari hanya saja bahan dan cara pengolahannya yang berbeda. Sementara cita rasanya manis, legit, dan gurih.

10. Seruit

loader

Bagi pencinta sambal dan makanan pedas, jangan lewatkan sambal khas dari Lampung yang bakal menggugah selera. Sambal yang bernama sambal seruit ini memiliki cita rasa pedas, asin, segar, dan gurih. Bahannya berupa ikan sehingga terasa gurih dan bikin nagih.

Baca Juga: 15 Destinasi Wisata Kota Tua: Harga Tiket dan Jam Operasionalnya

11. Kemplang

loader

Kemplang merupakan kerupuk ikan yang bisa ditemukan di berbagai daerah di Sumatera, termasuk Lampung. Pilihan yang tepat untuk kamu yang khawatir dengan perjalanan jauh tapi pengen bawa oleh-oleh khas dari Lampung.

Kemplang bisa bertahan lama sehingga tidak akan basi saat sampai rumah. Biasanya kemplang dimasak dengan cara dipanggang di atas bara api arang, jadi aman dan bebas dari minyak.  

12. Spekuk atau Lapis Legit Khas Lampung

loader

Lapis legit atau yang juga dikenal dengan nama spekuk adalah rekomendasi oleh oleh dari Lampung yang khas selanjutnya untuk dibawa pulang. Seperti lapis legit pada umumnya, lapis legit dari Lampung ini juga memiliki cita rasa manis dan legit. 

Setiap lapisannya menghadirkan kelezatan yang bikin pengen nambah terus. Cocok untuk dinikmati bersama minuman hangat, baik kopi maupun teh sambil santai di sore hari.

13. Manisan Lampung

loader

Kamu yang suka manisan bisa membawa pulang untuk oleh-oleh keluarga di rumah. Berbagai macam buah-buahan dijadikan manisan yang segar. 

Mulai dari manisan jambu, mangga, salak, dan lain sebagainya. Ada satu manisan unik yang bisa kamu coba yaitu manisan dari buah pala. Jangan lupa coba, ya.

14. Keripik Pisang

loader

Selain kemplang, oleh-oleh dari Lampung yang khas dan tahan lama untuk dibawa perjalanan jauh adalah keripik pisang. Sensasi renyahnya bikin kamu susah berhenti ngunyah, lho. Biasanya keripik pisang Lampung terbuat dari pisang kepok yang terkenal legit.

15. Kain Tapis

loader

Satu lagi rekomendasi oleh-oleh dari Lampung yang khas adalah kain tapis. Ini merupakan kain khas Lampung yang memiliki motif bervariasi dan sangat cantik. 

Warnanya juga beragam sehingga kamu bisa mendapatkan banyak pilihan. Keluarga di rumah pasti akan senang mendapatkan kenang-kenangan berupa kain tapis.

Berikan Oleh-oleh yang Khas Sebagai Bentuk Perhatian untuk Keluarga atau Orang Terdekat 

Demikian tadi rekomen oleh-oleh dari Lampung yang khas dan pastinya disukai oleh semua orang. Meskipun tidak ikut jalan-jalan ke Lampung, keluarga di rumah atau sahabat bisa turut merasakan daya tarik dari kota ini. 

Baca Juga:  11 Rekomendasi Tempat Wisata di Cikole