10 Oleh-Oleh dari Medan yang Khas dan Populer

Membawa oleh-oleh setelah pergi liburan atau berkunjung dari tempat wisata memang sudah seperti kewajiban. Namun beberapa orang merasa bingung untuk memilih oleh-oleh mana yang cocok untuk dibawa pulang, misalnya saja selepas berlibur dari kota Medan. 

Apakah kamu juga sama? Tak perlu bingung, simak dulu beberapa rekomendasi oleh-oleh dari Medan yang khas dan terpopuler dalam ulasan berikut ini.

Bingung cari asuransi perjalanan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Beli Asuransi Perjalanan Terbaik Sekarang!  

Rekomendasi Oleh-Oleh dari Medan yang Khas dan Terpopuler

1. Bolu Toba

loader

Salah satu destinasi wisata paling terkenal di Sumatera Utara adalah Danau Toba. Oleh-oleh dari Medan satu ini terinspirasi dari nama danau tersebut. Bolu toba menjadi salah satu rekomendasi oleh-oleh yang wajib dibeli karena memiliki cita rasa legit dengan tekstur yang lembut. 

Topping meses yang melimpah membuat sensasi makannya tambah menggiurkan. Agar rasa bolu yang manis tidak bikin eneg, kamu bisa menikmatinya bersama teh atau kopi.

2. Kacang Sihobuk

loader

Cemilan kacang Sihobuk merupakan cemilan berupa kacang yang berasal dari Sihobuk, Tapanuli Utara. Kacang ini direkomendasikan karena berbeda dari kacang-kacang lainnya.

Selain terasa lezat dan gurih, kacang Sihobuk memiliki kualitas yang sangat baik sehingga bisa dijadikan oleh-oleh yang tahan lama. Banyak toko oleh-oleh yang menjualnya karena kacang ini selalu diburu wisatawan luar kota. 

3. Kopi Sidikalang

loader

Apakah kamu dan keluarga adalah penggemar kopi? Kopi Sidikalang bisa menjadi rekomendasi oleh-oleh terbaik dari Medan. Kopi yang berlokasi di Kabupaten Dairi ini memiliki aroma yang kuat.

Selain itu, tingkat asamnya juga rendah. Cocok untuk kamu yang tidak terlalu suka asam. Kepopuleran kopi Sidikalang mulai menjamur sehingga dipakai oleh coffee shop yang ada di Sumatera Utara. Ayo bawa pulang agar orang rumah bisa merasakannya juga!

Baca Juga: 15 Tempat Wisata di Bogor yang Wajib Dikunjungi di Akhir Tahun

3. Teri Bajak

loader

Jalan-jalan ke Medan dan sekitarnya, jangan lupa beli teri bajak atau yang juga dikenal dengan teri Medan. Ini merupakan salah satu jenis ikan laut yang sangat populer di kalangan masyarakat. Cukup banyak wisatawan yang memburunya untuk dijadikan oleh-oleh, jangan sampai ketinggalan!

Teri bajak biasanya digoreng terlebih dahulu bersama bumbu pedas serta kacang tanah. Setelah itu disajikan bersama nasi hangat. Selain membeli yang sudah matang dan siap makan, kamu juga bisa membeli teri bajak yang masih mentah untuk diolah sendiri sesuai selera.

4. Pia Tamiang

loader

Pia Tamiang merupakan oleh-oleh dari Medan yang laris manis dibeli wisatawan. Teksturnya yang renyah dengan isian lembut dan melimpah sangat disukai banyak orang. 

Sekarang juga semakin banyak varian isian yang bisa kamu beli. Beberapa di antaranya seperti kacang hijau, cokelat, durian, dan lain sebagainya. Borong beberapa rasa untuk disantap bersama orang di rumah!

5. Medan Napoleon

loader

Namanya sangat unik ya, ada yang bisa menebak ini makanan apa? Medan Napoleon termasuk kue yang mirip dengan bolu gulung. Bagian luarnya adalah pastry yang begitu renyah, sementara di lapisan dalamnya ada selai nan lezat.

Seperti pastry pada umumnya, Medan Napoleon juga menawarkan beberapa varian rasa kekinian. Contohnya yaitu cheese, red velvet, caramel, banana crazy, dan durian yang khas Medan. Jangan lupa beli varian durian karena rasa dan aromanya begitu menggoda.

6. Lemang

loader

Lemang terbuat dari ketan dan santan yang kemudian digulung dengan daun pisang. Cita rasa utamanya yang ditawarkan adalah gurih dan pulen. Biasanya dimakan bersama dengan rendang. 

Jika ingin menjadikannya sebagai oleh-oleh, pastikan perjalananmu tidak terlalu panjang. Pasalnya lemang hanya bertahan kurang lebih selama 2 hari saja di dalam bambu. 

Baca Juga:  Tempat Wisata di Bali yang Keren, Populer, dan Nge-hits Banget untuk Liburan

7. Sirup Markisa Pohon Pinang

loader

Buah markisa merupakan buah yang identik dengan rasa asam sehingga cocok dijadikan minuman. Namun sirup markisa pohon pinang ini tidak begitu asam, jadi cocok untuk siapa saja.

Dibuat dari sari markisa asli, sirup ini begitu menyegarkan. Apalagi jika kamu tambahkan es batu di dalamnya. Bukan hanya menyegarkan saja, sirup markisa pohon pinang juga menyehatkan tubuh karena mengandung antioksidan tinggi dan vitamin C.

8. Otten Coffee

loader

Selain kopi Sidikalang, kamu juga bisa mampir ke Otten Coffee jika ingin membawa oleh-oleh kopi untuk keluarga atau sahabat. Otten Coffee merupakan sebuah tempat yang menjual berbagai macam biji kopi.

Bukan hanya biji kopinya saja, ada juga peralatan membuat kopi. Jadi kamu bisa membuatnya sendiri. Sensasi membuat kopi sendiri tentu saja sangat menyenangkan untuk para pecinta kopi.

9. Kain Ulos

loader

Harus selalu ada cinderamata yang dibawa pulang sehabis jalan-jalan ke tempat wisata agar jadi kenang-kenangan tak terlupakan. Kain ulos merupakan salah satu oleh-oleh dari Medan yang khas dan bisa sekaligus dijadikan sebagai kenang-kenangan, lho. 

Kain ulos sendiri merupakan kain yang identik dengan suku Batak. Seperti batik, kain ini memiliki ragam warna yang cantik dan menarik. Kamu bisa membeli beberapa kain ulos dengan warna dan motif menarik untuk dibagikan ke keluarga di rumah juga. 

10. Bika Ambon 

loader

Satu lagi oleh-oleh dari Medan yang khas dan tak boleh dilewatkan ada Bika Ambon. Meski namanya demikian, makanan ini asli dari Medan, lho. Kue ini memiliki tekstur berongga dan lembut ketika masuk mulut, inilah mengapa disebut Ambon yang maknanya lembut.

Selain itu, kue ini memiliki citarasa yang legit dan manis. Cocok jadi teman minum kopi atau teh di sore hari. Kue ini memiliki varian rasa cukup banyak dan bisa disesuaikan dengan selera, seperti pandan, keju, dan lain sebagainya.

Yuk Berburu Oleh-oleh dari Medan yang Khas Lainnya, Langsung!

Masih kurang? Masih ada banyak rekomendasi oleh-oleh lainnya yang juga khas dari Medan untuk dibawa pulang sehabis jalan-jalan. Seperti roti ganda, durian, bolu gulung Meranti, lapis legit, pancake durian dan masih banyak lagi.

Agar makin puas berburu oleh-oleh dari Medan yang khas, yuk rencanakan liburan ke ibukota Sumatera Utara sekarang, juga! Lalu nikmati keseruan menjelajah destinasi wisata dan oleh-olehnya yang khas.

Baca Juga: 10 Cafe di Bandung yang Sangat Cocok Dijadikan Pilihan untuk Liburan Kali Ini!