Daftar Oleh-Oleh dari Bogor yang Khas dan Hits Saat Ini

Bogor merupakan kota yang terkenal dengan keindahan alamnya. Ketika berkunjung ke kota yang berjuluk Kota Hujan ini, tidak lengkap rasanya jika tidak membawa oleh-olehnya yang khas. 

Sebagai salah satu kota tujuan wisata, tentu saja Bogor memiliki banyak oleh-oleh yang khas dan tak kalah menarik dengan kota lainnya. Penasaran ingin berburu oleh-oleh dari Bogor yang khas? Simak rekomendasi selengkapnya berikut ini.

Bingung cari asuransi perjalanan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Beli Asuransi Perjalanan Terbaik Sekarang!  

Rekomendasi Oleh-oleh dari Bogor yang Khas

1. Macaroni Panggang

loader

Macaroni panggang sangat direkomendasikan untuk kamu yang menyukai olahan berbahan dasar pasta. Dengan tekstur yang lebih garing namun tetap lembut, cita rasa yang dihadirkan begitu menggiurkan.

Ada parutan keju yang ikut terbakar, isian daging, dan juga pastinya makaroni bakal bikin ngiler. Datang saja ke Jl. Salak 24 di kawasan Babakan, atau tepat berseberangan dengan Taman Kencana jika tertarik untuk mencicipinya.

2. Kacang Bogor

loader

Kacang Bogor berbeda dari kacang-kacang lainnya. Bentuknya bulat dan di dalamnya berwarna ungu. Biasanya petani akan panen kacang sekitar bulan Februari sampai dengan April. Di bulan-bulan tersebut, kamu bisa dengan mudah menemukan penjual kacang Bogor di pinggir jalan. Varian rasanya juga beragam ada yang barbekyu, keju, pedas manis balado dan banyak lagi.

3. Ubi Bakar Cilembu

loader

Kalau oleh-oleh satu ini hanya bisa dibawa pulang jika kamu datang dari kota terdekat. Pasalnya ubi bakar Cilembu tidak bisa diawetkan setelah matang, jadi harus segera dimakan habis. Biasanya ubi bakar ini bisa kamu temukan di pinggir jalan yang mengarah ke kawasan Puncak.

Baca Juga:  15 Oleh-Oleh dari Lampung yang Khas untuk Dibawa Pulang!

4. Bika Bogor

loader

Masih pusing cari oleh-oleh khas dari Bogor? Rekomendasi berikutnya ini ada Bika khas Bogor. Bika atau bikang memang lebih identik dengan kota Medan. 

Meskipun begitu, bika Bogor tidak kalah lezat untuk dijadikan oleh-oleh. Makanan ini terbuat dari bahan tepung ubi talas, sementara bika medan dari tepung terigu. Jadi cita rasa yang dihadirkan dari kedua makanan ini tentunya akan berbeda. .

5. Bogor Raincake

loader

Lanjut ke rekomendasi berikutnya ada Bogor Raincake yang wajib masuk daftar oleh-oleh kekinian dari Bogor untuk dibawa pulang. Dinamakan raincake karena Bogor dijuluki sebagai terinspirasi dari julukan Kota Hujan yang disandang kota ini.

Bogor raincake menawarkan empat pilihan rasa yang menggoda untuk dicicipi. Diantaranya yakni cheese vanilla, red taro, crispy peanut, dan green tea ovomaltine. 

Harga yang ditawarkan jajanan kekinian khas Bogor ini dibanderol mulai dari Rp80.000-an untuk setiap kotaknya. Jika ingin mencicipinya, bisa datang ke Jl. Pajajaran No. 31 daerah Babakan.

6. Strudel Bogor

loader

Kalau jalan-jalan ke Bogor jangan lupa beli oleh-oleh kekinian satu ini. Makanan khas ini enak dinikmati bersama dengan kopi susu atau cappucino hangat. Menariknya dari kue hits dari Bogor ini adalah isiannya yang cukup bervariasi. Mulai dari talas nanas, asinan, martabak, apel, tape, hingga bakso.

Datang saja ke Toko Jumbo atau Jumpa Bogor jika tertarik membelinya sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Harga strudel Bogor sendiri dibanderol mulai dari Rp30.000 per porsinya.

7. Pie Talas

loader

Bogor memang terkenal dengan panen talasnya. Tidak heran jika banyak oleh-oleh khasnya yang terbuat dari talas, termasuk pie talas ini. 

Cukup banyak toko oleh-oleh yang menjual pie talas. Harganya beragam mulai dari Rp25.000 per kotak. Isinya sekitar 6 sampai tujuh buah pie talas dalam satu kotak.

8. Papapia

loader

Meskipun kue pia cukup populer sebagai oleh-oleh khas dari Jogja, tapi jangan salah karena di Bogor juga ada kue pia yang tak kalah lezat dan khas. Penggemar pia harus merasakan perbedaan antara kue pia khas Bogor dengan kue pia dari kota-kota lainnya.

Papapia ini terasa renyah di bagian luar namun isiannya sangat lembut. Banyak pilihan rasa yang bisa kamu bawa pulang. Beberapa yang paling populer yaitu kacang hijau, keju, dan coklat.

Baca Juga:  10 Oleh-Oleh dari Medan yang Khas dan Populer

9. Lapis Talas

loader

Masih belum bosan bukan dengan talas dari Bogor? Rekomendasi oleh-oleh khas selanjutnya masih terbuat dari talas, yakni Lapis Talas. Kue lapis ini termasuk oleh-oleh best seller dan bahkan identik dengan kota Bogor. Jadi sayang jika jalan-jalan ke Bogor tidak mencoba kue lapis hits satu ini.

Warna kuning dan ungu dengan tambahan topping keju membuatnya tampak begitu menggoda. Kue lapis ini punya banyak varian rasa yang bisa dipilih, seperti kopi susu, cocopandan, dan banyak lagi. Untuk ukurannya tersedia dalam dua jenis, yakni mini yang dibanderol dengan harga Rp18.000, sedangkan ukuran besar mulai dari Rp34.000.

10. Roti Unyil

loader

Dinamakan roti unyil karena oleh-oleh khas ini memiliki ukuran yang kecil, kurang dari 5 cm. Meskipun kecil, namun jangan menyepelekan rasanya yang bakal bikin kamu kangen pengen coba terus.

Roti mini ini memiliki isiannya yang cukup beragam mulai dari keju, abon, sosis, moka, bakso, susu, kacang, jagung, cokelat, dan masih banyak yang lainnya. Selain itu, roti Unyil ini cocok dibawa untuk oleh-oleh saat pulang kampung karena cukup tahan lama. 

11. Kue Cubit

loader

Kue cubit khas Bogor begitu unik karena varian rasanya yang tak biasa. Beberapa varian yang bisa kamu coba seperti bubblegum, taro, red velvet, green tea, dan original. Bukan hanya lezat, kue cubit juga murah karena seporsi biasanya dibanderol mulai dari Rp10.000 saja.

Temukan Banyak Oleh-oleh Menarik dan Khas dari Bogor untuk Dibawa Pulang!

Selain oleh-oleh di atas, sebetulnya masih ada banyak oleh-oleh lain yang bisa kamu pilih selagi jalan-jalan di Bogor. Misalnya seperti Boneka Potty boneka yang bisa dijadikan media untuk tanaman hias.

Ada lagi Mochibo atau mochi Bogor, bir kotjok, klappertaart, risol Bogor, asinan Bogor dan banyak lagi. Kamu bisa menemukan deretan oleh-oleh khas Bogor di beberapa tempat atau toko pusat oleh-oleh terdekat. 

Harganya relatif terjangkau jadi bisa borong untuk keluarga, tetangga hingga rekan kerja setelah pulang jalan-jalan. Selamat berburu oleh-oleh yang khas dari Bogor, ya!

Sebelum bepergian baik ke luar kota atau luar negeri jangan lupa membeli asuransi perjalanan agar bepergian menjadi lebih aman dan nyaman!

Baca Juga:  Rekomendasi Oleh-Oleh dari Pangkalpinang yang Khas, Wajib Dicoba!