Orang Tionghoa Selalu Sukses Berbisnis, Simak Rahasianya!

Orang Tionghoa bisa dibilang mapan dari segi ekonomi. Sekian banyak masyarakat etnis Tionghoa yang tinggal di Indonesia, sekitar 75% diantaranya mampu dalam mengelola hal ekonomi. Banyak dari mereka yang memilih untuk berkecimpung di dunia bisnis dan menjadi seorang bos dibandingkan bekerja di sebuah perusahaan dan menjadi karyawan biasa.

Bisnis yang dijalankan oleh orang Tionghoa pun rasanya jarang mengalami kebangkrutan. Malahan sebaliknya, bisnis yang dijalankan berhasil menuai kesuksesan besar atau bahkan dikenal di penghujung dunia. Kenapa bisnis orang Tionghoa bisa sukses, berikut rahasia yang perlu Anda ketahui dan bisa dijadikan inspirasi:

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

1. Pekerja Keras

loader
Pekerja keras

Hari pekan memang sebaiknya digunakan untuk beristirahat. Tapi, orang Tionghoa memilih untuk menghabiskan hari pekan dengan bekerja. Mereka mengatakan kalau hari pekan adalah hari yang paling tepat untuk menambah pundi-pundi kekayaan. Di saat orang lain bermalas-malasan dan bersantai, disitulah waktu yang tepat untuk bekerja lebih keras supaya bisa lebih maju dibandingkan orang lain.

2. Bekerja dengan Sepenuh Hati

“Do what you love, love what you do”, motto ini diterapkan dengan benar oleh orang Tionghoa. Karena tidak suka diatur, mereka lebih memilih untuk membuka usaha sendiri dan menjadi seorang bos. Usaha yang dibuka juga tidak asal-asalan, melainkan usaha yang didasarkan pada passion. Inilah alasan kenapa orang Tionghoa selalu terlihat ceria saat bekerja karena apa yang dikerjakannya merupakan apa yang disukainya. Sehingga mereka dapat bekerja dengan sepenuh hati, hasilnya pun jadi lebih maksimal.

3. Berupaya untuk Hidup Hemat

loader
Berupaya untuk hidup hemat

Orang Tionghoa memang terlihat elegan saat menghadiri jamuan makan malam atau menghadiri pesta ulang tahun rekan bisnisnya. Tapi, tampilan yang seperti ini sama sekali tidak ditunjukkan dalam kehidupan sehari-hari. Mereka lebih suka berpakaian sederhana saat menginjakkan kaki ke luar rumah, seolah-olah terlihat seperti orang biasa padahal seorang jutawan.

Orang Tionghoa juga berupaya untuk hidup hemat. Hal ini bisa dilihat jelas saat berbelanja, dimana mereka sangat teliti saat membandingkan harga barang yang satu dengan yang lain. Mereka juga tidak malu untuk berburu barang yang lagi diskon demi menghemat pengeluaran.

4. Sudah Diajari Bisnis Sejak Kecil

Usaha yang digeluti orang Tionghoa adalah usaha keluarga. Jadi jangan heran kalau Anda mendapati anak-anak mereka turut membantu orang tuanya saat bekerja. Karena ini termasuk salah satu budaya untuk mengajari anak cara berbisnis yang baik dan benar. Sehingga budaya untuk berbisnis memang sudah tertanam kuat dalam diri anak-anaknya sejak kecil. Lagipula, mengajarkan teori tentang berbisnis saja tidaklah cukup jika tidak dibarengi dengan praktek.

Baca Juga: 10 Rahasia para Orang Sukses

5. Punya Keahlian Dasar di Bidang Manajemen

loader
Punya keahlian dasar di bidang manajemen

Usaha yang dikelola langsung oleh orang Tionghoa memiliki sistem manajemen yang sangat baik. Contoh kecilnya bisa dilihat dari stok barang yang dijual di toko. Mereka tidak pernah kehabisan stok barang karena selalu mengecek ketersediaan barang tersebut sebelum membuka toko di hari berikutnya.

Cara ini dilakukan agar pelanggan tidak kecewa saat ingin berbelanja di toko tersebut. Sehingga pelanggan tetap setia untuk berbelanja di satu toko saja tanpa ada niat untuk berpindah ke toko yang lain.

6. Berani Mengambil Risiko

Setiap keputusan yang diambil tidak pernah luput dari risiko yang nantinya akan sangat berpengaruh bagi perjalanan bisnis di masa yang akan datang. Tapi, orang Tionghoa tidak terlalu memikirkan risiko yang akan terjadi karena keputusan yang diambil sudah melalui proses analisis yang amat panjang. Tidak hanya itu, keputusan juga tidak dikaitkan pada satu aspek bisni saja, melainkan seluruh aspek bisnis sehingga mereka dapat menetapkan spekulasi yang terjadi di masa yang akan datang.

Baca Juga: Ingin Menjadi Pebisnis Sukses? Terapkan 8 Etika Bisnis ini

7. Selalu Tepat Waktu

loader
Selalu tepat waktu

Berbeda dengan orang pribumi, orang Tionghoa memiliki rutinitas yang sudah terjadwal dengan baik. Misalnya, jam bangun pagi, makan pagi, berangkat kerja, dan seluruh aktivitas yang akan dilakukan selama satu hari. Rutinitas ini sifatnya tetap, tidak berubah sehingga mereka dapat mengerjakan seluruh aktivitas dengan baik dan tepat pada waktunya.

Pentingnya Mengubah Budaya Hidup

Semua orang yang terlahir di dunia ini memiliki kesempatan untuk sukses di dunia bisnis. Asalkan mau untuk merubah pola hidup yang awal “malas” menjadi “pekerja keras”. Tak ada salahnya meniru budaya hidup orang Tionghoa di atas, siapa tahu dengan meniru hidup dapat berubah ke arah yang lebih baik dan tentunya bisa meraih sukses.

Baca Juga: Ingin Sukses? Yuk, Baca Kumpulan Quote Sukses dari Pengusaha Sukses