Orangtua Perlu Tahu, Begini Cara Mudah Mengajarkan Anak Kelola Uang Lebaran

Lebaran identik dengan “salam tempel”, di mana anak-anak akan mendapatkan sejumlah uang dari para anggota keluarga, saudara hingga kerabat orangtuanya. 

Hal ini tentu akan menjadi kesenangan tersendiri bagi si kecil, meskipun pada dasarnya anak-anak biasanya belum mengerti dengan baik berapa nilai uang yang mereka dapatkan. Sebagai orangtua, kamu tentu harus memiliki cara yang tepat untuk mengajarkan hal ini.

Meski hanya sekali setahun saja, anak juga perlu belajar dengan baik bagaimana mengelola uang lebaran mereka dengan tepat. Ini akan menjadi momen yang tepat bagi kamu untuk mengajarkan anak tentang hal yang satu ini. 

Tidak harus kamu pegang dan atur sendiri, anak juga perlu memiliki pemahaman dan kemampuan yang baik untuk mengambil keputusan terkait dengan uang tersebut. Hal ini penting, agar anak mulai belajar dan terbiasa mengelola uang mereka dengan bijak. 

Lakukan hal ini dengan cara yang tepat, agar tujuan kamu untuk mengajarkan anak tentang keuangan bisa benar-benar tersampaikan dengan baik. Berikut cara mudah yang bisa dilakukan untuk mengajari anak mengelola uang lebarannya dengan tepat.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Ajak Anak Berdiskusi

loader
Ajak anak berduskusi

Jangan mengambil keputusan sendiri terkait dengan uang lebaran si kecil, sebab hal ini tidak akan membuat tujuan kamu mengajarkannya tentang uang bisa berhasil dengan baik. 

Mulailah pelajaran ini dengan cara mengajak anak berdiskusi tentang uang tersebut, sehingga si kecil merasa benar-benar dilibatkan dan mengambil keputusan yang tepat. Meski begitu, kamu bisa memberinya beberapa saran sebagai pertimbangan. 

Sampaikan dengan jelas dan detail apa saja yang akan didapatkan si kecil dengan keputusan yang diambilnya, termasuk dampaknya di kemudian hari. Biarkan si kecil berpikir dengan baik, sebelum akhirnya mengambil keputusan terkait dengan uang lebaran yang dimilikinya. 

Baca Juga: Cara Mencegah Anak Mengalami Kecanduan Gadget

2. Arahkan Anak untuk Menabung

Menabung akan menjadi kebiasaan baik di dalam keuangan dan perlu diajarkan pada anak sejak dini. Momen ini bisa menjadi waktu yang tepat, di mana kamu mengajak anak untuk menabungkan sebagian uang lebaran yang didapatkannya. 

Beri penjelasan kepada anak tujuan menabung dengan tepat, sehingga anak memiliki motivasi yang tinggi untuk melakukannya. Selain itu, kamu juga bisa memberikan anak sebuah celengan yang lucu dan bisa membuat anak menjadi lebih tertarik untuk menabung. 

Jika anak sudah cukup besar, kamu bisa mengajaknya untuk membuka rekening khusus anak dan menabungkan uangnya di bank. Hal ini akan membuat mereka senang dan merasa lebih tertarik untuk menabung di hari-hari yang akan datang.

Setidaknya, ajaklah anak menyimpan sebagian uang lebarannya ke dalam tabungan, sehingga anak terbiasa dengan aktivitas keuangan yang satu ini. 

3. Membeli Barang yang Diinginkan

loader

Tanyakan kepada si kecil, apakah ingin membeli sesuatu dengan uang lebaran yang dimilikinya? 

Jelaskan padanya, apa saja yang bisa dibelinya dengan uang tersebut, misalnya: mainan yang berguna dan belum dimilikinya, buku dongeng/cerita, jajanan tertentu yang belum pernah dinikmatinya, atau bahkan berjalan-jalan ke suatu tempat dengan menggunakan uang tersebut. 

Hal ini akan membuat anak berpikir dan terbiasa mencari solusi serta memahami dengan baik keinginannya. Anak akan belajar mengambil keputusan yang tepat, sehingga kelak anak menjadi lebih bijak dalam mengambil keputusan. 

Baca Juga: Ini 3 Ide Bisnis yang Cocok untuk Anak-anak

4. Ajak Anak untuk Berbagi

Kamu juga bisa mengajak si kecil untuk belajar berbagi kepada orang lain, dengan menggunakan uang mereka. Kamu bisa mengajak anak untuk menyumbangkan sebagian atau bahkan semua uang lebaran yang dimilikinya kepada orang-orang yang tepat dan membutuhkannya. 

Sampaikan dengan tepat bagaimana pentingnya untuk selalu berbagi dengan sesama, sehingga anak mengerti dan lebih senang berbagi. 

Jika ingin anak benar-benar mendapatkan pelajaran yang berkesan dan membuat anak belajar bersyukur, mengajak anak untuk menyumbangkan langsung uangnya ke panti asuhan adalah keputusan yang tepat. 

Tidak harus dalam bentuk uang, kamu bisa mengajak si kecil untuk berbelanja berbagai barang yang dibutuhkan oleh anak-anak di panti asuhan dan mengajaknya ke sana untuk menyampaikannya secara langsung. Hal ini akan memberi si kecil banyak pelajaran yang berharga.

Mulai dengan Diskusi yang Tepat

Untuk mengajarkan anak mengelola uang lebaran yang mereka miliki, kamu bisa melakukannya dengan banyak cara. Pastikan kamu memulai hal ini dengan diskusi yang tepat, terutama jika anak masih kecil dan belum begitu paham tentang uang. Berikan saran dan tanyakan apa yang benar-benar diinginkan si kecil, sehingga tujuan mengajarkannya tentang uang bisa tercapai dengan baik.

Baca Juga: 6 Cara Menanamkan Kesadaran Atur Uang untuk Anak-Anak