Cara Cek dan Bayar Tagihan PDAM Kota Bandung

Air bersih merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia. Pasalnya, air merupakan poin penting dalam keberlangsungan hidup. Sebut saja, untuk minum, makan, mencuci, memasak, dan mandi. Lebih dari itu, air juga merupakan sumber kehidupan untuk tanaman. Oleh karena itu, air merupakan kebutuhan seluruh masyarakat, tak terkecuali untuk warga Kota Bandung.

Adapun warga Kota Bandung mengandalkan penggunaan air bersih dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Bandung. Dengan PDAM, kebutuhan air bersih warga Kota Bandung bisa terpenuhi tanpa kendala.

Sebagai perusahaan daerah, penggunaan air bersih dari PDAM tentunya memiliki biaya. Adapun biaya PDAM dibebankan kepada masyarakat sesuai dengan kapasitas pemakaian air. Nah, simak bagaimana cara mengecek tagihan air PDAM Kota Bandung, cara membayar tagihan air PDAM Kota Bandung, jenis layanan PDAM Kota Bandung, dan informasi terkait lainnya. Yuk, simak artikel berikut!

Air Jadi Lancar dengan Bayar di Cermati.com

Bayar PDAM Sekarang!  

Cara Cek Tagihan PDAM Kota Bandung

loader

Untuk mengecek tagihan PDAM Kota Bandung, terdapat sejumlah cara. Kamu bisa mengecek secara offline maupun online sesuai dengan kemampuan dan mobilisasi. Berikut adalah cara mengecek tagihan PDAM Kota Bandung yang bisa digunakan.

  1. Melalui Cermati.com

    Kamu bisa melakukan pengecekan tagihan PDAM Kota Bandung melalui website atau aplikasi Cermati.com. Begini caranya.

    • Buka website atau aplikasi Cermati.com. Kamu juga bisa langsung membuka halaman: https://www.cermati.com/cek-tagihan-pdam.
    • Pada kolom perusahaan air, cari "PDAM Kota Bandung".
    • Masukkan ID Pelanggan.
    • Klik tombol "lanjutkan".
  2. Datang ke Kantor Layanan Perumda Tirtawening, Kota Bandung

    Apabila lebih nyaman mengecek tagihan secara luring, kamu bisa langsung mendatangi PDAM Kota Bandung. Adapun PDAM Kota Bandung adalah Perumda Tirtawening yang beralamat di Jln. Badak Singa No. 10, Bandung. Setelah mendatangi kantor layanan, kamu bisa menghubungi unit terkait untuk mengecek tagihan pemakaian air.

  3. Menghubungi Lewat Telepon

    Selain datang langsung, kamu juga bisa memanfaatkan layanan telepon PDAM Kota Bandung. Adapun nomor saluran yang bisa dihubungi adalah (022) 250 9030. Setelah tersambung dengan call center, kamu bisa langsung menanyakan tagihan PDAM.

  4. Lewat WhatsApp

    Kamu dapat mengecek tagihan PDAM Kota Bandung dengan menghubungi nomor WhatsApp resmi Perumda Tirtawening. Adapun nomor saluran yang bisa dihubungi adalah +62 812 2223 6672. Simpanlah kontak Perumda Tirtawening terlebih dahulu, lalu mulailah hubungi kontak Perumda Tirtawening yang telah tersimpan. Saat mulai chat, kamu bisa langsung menanyakan tagihan PDAM.

  5. Melalui Website Resmi Tirtawening

    Kamu bisa mengecek tagihan lewat website resmi PDAM Kota Bandung, yakni Tirtawening pada tautan https://www.perumdatirtawening.co.id. Setelah masuk ke laman beranda, klik opsi "Untuk Kamu", lalu pilih opsi Air Minum. Pada bagian kiri situs, pilih opsi "Cek Tagihan".

    Setelah itu, isilah Nomor Langganan sesuai dengan nomor yang tertera di meteran air. Lalu, isilah kode captcha sesuai yang tertera pada laman. Kemudian, silakan pilih opsi Cek Tunggakan. Nah, tunggakan berhasil diketahui!

Cara Bayar Tagihan PDAM Kota Bandung

Untuk membayar tagihan, PDAM Kota Bandung menyajikan sejumlah metode pembayaran. Kamu bisa menggunakan metode luring ataupun daring. Pada opsi daring, kamu juga bisa diarahkan ke e-wallet dan e-commerce, lho. Yuk, simak cara bayar tagihan PDAM Kota Bandung berikut!

  1. Pembayaran di Kantor PDAM Kota Bandung

    Selain mengecek tagihan, kamu juga dapat langsung membayar tagihan saat mendatangi kantor PDAM Kota Bandung. Untuk metode pembayaran langsung, siapkan uang tunai, ya.

  2. Pembayaran di Loket Resmi PDAM

    PDAM Kota Bandung menyediakan sejumlah loket resmi yang bekerja sama dengan Kantor Pos dan Indomaret. Berikut adalah alamatnya.

    • Jln. PLN Komp. Cijerah No. 244
    • Jln. Cikawao Belakang 42, Komp. Cikawao Permai
    • Jln. Pluto Raya No. C11
    • Jln. PPH Mustofa No. 66 (Bank BJB)
    • Jln. Arjuna No. 71/S
    • Jln. Sarijadi Raya No. 65
    • Jln. Moch Toha No. 70
    • Jln. Nyengseret No. 33
    • Jln. Sukamaju No. 2, Komp. Pasar Sukamaju Belakang
    • Jln. Atlas I No. 6, Antapani
    • Jln. Braga No. 133

    Apabila terdapat alamat loket yang dekat dari domisilimu, silakan datangi loket resmi secara langsung untuk membayar tagihan.

  3. Pembayaran Melalui Bank

    Kamu dapat membayar tagihan PDAM melalui bank-bank yang bekerja sama dengan PDAM Kota Bandung. Adapun sejumlah bank yang bekerja sama dengan PDAM Kota Bandung adalah BCA, Bank Mandiri, Bank Mandiri Syariah, BNI, CIMB Niaga, Bank Bukopin, OCBC Nisp, Bank BJB, Bank BJB Syariah, Bank BRI, dan Bank BTN.

  4. Pembayaran melalui E-Commerce dan E-Wallet

    Selain bank, kamu juga bisa membayar tagihan PDAM melalui e-commerce dan e-wallet. Adapun sejumlah e-commerce yang bisa digunakan adalah Bukalapak, Tokopedia, Shopee, Blibli, Traveloka, BebasBayar, Klik Indomaret, dan Sepulsa. Adapun melalui e-wallet, kamu bisa mengggunakan Gopay dan GrabKios.Kamu juga bisa melakukan pembayaran di Cermati.com.

Jenis Layanan PDAM Kota Bandung

PDAM Kota Bandung menyediakan sejumlah layanan yang bisa diakses oleh masyarakat Kota Bandung. Adapun layanan yang disediakan meliputi pemasangan baru, perbaikan dan pemeliharaan, serta pengaduan pelanggan. Berikut adalah penjelasannya.

  • Pemasangan Baru

    Layanan pemasangan baru merupakan layanan yang memungkinkan masyarakat Kota Bandung mendapatkan pemasangan layanan air yang baru. Caranya, cukup mengajukan surat permohonan pemasangan saluran air yang ditujukan kepada Bagian Langganan.

    Bersama surat permohonan, lampirkan fotokopi KTP, fotokopi PBB, fotokopi rekening listrik, fotokopi rekening tetangga, denah atau gambar lokasi, foto rumah, dan nomor telepon yang tersambung ke Whatsapp. Setelah itu, permohonan yang diajukan akan melewati proses verifikasi.

    Apabila verifikasi berhasil dan permohonan diterima, pihak PDAM Kota Bandung akan memberikan informasi dan mengarahkan kamu untuk membayar biaya pemasangan. Akan tetapi, apabila proses verifikasi tidak disetujui, pihak PDAM Kota Bandung akan memberitahukan kekurangan berkas kepada kamu.

  • Perbaikan dan Pemeliharaan

    Apabila menemukan kerusakan atau ingin melakukan pemeliharaan, PDAM Kota Bandung siap sedia untuk membantu. Adapun untuk meminta pemeliharaan, kamu bisa langsung mengontak nomor saluran Perumda Tirtawening lewat telepon ataupun Whatsapp. Kamu juga dapat mendatangi langsung kantor layanan Perumda Tirtawening.

  • Pengaduan

    Jika memiliki keluhan atau masalah terkait pelayanan PDAM, kamu dapat mengajukan pengaduan melalui kantor PDAM atau melalui situs web resmi. Caranya, masuk ke situs tautan https://perumdatirtawening.co.id/cindex/pengaduanpelanggan,  lakukan login, dan tuliskan kendala yang ditemukan. Kamu juga bisa mengajukan pengadukan lewat surel bdg@perumdatirtawening.co.id.

Cara Mengetahui Informasi Terkait PDAM Kota Bandung

Untuk mendapatkan informasi terkait PDAM Kota Bandung, kamu dapat mengunjungi situs web resmi PDAM Kota Bandung yang menyediakan informasi terkait layanan, tarif, dan pengumuman yang perlu diketahui oleh masyarakat.

Kamu juga dapat menghubungi call center PDAM Kota Bandung atau melalui WhatsApp. Pilihlah saluran mana pun yang kamu suka.

Informasi terkait PDAM Kota Bandung juga dapat ditemui di media sosial PDAM Kota Bandung. Adapun akun resmi PDAM Kota Bandung bisa ditemukan di Facebook Humas PDAM Tirtawening, Twitter @tirtawening_bdg, Instagram @perumda_tirtawening, dan YouTube Perumda Tirtawening Kota Bandung. Di media sosial tersebut, PDAM Kota Bandung memuat banyak informasi terbaru terkait layanan yang menarik untuk diikuti.

Selalu Cek Tagihan PDAM Kota Bandung Agar Tepat Pembayarannnya

Nah, itulah informasi terkait cara cek tagihan, cara membayar, jenis layanan, dan cara mengetahui informasi terkait PDAM Kota Bandung. Dengan seluruh informasi tersebut, kamu bisa lebih mudah dalam mengakses layanan PDAM Kota Bandung. Jangan lupa ikuti media sosial PDAM Kota Bandung untuk mendapatkan perkembangan terbaru tentang PDAM Kota Bandung, ya.

Warga Kota Bandung, yuk selalu cek tagihan PDAM kamu, ya. Hindari denda dengan membayar lewat instrumen resmi yang disediakan oleh PDAM Kota Bandung. Hindari membayar atau menghubungi kontak yang tidak tercantum dalam website PDAM Kota Bandung guna menghindari modus penipuan.