Tentang Bayar Tagihan PDAM Online dan Cek Tagihan PDAM Online

Air memanglah sumber daya alam yang sangat penting untuk keberlangsungan hidup manusia. Tanpa adanya akses air, kehidupan makhluk hidup tentu akan terasa sangat sulit bahkan tidak mungkin untuk bertahan.

Memiliki fungsi yang begitu penting untuk keberlangsungan hidup, keberadaan sumber air bersih tentu harus senantiasa dijaga dan disediakan. Untuk itu, pemerintah Indonesia telah mendirikan sebuah badan usaha, PDAM, yang bertugas untuk menyalurkan akses air bersih ke masyarakat.

Perusahaan Daerah Air Minum atau biasa dikenal sebagai PDAM adalah sebuah unit usaha yang ada di sebuah daerah. Tugas utama dari adanya PDAM adalah menyediakan air bersih dan juga mendistribusikannya ke masyarakat agar bisa digunakan untuk keperluan sehari-hari.

Sebuah PDAM umumnya adalah BUMD atau Badan Usaha Milik Daerah. Hampir setiap daerah tentu memiliki PDAM yang beroperasi sesuai dengan aturan dari pemerintah daerah yang bersangkutan. Jadi, setiap kotamadya atau kabupaten biasanya memiliki PDAMnya masing-masing.

Memiliki peran yang penting bagi kehidupan masyarakat Indonesia, adanya PDAM tentu sangat dibutuhkan. Untuk itu, agar Anda lebih memahami tentang perusahaan air milik pemerintah daerah ini, simak beberapa hal berikut ini.

Pembangunan sarana dan prasarana penyediaan air bersih di Indonesia dilakukan melalui beberapa tahap dalam kurun waktu 45 tahun. Pembangunan ini dibagi menjadi lima dekade yang berbeda namun berkesinambungan. Sama halnya dengan bekas negara jajahan lainnya, kebanyakan sistem penyediaan air bersih di Indonesia adalah warisan dari kolonial. Beberapa PDAM seperti di Semarang, Solo, Salatiga, dan PAM Jaya dulunya adalah sistem penyediaan air milik pemerintahan Belanda di Indonesia.

Mulai awal tahun 70an, pembangunan sarana dan prasarana air bersih mulai dilakukan. Namun pada masa ini, pembangunan sistem penyediaan air masihlah belum menjadi prioritas pemerintah Indonesia. Barulah pada tahun 1980 hingga 1990, pemerintah Indonesia mulai fokus untuk membangun infrastruktur nasional. Seiring dengan pesatnya pertumbuhan ekonomi, pelayanan air bersih di Indonesia juga ikut berkembang dengan kondusif. Tak ayal jika masa 10 tahun tersebut dikenal sebagai momen Dekade Air Minum.

Hingga pada dekade antara 1990 dan 2000, Pemerintah Indonesia mulai didesak untuk melakukan otonomi daerah dan juga desentralisasi. Kekacauan ekonomi akibat krisis politik juga membuat anggaran negara tidak mencukupi biaya pembangunan sarana dan prasarana nasional, termasuk di bidang penyediaan air bersih.

Dengan kekacauan yang dialami oleh pemerintahan Indonesia, banyak PDAM yang memiliki hutang. Mendengar hal tersebut, Bank Dunia pun menawarkan bantuan berupa pinjaman dana kepada PDAM agar tetap bisa memberikan akses air bersih kepada masyarakat.

Hingga saat ini, operasional PDAM telah dapat dirasakan oleh mayoritas masyarakat Indonesia. Kinerja PDAM pun senantiasa diawasi oleh Pengawasan Kualitas Air Minum agar kebersihan air tetap terjaga. Jadi, pelanggan PDAM tidak perlu merasa ragu dengan kualitas air yang didapatkan.

Sebagai pelanggan PDAM, Anda pasti merasakan betapa rumitnya membayar tagihan per bulannya. Setiap bulan, Anda harus mengantre di kantor PDAM dan menunggu panggilan petugas untuk dapat melunasi tagihan air yang harus dibayar.

Karena seringkali dirasa kurang efektif, banyak pelanggan PDAM yang mulai mencari alternatif dalam membayar tagihannya. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan jasa toko online, fintech, ataupun semacamnya. Hal ini tentunya sangat bermanfaat bagi pelanggan PDAM karena tidak perlu lagi mengantre lama saat akan membayar tagihan air. Waktu Anda pun tidak akan terbuang percuma setiap bulan hanya untuk membayar tagihan air di kantor PDAM.

Membayar tagihan PDAM secara online juga menjamin keamanan transaksi yang Anda lakukan. Dengan melakukan pengecekan sendiri terhadap nomor pelanggan, Anda dapat memastikan bahwa tidak ada kesalahan saat pengisian data. Risiko kehilangan uang pun semakin kecil Anda alami karena tidak harus membawanya ke kantor layanan PDAM di kota Anda.

Cermati.com merupakan website/ aplikasi yang menyediakan berbagai produk keuangan serta layanan lainnya. Salah satu layanan yang disediakan adalah cek dan pembayaran tagihan PDAM di seluruh Indonesia. Maka dari itu, untuk Anda yang ingin membayar tagihan dengan lebih hemat dan praktis, bisa langsung mencoba layanan ini di Cermati.com.

No.Perusahaan AirNo.Perusahaan Air
1. Aetera Jakarta 44. PDAM Kab. Sidoarjo
2. Palyja Jakarta 45. PDAM Kab. Situbondo
3. PDAM ATS Palembang 46. PDAM Kab. Subang
4. PDAM Badung 47. PDAM Kab. Sukoharjo
5. PDAM Balangan 48. PDAM Kab. Sumedang
6. PDAM Bangkalan 49. PDAM Kab. Tapin
7. PDAM Banjar Kota  50. PDAM Kab. Tegal
8. PDAM Bantul 51. PDAM Kab. Temanggung
9. PDAM Boyolali 52. PDAM Kab. Wonogiri
10 PDAM Buleleng 53. PDAM Kajen/Kab. Pekalongan
11. PDAM Cirebon Kota 54. PDAM Karawang
12. PDAM Denpasar 55. PDAM Klaten
13. PDAM Kab. Bogor 56. PDAM Klungkung
14. PDAM Kab. Sukabumi 57. PDAM Kota Bandung
15. PDAM Kab. Banyumas 58. PDAM Kota Batu
16. PDAM Kab. Bayuwangi 59. PDAM Kota Bogor
17 PDAM Kab. Bojonegoro 60. PDAM Kota Cilegon
18. PDAM Kab. Bondowoso 61. PDAM Kota Depok
19. PDAM Kab. Brebes 62. PDAM Kota Lampung
20.  PDAM Kab. Ciamis 63. PDAM Kota Madiun
21. PDAM Kab. Cianjur 64. PDAM Kota Makassar
22. PDAM Kab. Cilacap 65. PDAM Kota Malang
23. PDAM Kab. Cirebon 66. PDAM Kota Manado (SULUT)
24. PDAM Kab. Garut 67. PDAM Kota Medan
25. PDAM Kab. Gunung Kidul 68. PDAM Kota Palembang
26. PDAM Kab. Indramayu 69. PDAM Kota Pontianak
27. PDAM Kab. Jember 70. PDAM Kota Salatiga
28. PDAM Kab. Jepara 71. PDAM Kota Samarinda
29. PDAM Kab. Jombang 72. PDAM Kota Semarang
30. PDAM Kab. Kebumen 73. PDAM Kota Sukabumi
31. PDAM Kab. Kendal 74. PDAM Kota Surabaya
32. PDAM Kab. Kulon Progo 75. PDAM Kota Surakarta
33. PDAM Kab. Kuningan 76. PDAM Kota Tasikmalaya
34. PDAM Kab. Malang 77. PDAM Kota Tegal
35. PDAM Kab. Mojokerto 78. PDAM Lombok Tengah
36. PDAM Kab. Pati 79. PDAM Lombok Timur Kab
37. PDAM Kab. Ponorogo 80. PDAM Lumajang
38. PDAM Kab. Probolinggo 81. PDAM Mataram
39. PDAM Kab. Purbalingga 82. PDAM Padang
40. PDAM Kab. Purwakarta 83. PDAM Pandeglang
41. PDAM Kab. Purworejo 84. PDAM Parepare
42. PDAM Kab. Rembang 85. PDAM Serang
43. PDAM Kab. Semarang 86. PDAM Tangerang Kota

Menggunakan layanan PDAM tentu memiliki keunggulan yang lebih banyak ketimbang layanan sumber air lainnya. Sebagai pelanggan PDAM, Anda tentu tidak perlu risau dengan kualitas air yang didapatkan karena telah melalui beragam proses penjernihan yang senantiasa diawasi.

Selain itu, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak waktu serta tenaga untuk bisa mendapatkan akses air bersih. Akses air bersih juga tetap bisa Anda dapatkan walau sedang berada pada musim kemarau. Pengeluaran dari penggunaan air PDAM juga dapat Anda kontrol setiap saat. Anda hanya perlu melihat meteran air yang terpasang di rumah dan menghitung perkiraan tagihan air yang nantinya harus dibayar. Dengan begitu, Anda dapat menekan jumlah pengeluaran bulanan.

Dengan beragam keuntungan yang bisa didapatkan saat berlangganan air bersih di PDAM, Anda mungkin berminat untuk melakukan pemasangan layanan tersebut. Tidak perlu ribet, Anda hanya perlu menyiapkan fotokopi kartu identitas sebanyak 2 lembar ke kantor PDAM terdekat.

Setelah itu, Anda akan diinstruksikan untuk mengisi formulir pendaftaran. Beberapa kantor PDAM mungkin akan membebankan biaya pendaftaran ataupun prosedur pendaftaran yang bervariasi. Setelah formulir pendaftaran telah Anda isi, petugas PDAM akan mengunjungi rumah Anda untuk melakukan survei tempat pemasangan saluran air.

Melalui survey yang dilakukan petugas PDAM tersebut, Anda dapat mengetahui perkiraan anggaran pemasangan saluran air. Tak lama setelah Anda melunasi pembayaran tersebut, petugas PDAM akan langsung melakukan pemasangan saluran air. Air PDAM pun dapat langsung mengalir di rumah Anda dan dapat digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, Anda dapat mengontrol jumlah pengeluaran air PDAM yang telah digunakan. Caranya adalah dengan melihat meteran air yang terpasang di rumah Anda.

Namun, dalam melakukan pengecekan tagihan PDAM yang nantinya harus dibayar, Anda perlu memahami kategori langganan Anda. Hal ini perlu Anda lakukan karena setiap meter kubik air yang digunakan oleh pelanggan memiliki tarif yang beragam, tergantung dari kategorinya.

Anda juga dapat melakukan pengecekan jumlah tagihan PDAM secara online melalui situs PDAM tempat Anda berlangganan. Jadi, Anda tidak perlu menghitung tagihan secara manual melalui meteran air yang terpasang di rumah Anda.

Jika karena suatu sebab Anda ingin berhenti berlangganan layanan PDAM, Anda dapat langsung mengunjungi kantor PDAM tempat Anda terdaftar. Dengan menghubungi pihak PDAM yang bersangkutan, Anda dapat mengajukan permohonan berhenti berlangganan layanan PDAM.

Umumnya, pihak PDAM akan meminta beberapa persyaratan seperti, data identitas, bukti pembayaran rekening air, dan juga surat pernyataan. Setelah semua persyaratan dari pihak PDAM telah Anda penuhi, barulah permohonan pemutusan layanan PDAM akan dilakukan oleh petugas.

Menggunakan air harapnya bisa dilakukan dengan seefektif mungkin. Meski beban tagihan air PDAM mungkin tidak terlalu besar, menghemat penggunaan air hendaknya tetap Anda lakukan.

Salah satu hal yang bisa Anda lakukan untuk menghemat penggunaan air adalah dengan memasang kran air dengan ujung menyebar. Penggunaan shower mandi juga dapat menghemat pengeluaran Anda karena jumlah air yang terbuang lebih sedikit ketimbang menggunakan gayung mandi.

Selain itu, penghematan tagihan PDAM juga dapat Anda lakukan dengan melakukan pengecekan jika ada kebocoran pada pipa. Rutin mengecek tagihan PDAM juga dapat lakukan agar pengeluaran dapat terkontrol. Dengan begitu, Anda tidak perlu risau dengan risiko tagihan air bulanan yang tiba-tiba melonjak.

  • Kapan Saja Waktu Pembayaran Tagihan PDAM secara online di Cermati.com?
    Pembayaran tagihan PDAM dapat dilakukan setiap hari termasuk hari libur nasional.
  • Kenapa Tagihan PDAM Dapat Membengkak?
    Biasanya tagihan dapat membengkak karena beberapa alasan seperti:
    1. Kebocoran pada pipa saluran air.
    2. Pemakaian yang sedang berlebihan.
    3. Kecurangan-kecurangan lain yang mungkin dilakukan.