Pebisnis Pemula Wajib Tahu, Ini 8 Tips Promosi Dapat Penjualan Online Pertama

Menjadi pebisnis pemula memang membutuhkan banyak usaha dan kerja keras. Begitu juga dalam urusan penjualan bisnis online. Untuk bisa sukses di dalam bisnis ini, Anda tentu harus mendapatkan penjualan pertama terlebih dahulu. 

Namun, penjualan pertama merupakan hal yang sangat mudah untuk didapatkan. Sebab, belum banyak orang yang tahu mengenai brand bisnis hingga produk yang dijual. Jadi, sulit rasanya untuk membuat orang percaya jika produk bagus dan ingin membeli produknya.

Meski begitu, jangan mudah patah semangat. Ada beberapa tips mudah, yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan penjualan online pertama dengan cepat seperti pada ulasan berikut ini yang telah Cermati.com rangkum dari berbagai sumber.

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

1. Beritahu orang-orang terdekat

teman
Beritahu orang terdekat

Penjualan yang paling mudah adalah kepada orang-orang terdekat, hal seperti ini juga bisa dilakukan di dalam bisnis online. Beritahu tentang bisnis kepada orang-orang terdekat terlebih dahulu, seperti teman, keluarga, kerabat, dan yang lainnya. 

Hal ini bisa disampaikan secara langsung atau melalui berbagai grup dan sosial media. Yakinkan mereka bahwa produk memiliki kualitas yang terbaik, sehingga mereka tertarik dan mau membeli. 

Pada umumnya, pembelian akan lebih mudah datang dari orang yang kita kenal, sebab mereka memiliki tingkat kepercayaan yang lebih tinggi.

2. Mulai menulis di blog

Jika memiliki kemampuan yang baik dalam menulis, maka manfaatkan hal tersebut untuk mendapatkan angka penjualan di dalam bisnis. Buatlah konten marketing yang berkualitas dan posting di blog bisnis. 

Upayakan untuk membuat artikel yang menarik dan masih relevan dengan bisnis tersebut, sehingga situs bisa mendapatkan kunjungan yang cukup tinggi. Anda bisa fokus membahas berbagai masalah yang berkaitan dengan bisnis tersebut, dimana produk yang Anda jual justru bisa menjadi solusinya. 

3. Lebih aktif di media sosial

media sosial
Aktif di media sosial

Jangan lupa untuk membuat akun media sosial untuk bisnis yang Anda jalankan. Anda bisa memilih media sosial yang tepat, seperti; Facebook, Instagram, atau bahkan Twitter. 

Perkenalkan bisnis secara luas dengan cara yang profesional melalui media sosial. Buat orang merasa tertarik dengan cara menyajikan konten yang berkualitas, mulai dari video hingga foto dan yang lainnya. Selain itu, ajak juga para netizen untuk aktif berinteraksi di sana, terutama terkait dengan bisnis.

Baca Juga: Maksimalkan 5 Strategi Marketing Media Sosial Ini Biar Jualan Online Makin Laris

4. Berikan sampel produk gratis

Untuk mendapatkan angka penjualan, Anda juga bisa bekerjasama dengan para influencer dalam memasarkan bisnis. Anda bisa mengirimkan sampel produk untuk dicoba, lalu mintalah mereka melakukan review pada produk tersebut. 

Pilih influencer yang tepat dan sesuai dengan bisnis yang dijalankan, agar segmen konsumen yang dituju bisa tepat sasaran. Pertimbangkan juga jenis konten yang akan disajikan oleh yang bersangkutan.

5. Buat siaran pers

siaran
Buat siaran

Melakukan siaran pers merupakan salah satu jalan mudah untuk memperkenalkan bisnis secara luas. Aktivitas ini ada yang berbayar dan juga gratis, Anda bisa memilih yang paling sesuai dengan bisnis. Kemas siaran pers ini dengan baik, sehingga menarik dan bisa membuat orang lain mengenal bisnis dengan cepat. 

6. Memanfaatkan Google AdWords

Iklan menjadi salah satu cara efektif untuk mendatangkan angka penjualan di dalam bisnis. Anda bisa menggunakan Google Adwords untuk urusan yang satu ini. Iklan bisnis akan lebih mudah dilihat, jika Anda bisa membuat konten yang tepat dan sesuai dengan target Google. Gunakan layanan pihak ketiga yang sudah profesional untuk mengiklankan bisnismu dengan cara ini, agar hasilnya bisa lebih maksimal.

Baca Juga: 5 Strategi Promosi Bisnis Rumahan di Kala Pandemi

7. Lakukan promosi di forum internet

forum internet
Lakukan promosi di forum internet

Forum internet menjadi tempat yang lazim digunakan untuk saling berbagi informasi, berdiskusi atau bahkan menjual sesuatu. Anda bisa memanfaatkan ruang ini untuk memasarkan bisnis. 

Angka penjualan bisa saja datang dengan cepat, apalagi jika Anda memilih forum diskusi yang tepat dan masih berkaitan dengan bisnis yang dijalankan. Pastikan Anda sudah memahami dan mematuhi semua kebijakan yang diterapkan di forum diskusi tersebut.

8. Buat kontes online

Mengadakan kontes online dalam bentuk lomba akan menarik minat banyak orang, termasuk calon konsumen yang Anda sasar. Ada banyak kontes yang bisa diadakan, mulai dari me-repost hingga melakukan review pada produk bisnis. Siapkan hadiah menarik sejak awal, agar bisa mendapatkan peserta kontes yang maksimal. Hal ini juga akan memudahkan Anda mendapatkan calon konsumen untuk bisnis.

Promo Menarik Curi Perhatian Konsumen

Mendapatkan penjualan pertama merupakan hal yang selalu diupayakan setiap pebisnis. Ini tidak selalu mudah, apalagi jika membangun bisnis yang benar-benar baru. Pastikan Anda memiliki cara promosi yang tepat dan tentunya menarik, agar bisa menarik perhatian para calon konsumen dan penjualan pertama ini bisa didapatkan dengan lebih mudah. 

Baca Juga: Tips Jualan Online di TikTok Biar Bisnis Viral dan Banjir Orderan