Peluang Usaha Kreatif, Modal Rp500 Ribu. Yuk, Jadi Petani Modern

Mendengar kata petani, banyak orang yang langsung menggambarkannya dengan bekerja di tempat kotor penuh lumpur, bau, panas dan hanya ada di pedesaan-pedesaan kecil. Jangan salah, sekarang petani pun menjadi salah satu profesi paling hip di ibu kota dan ternyata sudah banyak yang menekuni dengan sebutan ‘petani modern’.

Jangan kaget ketika kamu menemukan banyak para petani modern yang telah bertani bahkan di kota-kota besar. Jaman sekarang bertani tidak harus memerlukan lahan luas ber hektar-hektar, kerbau untuk membajak dan harus panas-panasan mencangkul di siang hari yang terik. Dengan luas tanah beberapa meter saja kamu juga sudah bisa kok menjadi petani modern.

Nah, bagi yang sudah bosan jadi pegawai, menjadi petani modern bisa juga nih jadi alternatif pilihan untuk dijadikan peluang bisnis. Masa tidak mau sih jadi juragan di lahan bertani sendiri? Ini dia 6 peluang bisnis yang bisa kamu tekuni ketika menjadi petani modern:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

loader
Petani Modern

1. Penjual Sayur dan Buah Organik

Saat ini telah banyak orang yang lebih memilih mengonsumsi sayuran dan buah-buahan yang bebas pestisida. Selain lebih sehat dan tentunya bisa dijual dengan lebih segar dan harga yang lebih murah dibandingkan yang supermarket jual.

2. Penjual Tanaman Obat

Menanam sayur dan buah sudah tidak menantang lagi? Bagaimana dengan menanam tanaman obat. Banyak orang yang kini lebih banyak beralih ke pengobatan alternatif yaitu dengan mengonsumsi tanaman obat-obatan. Jangan salah loh, harga dari tanaman obat-obatan bisa mencapai ratusan bahkan jutaaan rupiah hanya dengan beberapa gram saja. Bagaimana menarik kan?

3. Penyalur Sayuran dan Buah-Buahan Organik ke Supermarket

Tidak punya waktu untuk urus toko sayur dan buah sendiri, kamu bisa menyalurkannya ke supermarket, karena telah banyak supermarket terutama di kota besar yang juga menjual sayur dan buah-buahan organik. Tapi untuk bisa jadi penyalur, kamu harus sanggup memanen dengan jumlah banyak dan sesuai standar dari supermarket.

Baca Juga: Franchise Minuman dengan Modal Kecil yang Bisa Dicoba untuk Usaha Pertama Anda

4. Membuka Tempat Makan yang Menjual Makanan Sehat

Tren gaya hidup sehat memang sedang menjamur. Semua orang tetap ingin makan enak tapi juga sehat. Nah ini bisa jadi kesempatan kamu untuk membuka tempat makan yang khusus menjual makanan sehat atau makanan yang diolah dari sayur dan bumbu-bumbu organik.

5. Membuka Franchise Tempat Jual Jus Sehat dari Buah Organik

Franchise adalah solusi lain dari kamu yang gamau repot-repot ngurus toko sendiri, kamu bisa mengajak kerabat dekat atau keluarga untuk ikut mengembangkan bisnis ini. Kamu hanya cukup jadi penyalur dan penyedia tempat, selebihnya tinggal tanam-tanam cantik deh di kebun sambil menunggu uang datang sendiri.

6. Menjual Snack Ringan Keripik Sehat dari Sayur dan Buah Organik

Jenis makanan yang satu ini juga cocok untuk ditekuni. Mengonsumsi snack sehat juga bagian dari tren gaya hidup sehat yang banyak di lakukan oleh para millenials saat ini. Cara membuat kripik dari olahan sayur dan buah pun sudah banyak dilakukan dan mudah, tapi tentu belum banyak kan yang olahannya dari sayur dan buah organik. Selain itu menjual kripik sehat pun tidak repot, bisa lewat online atau disalurkan ke super atau minimarket dekat rumah.

Baca Juga: Cara Buka Bisnis Salon Kecantikan

Langkah Awal Menjadi Petani Modern

loader
Langkah Awal Menjadi Petani Modern

1. Memiliki Ilmu Bertani

Zaman sekarang apa sih yang tidak ada di internet? Tentu saja untuk mengerti cara bertanam dan berkebun dengan baik kamu hanya perlu rajin-rajin mencari informasinya di internet, tinggal masukan keyword hidroponik atau cocok tanam.

Bahkan terdapat banyak juga video ilustrasi yang lengkap membahas bagaimana cara menanam dengan baik.

2. Memiliki Lahan Tanah Basah Setidaknya 15-40 Meter

Walaupun sekarang sudah banyak cara menanam tanpa perlu lahan tanah basah, tapi ada beberapa jenis tanaman juga yang akan lebih baik jika ditanam langsung di tanah. Selebihnya jika memang sudah tidak cukup lahan lagi kamu bisa menggunakan cara lain.

Teknik bertanam lainnya seperti hidroponik yaitu teknik menanam dengan media air dan kapas sehingga tidak membutuhkan banyak lahan dan bisa dimedia apa saja. Bahan-bahan pengganti media tanah diantaranya yang mengandung unsur hara, seperti sabut kelapa, serat mineral, pasir, pecahan genteng/batu bata, serbuk kayu, dan lain sebagainya.

3. Peralatan Lengkap untuk Berkebun

Pastikan kamu telah memiliki peralatan untu bertanamnya terlebih dahulu, baru membeli bibitnya agar bisa segera ditanam. Karena jika bibit tanaman disimpan terlalu lama dengan fasilitas yang kurang baik takutnya akan merusak kualitas bibit tanaman dan membuat pertumbuhan tanaman menjadi kurang baik.

4. Mengumpulkan Barang-Barang Bekas sebagai Media untuk Bertanam

Tidak perlu repot-repot untuk membeli pot tanaman jika kamu telah memiliki banyak barang tak terpakai atau mengumpulkan banyak botol bekas untuk bertanam. Dengan memanfaatkan barang bekas kamu tidak hanya lebih hemat tapi juga membantu menjaga lingkungan dengan mengurangi sampah.

Kisaran Modal yang Perlu Disiapkan

Cangkul Mini

Rp20.000 – Rp40.000

Polybag Plastik                                                 

Rp10.000 – Rp30.000

Bibit Tanaman                                                  

Rp10.000 – Rp50.000 (per paket)

Pupuk 

Rp15.000 – Rp50.000

Sekop Mini                                                       

Rp50.000 – Rp100.000 (per set)

Pot Penyiram Tanaman                                

Rp15.000 – Rp50.000

Alal Penyiram Tanaman Otomatis            

Rp20.000 – Rp150.000

Jumlah total modal yang bisa kamu siapkan berkisar antara Rp150.000 – Rp500.000

Tidak Cuman Jadi Petani tapi Pengusaha Sukses

Masih banyak jenis bisnis lain yang bisa di olah selain peluang bisnis di atas yang bisa kamu tekuni ketika menjadi petani modern. Tidak hanya menjadi hobi tapi juga bisa menjadi sumber penghasilan tambahan pula, tentu profesi petani modern anti-mainstream ini akan membuat kamu susah jenuh dan tentunya sekaligus membantu menjaga lingkungan.

Baca Juga: Inilah Peluang Usaha Menjanjikan yang Berhubungan dengan Hewan Peliharaan