Pengeluaran Prioritas Gaji Pertama Freshgraduate

Pengalaman mendapatkan gaji pertama menjadi hal yang membanggakan bagi semua orang. Khususnya, bagi kamu yang baru lulus kuliah, lalu langsung mendapatkan pekerjaan. Merasakan gaji pertama,  menerima upah dari hasil bekerja keras selama sebulan ini menjadi hal yang kita hargai. Apalagi jika sewaktu kuliah, kita terbiasa mendapatkan pasokan uang dari pemberian orang tua.

Rasa senang, bangga dan bingung mau digunakan untuk apa saja terbesit di pikiran seorang freshgraduate. Segala sesuatu pun terpikir untuk menghabiskan uang yang diterima. Perasaan bebas ingin membelanjakan semua uang gaji pertama untuk beli ini dan beli itu bermunculan, apalagi uang yang didapatkan adalah hasil keringat sendiri.

Menggunakan gaji pertama untuk suka-suka itu boleh, sah-sah aja kok. Tapi ada baiknya kamu, sebagai freshgraduate memiliki mindset cerdas dalam menggunakan gaji pertama yang sudah kamu dapatkan.

Intinya, jangan sampai bablas alias berlebihan belanja dan jajan lalu lupa dengan pengeluaran bulanan, menabung dan investasi.

Nah, biar kamu tak bingung, yuk simak daftar pengeluaran prioritas gaji pertama untuk freshgraduate dari Cermati.com. Tips keuangan ini bisa kamu tiru dan dipraktikkan ya sobat cermat. 

Baca juga: 6 Kunci Sukses Membangun Karir untuk Fresh Graduate

1. Berbagi Kasih dengan Orang Tua

loader

Berbagi kasih sayang dengan orang tua

Hal pertama yang bisa menjadi pilihan baik adalah berbagi kasih dengan orang tua. Hal ini dapat dilakukan adalah memberikan hadiah untuk orang tua. Gunakan gaji pertama mu untuk membelikan sesuatu yang menyenangkan hati kedua orang tua. Hadiah tidak harus mahal, yang terpenting adalah ketulusan dalam memberikannya.

Hadiah kepada orang tua juga merupakan tanda terima kasih seorang anak kepada ayah dan ibu yang telah merawatmu. Jadilah anak yang berbakti pada orang tua agar urusan pekerjaan pun menjadi lancar. Pilihan hadiah tidak perlu mahal, misalnya mentraktir makan malam bersama di restoran favorit, atau membelikan Ayah dan ibu barang yang diinginkan.

Bisa dipastikan mereka akan sangat senang menerimanya hadiah apapun yang dibeli dari gaji pertamamu. Bahkan kamu juga bisa memberikan hadiah berupa uang, dijamin berapapun uang atau hadiah yang kamu berikan, mereka akan bahagia menerimanya.

2. Membayar Utang/Cicilan

Gunakan gaji pertama untuk membayar utang dan cicilan yang kamu miliki. Selama menganggur dan sewaktu masih menjadi mahasiswa dulu, bagi kamu yang punya utang di teman-teman atau cicilan seperti cicilan motor, handphone, laptop dan lain sebagainya sebaiknya segera lunasi dan bayar tepat waktu.

Prioritaskan gajimu untuk membayar utang dan cicilan biar kamu bisa lebih tenang. Bayangkan jika kamu hidup selalu dibayang-bayangi utang atau cicilan yang telat bayar, pasti pikiran akan terganggu siang dan malam. Efeknya, kamu jadi stres padahal baru saja bekerja.

Nah, kalau utang atau cicilanmu sudah banyak, sebaiknya tunda dahulu keinginan untuk menambah utang/cicilan barang-barang yang sifatnya konsumtif. Bersabarlah dulu, lunasi utang lama sebelum menambah utang baru.

Baca Juga:  Tengok 10 Pilihan Sepeda Lokal Terbaik dan Harganya di Tahun 2020

3. Bayar Kosan

loader

Ilustrasi kamar kos 

Saat mendapatkan pekerjaan yang lokasinya jauh dari rumah, fresh graduate biasanya lebih memilih untuk kos. Atau jika sudah terbiasa kos saat kuliah dahulu, kos menjadi pilihan tepat saat bekerja daripada harus menghabiskan waktu dan tenaga di jalan karena macet dan jauh jaraknya untuk datang ke kantor.

Bagi kamu yang kos, prioritas gaji pertama lainnya adalah membayar uang kosan. Wajib menyisihkan uang kosan di awal setelah menerima gaji dan langsung membayarkannya. Hal ini dilakukan untuk menghindari keterlambatan membayar uang kos dan terkena denda.

Pilih kosan yang harga sewanya sesuai dengan gaji. Jangan sampai gaji hanya habis untuk membayar uang sewa kos. Sebaiknya biaya kos yang tidak melebihi 30% dari gaji. Misalnya, jika gaji sebesar Rp5 juta maka pilihlah harga sewa sekitar Rp1,5 juta, lebih murah lebih baik. 

4. Mentraktir Teman-teman

Setelah mengetahui kamu sudah bekerja, banyak teman-teman yang menghubungi sekedar untuk memberikan selamat atau meminta traktiran. Menolak pun tidak enak, terlebih kepada teman-teman akrab yang menemani perjuangan di masa kuliah dulu.

Tradisi mentraktir teman saat mendapatkan gaji pertama pun seperti sudah umum di kalangan masyarakat Indonesia, jadi tidak ada salahnya untuk memenuhi permintaan mereka, hitung-hitung bersilahturahmi karena percaya atau tidak, saat sudah bekerja kamu tidak akan bisa sesering dulu untuk bertemu mereka.

Pilihlah restoran atau café yang biayanya sesuai dengan gaji, jangan memilih restoran yang mewah dan mahal hanya karena gengsi. Hal ini dilakukan untuk menghindari pengeluaran melebihi gaji, yang ada kamu malah menombok. Pilih saja tempat biasa nongkrong untuk mentraktir. 

Baca juga: Tips Bekerja Bagi Para Freshgraduate

5. Memanjakan Diri / Self-Reward

loader

Memanjakan diri sendiri sembari menikmati kopi

Tidak ada salahnya memanjakan diri sendiri setelah lelah bekerja. Uang yang dihasilkan pun juga merupakan hasil usaha sendiri. Ada berbagai macam cara untuk memanjakan diri dengan uang yang didapatkan, misalnya belanja online barang yang diinginkan, makan makanan favorit, pergi jalan-jalan dan sebagainya.

Umumnya, perasaan puas dan bahagia akan muncul setelah membeli sesuatu dengan uang sendiri. Akan tetapi, sebaiknya kamu juga belajar untuk memahami keinginan dan kebutuhan agar tidak boros dalam memanjakan diri dengan gaji yang diperoleh. Prioritaskan gaji pertama untuk membeli barang atau alat elektronik yang memang dibutuhkan, bukan sekadar mengikuti tren terkini.

6. Bersedekah

Sedekah merupakan bentuk terima kasih kita kepada sang pencipta. Sebagai hamba-Nya kita dianjurkan untuk bersedekah. Untuk itu, kita perlu menyisihkan sedikit dari uang kita untuk membantu sesama. Selain untuk membantu orang lain, bersedakah dalam agama juga berguna untuk membersihkan harta karena ada hak orang lain dalam rezeki yang didapat.

7. Menabung

loader

Menabung 

Sedikit demi sedikit lama-lama akan menjadi bukit, biasakan diri untuk menabung sejak kamu mendapatkan gaji pertama. Menabung ini penting dan harus dijadikan prioritas sejak menerima gaji pertama. Usahakan untuk menabung diawal yakni dengan menyisihkan sejumlah 10% dari gaji. 

Dengan menabungkan sebagian uang yang didapat, kamu juga belajar untuk hidup cermat dan penuh perencanaan. Uang yang ditabung bisa digunakan sebagai simpanan dana darurat atau simpanan untuk membeli barang yang memerlukan dana yang besar, misalnya beli sepeda lipat, motor atau membeli mobil.

8. Investasi 

loader

 

Ilustrasi investasi

Sebagai fresh graduate kamu harus mulai belajar investasi. Pahami dengan baik apa tujuan investasi dan tentukan tujuan investasimu sendiri. Investasi tidak perlu modal besar sebab kini investasi semakin terjangkau. kamu bisa mulai investasi dengan modal Rp100.000,- untuk membeli produk investasi seperti saham, reksa dana, hingga emas logam mulia melalui program tabungan emas. 

Jadi jangan sampai kamu tidak investasi dengan gaji pertamamu. Idealnya, sisihkan sebesar 10% dari uang gajimu untuk pos pengeluaran investasi. 

Baca juga: Belajar Investasi Reksa Dana dengan Modal Rp100.00, Mau?

Bersyukur dan Bijak Gunakan Gaji Pertama

Umumnya, gaji pertama yang diterima oleh freshgraduate masih terbilang kecil secara nominal. Tetap syukuri saja ya berapapun gaji yang diperoleh. Lakukan yang terbaik untuk mengatur pengeluaran. Usakahan untuk tidak boros namun lebih fokus ke pengeluaran prioritas sesuai dengan kebutuhan bukan gaya hidupmu.

Semangat mengatur gaji pertamamu sobat Cermat! Pilah-pilih kebutuhan yang benar-benar penting untuk dipenuhi, jangan sampai gaji pertama hanya dihabiskan untuk berfoya-foya tak terarah dan akhirnya kamu menyesal di kemudian hari sebab gaji sudah habis dalam waktu singkat.