Pengertian Viral Marketing dan Strategi Penerapannya dalam Bisnis

loader
Viral Marketing

Saat ini bisnis online memang begitu menjanjikan, apalagi dengan didukung metode pemasaran yang begitu beragam saat ini dapat menghasilkan keuntungan yang cukup besar kedepannya. Salah satu teknik pemasaran yang saat ini sering dilakukan adalah viral marketing. Metode ini memang cukup tepat digunakan di era digital saat ini. 

Viral marketing sendiri memiliki konsep yang serupa dengan word of mouth atau yang dapat dikatakan sebagai metode menyebarkan pesan kepada konsumen melalui kata-kata. Konsep dari viral marketing ini lebih memanfaatkan penggunaan jaringan sosial di dalam dunia maya. Untuk memahami lebih lanjut terkait virtual marketing, berikut ini pengertian serta penerapan strategi viral marketing dalam dunia bisnis.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Pengertian Viral Marketing

loader
Konsep Viral Marketing

Viral marketing merupakan teknik pemasaran yang memanfaatkan jaringan sosial, baik itu melalui dunia maya maupun offline yang bertujuan untuk bisa menyampaikan pesan dan iklan kepada konsumen di pasaran. Jika dapat didefinisikan secara simple, maka virtual marketing dapat dikatakan sebagai sebuah bentuk proses pemasaran yang dapat dilakukan secara online ataupun offline terkait produk/jasa yang Anda miliki kepada konsumen.

Metode pemasaran ini akan dilakukan pihak penyedia barang/jasa yang mana akan disampaikan melalui informasi entah itu website, video, koran, ebook, dan lainnya. Viral marketing juga masuk ke dalam bagian strategi pemasaran portofolio. Jika disederhanakan lagi, viral marketing dalam bentuk offline dapat berupa penyampaian informasi dari mulut ke mulut. Sedangkan jika melalui online dapat menggunakan media sosial yang saat ini sedang trend di masyarakat.

 

Baca Juga: Strategi Sukses Menjadi Miliarder dari Bisnis Online

Lalu Bagaimana Menerapkan Viral Marketing dalam Bisnis Anda?

loader
Viral Marketing dalam Bisnis

Berikut ini beberapa cara yang bisa anda terapkan dalam menggunakan strategi virtual marketing dalam bisnis yang Anda jalankan.

1. Cari Sesuatu yang Dapat Menjadi Trend dan Booming

Jika Anda menginginkan strategi viral marketing dalam bisnis, maka anda harus pintar-pintar mencari sesuatu yang nantinya dapat trend dan viral di masyarakat. Dalam hal ini yang berperan penting adalah timing. Saat seseorang mengetahui dan mempelajari sesuatu ide, mungkin akan terasa biasa saja saat pertama kali mencari informasi yang terkait tentang ide tersebut.

Namun semakin menarik ide dan topik, maka tentunya akan semakin tinggi nilainya dalam mesin pencarian. Dan hal tersebut sangat normal terjadi. Sehingga penting bagi Anda untuk mengetahui tren-tren terkini ataupun sesuatu yang nantinya dapat menjadi viral di masyarakat.

2. Menjual Produk yang Agak Viral

Tidak ada salahnya jika Anda mengadopsi produk-produk yang saat ini sedang viral ke dalam bisnis Anda. Karena sifatnya yang musiman, maka jangan terlalu mengharapkan jika penjualan dapat berjalan jangka panjang. Seiring dengan berjalannya waktu, tentu saja trend tersebut nantinya akan digantikan dengan trend yang baru.

Apalagi perkembangan internet yang semakin cepat saat ini, akan membuat pergeseran trend juga semakin cepat. Sehingga jangan terlalu memfokuskan diri pada produk-produk yang viral saat itu saja. Peka pada perkembangan trend terbaru dan selalu bersiaga jika terdapat produk viral baru yang ada di masyarakat. Dan kemudian anda bisa mengadopsinya ke dalam bisnis yang Anda jalankan.

3. Cobalah Melakukan Penjualan Offline Melalui Trend Online

Jika Anda memiliki lapak offline yang digunakan untuk berjualan, mengapa tidak mencoba untuk memanfaatkan trend online yang saat ini memang sedang naik daun. Anda bisa mencoba menjual produk-produk anda melalui online dan offline. Hal ini tentunya akan mendatangkan keuntungan yang berkali lipat.

4. Lakukan Kreasi Dengan Konten yang Berkaitan Dengan Trend

Konten adalah segalanya dalam bisnis, baik itu yang dapat menarik perhatian maupun hingga mengubah niat pengunjung menjadi konsumen tetap. Konten menjadi hal yang paling mudah digunakan untuk menarik perhatian konsumen di pasaran dikarenakan konten dapat diakses oleh siapapun. Sehingga buatlah konten yang semenarik dan sekreatif mungkin yang memang berkaitan dengan tren-tren terbaru.

Baca Juga: Bisnis Online Sukses karena Content Marketing, Ini Alasannya

Terapkan Untuk Mendapatkan Keuntungan Dalam Penjualan

Strategi viral marketing memang akan sangat menguntungkan, terutama dalam meningkat penjualan bisnis Anda. Namun tentunya penerapan tersebut harus dirancang dengan baik sehingga eksekusi yang dilakukan juga akan berjalan sesuai dengan ekspetasi.

Baca Juga: Tips Menarik Konsumen, Sisipkan Kata Sakti ini di Bisnis 'Online'