Pinjaman Modal Usaha Terbaik 2021 dan Cara Mendapatkannya

Modal kerap menjadi kendala utama seseorang untuk membuka bisnis atau menjadi wirausaha. Tidak punya cukup uang maupun tabungan, padahal tekad memulai usaha sangat kuat.

Bahkan mereka yang sudah merintis usaha dan ingin mengembangkannya juga kadang mengalami hal serupa. Kepentok modal.

Hambatan inilah yang seringkali membuat seseorang mengurungkan niat membuka bisnis. Hilang kesempatan, peluang mendapatkan cuan pun melayang.

Kegagalan mewujudkan keinginan membuka atau mengembangkan bisnis hanya berlaku bagi orang yang tidak mau berusaha. Menyerah pada keadaan.

Sebetulnya banyak jalan menuju roma. Banyak cara untuk mendapatkan modal usaha. Salah satunya melalui pinjaman atau utang.

Dewasa ini, pinjaman modal usaha bertebaran. Tinggal pilih yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan keuangan kamu untuk membayar cicilannya.

Berikut pinjaman modal usaha terbaik 2021 yang dapat membantu kamu merealisasikan mimpi menjadi seorang pengusaha:

Baca Juga: 21 Usaha Sampingan dengan Modal Kecil

Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

Pinjaman modal usaha dari bank

loader

Sudah lazim kalau butuh uang, larinya ke bank. Termasuk untuk mengajukan pinjaman uang. Salah satu produk pinjaman bank yang dapat dijadikan modal usaha, adalah Kredit Tanpa Agunan (KTA).

Sesuai namanya, pengajuan KTA tidak perlu jaminan atau agunan. Ada KTA yang mensyaratkan calon debiturnya punya kartu kredit, ada juga yang tidak. Plafon pinjaman KTA hingga Rp 500 juta.

Syarat dan Cara mengajukan KTA di bank:

  • Usia minimal 21 tahun dan maksimal 65 tahun
  • Bagi karyawan, status tetap minimal sudah setahun bekerja dan minimal gaji Rp 5 juta. Untuk pengusaha kepemilikan usaha sudah berjalan minimal 2 tahun. Sedangkan bagi profesional, tempat praktik telah memiliki akta secara hukum.
  • Lengkapi dokumen, berupa KTP, NPWP, Kartu Keluarga, Akta Nikah (jika sudah menikah), Surat Keterangan Penghasilan atau slip gaji bagi karyawan, Surat Izin Praktif bagi profesional, atau SIUP/TDP bagi pengusaha, rekening koran atau tabungan selama 3 bulan terakhir.

Berikut pinjaman KTA terbaik untuk modal usaha:

1. KTA Digibank

Produk pinjaman KTA dari Bank DBS Indonesia. KTA Digibank menawarkan pinjaman dengan bunga paling murah, mulai dari 0,88%

2. KTA Standar Chartered

Memberikan plafon hingga Rp 300 juta dan bunga rendah mulai dari 0,65%. Jangka waktu atau tenornya 5 tahun (60 bulan).

3. PermataKTA Regular

Produk pinjaman KTA dari Bank Permata. Kamu bisa mendapatkan pinjaman hingga Rp 300 juta. Suku bunga yang ditawarkan ringan, mulai dari 0,88% per bulan.

4. KTA Citi Ready Credit

Pinjaman KTA yang ditawarkan hingga Rp 200 juta. KTA Citi Ready Credit adalah pinjaman dalam bentuk kartu yang dapat dicairkan kapan saja.

5. Kredit Express Panin

Kalau mengajukan pinjaman KTA di Bank Panin lewat Kredit Express Panin, suku bunganya murah mulai dari 0,88% per bulan. Plafon yang ditawarkan sangat besar, hingga Rp 500 juta dan tenor sampai dengan 36 bulan.

6. KTA Tunaiku

Produk pinjaman yang menawarkan kredit hingga Rp 20 juta. Dengan tenor hingga 20 bulan. Pengajuannya tidak perlu pakai syarat kartu kredit. Dananya cair hanya dalam waktu 1 hari. 

Pinjaman modal usaha dari fintech

loader

Perusahaan teknologi keuangan atau disebut fintech saat ini jumlahnya sangat banyak. Tak terkecuali fintech p2p lending sebagai penyalur pinjaman atau pembiayaan.

Orang mengenalnya pinjaman online alias pinjol. Pinjaman jenis ini juga bisa dijadikan modal usaha. Bukan melulu untuk konsumtif.

Tetapi ingat, ajukan pinjaman online dari fintech lending terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jangan yang ilegal, kalau tak mau terjerat bunga mencekik.

1. Pinjaman online Indodana

Pinjaman dana tunai dengan plafon Rp 1 juta hingga Rp 8 juta. Tenor sampai dengan 6 bulan dan suku bunga efektif maksimum 8% per bulan.

Syarat dan cara mengajukan pinjaman online Indodana:

  • WNI dengan KTP yang sah, usia 17-55 tahun, gaji minimal Rp 3,5 juta per bulan
  • Dokumen yang dibutuhkan KTP, NPWP, dan akun internet banking atau BPJS calon debitur.

2. Pinjaman online Kredivo

Menawarkan pinjaman dengan cicilan tanpa kartu kredit maupun pinjaman KTA instan limit hingga Rp 30 juta. Jangka waktu pembayaran mulai dari 30 hari sampai 12 bulan. Pencairan dananya kilat, hanya butuh waktu 5 menit.

Syarat dan cara mengajukan pinjaman online Kredivo:

  • WNI, usia 18-60 tahun, penghasilan minimal Rp 3 juta per bulan
  • Pengajuan lewat akun Kredivo dengan syarat KTP dan swafoto atau selfie, bukti tempat tinggal (hubungkan akun e-commerce yang sudah dipakai bertransaksi), dan bukti penghasilan (unggah foto NPWP atas nama sendiri).

Pinjaman modal usaha dari e-commerce

loader
(Foto via Tokopedia)

Zaman sekarang, mencari pinjaman modal usaha makin mudah. E-commerce kini bukan hanya menjadi situs jual beli online saja, namun menawarkan fasilitas pinjaman online, khususnya bagi mitra penjualnya.

1. Pinjaman online Tokopedia

Tokopedia menyediakan dua jenis pinjaman modal, yakni pinjaman online dan dana instan. Pinjaman online memberi plafon dari Rp 1 juta sampai Rp 1 miliar. Sedangkan dana instan minimal Rp 600 ribu, maksimal Rp 2,4 juta. Tenor hingga 6 tahun (72 bulan).

Syarat dan cara mengajukan pinjaman modal Tokopedia:

  • Merupakan merchant aktif Tokopedia
  • Formulir data diri yang diisi lengkap dan benar
  • Dokumen yang diperlukan Surat Keterangan Usaha (SKU), Surat Keterangan Domisili Usaha (SKDU), Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK), dan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)
  • Pengajuan dilakukan melalui website maupun aplikasi Bukalapak.

2. Pinjaman online Bukalapak

Menawarkan fasilitas pinjaman kepada mitra penjual Bukalapak untuk mengembangkan bisnisnya. Plafon pinjaman di sini mulai dari Rp 2 juta hingga Rp 2 miliar, dengan tenor sampai 24 bulan.

Syarat dan cara mengajukan pinjaman modal di Bukalapak:

  • WNI, terdaftar sebagai mitra penjual Bukalapak minimal 6 bulan
  • Melengkapi dokumen seperti foto KTP dan foto KK
  • Pengajuan dilakukan melalui website maupun aplikasi Bukalapak.

3. Pinjaman online Shopee

Tersedia pinjaman modal usaha mulai dari plafon Rp 500 ribu sampai dengan Rp 2 miliar. Pembayaran dapat dicicil dalam jangka waktu paling lama 36 bulan.

Ada pula layanan Shopee Pinjam atau SPinjam untuk pengguna Shopee. Pinjaman tunai ini memberikan limit hingga Rp 5 juta.

Syarat dan cara mengajukan pinjaman modal di Shopee untuk penjual:

  • Minimal telah berjualan di Shopee selama 6 bulan, berusia minimal 21 tahun, memiliki KTP, NPWP, dan aktif bertransaksi selama 6 bulan terakhir di Shopee paling sedikit Rp 2 juta sampai Rp 5 juta
  • Pengajuan di website maupun aplikasi Shopee.

Untuk mengajukan pinjaman online di Shopee:

  • Masuk ke akun Shopee, fitur Spinjam, lakukan pengajuan dengan mengisi jumlah pinjaman dan tenor, masukkan nomor rekening bank, kemudian dana akan ditransfer ke rekening kamu.

Baca Juga: Ini 7 Kebiasaan Spending Habits yang Bikin Keuanganmu Sehat

Pinjaman modal usaha dari pemerintah

loader

Pemerintah punya program Kredit Usaha Rakyat (KUR). Pinjaman ini disubsidi bunganya oleh pemerintah, sehingga pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) bisa mendapat tingkat bunga sangat murah.

Ada KUR mikro dari pemerintah yang disalurkan melalui bank. Totalnya untuk tahun ini Rp 253 triliun. Bank BRI mendapat jatah terbanyak Rp 170 triliun.

1. KUR Mikro Bank BRI

Plafon pinjaman maksimal hingga Rp 50 juta, suku bunga 6% per tahun, dan tenor hingga 24 bulan.

Syarat dan cara mengajukan pinjaman modal usaha KUR Mikro BRI:

  • Individu, punya usaha yang sudah berjalan minimal 6 bulan, menjalankan usaha di salah satu e-commerce atau perusahaan angkutan online, tidak sedang menerima kredit dari bank, kecuali KPR, KKB, dan kartu kredit
  • Lengkapi dokumen KTP, KK, dan SIUP
  • Pengajuan bisa online melalui situs KUR BRI, atau offline dengan mengunjungi kantor cabang Bank BRI atau agen BRILink.

2. KUR Mikro Bank Mandiri

Fasilitas pinjaman dengan limit kredit maksimal Rp 25 juta dengan agunan. Jangka waktu pembayaran 2 tahun atau 24 bulan dan suku bunga 6% efektif per tahun.

Syarat dan cara mengajukan pinjaman modal usaha KUR Mikro Bank Mandiri:

  • Tidak memiliki atau tidak sedang menerima kredit, tidak masuk daftar hitam nasional penarik cek dan giro kosong, usia minimal 21 tahun dan maksimal 60 tahun, punya usaha produktif yang telah berjalan 6 bulan
  • Pengajuan KUR mikro dapat langsung mendatangi kantor cabang Bank Mandiri.

Pinjaman modal usaha dari Pegadaian

loader

Solusi lain untuk mendapatkan modal usaha, yakni meminjam ke Pegadaian. BUMN ini memiliki produk pinjaman usaha dengan jaminan.

1. Pinjaman modal usaha Kreasi Pegadaian

Pemberian kredit dengan angsuran bulanan untuk UKM dengan sistem fidusia. Jaminan atau agunan berupa BPKB mobil atau motor.

Plafon pinjaman usaha ini mulai dari Rp 1 juta hingga Rp 500 juta dengan tenor hingga 48 bulan. Bunganya 1-1,15% per bulan.

Syarat dan cara mengajukan pinjaman usaha Kreasi Pegadaian:

  • Memiliki usaha UMKM, status kepemilikan sendiri dan sudah berjalan minimal 1 tahun, punya agunan mobil atau motor maksimal 15 tahun
  • Lengkapi dokumen, seperti legalitas usaha (SIUP, SITU, SKU) atas nama debitur, legalitas kendaraan (BPKB, STNK, faktur, dan kuitansi), KK, dan KTP
  • Pengajuan pinjaman usaha melalui outlet Pegadaian, agen Pegadaian, maupun online di aplikasi Pegadaian Digital Service.

2. Pinjaman usaha dengan gadai emas (KCA)

Pemberian kredit untuk kebutuhan produktif seperti membuka usaha dengan sistem gadai. Jenis barang yang diagunkan emas, baik emas batangan maupun perhiasan.

Pinjaman mulai dari Rp 50 ribu sampai Rp 500 juta atau lebih dengan tenor maksimal 120 hari dan dapat diperpanjang. Sedangkan bunganya mulai dari 0,75% per 15 hari.

Syarat dan cara mengajukan pinjaman modal usaha dengan gadai emas:

  • Fotokopi KTP, menyerahkan barang jaminan, menandatangani Surat Bukti Gadai
  • Pengajuannya melalui outlet Pegadaian.

3. Pinjaman usaha dengan gadai angsuran emas (Krasida)

Sama dengan sistem gadai emas KCA, namun cicilannya dibayar secara bulanan. Maka dari itu, tenor pinjaman ini lebih panjang dari 6 bulan hingga 36 bulan. Limit kredit sampai dengan Rp 250 juta dan suku bunga 1,25% per bulan.

Syarat dan cara mengajukan pinjaman gadai angsuran emas:

  • Fotokopi KTP dan memiliki barang jaminan berupa emas
  • Pengajuan pinjaman dilakukan melalui outlet Pegadaian.

Baca Juga: 4 Tips Memulai Bisnis Kecil-kecilan di Masa Resesi

Pinjaman modal usaha dari dompet digital

loader

Jenis pinjaman yang lagi kekinian, namanya Paylater. Perusahaan fintech maupun dompet digital sudah bermain di ranah ini.

Pinjaman dari Paylater umumnya dimanfaatkan untuk transaksi belanja. Namun bisa juga digunakan untuk membuka usaha. Membeli alat atau kebutuhan bisnis dengan Paylater.

1. Indodana PayLater

Layanan pinjaman yang memberi limit hingga Rp 25 juta dan dapat digunakan untuk berbelanja di banyak merchant. Tenor pembayaran yang ditawarkan sampai 12 bulan.

Syarat dan cara mengajukan Indodana PayLater:

  • WNI, usia 17-50 tahun, berpenghasilan minimal Rp 2,5 juta, dan melengkapi KTP, foto selfie bersama KTP
  • Pengajuannya secara online di website maupun aplikasi Indodana.

2. OVO PayLater

Pinjaman tanpa kartu kredit dari OVO ini memberikan limit hingga Rp 10 juta. Tenor mulai 1 bulan sampai 12 bulan dengan tingkat bunga 2,2%-2,9% per bulan.

Syarat dan cara mengajukan OVO PayLater:

  • Cukup foto KTP saja
  • Kamu perlu meng-upgrade akun OVO ke OVO Premier untuk menikmati fasilitas ini
  • Pengajuannya melalui aplikasi OVO.

3. Shopee PayLater

Layanan pinjaman online dengan limit hingga Rp 6 juta yang bisa dipakai pengguna untuk belanja di aplikasi Shopee maupun merchant yang menerima pembayaran Shopee PayLater.

Jadi, kalau mau buka usaha kuliner misalnya, bisa beli alat dan bahan yang dibutuhkan langsung di e-commerce tersebut atau merchant. Suku bunga Shopee PayKater 2,95% per bulan.

Syarat dan cara mengajukan Shopee PayLater:

  • Cukup mengunggah foto KTP saat pengajuan
  • Pengajuan pinjaman online Shopee PayLater hanya bisa dari aplikasi Shopee.

Anti Utang Bikin Cuan Melayang

Tidak perlu gengsi, malu, atau anti utang. Toh pinjaman ini digunakan untuk kegiatan produktif. Kecuali berutang buat hura-hura, bisa di bully netizen se-Indonesia.

Kalau punya niat membuka usaha atau mengembangkan bisnis di waktu yang tepat, jangan ditahan, atau ditunda karena perkara tak ada modal.

Dengan mengajukan pinjaman modal usaha, kamu bisa meraih kesempatan emas mendapat cuan lebih besar dari bisnis yang dirintis. Semangat para pejuang rupiah!

Baca Juga: 7 Cara Mudah Membayar Utang yang Patut Diterapkan