Profil Lee Yoo Young, Bintang Pertama yang Raih Best Actress dari Milan International Film Festival

Aktris peran dan bintang film Korea Selatan, Lee Yoo Young sudah lama dikenal dengan pencapaiannya. Wanita kelahiran Seoul, 8 Desember 1989 ini telah memulai kariernya di tahun 2012 dan pernah menjadi bintang utama dari drama Tunnel (2017). 

Meski nama Lee Yoo-Young memang tidak setenar hallyu stars lainnya, namun sepak terjangnya di panggung seni peran sudah tak perlu diragukan lagi. Sejak kemunculannya di industri hiburan, Yoo Young telah membintangi film keren sampai drama seru yang menarik perhatian publik. 

Bekerja di bawah naungan Poongkyung Entertainment, ia telah meraih penghargaan Best Actress dari Milan international Film Festival 2014 dan Best New Actress SBS Drama Awards 2018. Per tahun 2020, total kekayaan sang aktris ditaksir telah menembus angka hingga 1 - 5 juta Dollar AS (setara Rp14,2 - 71,2 miliar).

Baca Juga: Kiat Sukses dari Han Yoo Ra, YouTuber dari Korea Selatan yang Cinta Indonesia

Terjun ke Kancah Perfilman

View this post on Instagram

A post shared by 이유영 (@__youyoung__)

Lee Yoo-Young benar-benar memulai kariernya dari nol dengan bermain dalam film layar lebar terlebih dahulu. Film pertamanya ialah A Flower Does Not Wilt, But... (2012). Dalam Film pendek tersebut ia memerankan tokoh bernama Soo-young.

Memasuki 2013, ia bermain dalam film pendek berjudul Men. Ia juga mendapat peran pendukung dalam film Hide and Seek. Beralih ke tahun 2014, Yoo Young kembali bermain dalam sebuah short movie berjudul The Lunch Date. Ia belakangan membintangi Late Spring di tahun yang sama sebagai main role.

Beranjak ke tahun 2015, Yoo Young hadir dalam film The Treacherous. Dua judul film berikutnya, yakni A Lonely Bird (short movie) dan Fatal Intuition juga dilakoninya tahun itu.

Adapun di tahun 2016, ia kembali hadir dalam film pendek, Mr. Cowper. Ia juga menjajal kemampuan aktingnya dengan bermain dalam Yourself and Yours di tahun tersebut.

Sedangkan di tahun 2018, Yoo Young tampil khusus dalam dua film, yaitu Her Story dan Grass. Selain itu, ia juga berperan sebagai Han Seo-rin dalam Marionette, serta film The Soul-Mate. Barulah pada tahun 2019, ia bermain dalam film I Am Home dan Diva (2020).

Kemunculan dalam Serial Televisi

Pada tahun 2016 lalu, wanita lulusan Universitas Seni Rupa Nasional Korea ini hadir di seri televisi bertajuk Clocking Out. Dalam penampilan khusus yang ditayangkan Naver TV Cast tersebut, ia mendapat peran bernama Mae-goo. 

Adapun di tahun 2017, Yoo Young hadir sebagai tokoh utama Shin Jae-ji dalam drama Tunnel yang diputar di OCN. Dalam serial drama tersebut, ia memerankan profesor muda sekaligus kriminolog cantik.

Sementara itu, di tahun 2018 ia membintangi Your Honor yang tayang di SBS. Pada tahun yang sama, ia juga membintangi You Drive Me Crazy, sebuah drama special yang tayang di MBC.

Selanjutnya ia bermain dalam The Lies Within (2018) dan memerankan tokoh bernama Kim Seo-hee. Di tahun ini, ia juga muncul sebagai Kim Mi-young dalam My Fellow Citizens! yang diputar di KBS2.

Sedangkan di tahun 2020, Yoo Young muncul dalam episode The Prayer di SF8. Ia juga hadir dalam episode Traces of Love dalam Drama Special yang tayang di KBS2.

Raih Segudang Penghargaan Bergengsi

View this post on Instagram

A post shared by 이유영 (@__youyoung__)

Meski masih terhitung baru, namun secara mengejutkan Lee Yoo Young telah menorehkan sejumlah prestasi. Ia bahkan telah berhasil memenangkan segudang penghargaan bergengsi berkat kemampuan aktingnya.

Karena aktingnya yang memukau dalam Late Spring, ia menyabet sejumlah piala penghargaan dari berbagai ajang. Festival Film Milan Internasional ke-14 memberinya penghargaan Aktris Terbaik di tahun 2014. Dengan demikian, ia menjadi bintang Korea Selatan pertama yang berhasil menyabet penghargaan besar ini.

Ia juga meraih Aktris Pendatang Baru Terbaik dari Penghargaan Film KOFRA 2015. Di tahun tersebut, ia pun berhasil membawa pulang predikat Best New Actress dari Buil Film Awards dan Grand Bell Awards 2015. 

Karena aktingnya dalam film The Treacherous, Yoo Young berhasil memenangkan Popular Movie Star dari Blue Dragon Film Awards. Predikat yang sama juga ia dapatkan dari Korea Film Actors Association Awards. 

Kemudian di tahun 2018, ia mendapatkan trofi Best New Actress dari SBS Drama Awards. Penghargaan ini diraihnya berkat aktingnya yang andal dalam Your Honor.

Terbaru, ia meraih Best Actress in a One-Act/ Special/ Short Drama dari KBS Drama Awards 2020. Yoo Young mendapat penghargaan tersebut berkat aktingnya dalam Traces of Love.

Baca Juga: Rahasia Awet Muda para Artis Korea

Saat Kisah Cinta Berakhir Tragis

Dari segi kariernya yang cerah, sosok Lee Yoo-Young memang bersinar. Namanya berada dalam jajaran aktris Korea Selatan yang disegani. 

Namun sayangnya, tidak dengan kehidupan personalnya. Beberapa tahun lalu, sang aktris sempat menjalin kasih dengan aktor Kim Joo Hyuk. Keduanya saling jatuh cinta setelah beradu akting dalam film Yourself and Yours di tahun 2016 silam.

Setelah beberapa bulan berpacaran, mereka pun berencana akan menikah secepatnya. Namun rupanya, kehidupan mempunyai rencana lain. Alih-alih mewujudkan mimpinya untuk segera menikahi Yoo Young di akhir tahun, Kim Joo Hyuk dikabarkan meninggal pada 30 Oktober 2017. 

Alami kecelakaan mobil, aktor kawakan tersebut meninggal akibat benturan kepala yang berdampak cedera fatal. Sedangkan mobil yang ia kendarai menabrak sebuah apartemen hingga terguling dan terbakar.

Ironisnya, kabar mengejutkan tersebut diterima Yoo Young saat sedang syuting variety show penuh canda, Running Man, di daerah Busan. Otomatis syuting pun dihentikan dan Yoo Young dipersilakan meninggalkan tempat syuting untuk segera beralih ke Seoul. 

Bangkit Setelah Dihantam Duka

View this post on Instagram

A post shared by 이유영 (@__youyoung__)

Shocked dan terpukul, Lee Yoo Young undur sementara dari layar kaca. Dihantam duka yang mendalam membuatnya menutup diri. 

Ia jadi sering diam di rumah, seorang diri. Sang manajer bahkan sempat memberi info betapa Yoo Young tampak sulit menerima kenyataan kekasihnya telah meninggal.

Setelah kehilangan calon suaminya hampir setengah tahun lamanya, Yoo Young perlahan mulai berani kembali tampil di depan publik. Kemunculan pertamanya ialah sewaktu konferensi pers digelar untuk salah satu film yang hendak dibintanginya.

Saat itu, ia berbagi kisah kepada publik dengan tegar. Meski masih sering merindukan sang kekasih yang sudah almarhum, Yoo Young berusaha berpikir positif. Ia menyadari bahwa kekasihnya tentu menginginkan yang terbaik baginya. 

Tak ingin berduka dan terpuruk terus menerus, ia pun berusaha mengambil proyek-proyek baru. Agar tetap sibuk, ia mengambil kursus Bahasa Perancis demi pendalaman karakter untuk film dan drama yang hendak dilakoninya.

Terus Melanjutkan Hidup dan Kariernya

Kendati sangat tertutup terkait kehidupan pribadinya, namun kini Lee Yoo Young telah kembali melanjutkan karier dan hidupnya. Kabar terbarunya, Yoo Young akan berperan sebagai Oh Soo Yeon dalam serial drama Insider. Dalam drama yang akan segera tayang ini, ia akan beradu akting dengan aktor Kang Ha Neul. 

Menurut sejumlah review di media massa, drama tersebut akan menyampaikan pesan moral bahwa manusia dapat menemukan kembali harapan dan keajaiban dari sesamanya bahkan di saat yang paling gelap dan membuat putus asa sekalipun. 

Seringkali hidup berjalan tak sesuai rencana. Bahkan, bisa jadi tragedi dengan kejam datang menghancurkan rencana manusia tanpa diundang. Jika sudah begitu, tak ada opsi lain selain menjadi tegar dan berusaha untuk tetap tabah.

Memang tak ada seorang pun yang mampu melawan takdir, terutama kematian. Namun percayalah bahwa kita bisa cukup kuat untuk melanjutkan hidup dan menemukan kembali kebahagiaan yang baru seperti kisah yang dialami oleh Lee Yoo-Young.

Baca Juga: Artis-Artis Sukses Korea Selatan ini Ternyata Juga Bisa Sukses Jadi Pebisnis