Psikologi Warna: Cara Tepat untuk Mengetahui Jati Diri Suatu Bisnis

Pada dasarnya, kepribadian seseorang dapat dibaca dari cara berbicara, berjalan, berdandan, dan berpakaian. Namun ada yang unik, dimana kepribadian bisa diketahui lewat warna yang disukai oleh seseorang. 

Setiap warna memiliki pancaran dan energi yang berbeda-beda untuk setiap orang.  Dan di dunia kerja sendiri, sudah banyak yang menggunakan psikologi warna ini untuk menentukan jati diri bisnisnya.

Tertarik untuk mengetahui warna apa yang cocok untuk bisnismu? Yuk, cek selengkapnya di bawah ini:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Kuning

ferrari

Kuning merupakan warna yang menandakan keceriaan, kejelasan, kebahagiaan, dan hidup yang penuh semangat. Di sisi lain, warna ini memberi kehangatan terhadap apapun yang ada di sekelilingnya. 

Penggunaan warna kuning menjadikan suatu bisnis terlihat menonjol daripada bisnis lain, meskipun bergerak dalam bidang yang sama. Beberapa perusahaan yang memakai warna ini, yaitu Nikon, IKEA, dan Ferrari.

2. Biru

bank bca

Damai, tenang, akrab, dan penyayang merupakan jati diri dari bisnis yang ingin atau sudah memakai warna biru. Di sisi lain, biru menggambarkan sifat dominan dan terlalu percaya diri. Maka dari itu, bisnis yang menggunakan warna biru sangat memperhatikan hal-hal detail karena takut dikritik oleh banyak orang.

Namun berkat ketakutan ini, biru justru menuai banyak kesuksesan saat menjalankan bisnis. Contoh perusahaan yang memakai warna biru, yaitu Bank BCA, Mandiri, dan Wordpress.

3. Ungu

cadbury

Warna ungu, baik untuk laki-laki atau perempuan, memiliki kepribadian yang independen, bijaksana, jujur, imajinatif, observatif, dan ambisius yang tinggi. Tapi  cukup sensitif karena terlalu mengedepankan perasaan saat melakukan sesuatu.

Meski sensitif, warna ini tetap menarik dan enak untuk dipandang. Contoh perusahaan dengan warna ungu, yaitu FedEx, Cadbury, dan Yahoo. 

Baca Juga: Mengetahui Apa Itu Manajemen Risiko Serta Kegunaannya untuk Perusahaan

4. Merah

mcdonald

Merah memiliki arti powerful, kuat, dan sulit dikalahkan, namun berhasil mencuri perhatian. Bisnis apapun yang menggunakan warna merah akan menjadi bisnis terdepan, dan dilirik oleh banyak orang. Sebab kekuatan yang ada dalam warna ini berhasil menundukkan bisnis lain. 

Meski kuat, merah tidak boleh meremehkan kemampuan bisnis lain dengan mudah. Apalagi bisnis yang dikelola oleh pemimpin yang memiliki integritas tinggi. Contoh perusahaannya, yaitu McDonald, Pizza Hut, KFC, Puma, dan Coca Cola.

5. Pink

barbie

Warna ini memiliki kepribadian yang menarik, jadi tak heran kalau banyak orang yang berhasil terpikat. Selain itu, pink mempunyai sisi   romantis, feminim, sabar, hangat, dan penyayang. Almost perfect, ya, itu lah deskripsi yang paling tepat untuk warna ini.

Beberapa perusahaan besar yang memakai warna ini untuk logonya, seperti Victoria’s Secret, Barbie, Cosmopolitan, dan Dunkin Donuts.

6. Cokelat

louis vuitton

Merupakan warna natural yang paling sering ditemukan, dan dapat dipadukan dengan banyak warna, termasuk warna-warna cerah. Dalam dunia psikologi, warna ini menggambarkan jiwa yang damai, hangat, sederhana, dan bersahabat. Tapi juga dibarengi dengan keseriusan dan ketegasan. 

Lihat saja perusahaan seperti Magnum, Louis Vuitton, dan Cracker Barrel. Dominasi warna cokelat membuat siapapun ingin terus memandanginya, seakan mengisyaratkan sesuatu.

7. Orange

payless

Warnanya yang cerah sering menjadikannya sebagai pusat perhatian banyak orang. Ditambah dengan sikapnya yang berani, percaya diri, memiliki antusias tinggi, dan selalu bahagia. Dengan semua hal baik ini, siapa coba yang tidak terpikat dan ingin mendekat?

Bila dipadukan dengan warna lain, maka orange akan sangat klop dengan warna merah, hitam, dan kuning. Beberapa perusahaan yang menggunakan warna orange, seperti Harley Davidson, JBL, dan Payless.

Baca Juga: Patenkan Brand Usaha Online, Begini Cara Daftar Merek Dagang di Kemenkumham dan Biayanya 

8. Putih

mini cooper

Ibaratkan kertas, warna putih memiliki arti bersih, suci, dan polos. Meski secara keseluruhan membosankan, tapi banyak yang  menggunakan warna putih untuk logo perusahaannya. Sebab, putih mengisyarakatkan jiwa yang tenang, modern, dan tegas. 

Berkat perpaduan sifat ini lah, maka perusahaan dengan logo putih sering menuai sukses. Sebut saja Mini Cooper yang sampai saat ini masih tercatat sebagai salah satu mobil incaran kalangan menengah ke atas.

9. Hitam

adidas

Meski gelap, warna ini justru diminati oleh banyak orang karena mudah dipadukan ke beberapa warna sekaligus. Tapi dari segi sifat, hitam menggambarkan sosok yang misterius dan sulit ditebak, serta cukup senang untuk melakukan eksperimen. 

Namun di balik itu, terdapat pula jiwa yang kuat, berintegritas, profesional, dan peduli kepada banyak orang. Perusahaan besar dengan dominasi warna hitam, seperti Chanel, Karl Lagerfeld, Adidas, dan Apple.

10. Hijau

spotify

Dan warna terakhir adalah hijau. Warna yang menyegarkan, menenangkan, sekaligus memberi energi positif bagi siapapun yang memandangnya. Kemunculan warna hijau berhasil menyatukan banyak insan berkat kehangatan yang terpancar dari dalam warna ini sendiri.

Penggunaan warna hijau bisa ditemukan pada beberapa perusahaan, seperti Spotify, Tropicana, dan Heineken

Gunakan Warna yang Tepat untuk Bisnis Anda

Ingin membangun suatu bisnis, tapi bingung memilih logo dan warna yang pas? Anda bisa jadikan salah satu warna di atas sebagai acuan. Tapi sebelum itu, ketahui dulu seperti apa jati diri bisnis Anda. Sebab, warna yang akan disematkan pada logonya cukup berpengaruh pada kesuksesan bisnis di kemudian hari.

Baca Juga: 10 Instagram Tools yang Mendukung Bisnis Berkembang, Yuk Coba!