Cara Mudah dan Efektif Deteksi QRIS Palsu

Pernah dengar ada kasus penipuan lewat QRIS palsu? Di mana, kode QR yang di-scan ternyata mengarah ke rekening milik orang lain dan bukan pemilik aslinya sehingga uang yang dikirimkan tidak sampai ke tujuan yang seharusnya.

Tentunya hal ini bukan saja sangat merugikan pemilik bisnis yang memasang QRIS tapi juga konsumen yang melakukan pembayaran. Lantas bagaimana caranya untuk mendeteksi QRIS palsu? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Cara Deteksi QRIS Palsu dengan Mudah

loader

QRIS Palsu (Sumber: qris.online)

1. Cek Tampilan QRIS

QRIS palsu mungkin memiliki kualitas cetakan yang buruk, ukuran yang tidak sesuai, atau terlihat mencurigakan secara visual.

Salah satu contohnya, mungkin akan ada tumpukan stiker di papan QRIS merchant tersebut. Jika kamu meragukan keaslian kode QR, sebaiknya hindari untuk memindainya dan tanyakan pada merchant tersebut.

2. Scan dengan PJSP Resmi

Selalu gunakan aplikasi PJSP resmi saat memindai kode QR, misalnya dengan mobile banking. Menurut Bank Indonesia, aplikasi PJSP punya fitur keamanan yang lebih kuat sehingga dapat mendeteksi adanya upaya fraud yang mungkin terjadi.

3. Cek Kembali Merchant Tujuan

Sebelum menyetujui pengiriman dana, pastikan untuk mengecek nama merchant tujuan sekali lagi demi memastikan kesesuaiannya. Misalnya, ketika ingin membayar ke merchant A, tapi informasi nama penerima yang muncul adalah X, sebaiknya jangan dilanjutkan. 

Lakukan konfirmasi dengan merchant tersebut, apakah memang namanya demikian. Atau bisa jadi ternyata ada oknum yang sengaja mengganti kode QR merchant tersebut.

4. Cek Notifikasi Pembayaran 

Selalu cek notif pembayaran untuk memastikan pembayaran sudah berhasil diterima oleh merchant yang tepat. Pemilik merchant biasanya juga akan menerima notifikasi pembayaran.

Waspada Modus Penipuan QRIS Palsu 

Agar terhindar dari penipuan QRIS palsu, ada baiknya untuk lebih waspada dan cermat saat bertransaksi. Ingatlah untuk selalu memeriksa informasi dengan saksama sebelum melakukan pembayaran melalui kode QR. 

Keamanan transaksi adalah hal yang sangat penting dan dengan kewaspadaan, kamu dapat melindungi diri sendiri dari modus penipuan apapun. Semoga bermanfaat!