12 Quotes Malam untuk Renungan Kehidupan

Quotes merupakan sebuah kutipan yang kerap dibagikan karena dianggap inspiratif bagi pembacanya. Kutipan-kutipan itu pun bisa berasal dari mana saja, mulai dari tulisan dalam buku, pernyataan seseorang, dialog film, lirik lagu, dan sebagainya. 

Oleh karena sifatnya yang inspiratif, quotes kerap menjadi bahan renungan dan evaluasi diri. Terlebih jika sedang merasa sedih, kecewa, dan marah. Salah satu waktu yang tepat untuk merenungi diri adalah malam hari. Hal ini dikarenakan suasana malam hari yang tenang membuat kita bisa lebih fokus dengan emosi dan pikiran diri sendiri.

Bagi penyuka quotes, Cermati.com saat ini telah merangkum 12 quotes malam tentang kehidupan yang bisa menjadi renungan. Mari kita simak lebih lanjut daftar quotes malam berikut ini.

Kumpulan Quotes Malam Hari

loader

Quotes Malam Hari

  1. Setelah Gelap Terbitlah Terang

    "Tuhan menciptakan malam agar kita belajar, bahwa setelah gelap terbitlah terang.” 

    Tips: Saat mengalami kesulitan, kehidupan pun akan terasa gelap. Diri ini seakan mau menyerah dengan kehidupan. Tapi, ingatlah selalu bahwa waktu terus berputar dan kegelapan itu perlahan akan sirna. 

  2. Masalah akan Berlalu Seiring Berjalannya Waktu 

    “Tiada awan di langit yang tetap selamanya. Tiada mungkin akan terus-menerus terang cuaca. Sehabis malam gelap gulita lahir pagi membawa keindahan. Kehidupan manusia serupa alam.” - R.A. Kartini

    Tips: Hidup adalah sesuatu yang dinamis. Kadang merasa senang, tetapi kadang merasa sedih. Satu hal yang perlu diingat, kesenangan dan kesedihan itu tidak bersifat permanen. Ada saatnya merasa senang, dan ada saatnya tidak. Nikmatilah keduanya dengan penuh rasa syukur. Dengan begitu, kehidupan akan terasa lebih mudah untuk dijalani. 

  3. Berdoa akan Membantumu Menjalani Kehidupan

    "Doa adalah kunci pembuka hari dan sekrup penutup malam." - Mahatma Gandhi

    Tips: Doa merupakan bentuk komunikasi manusia dengan Sang Pencipta. Saat merasa sedih, dekatkanlah diri dengan Tuhan. Dengan begitu, jiwa pun menjadi lebih tenang.

  4. Kesulitan Akan Menuntun Kita Pada Proses Menuju Cahaya

    “Sebuah makna yang mampu kita ambil dari gelap adalah setidaknya kita jadi buru-buru mencari cahaya." – Batassenja

    Tips: Tak selamanya masalah menjadi hal yang negatif. Terkadang, tanpa kita sadari, masalah membuat kita termotivasi untuk berprogres dalam hal menyelesaikannya. 

  5. Pantang Menyerah Terhadap Mimpi Kita

    “Semua impian bisa menjadi kenyataan, jika kita memiliki keberanian untuk mengejarnya.” – Walt Disney 

    Tips: Jika kita hanya berani bermimpi tanpa memberikan tindakan untuk mewujudkannya, maka mimpi tersebut hanya akan menjadi mimpi. Ambilah keberanian untuk mewujudkannya. Ingatlah, usaha tak akan mengkhianati hasil. Selama kita terus berprogres, mimpi tersebut pun akan semakin dekat untuk diraih.

  6. Berilah Apresiasi Terhadap Kehidupan yang Dijalani

    “If there were no night, we would not appreciate the day, nor could we see the stars and the vastness of the heavens. We must partake of the bitter with the sweet. There is a divine purpose in the adversities we encounter every day. They prepare, they purge, they purify, and thus they bless.” - James E. Faust

    Tips: Dalam hidup tak hanya momen bahagia saja yang akan kita rasakan. Momen sedih pun pasti akan hadir. Namun, anggaplah kesedihan dan kesulitan itu sebagai momen untuk bersyukur. 

    Coba bayangkan, jika terus menerus merasa bahagia, lama kelamaan kita mungkin akan merasa momen bahagia itu biasa saja. Tapi, jika merasakan kesedihan dan perlahan momen bahagia itu muncul, kebahagiaan yang dirasakan pun menjadi berkali-kali lipat.

  7. Setiap Hari adalah Anugerah

    “To me, every hour of the day and night is an unspeakably perfect miracle.” - Walt Whitman

    Tips: Tidak dapat dipungkiri bahwa manusia suka lupa bersyukur atas berkat dan kehidupan yang didapatnya selama ini. Oleh karena itu, mulai dari sekarang, jangan lupa untuk bersyukur karena kita masih dapat tertidur dengan nyaman dengan selimut hangat, kasur empuk, dan kamar yang layak.

  8. Tidak ada Bagus dan Buruk

    “There is nothing either good or bad but thinking makes it so.” - William Shakespearse

    Tips: Tidak ada suatu hal yang benar-benar buruk dan bagus. Semua itu tergantung pada cara pikir kita masing-masing. Misalnya, jika kita berpikir pakaian kita buruk, maka pakaian itu akan terasa buruk, padahal belum tentu hal itu benar dan orang lain berpikir seperti itu. Oleh karena itu, berikan pandangan positif kepada diri kita sendiri. 

  9. Hidup Memang Indah Jika Kita Menjalaninya dengan Baik

    “My theory on life is that life is beautiful. Life doesn't change. You have a day, and a night, and a month, and a year. We people change - we can be miserable or we can be happy. It's what you make of your life.” - Mohammed bin Rashid Al Maktoum

    Tips: Hidup itu indah. Tapi, keindahan tersebut ditentukan dari sikap dan cara pandang kita. Sebagai manusia, kita tentu pernah membuat kesalahan. Namun, ingatlah bahwa manusia selalu berubah. Kita pun bisa berubah menjadi lebih baik. 

  10. Berilah Usaha Terbaik setiap Menghadapi Masalah

    “Sometimes, things may not go your way, but the effort should be there every single night.” - Michael Jordan

    Tips: Manusia boleh berkehendak, namun Tuhanlah yang menentukan. Kita mungkin memiliki rencana besar dan indah yang ingin diwujudkan, tapi terkadang rencana tersebut tidak berjalan sesuai dengan keinginan. 

    Tak perlu berkecil hati dan menyerah, teruslah berprogres untuk mewujudkan rencana tersebut. Ingat, usaha tak pernah mengkhianati hasil. Oleh karena itu, berusahalah terus.

  11. Tidak Bisa Menipu Diri Sendiri

    “You can fool people. You can fool anybody anytime of the day, but you can't fool yourself. At night, when you go home, you've got to be straight up with you.” - Whitney Houston 

    Tips: Kita mungkin bisa berakting bahagia di depan teman-teman. Tapi, rasa sedih tersebut akan terus melekat. Jujurlah pada diri sendiri. Biarkan rasa sedih itu tercurahkan. Dengan begitu, akan lebih mudah untuk bangkit nanti. 

  12. Utamakan Kebahagiaan Dibandingkan Harta

    “Never work just for money or for power. They won't save your soul or help you sleep at night.” - Marian Wright Edelman

    Tips: Apa yang kita cari dari bekerja siang dan malam? Gaji yang besar? Tapi, apakah seluruh uang itu akan membuatmu bahagia? 

    Tak jarang, semakin banyak uang kita merasa semakin kurang dalam hal lainnya, seperti kasih sayang, bersosialisasi, me time, dan sebagainya. Oleh karena itu, carilah kebahagiaan sejati dari diri kita.

Quotes Malam untuk Bahan Renungan Kehidupan

Terkadang, setelah menjalani hari dengan berbagai macam masalahnya, pikiran kita sebelum tidur menjadi semrawut. Dengan 12 quotes malam hari di atas, kita bisa mencoba merenungkan kembali satu per satu perasaan dan masalah yang melingkupi. Setelah itu, cobalah untuk memikirkan penyelesaiannya satu per satu. 

Semoga quotes malam di atas bisa membantumu! 

Baca Juga Kumpulan Quotes Lainnya: