Rayakan Imlek di Jakarta dengan Mengunjungi Tempat-Tempat Ini

Sebentar lagi perayaan tahun baru Imlek akan tiba. Menjelang hari spesial ini, pernak-pernik khas Imlek pun sudah banyak menghiasi banyak pusat-pusat perbelanjaan di Jakarta. Bagi suku tionghoa, momen imlek biasanya digunakan untuk berkumpul bersama keluarga. Menjalankan tradisi seperti makan malam bersama dan hal lainnya.

Sama seperti hari raya besar lainnya, bagi yang non-tionghoa bukan berarti kamu tidak bisa ikut merayakan Imlek juga. Tidak usah jauh-jauh keluar negeri untuk bisa merasakan kehebohan perayaan Imlek secara maksimal. Cukup di Jakarta saja kamu sudah bisa merayakan Imlek.

Dengan berbagai diskon-diskon spesial dan event-event menarik untuk meramaikan perayaan Imlek nanti, berikut beberapa tempat di Jakarta yang tepat untuk dikunjungi ketika hari Imlek tiba:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Klengteng Kim Tek Ie

Vihara Dharma Bhakti
Vihara Dharma Bhakti via wikipedia

Terletak di kawasan Petak Sembilan, Glodok, klengteng Kim Tek Ie ini salah satu klengteng tertua yang ada di Jakarta. Telah berada sejak tahun 1650 klengteng yang juga memiliki julukan Vihara Dharma Bakti ini selalu ramai dikunjungi banyak orang setiap malam tahun baru Imlek.

Terletak tepat di kawasan pecinaan Glodok, Vihara Dharma Sakti ini akan dihiasi oleh ratusan lilin dan lampion yang siap menyambut pengunjung klengteng, baik yang ingin beribadah atau hanya sekedar berfoto-foto ria.

2. Central Park Mall

Central Park Mall
Central Park Mall via lensaindonesia.com

Bagi yang ingin ikut merayakan Imlek dengan jalan-jalan bersama keluarga sekaligus menikmati berbagai macam diskon tahun baru, kamu bisa mengunjungi Central Park Mall sebagai salah satu tempat tujuan. Central Park Mall sudah dikenal sebagai mall yang sering merayakan hari raya/hari libur spesial dengan berbagai macam acara yang menarik dan seru.

Tidak hanya dipenuhi dengan berbagai pernak-pernik khas Imlek sebagai dekorasi. Central Park Mall juga akan mengadakan berbagai pertunjukan seru seperti pertunjukan barongsai, festival kuliner khas Imlek, kembang api dan tentunya berbagai diskon dan promo menarik.

3. Pecenongan

Pecenongan
Pecenongan via jejakkuliner.com

Pecenongan sudah lama dikenal sebagai daerah yang banyak didatangi oleh para pecinta chinese food. Bagi kamu yang ingin menikmati berbagai jenis kuliner khas negeri bambu mulai dari yang ala street food sampai yang mewah, Pecenongan harus menjadi salah satu tujuan utama kamu.

Tapi tidak hanya makanan khas Cina saja, berbagai kuliner lezat lain juga ada di Pecenongan mulai dari martabak, bubur hingga jajanan khas Indonesia lainnya. Disarankan untuk mengunjungi Pecenongan ketika sore hari agar lebih banyak lagi pilihan kuliner yang bisa dicicipi. Karena kawasan Pecenongan akan lebih ramai saat sore hingga malam hari.

4. Ancol

Ancol
Ancol via travelmaker.id

Untuk kamu yang tinggal di kawasan Jakarta Utara bisa mengunjungi Taman Impian Jaya Ancol jika ingin ikut merasakan berbagai hiburan khas Imlek. Setiap tahun Ancol rutin mennyelenggarakan Ancol Festival Imlek, dan bisa dikatakan salah satu yang terbesar dan terheboh di Jakarta.

Ketika mengunjungi Ancol ketika tepat di hari Imlek nanti, kamu akan menemukan berbagai hiasan khas imlek seperti lampion lalu pertunjukan barongsai dan tidak lupa juga berbagai kuliner khas Imlek dari yang tradisional sampai jajanannya.

Baca Juga: 11 Tradisi-Tradisi Unik Saat Imlek

5. China Town

Chinatown Jakarta

Terletak di Daerah Jakarta Barat, terdapat pemukiman Tionghoa yang lokasinya juga tidak terlalu jauh dari pusat kota dan kota tua. Chinatown sudah dikenal menjadi tujuan wisata saat hari libur nasional atau weekend. Di China Town kamu tidak hanya bisa berkunjung ke Klengteng tapi juga bisa mencicipi berbagai kuliner dan pernak-pernik khas Tionghoa.

Sebagai salah satu pemukiman etnis Cina di Jakarta, tentu saja tidak heran jika menjelang Imlek nanti kawasan ini akan dipenuhi oleh banyak pernak-pernik menyambut Imlek. Mulai dari ribuan lilin, ratusan lampu lampion dan lampu-lampu hias disepanjang jalan. Jangan lupa juga menonton berbagai pertunjukan budaya seperti barongsai ketika kamu berkunjung ke China Town, Jakarta Barat saat Imlek nanti.

6. Klenteng Boen San Bio

Klengteng Boen San Bio
Klengteng Boen San Bio via pelitabanten.com

Terletak di Karawaci, Klengteng Boen San Bio adalah salah satu Klengten yang populer karena kemegahannya. Klengteng yang sudah cukup tua umurnya ini memiliki potensi wisata yang terletak pada keindahan bangunannya.

Menjelang Imlek, banyak orang yang akan berkunjung ke Klengteng ini tidak hanya untuk beribadah tapi juga untuk menikmati keindahan bangunannya atau sekedar ingin menikmati kuliner khas Imlek yang banyak dijajakkan di sekitar Klengteng.

7. Kampung Cina Cibubur

Kampung Cina Cibubur
Kampung Cina Cibubur via katadata.com

Berada pada kawasan perumahan Kota Wisata Cibubur, Kampung Cina Cibubur juga bisa dijadikan salah satu tujuan liburan ketika Imlek. Hal yang menarik dari Kampung Cina adalah kamu bisa menikmati pemandangan rumah-rumah mewah dengan ciri dari berbagai negara di sepanjang jalan.

Di Kampung Cina kamu juga akan menemukan taman-taman yang dihiasi oleh patung-patung unik seperti patung liberty hingga patung dewa di agama Budha. Membuat setiap taman pada Kampung Cina memiliki keunikannya masing-masing.

Tidak hanya menampilkan suasana khas negeri Cina, tapi juga kamu akan banyak menemukan pedagang-pedangan yang menjajakan souvenir khas negara Cina, kuliner hingga barang-barang antik khas negeri Cina. Ketika Imlek kamu bisa menikmati pertunjukan tarian khas Cina dan juga pertunjukkan barongsai.

Baca Juga: 10 Tradisi Natal Unik di Seluruh Dunia

Manfaatkan Imlek untuk Liburan Seru dengan Keluarga

Jadikan tahun baru Imlek sebagai alasan yang tepat untuk berlibur bersama keluarga atau orang-orang terdekat kamu. Menikmati berbagai perayaan Imlek di berbagai tempat berbeda di Jakarta akan lebih menyenangkan jika bersama orang-orang terdekat bukan? Ikut merayakan tahun baru Imlek bersama-sama tidak hanya bisa menjadi agenda liburan menyenangkan tapi juga kesempatan untuk quality time bersama keluarga.

Baca Juga: Tips Cerdas Menjalankan Resolusi Keuangan