Ingin Jadi Realtor? Ketahui Dulu Tugas, Keuntungan, dan Tips Menggeluti Profesinya

Dengan harga yang terus meroket seiring waktu, bukan hal yang mengherankan jika pemilik properti seringkali kesulitan untuk menjual aset tersebut. Selain itu, karena hambatan lokasi, menjual aset properti menjadi aktivitas yang sangat sulit untuk dilakukan sendiri. Dengan kondisi tersebut, muncul bidang profesi baru yang disebut realtor. 

Bagi yang belum tahu, realtor adalah agen atau makelar yang menjual aset properti, baik itu tanah atau bangunan. Bisa dibilang, realtor adalah pebisnis properti yang mempromosikan aset tak bergerak tersebut agar lekas dijual sekaligus meraup keuntungan.

Lebih dari itu, tugas realtor membutuhkan strategi khusus agar bisa berjalan lancar dan menghasilkan cuan. Juga, ada jenis properti khusus yang kerap jadi incaran realtor dalam menawarkan jasanya. Nah, agar memahami lebih lanjut tentang apa itu realtor, jenis properti yang dijual, hingga keunggulan profesi dan tips menjalankannya, simak penjelasan berikut ini. 

Bingung Cari Produk Kredit Multi Guna Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KMG Terbaik! 

Lebih Dekat dengan Profesi Realtor

loader

Realtor adalah sebutan profesi bagi seseorang yang menjual properti. Umumnya, tugas realtor adalah mempromosikan properti atau real estate agar bisa dijual dan memperoleh keuntungan dari transaksi tersebut. Jadi, seorang realtor tak harus memiliki sendiri properti yang ingin dijualnya. 

Dalam cara kerjanya, realtor berbeda dengan agen properti ataupun real estat. Umumnya, realtor memiliki perusahaan dengan bentuk PT atau Perseroan Terbatas maupun perseroan komanditer atau CV. 

Mereka juga mempunyai tim yang terdiri atas para agen real estat dan properti. Sehingga, realtor adalah pebisnis atau pengusaha properti yang telah mempunyai kantor sendiri dan berperan sebagai promotor sekaligus penjual properti. 

Jenis Properti yang Ditawarkan Realtor

Secara umum, produk yang ditawarkan oleh realtor mencakup real estate serta properti. Tapi, secara lebih spesifik, berikut adalah jenis properti yang kerap ditawarkan oleh profesi ini. 

Jenis Properti Kelebihan
Rumah

Rumah merupakan jenis properti yang kerap dijual dan ditawarkan realtor dengan berbagai tipe maupun lokasi.

Sebagai properti yang tak pernah sepi peminat, potensi penjualan rumah bisa dibilang cukup tinggi dan menjadi salah satu sumber pemasukan utama dari profesi ini.  

Tanah

Selain rumah, tanah juga termasuk sebagai jenis properti yang dijajakan oleh profesi ini. Selayaknya rumah, lokasi yang strategi menjadi kunci penting agar laris manis dicari pembeli. Contohnya, pilih tanah yang berdekatan dengan pusat perbelanjaan atau perumahan agar diminati. 

Apartemen

Mirip dengan rumah, apartemen merupakan hunian yang kerap dicari oleh masyarakat. Tapi, umumnya jenis properti ini diminati oleh masyarakat perkotaan, khususnya yang berlokasi di area perkantoran atau pusat kota.

Dengan demand yang tergolong tinggi dan diincar masyarakat kalangan atas, realtor umumnya tidak kesulitan menjual dan mempromosikan apartemen atau aparthouse. 

Ruko

Bisa sekaligus dijadikan tempat bisnis, ruko atau rumah toko juga sering menjadi properti yang disuguhkan profesi ini. Dengan harga yang terbilang tinggi, menjual ruko memang cukup sulit, apalagi jika lokasinya tak terlalu strategis.

Karenanya, kehadiran pebisnis properti ini dibutuhkan oleh pemilik ruko agar bisa menjual propertinya dengan lebih cepat dan praktis. 

Area Kantor

Tak hanya hunian residensial, tidak jarang realtor juga menawarkan hunian komersial seperti area perkantoran. Mereka biasanya terhubung dengan pihak manajemen gedung agar bisa mempromosikan area kantor di dalamnya.

Tingkat kebutuhan akan area kantor, khususnya di kota besar, tergolong tak pernah sepi. Apalagi jika geliat bisnis sedang tinggi dan banyak muncul perusahaan start up, permintaan akan jenis properti ini pasti selalu bermunculan. Untuk itu, jika kamu berniat menjadi realtor, jangan luputkan perhatianmu pada jenis properti ini agar tak kehilangan potensi meraih cuan.  

Keunggulan Bekerja Sebagai Realtor

Setiap profesi tentu memberi keuntungan dan keunggulan bagi pelakunya di luar dari potensi penghasilan yang diperoleh. Dalam konteks realtor, berikut beberapa keunggulan yang bisa kamu dapatkan saat menggeluti profesi tersebut. 

1. Koneksi Sudah Pasti Luas

Menggeluti sektor properti memberimu jaminan mendapat koneksi yang luas. Sebagai contoh, kamu pasti akan berkenalan dengan banyak developer rumah, agen properti, sampai menjalin kerja sama dengan perbankan penyedia KPR. Tak hanya itu, tidak jarang kamu akan kedatangan klien dari kalangan berada dengan profesi yang berbeda sehingga bisa menguntungkan pada posisimu sebagai realtor ataupun pebisnis. 

2. Punya Banyak Opsi Properti Strategis 

Menjadi realtor juga bisa menjadi cara agar dapat mengetahui jenis atau karakteristik properti yang terbaik. Ketika ada klien yang datang, kamu tidak akan bingung menawarkan properti yang sesuai dengan kebutuhannya. Mempertimbangkan kondisi properti layak beli untuk ditawarkan juga bisa kamu lakukan agar meningkatkan potensi kesuksesan menggeluti bisnis ini. 

3. Andal Berinvestasi Properti

Tak hanya itu, berkecimpung di bisnis properti juga memberimu pemahaman terkait cara berinvestasi di jenis aset tersebut. Dengan begitu, kamu dapat meningkatkan potensi imbal hasil dari instrumen ini yang tergolong menjanjikan dan terus melonjak setiap tahun, sembari meminimalkan risikonya.

Tips Sukses Menjadi Realtor

Sebagai realtor, tentu ada banyak hal yang perlu dilakukan agar berhasil menjalani profesi tersebut. Berikut beberapa tips menjadi seorang realtor yang sukses mempromosikan dan menjual properti

1. Fokus Menambah Pengalaman dan Pengetahuan

Tips pertama, ketika menggeluti profesi apa pun, kamu harus fokus menambah pengalaman dan pengetahuan seputarnya. Bila perlu, join seminar atau kelas pengembangan yang berhubungan dengan karier yang kamu pilih. Dengan begitu, kamu bisa lebih fokus mendalami profesi dan meningkatkan potensi kesuksesan di bidang tersebut. 

2. Terus Capai Target Baru

Selain itu, usahakan untuk memiliki target baru ketika target lama telah berhasil dicapai. Maksudnya, jangan mudah puas dengan pencapaian selama ini dan terus mengejar tujuan baru. 

Sebagai contoh, jika tahun ini kamu berhasil menjual belasan properti, tidak ada salahnya berusaha mencapai angka puluhan properti di tahun berikutnya. Pun kualitas pelayanan, cakupan properti, dan jumlah tim juga sebaiknya terus ditingkatkan seiring waktu agar bisnis bisa menjadi lebih besar lagi di masa depan.  

3. Selalu Perluas Koneksi dan Informasi

Tak kalah pentingnya, kunci sukses menjadi seorang realtor adalah kamu harus selalu memperluas koneksi dan hubungan dengan orang dari berbagai kalangan. Tidak hanya itu, kamu juga perlu mempelajari berbagai ilmu penting seputar teknologi informasi yang terus berkembang seiring waktu. 

Alasannya tidak lain agar operasional bisnis bisa berjalan lebih lancar dibanding sebelumnya. Contohnya, bisnis realtor bisa jauh lebih mudah, praktis, dan efisien dijalankan via platform digital dan internet. Konsumen atau klien pun bisa lebih mudah menjangkau layananmu melalui bantuan teknologi digital tersebut dan menjadi nilai plus bisnismu dibanding kompetitor. 

Potensi Cuan Menjanjikan dan Beri Banyak Keuntungan, Apa Kamu Tertarik Jadi Realtor?

Sebagai makelar yang mempromosikan dan menjual properti seperti rumah, tanah, hingga area kantor, realtor adalah salah satu profesi dengan potensi cuan menggiurkan. Yang penting, jika menggeluti bidang ini, pastikan selalu menambah relasi, pengetahuan, dan pengalaman seputarnya. Juga, jangan ragu memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan peluang keberhasilan menjadi realtor.