6 Rekomendasi Asuransi Motor Terbaik

Memberikan perlindungan pada sepeda motor kesayangan merupakan hal yang penting.  Selain melakukan perawatan rutin,  memberikan perlindungan asuransi juga bisa menjadi pilihan bijak. Layanan yang satu ini akan melindungi motor  dari resiko kerusakan, termasuk resiko kehilangan sekaligus. 

Berdasarkan cakupan pertanggungannya, asuransi motor bisa dibedakan menjadi dua jenis, yakni: 

1. Comprehensive

loader

Asuransi yang satu ini akan memberikan perlindungan menyeluruh terhadap motor.  Artinya, semua jenis kerusakan yang terjadi pada motor akan ditanggung oleh perusahaan asuransi, baik itu kerusakan yang kecil hingga yang terparah sekalipun. 

2. Total Loss Only (TLO)

Layanan asuransi yang satu ini hanya memberikan perlindungan terhadap berbagai kerusakan dalam skala yang besar atau setidaknya  kerusakan  motor sudah dalam kondisi 75%. 

Artinya, perusahaan asuransi hanya akan memberikan perlindungan terhadap kerusakan-kerusakan berat saja, misalnya saat kondisi motor sudah tidak bisa digunakan lagi. 

Namun kondisi kerusakan ini haruslah diakibatkan oleh hal-hal  yang masuk dalam aturan perusahaan asuransi,  seperti  tabrakan  dan yang lainnya.  Jika menginginkan perlindungan yang lebih maksimal, kamu bisa menggunakan perluasan jaminan asuransi kendaraan bermotor  ketika membeli polis. 

Layanan ini memberikan perlindungan yang lebih luas pada motor, termasuk resiko bencana alam dan yang lainnya. 

Bingung cari asuransi mobil terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Beli Asuransi Mobil Terbaik Sekarang!  

Pilih perusahaan asuransi motor yang tepat

loader

Penggunaan asuransi motor  terbilang sudah cukup populer di tanah air,  hal ini bisa dilihat dari banyaknya jumlah perusahaan asuransi yang bisa ditemukan. 

Namun meski begitu, sangat penting untuk memilih perusahaan asuransi yang tepat dan bisa memberi manfaat maksimal untuk motor.

Berikut ini adalah beberapa perusahaan asuransi motor terbaik di tanah air yang bisa dijadikan sebagai pertimbangan: 

1. Sinar Mas

Perusahaan asuransi motor yang satu ini  hanya akan memberikan perlindungan untuk motor berusia  di bawah 10 tahun saja.  Sinar Mas memungkinkan kamu membayarkan premi tahunan ataupun sesuai dengan polis yang disepakati. Berikut ini adalah manfaat serta ketentuan polis asuransi motor Sinar Mas: 

  • Saat mengajukan klaim, nasabah hanya menanggung risiko sendiri (Own Retention)  sebesar 10%  dari nilai pertanggungan atau  sejumlah Rp 750 ribu saja. 
  • Nasabah  akan mendapatkan pengembalian premi, jika masa pertanggungan kurang dari 8 bulan. 

Produk ini Tidak bisa digunakan untuk motor yang digunakan secara komersial, seperti disewakan atau dipakai untuk ojek. Sinar Mas juga melakukan survei untuk memastikan kondisi motor yang akan didaftarkan,  kecuali jika motor masih dalam kondisi baru. 

Baca Juga:  Asuransi Kombinasi - Pengertian, Manfaat dan Cara Klaim

2. Zurich

Asuransi motor yang satu ini menjadi salah satu yang terbesar memiliki jangkauan hingga ke berbagai negara. Asuransi Zurich Menawarkan tiga manfaat serta ketentuan yang bisa anda nikmati,  antara lain: 

  • Kendaraan yang masuk dalam pertanggungan asuransi ini adalah  kendaraan  motor roda dua atau  motor roda tiga yang kapasitasnya kurang dari 250 cc. 
  • Usia kendaraan tidak lebih dari 7 tahun ketika dilakukan penutupan asuransi. 
  • Produk ini memberikan jaminan atas resiko meninggal dunia dan juga cacat permanen, dimana nasabah bisa mendapatkan uang pertanggungan sampai  10 kali harga motor yang diasuransikan ( maksimal hingga Rp 200 juta). 

Asuransi Zurich ini juga tidak diperuntukkan bagi kendaraan motor roda 2 yang dipakai untuk tujuan komersil..

3. Jasindo

Layanan perusahaan asuransi yang satu ini memiliki penawaran yang unik melalui Jasindo Oto Plus, dimana perlindungan yang didapatkan bukan hanya untuk kendaraan saja,  namun sekaligus untuk penumpangnya juga (maksimal 3 orang).  

Ada empat manfaat produk Jasindo yang bisa dinikmati,  antara lain:  

  • Pertanggungan kerusakan motor hingga mencapai 80% dari harga pasar motor tersebut,  termasuk biaya perbaikan di bengkel serta penggantian suku cadang. 
  • Pertanggungan dalam bentuk perlengkapan standar maupun non standar. 
  • Pertanggungan dalam bentuk Constructive Total Loss  akan diberikan bila kerusakan motor mencapai atau lebih dari 70%  harga pasar.
  • Pilihan bengkel yang variatif, yakni bengkel reguler  maupun bengkel authorized.

  Jasindo akan melakukan survei dengan cara mendatangi langsung rumah nasabah sebelum penandatanganan polis dilakukan. 

Baca Juga: Cara Klaim Asuransi Mobil yang Rusak Akibat Fenomena dan Bencana Alam

4. Adira

Adira  menawarkan 2 produk asuransi kendaraan bermotor yang berbeda, yakni Adira Autocillin Moto dan MotoPro Ikhlas (berbasis syariah). Selain itu kedua produk ini juga bisa ditemukan dalam 2 kategori yang berbeda, yakni: 

  • Paket MotorPro untuk motor yang harganya dibawah Rp 500 juta
  • Paket MotorPro Plus untuk motor yang harganya dibawah rp 100 juta. 

Ada beberapa perlindungan yang diberikan oleh asuransi Adira ini,  antara lain: 

  • Personal accident,  ini merupakan manfaat santunan yang bisa didapatkan jika pengemudi meninggal dunia atau mengalami cacat permanen karena kecelakaan.
  • Medical Expense,  ini merupakan perlindungan yang diberikan dalam bentuk biaya rawat inap dengan sistem reimbursement setelah mengalami kecelakaan motor. 
  • Bagi Hasil,  ini merupakan fasilitas khusus yang dimiliki asuransi syariah  Adira, di mana layanan ini menggunakan prinsip Dana Tabarru.

5. Astra

Astra memiliki layanan Garda Motor, produk yang sudah sangat banyak digunakan oleh para pemilik kendaraan bermotor di tanah air. Ada banyak manfaat yang bisa dinikmati dari layanan ini, antara lain: 

    • Personal Accident, ini merupakan manfaat dalam bentuk biaya perawatan darurat bagi pengemudi dan juga penumpang yang mengalami kecelakaan, dan santunan untuk yang meninggal dunia. 
    • Tanggung Jawab Hukum oleh Pihak Ketiga, ini merupakan perlindungan atas kerusakan yang terjadi pada kendaraan milik orang lain karena kelalaian nasabah ketika sedang berkendara. 
    • Strike, Riot, Civil Commotion, ini merupakan perluasan asuransi untuk kondisi tertentu, seperti demonstrasi dan juga aksi kejahatan lainnya.
    • Flood & Windstorm, Earthquake, Tsunami, Volcano Eruption (Art Of God), ini merupakan perlindungan atas kerusakan yang disebabkan oleh bancana alam. 

6. Asuransi Motor Yamaha

Perusahaan otomotif yang satu ini secara khusus menawarkan perlindungan asuransi bagi pengguna produk Yamaha melalui layanan Asuransi Motor Simoda. Ada beberapa manfaat yang ditawarkan produk asuransi ini, antara lain: 

  • Pertanggungan dalam bentuk penggantian unit tanpa melihat kondisi harga pasar. 
  • Perlindungan dalam bentuk TLO maupun All risk. 
  • Usia kendaraan tidak lebih dari 2 tahun. 
  • Produk ini juga berlaku untuk kendaraan yang masih belum lunas (kredit). 

Asuransi untuk Melindungi Motor Kesayangan

Sepeda motor memiliki resiko yang cukup besar ketika digunakan di jalan raya. Inilah salah satu alasan utama mengapa wajib menggunakan layanan asuransi untuk kendaraan tersebut. Pilih perusahaan asuransi yang terpercaya dan sudah memiliki reputasi baik, agar bisa mendapatkan manfaat maksimal dari produk tersebut. 

Baca Juga: Asuransi Motor: Pengertian, Manfaat, Jenis, hingga Rekomendasinya