Asuransi Motor: Pengertian, Manfaat, Jenis, hingga Rekomendasinya

Di antara beragam produk asuransi yang bisa dipilih oleh masyarakat, asuransi kendaraan menjadi salah satu yang wajib dipertimbangkan. Hal ini dikarenakan penggunaan dari kendaraan bermotor terbilang cukup tinggi setiap harinya, serta risiko kecelakaan saat berlalu lintas tidak bisa sepenuhnya dihilangkan. 

Tidak hanya soal kecelakaan, risiko pencurian, bencana alam, huru-hara, dan masalah lainnya juga bisa terjadi pada kendaraan dan berpotensi menjadi sumber masalah serius bagi finansial. Nah, untuk menyiasati risiko tersebut, asuransi kendaraan penting untuk dimiliki.

Walaupun lebih utama disiapkan pada kendaraan roda empat alias mobil, asuransi motor juga tidak boleh luput dari perhatian. Terlebih, imbas dari risiko kecelakaan pada pengendara motor relatif lebih fatal ketimbang mobil. Agar kamu lebih memahami apa saja manfaat, jenis, syarat pengajuan, dan tips memilih asuransi motor, simak penjelasannya berikut ini.

Baca Juga: 5 Jenis Jaminan Asuransi Kendaraan Bermotor

Apa Itu Asuransi Motor?

loader

Asuransi Motor

Asuransi motor adalah produk asuransi yang menjamin perlindungan, pertanggungan, dan ganti rugi dari risiko kecelakaan, kerusakan, maupun kehilangan sepeda motor. 

Selayaknya produk asuransi pada umumnya, jaminan pada asuransi motor adalah kerusakan yang terjadi pada kendaraan itu sendiri dan menjadi tanggung jawab hukum kepada pihak yang dirugikan ketika menggunakan kendaraan tersebut. Selain itu, saat mengalami kehilangan atau pencurian motor, kamu bisa mengalihkan risiko keuangan ke pihak penyedia asuransi. Tentunya, ada tanggungan premi yang wajib dibayarkan secara rutin agar kamu mampu merasakan manfaat perlindungan dari produk keuangan ini. 

Apa Saja Keuntungan Memiliki Asuransi Motor?

Sebagai produk keuangan, asuransi motor tentu mempunyai sederet manfaat bagi setiap pemiliknya. Berikut adalah 4 manfaat asuransi motor yang wajib kamu ketahui.

  1. Memberikan Perlindungan

    Sama halnya dengan manfaat asuransi pada umumnya, kamu dapat merasakan manfaat perlindungan saat memiliki asuransi ini. Manfaat perlindungan tersebut bisa mencakup musibah kecelakaan, menanggung biaya perbaikan, risiko pencurian, dan lain sebagainya. 

    Jika dibutuhkan, kamu juga bisa memperluas cakupan perlindungan asuransi motor. Beberapa contohnya adalah pemberian bantuan hukum terhadap pihak ketiga, asuransi jiwa, dan sebagainya. Dengan begitu, manfaat dari produk keuangan ini menjadi lebih optimal.

  2. Membendung Potensi Pengeluaran Mendesak

    Biaya perbaikan kendaraan umumnya memakan dana yang tidak sedikit dan bisa langsung menguras tabungan, Untungnya, dengan memiliki asuransi, kamu bisa membendung risiko tersebut secara menyeluruh atau sebagian. Tergantung dari plafon perlindungan yang diberikan, asuransi sepeda motor mampu mengurangi sejumlah biaya akibat risiko berkendara yang mampu mengacaukan kondisi keuangan. 

  3. Memberi Rasa Aman saat Berkendara

    Manfaat lain yang pasti dirasakan oleh pemilik produk asuransi motor adalah rasa aman dan nyaman ke mana pun berkendara karena terlindungi dari berbagai macam risiko. Meski begitu, pastikan untuk tetap berkendara dengan waspada guna meminimalkan potensi mengalami kecelakaan yang bisa berakibat fatal walaupun sudah terlindungi asuransi. 

  4. Mendapatkan Fasilitas Tambahan

    Di antara manfaatnya yang lain, adanya fasilitas tambahan yang memudahkan nasabah saat mengalami kecelakaan, seperti, fasilitas mobil derek, dan layanan hotline 24 jam, menjadi manfaat yang penting untuk diperhatikan. Selain itu, tidak jarang perusahaan asuransi menyediakan kendaraan pengganti guna menjamin aktivitas nasabah tidak terganggu. Tentunya, kamu harus menanyakan tentang ada tidaknya fasilitas tambahan ini terlebih dulu untuk memastikannya.

Apa Saja Jenis-jenis Asuransi Motor?

Sama halnya dengan asuransi mobil, asuransi motor juga memiliki beberapa jenis dengan manfaat perlindungan yang berbeda. Masing-masing jenis asuransi tersebut tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi keuangan calon nasabah. Berikut adalah 2 jenis asuransi motor yang paling umum ditawarkan oleh perusahaan asuransi.

Jenis Asuransi Motor

Comprehensive atau All Risk

Total Loss Only atau TLO

Sesuai namanya, produk asuransi ini akan menanggung sebagian besar risiko yang mungkin terjadi pada kendaraan, dan hanya ada segelintir pengecualian saja tergantung dari kebijakan penyedia layanan. 

Asuransi motor comprehensive atau all risk bisa juga disebut sebagai asuransi motor gabungan karena memberikan jaminan perlindungan terhadap segala jenis kerusakan pada kendaraan akibat kecelakaan. Baik itu kerusakan ringan atau kerusakan besar. Selain itu, risiko kehilangan atau pencurian motor juga akan ditanggung oleh pihak asuransi. 

Lain halnya dengan jenis all risk, asuransi motor jenis TLO tidak memberikan uang pertanggungan saat kendaraan mengalami kerusakan kecil akibat kecelakaan. Melainkan, pengajuan klaim perlindungan dari asuransi jenis ini hanya bisa dilakukan jika biaya perbaikan atau kerugian akibat kecelakaan pada motor mencapai 75 persen atau lebih dari harga pasaran kendaraan.

Dengan manfaat perlindungan yang lebih terbatas, biaya premi dari asuransi TLO ini tentu relatif lebih terjangkau ketimbang jenis all risk. Bahkan, selisih biaya preminya bisa mencapai 50 persen atau lebih. 

Apa Saja Dokumen yang Perlu Disiapkan untuk Mengajukan Asuransi Motor?

Syarat dan dokumen yang perlu disiapkan saat akan mengajukan asuransi motor pada dasarnya berbeda-beda tergantung dari kebijakan penyedia layanan. Namun, secara umum, ada beberapa dokumen wajib yang harus dipenuhi oleh calon nasabah, antara lain:

Dokumen

Jenis Pekerjaan

Karyawan

Wirausaha

Profesional

Formulir Pendaftaran dari Penyedia Asuransi

     

Fotokopi STNK

     

Fotokopi KTP (bagi WNI) / KITAP atau KITAS (bagi WNA)

     

Fotokopi SIM

     

Seluruh dokumen persyaratan tersebut wajib untuk dilengkapi guna memastikan pengajuan asuransi motor tidak ditolak. 

Tips Memilih Asuransi Motor Terbaik dan Sesuai Kebutuhan

Sebelum mengajukan asuransi sepeda motor, kamu harus lebih dulu memahami beberapa hal yang harus diperhatikan agar mampu mendapatkan produk dengan layanan yang terbaik. Untuk itu, agar tak salah memilih layanan, simak tips memilih asuransi sepeda motor terbaik dan sesuai kebutuhan berikut ini.

  1. Cermati PSAKBI secara Teliti

    PSAKBI atau Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia adalah standar atau patokan dari produk asuransi. Kamu harus memahami seluruh klausul dan poin yang tercantum di dalamnya guna memastikan bahwa asuransi bermotor yang akan diajukan memiliki manfaat dan cara kerja yang jelas. Jika ada poin yang tidak dipahami, jangan ragu untuk menanyakannya ke pihak agen atau penyedia asuransi guna meminimalkan risiko salah paham yang bisa merugikan. 

  2. Prioritaskan Kebutuhan

    Tak kalah pentingnya, kamu harus bisa memilih produk asuransi dengan manfaat yang sesuai dengan kebutuhan dan memprioritaskannya. Beberapa aspek yang perlu dicermati dalam memilih asuransi bermotor adalah cakupan perlindungan dan manfaat, plafon pertanggungan yang diberikan, serta biaya preminya.

  3. Sesuaikan Manfaat dengan Kemampuan Bayar

    Setiap produk asuransi yang ditawarkan oleh perusahaan tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tugas kamu adalah untuk mencari produk yang mampu memberikan manfaat sesuai kebutuhan dan tetap terjangkau keuangan. Dengan begitu, manfaat perlindungan bisa didapatkan tanpa harus memberi beban terlalu besar bagi finansial.

  4. Cek Kredibilitas dan Legalitas Perusahaan Asuransi

    Tips selanjutnya, untuk menghindari potensi tertipu asuransi ilegal atau bodong, kamu wajib memastikan kredibilitas dan legalitas dari penyedia asuransi. Caranya dengan melihat status terdaftar dan izin usahanya di OJK. Selain itu, agar lebih yakin dengan kualitas layanannya, kamu juga bisa meminta rekomendasi atau ulasan dari internet atau orang terdekat mengenai sebuah produk asuransi motor yang digunakannya. 

  5. Perhatikan Kualitas Layanan dan Fasilitas yang Ditawarkan

    Tips terakhir, perhatikan kualitas layanan dan fasilitas apa saja yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi. Sebagai contoh, pastikan cakupan jaringan bengkel mitranya luas dan mudah dijangkau, serta memiliki fasilitas kendaraan pengganti. Dengan memerhatikan kualitas layanan tersebut, kamu bisa memastikan bahwa manfaat asuransi motor mampu memenuhi segala kebutuhan.

Rekomendasi Asuransi Motor Terbaik di Indonesia

Perusahaan asuransi semakin berkembang dan pastinya produk asuransi motor juga ikut menjamur mengingat pemilik motor yang semakin banyak. Namun, dari keseluruhan terdapat asuransi motor terbaik di Indonesia dan bisa kamu jadikan pilihan.

Berikut ini asuransi motor terbaik beserta penjelasannya:

  1. Asuransi Astra

    Asuransi Astra memiliki produk Garda Motor untuk perlindungan motormu. Premi asuransi garda motor, yaitu 1,8% x Harga Motor + Biaya Administrasi.

    Jenis asuransi yang dipakai oleh Garda Motor adalah TLO dengan risiko yang dijamin tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, terperosok, kebakaran, perbuatan jahat, hingga pencurian. Namun, ada risiko yang tidak dijamin, seperti:

    • Kerugian atau kerusakan yang disebabkan oleh kendaraan yang digunakan untuk menarik atau mendorong kendaraan lain.
    • Digunakan untuk memberi pelajaran mengemudi.
    • Penggunaan melawan hukum.
    • Disebabkan barang atau hewan dalam kendaraan bermotor.
    • Tindakan sengaja.
    • Pengemudi sedang mabuk.

    Agar tak bingung, berikut simulasi pembayaran premi pada Asuransi Astra, yaitu:

    • Usia motor: 3 tahun
    • Harga: Rp20 juta
    • Biaya admin

    Jadi, 1,8% x Rp20 juta = Rp410 ribu ditambah biaya admin.

  2. Asuransi Sinarmas

    Asuransi Sinarmas memberikan produk Simas Motor dengan jaminan dasar TLO. Premi yang dibayarkan bisa tahunan atau sesuai periode polis.

  3. Avrist General Insurance

    Produk Asuransi Avrist General Insurance memberikan perlindungan secara menyeluruh dengan jaminan perbaikan atas kerusakan/kerugian pada kendaraan akibat tabrakan, tergelincir, kebakaran, perbuatan jahat, atau kecelakaan lainnya.

    Ada beberapa risiko yang dikecualikan, antara lain:

    • Kendaraan tidak dipakai kemudian rusak.
    • Pencurian alat-alat standar pada motor.
    • Penggelapan sepeda motor.
    • Kerusakan akibat menarik atau mendorong kendaraan lain.
    • Kelebihan muatan.
  4. Asuransi Lippo Insurance

    Asuransi Lippo menawarkan Motor Protection dengan jenis asuransi TLO. Risiko yang ditanggung ialah: kerusakan dan kehilangan. Namun, jaminan ini bisa diperluas, seperti:

    • Kerusuhan, pemogokan, huru-hara, dan sebagainya.
    • Bencana alam.
    • Tanggug jawab hukum pihak ke 3.

Perhatikan Budget saat Membeli Produk Asuransi

Pada dasarnya, asuransi merupakan produk keuangan yang mampu memberikan perlindungan kepada nasabahnya dari berbagai macam risiko yang mungkin terjadi di masa depan. Akan tetapi, saat membelinya, kamu tetap harus memerhatikan budget yang tersedia guna memastikan biaya preminya mampu dibayar dengan lancar secara rutin. Dengan begitu, manfaat perlindungan dari asuransi bisa didapatkan secara optimal ketika dibutuhkan.