Segala Hal tentang Layanan Reksadana IndoPremier yang Penting Dipahami Investor

Sebagai instrumen investasi yang cukup banyak digandrungi oleh investor, tak mengherankan jika reksadana mengalami perkembangan yang bisa dibilang sangat pesat. Tidak hanya jenis layanan atau produk baru yang ditawarkan, perusahaan atau jasa keuangan yang menawarkan instrumen tersebut pada masyarakat juga terus menjamur. Di antara banyaknya layanan yang tersedia di Indonesia, Reksadana IndoPremier tentu tak boleh lewat dari perhatian.

IndoPremier sendiri adalah salah satu perusahaan sekuritas ternama yang aktif beroperasi dan menjajakan jasanya pada masyarakat di Indonesia. Tidak hanya menawarkan layanan investasi reksadana berbasis online, IndoPremier juga menyediakan berbagai macam produk dan layanan lain yang amat berguna bagi investor.

Lantas, apa sih yang dimaksud dengan Reksadana IndoPremier, sejarah singkat perusahaan, produk dan layanan yang ditawarkan, cara berinvestasi, hingga kelebihan dan kekurangannya? Nah, jika kamu ingin tahu lebih lanjut seputar IndoPremier, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Baca juga: Indo Premier Sekuritas, Ini Profil, Pilihan Produk, Cara Investasi, dan Keuntungannya

Bingung cari investasi Reksa Dana yang aman dan menguntungkan? Cermati solusinya!

Mulai Berinvestasi Sekarang!  

Segala Hal Penting Seputar IndoPremier

loader

Reksadana Indopremier

IndoPremier Investment Management atau bisa juga disingkat sebagai IPIM merupakan perusahaan efek yang berdiri berkat hasil pemisahan atau spin off dari aktivitas bisnis Manajer Investasi IndoPremier Sekuritas di tahun 2011 lalu. Meski begitu, pengalaman terkait pengelolaan dana dari perusahaan ini telah terasah semenjak tahun 2003 silam.

Selama lebih dari 1 dekade IPIM sudah berusaha untuk memberi solusi terbaik terhadap pengelolaan dana pada investor via sejumlah produk. Salah satu produk yang ditawarkan oleh perusahaan ini adalah reksadana yang mengupayakan pemberian solusi dan perkembangan pasar modal di Indonesia. IPIM memiliki inisiatif untuk turut mengembangkan produk reksadana exchange traded fund atau biasa disebut sebagai ETF.

Visi dari perusahaan ini adalah menjadi penyelenggara layanan investasi yang inovatif dengan dimotori teknologi terbaik yang ada di Indonesia. Sementara untuk misinya sendiri adalah melayani kebutuhan dari masyarakat terkait aktivitas investasi melalui pemanfaatan kemajuan teknologi, kapan pun dan di mana pun. IndoPremier juga memiliki tujuan untuk memberi nilai tambah pada jasa keuangan, entah itu perusahaan dalam negeri ataupun perusahaan internasional. 

Sejarah Singkat IndoPremier dan Layanannya

Seperti yang telah dibahas sedikit sebelumnya, IndoPremier adalah perusahaan efek yang didirikan karena hasil spin off atau pemisahan aktivitas bisnis Manajer Investasi atau MI PT IndoPremier Sekuritas di tahun 2011. Meski begitu, pengalaman perusahaan ini dalam mengelola dana telah didapatkannya sejak tahun 2003.

IndoPremier sendiri dikenal sebagai pionir dari jenis reksadana ETF atau exchange traded fund. Semenjak pertama kali diluncurkan di Indonesia di tahun 2007, total kelolaan dana dari reksadana ETF milik IPIM sudah berkembang dengan begitu pesat. Hal ini menjadi bukti jika tingkat kepercayaan investor terhadap layanan dan produk reksadana yang ditawarkan oleh IPIM tersebut begitu tinggi.

IPIM sendiri mempunyai cakupan produk reksadana ETF yang beragam dengan merek Premier ETF. Setiap cakupan produk ETF tersebut tentu mempunyai sejumlah strategi investasi serta kelas aset yang beragam agar mampu disesuaikan dengan kebutuhan para investor atau kliennya.

Jenis Produk Reksadana IndoPremier

Ada banyak jenis produk reksadana IndoPremier yang bisa dipilih oleh para penggunanya dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan maupun keinginan. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beragam jenis produk reksadana IndoPremier.

  1. Reksadana Konvensional

    Salah satu jenis reksadana utama yang tersedia di IndoPremier adalah reksadana konvensional, yang meliputi reksadana pendapatan tetap, pasar uang, reksadana campuran, dan juga reksadana saham. Untuk reksadana pendapatan tetap, investor bisa memilih produk bernama Premier Obligasi II.

    Sementara untuk reksadana pasar uang, terdapat pilihan produk bernama Premier Pasar Uang II. Untuk reksadana campuran, kamu bisa memilih Premier Campuran Fleksibel, dan Premier Ekuitas Makro Plus sebagai jenis reksadana saham. Dengan beragam pilihan tersebut, investor tentu lebih mudah menyesuaikan jenis produk reksadana yang akan dipilihnya dengan kebutuhan dan kondisi keuangan maupun tujuan investasinya.

  2. Reksadana ETF

    Reksadana ETF juga menjadi produk yang menjadi pentolan di IndoPremier. Ada banyak jenis produk reksadana ETF yang bisa dipilih oleh investor dengan jenis dan indeks acuan yang berbeda. Informasi tentang produk reksadana ETF yang tersedia di IndoPremier bisa dilihat secara langsung pada situs resminya, termasuk prospektus dan fund fact sheet dari masing-masing produk.

  3. Reksadana Terproteksi

    Selain kedua jenis produk di atas, IPIM juga menyediakan layanan reksadana terproteksi. Layanan ini disediakan sebagai solusi investasi yang memiliki fitur proteksi atau jaminan dan mempunyai masa penawaran sesuai jangka waktu yang telah ditentukan. Tentunya, guna menjamin keamanan dan proteksi dana investasi nasabahnya, reksadana terproteksi ini dijalankan dengan skema khusus.

  4. Kontrak Pengelolaan Dana

    Terakhir, IPIM juga menawarkan solusi terkait pengelolaan produk yang dapat disesuaikan dengan profil risiko, pedoman, maupun tujuan investasi dari investor atau kliennya. Akun investasi ini akan secara terpisah dikelola oleh pihak tim investasi. Dengan menggunakan layanan ini, pihak investor akan diberikan strategi menjalani investasi, keahlian, alokasi aset, dan lain sebagainya sesuai kebutuhan dari klien secara komprehensif.

Cara Berinvestasi di IndoPremier

Untuk metode investasi di reksadana IndoPremier, investor memiliki 2 pilihan, yaitu melalui penyesuaian profil risiko dan tujuan keuangan, atau via core satellite yang bisa memudahkan investor dalam mengalokasikan portofolio produknya. Berikut adalah penjelasan dari masing-masing cara berinvestasi tersebut.

  • Via Profil Risiko dan Tujuan Keuangan

    Dengan cara ini, pemilihan produk investasi dilakukan oleh investor tergantung dari jangka waktu, peluang imbal hasil, dan profil risiko investasi yang dimilikinya. Makin singkat jangka waktu investasinya, makin konservatif atau stabil imbal hasil yang dipilihnya. Sebaliknya, jika investasi untuk jangka panjang, biasanya investor memilih instrumen berisiko tinggi karena potensi imbal hasil yang diberikan lebih menjanjikan.

  • Via Core Satellite dalam Mengalokasi Portofolio

    Saat investor menempatkan dana investasinya di produk Premier ETF, investor bisa membentuk portofolio menggunakan pendekatan core satellite dengan menyesuaikan profilnya. Pada metode ini, yang dimaksud dengan portofolio inti atau core adalah produk yang ditempatkan di produk Premier ETF dan dikelola secara indexing atau pasif dan mengacu terhadap indeks saham yang likuid dan kapitalisasi pasar besar. Sementara portofolio satelit adalah penunjang keuntungan via pengelolaan secara pasif atau aktif dengan membentuk portofolio saham melalui eksposur pada sektor atau tema tertentu.

Kelebihan dan Kekurangan IndoPremier

Dalam menawarkan layanannya, IndoPremier tentu mempunyai sejumlah keunggulan dan kekurangan yang perlu dipahami oleh para investor. Berikut adalah ulasan tentang kelebihan dan kekurangan IndoPremier.

  • Kelebihan IndoPremier

    Dengan menjadi investor di IndoPremier, kamu bisa merasakan layanan pengelolaan produk investasi yang profesional dan terjamin. Hal tersebut mampu mewujudkan biaya manajemen yang kompetitif, tapi tetap mampu menjanjikan peluang imbal hasil yang optimal pada layanannya.

    Selain itu, perusahaan ini juga mendapatkan dukungan kuat dari perusahaan induknya, yaitu IndoPremier Sekuritas yang mempunyai basis modal mencapai lebih dari 1 triliun Rupiah. Kelebihan lainnya, layanan reksadana IndoPremier juga mempunyai teknologi yang memungkinkannya dalam mengembangkan serta memasarkan produknya secara inovatif demi keuntungan investor.

    Keunggulan yang terakhir, nasabah reksadana IndoPremier juga mampu mendapatkan kemudahan akses pada pilihan instrumen finansial yang dikehendakinya. Alasannya karena layanan ini mempunyai jaringan kuat terhadap broker ekuitas, penjamin emisi, dan fixed income.

  • Kekurangan IndoPremier

    Sedangkan untuk kekurangan IndoPremier umumnya berkaitan dengan kenyamanan menggunakan aplikasi atau platformnya. Pada waktu-waktu tertentu, layanan reksadana ini biasa mengalami keterlambatan aktivitas dan kinerja yang bisa mengganggu investor dalam berinvestasi.

Baca juga: Mengenal Profil Risiko Investasi dan Tipe-Tipe Investor Berdasarkan Kepribadian

Sesuaikan Strategi Investasi Reksadana dengan Kebutuhan dan Tujuan

Itulah penjelasan tentang apa itu Reksadana IndoPremier, sejarah perusahaan dan layanannya, produk yang tersedia, cara investasi, hingga kelebihan dan kekurangannya. Terlepas dari itu semua, sebagai investor kamu wajib menyesuaikan strategi investasi dengan kebutuhan dan tujuan. Barulah dengan begitu manfaat dan peluang keuntungan investasi bisa didapatkan secara maksimal sesuai ekspektasi.