Review Samsung Galaxy A20S

Kehadiran Samsung Galaxy A20s bisa menjadi pilihan tambahan di kelas ponsel menengah. Sebagai penerus Galaxy A20, perangkat ini pun hadir dengan beragam perbaikan yang cukup menggiurkan.

Misalnya saja pada bagian belakang bodi yang kini sudah memasang tiga buah kamera sekaligus. Dapur pacu yang dibekalkan juga meningkat dengan didukung RAM 3 GB dan memori internal 32 GB. Namun, jika Anda masih bingung cocokkah ponsel ini dengan Anda? Berikut ulasan selengkapnya.

Desain Minimalis Milik Samsung A20S

Desain Samsung Galaxy A20S

Dibanderol dengan harga Rp 2 jutaan, desain yang diusung oleh Samsung Galaxy A20s terbilang cukup sederhana dan minimalis. Meski demikian, penampakan perangkat ini tidak lantas terlihat murahan. 

Menggunakan bahan polikarbonat sebagai body cover, Samsung menghadirkan sentuhan akhir serupa kaca pada bagian belakang. Berbeda dengan para pesaingnya yang menggunakan warna gradasi, Samsung masih senang menggunakan warna tunggal.

Penggunaan finishing solid dengan sentuhan serupa lapisan kaca tersebut membuat perangkat jadi terlihat elegan. Sayangnya, lapisan ini juga membuat perangkat jadi mudah kotor. Penggunaan soft-case tambahan pun akan sangat disarankan.

Selain elegan, perangkat ini juga hadir dengan desain bodi yang nyaman saat digenggam. Samsung sendiri masih menempatkan tombol power pada sisi kanan. Begitu juga dengan slot untuk microSD dan juga kartu SIM yang berada di sisi kiri. 

Selain slot kartu, bagian kiri juga ditempati oleh tombol volume yang berada tepat di bawahnya. Bagian depan perangkat ini sudah mengadopsi desain masa kini dengan menggunakan poni yang disebut sebagai infinity V oleh Samsung. 

Tidak hanya mempercantik, poni ini juga menjadi rumah untuk kamera depan. Seperti ponsel kebanyakan, sisi bawah gawai ini juga tampak penuh dengan lubang speaker dan juga jack audio 3,5 mm serta USB tipe-C.

Bagian bodi belakang menjadi salah satu hal yang sangat berbeda dibanding dengan generasi pendahulunya. Jika di seri Galaxy A20 hanya ada kamera ganda, perangkat ini hadir dengan tiga buah kamera sekaligus.

Disusun secara vertikal, ketiga kamera ini juga ditemani satu buah lampu flash LED. Tidak ketinggalan, ada juga fitur keamanan biometrik pemindai sidik jari yang terletak pada bagian tengah atas.

Baca Juga:  Review Samsung Galaxy A20

Layar Lebih Besar

Layar Samsung Galaxy A20S

Hadir dengan harga Rp 2 jutaan, Samsung Galaxy A20s hanya dibekali dengan panel IPS LCD capacitive touchscreen. Hal ini cukup disayangkan mengingat pendahulunya justru sudah menggunakan panel AMOLED yang memiliki kualitas lebih baik.

Teknologi IPS ini dibenamkan pada layar seluas 6,5 inch. Memang, meski mengalami penurunan soal teknologi dibanding dengan Samsung Galaxy A20, layar ini memiliki ukuran yang lebih besar hingga 1 inch.

Layar luas tersebut jadi terlihat semakin lapang berkat penggunaan desain poni yang disebut Infinity V. Selain itu, bezel yang digunakan untuk mengelilingi layar pun cukup tipis kecuali bagian bawah yang terlihat lebih tebal.

Tampilan yang dihasilkan juga sudah mampu memberikan resolusi HD+. Meski demikian, ternyata layar milik Samsung ini telah menyajikan gambar dengan warna yang cukup baik. Pengalaman menonton video hingga bermain game pun tetap memuaskan.

Performa Samsung A20S

performa samsung galaxy a20s

Ada perubahan yang cukup berarti jika berbicara soal jeroan dari Samsung Galaxy A20s. Pada seri ini Samsung mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 450 yang dibuat dengan fabrikasi 14 nm sebagai motor penggerak.

Chipset besutan Qualcomm ini sebenarnya berada di level yang sama dengan Exynos 7884 yang digunakan pada pendahulunya. Tidak mengherankan jika performa yang dihasilkan juga tidak terlalu berbeda jauh.

Keduanya pun sama-sama sudah didukung dengan CPU octa-core. Hal yang berbeda dalam unit pemrosesan grafis yang dibawa berubah menjadi Adreno 506. Kombinasi tersebut sudah menghasilkan performa yang mumpuni untuk menemani beragam aktivitas harian standar.

Dapur pacu yang mumpuni ini juga didukung dengan RAM dan memori internal yang cukup besar. Pengguna bisa memanfaatkan RAM 3 GB dengan penyimpanan internal 32 GB untuk menyimpan data dan aplikasi.

Dalam situs resminya, Samsung menyebut jika dari 32 GB memori internal yang disediakan hanya ada sekitar 21,1 GB yang bisa dimanfaatkan. Jika dirasa masih belum cukup, disediakan slot untuk microSD hingga 512 GB. 

Menggunakan chipset kelas pemula, tidak mengherankan jika kemampuan yang dihasilkan juga tidak terlalu istimewa. Meski demikian, ponsel tetap bisa berjalan dengan lancar saat digunakan untuk menonton video maupun bermain game.

Beberapa game dengan grafis tinggi sekelas PUBG juga masih bisa dimainkan tetapi dengan pengaturan paling rendah. Hanya saja ponsel terasa lemot saat digunakan dalam jangka waktu lama. Bisa dibilang, dengan harga yang ditawarkan kemampuannya layak untuk digunakan di kelas pemula.

Sistem operasi Android Pie 9 dengan antarmuka One UI 1.1 andalan Samsung juga dibenamkan sebagai software perangkat ini. Antarmuka ini dilengkapi dengan berbagai fitur menarik yang memudahkan pengguna.

Selain itu, perangkat juga sudah dibekali dengan fitur keamanan biometrik yang membuat data semakin aman. Selain menggunakan fitur keamanan standar, pengguna juga bisa mengaktifkan face unlock dan juga fingerprint.

Baca Juga: Review Samsung Galaxy M20

Tiga Kamera Samsung A20S

kamera samsung a20s

Meski banyak dipertanyakan soal penggunaan chipset “jadul” pada perangkat ini, segi kamera cukup bisa diandalkan. Tiga buah kamera sekaligus sudah dihadirkan pada bagian belakang bodi Samsung Galaxy A20s. 

Ketiga buah kamera ini memiliki besaran lensa dan juga fungsi yang berbeda. Kamera utamanya mengandalkan sensor 13 MP dengan bukaan cukup lebar yakni f/1.8. Selain itu ada lensa 8 MP ultra-wide yang dapat memotret objek lebih luas. 

Tidak ketinggalan kamera 2 MP yang mampu menghasilkan efek bokeh turut disematkan. Hasil jepretannya pun cukup bersaing di kelasnya. Terutama ketika digunakan dalam kondisi cahaya yang cukup.

Sementara untuk kebutuhan berswafoto, ada kamera 8 MP yang bisa dimanfaatkan. Meski terbilang kecil untuk ukuran ponsel Rp 2 jutaan, tetapi lensa tersebut sudah mampu memberikan pengalaman selfie yang cukup baik.

Baterai Samsung A20S yang Tahan Lama

baterai samsung a20s

Kapasitas baterai yang dibenamkan pada perangkat ini memang hanya 4000 mAh saja. Meski tidak terlalu besar, baterai ini sudah mampu bertahan hingga satu hari penuh. Terutama ketika hanya digunakan untuk aktivitas standar seperti akses media sosial maupun membuka aplikasi ringan.

Terlebih lagi prosesor yang digunakan juga hemat daya. Jika baterai habis, sudah ada teknologi fast charging yang akan melakukan pengisian dalam waktu cukup singkat. 

Baca Juga: Kredit HP Samsung: Ini 8 Handphone Samsung di Bawah 2 Juta Rupiah yang Wajib Kamu Miliki

Spesifikasi Samsung Galaxy A20S

Tabel Spesifikasi Samsung Galaxy A20s

Tipe

Smartphone

Bentuk

Bar

OS

Android

Versi OS

Android 9.0 (Pie)

SIM

Nano SIM/Dual SIM/Dual Standby

CPU

Qualcomm SDM450 Snapdragon 450 (14 nm), Octa-core Cortex-A53

Kecepatan CPU

1.8 GHz

Storage

32 GB/64 GB

RAM

3 GB/4 GB

External Storage

microSD up to 512 GB

Baterai

4000 mAh

Ukuran Layar

6,5 inci

Resolusi Layar

Super AMOLED HD + (720 × 1560 pixels) (19.5:9)

Tipe

2G/3G/4G (LTE)

2G

GSM850, GSM900, DCS1800, PCS1900

3G

UMTS B1(2100), B2(1900), B5(850), B8(900)

4G (LTE)

FDD-LTE/TDD-LTE

Kamera Belakang

13 MP + 5 MP

Kamera Depan

8 MP

Fitur dan Layanan

Wi-Fi, Hotspot/Tethering, GPS, Bluetooth, Flash, Face Unlock, Fingerprint Scanner, Dual Cameras, 3.5mm Headphone Jack

Dimensi dan Ukuran

158.4 x 74.7 x 7.8 mm

Berat

169 g


Suka Streaming? Miliki Samsung A20S Segera

Dibanderol dengan harga Rp 2 jutaan, perangkat ini memang hanya menawarkan performa yang biasa. Beberapa pesaingnya di harga yang sama bahkan menggunakan chipset lebih mumpuni dan juga RAM lebih besar.

Meski begitu layar besar yang dibawakan sudah layak dimiliki oleh para penggemar Samsung yang hobi streaming. Ponsel ini pun lebih direkomendasikan untuk orang-orang yang membutuhkan daya besar namun penggunaan standar.