Review, Spesifikasi, dan Harga Realme Narzo 20 Pro

Meningkatnya aktivitas pencari hiburan secara online, terutama bermain game, tampaknya dijadikan peluang emas oleh Realme melalui seri Narzo 20 dan Narzo 20 Pro. Dua ponsel ini sengaja dihadirkan untuk menjawab keinginan para pengguna akan ponsel mumpuni untuk gaming tetapi berharga miring.

Meski sama-sama asyik untuk bermain game, tentu saja embel-embel pro di belakang nama Narzo 20 menunjukkan jika seri ini lebih unggul dari versi reguler. Keunggulan itu jelas terlihat dari jeroan yang lebih bertenaga dan kemampuan pengisian daya yang super cepat.

Harga yang ditawarkan pun jelas lebih mahal untuk versi pro. Lalu, apa saja ya kelebihan dan kekurangan dari seri ini? 

Baca Juga: Review, Spesifikasi, dan Harga Realme Narzo

Desain Menawan

desain realme narzo 20 pro

Desain Realme Narzo 20 Pro

Meski hadir dalam waktu bersamaan, Realme Narzo 20 dan Narzo 20 Pro memiliki desain fisik yang tidak terlalu mirip. Tampak depan, pengguna akan disuguhi dengan desain punch hole yang menjadi tempat persembunyian kamera. Sementara versi reguler masih menggunakan mini drop.

Di bagian belakang, sentuhan akhir pada cover yang diberikan pada versi pro mirip dengan versi reguler, yakni desain garis berbentuk V untuk victory. Menurut situs resminya, desain ini terinspirasi dari semangat anak muda yang tak pernah mau kalah dan selalu ingin menang.

Material polikarbonat yang digunakan untuk seri ini juga tidak memberikan kesan murahan. Apalagi dengan pemilihan dua warna elegan white knight dan black ninja yang menjadikan ponsel jadi terlihat lebih menawan.

Memiliki kapasitas baterai yang lebih kecil dari versi reguler membuat gawai ini juga memiliki ukuran yang lebih kecil. Secara keseluruhan dimensi bodinya hanya 162,3 x 75,4 x 9,4 mm dengan bobot mencapai 191 gram saja.

Ukuran yang cukup kecil membuat gawai ini terasa pas dan nyaman dalam genggaman. Namun cukup disayangkan, sentuhan glossy yang diberikan pada cover bodi belakang membuat bekas sidik jari jadi lebih mudah menempel.

Tampilan bagian belakang juga jadi lebih apik karena penempatan empat buah kamera yang dibuat berjajar pada sudut kiri atas lengkap dengan lampu flash LED. Tidak ada sensor sidik jari yang dibenamkan di bagian belakang.

Sebagai gantinya, fitur keamanan biometrik ini diletakkan di tombol power yang berada di samping kanan gawai bersama tombol volume. Di sisi sebaliknya ada tiga buah slot yang bisa diisi dua SIMCard dan microSD sekaligus.

Sementara di bagian bawah terdapat jack audio 3,5 mm, USB Type-C, dan speaker. Menariknya, perangkat ini juga sudah didesain anti air karena adanya pelindung silikon yang dipasang pada lubang yang dapat menghalangi percikan air.

Layar Sudah Full HD+

layar realme narzo 20 pro

Layar Realme Narzo 20 Pro

Soal layar, panel yang dibenamkan pada versi pro dan reguler tetap IPS LCD capacitive touchscreen dengan kedalaman 16 juta warna. Ukuran layarnya pun masih sama-sama 6,5 inci. Hal yang membedakannya hanya dari resolusinya saja.

Sesuai dengan gelar pro di belakang namanya, seri ini memberikan peningkatan dari resolusi HD+ di versi reguler menjadi Full HD+. Sebuah peningkatan yang memang harusnya dilakukan mengingat harganya yang berselisih sekitar Rp1 juta.

Layarnya juga sudah memiliki refresh rate 90 Hz, yang dapat menghasilkan warna dengan baik. Saat digunakan untuk menonton video streaming maupun bermain game mampu memberikan pengalaman yang memuaskan.

Agar layar lebih terlindungi, Realme juga sudah membenamkan lapisan Corning Gorilla Glass 3 yang siap untuk melindungi layar dari goresan dan benturan ringan.

Performa Unggul di Kelasnya

performa realme narzo 20 pro

Performa Realme Narzo 20 Pro

Soal performa, gawai ini tidak perlu dipertanyakan lagi. Untuk ponsel dengan harga yang setara, Realme Narzo 20 Pro jelas membawa banyak keunggulan. Chipset MediaTek Helio G95 octa-core dengan kecepatan hingga 2.05 GHz mampu memberikan performa mumpuni.

Apalagi, jeroan ini dikombinasikan dengan RAM 8GB dan memori internal 128GB yang membuat performanya jadi semakin mengagumkan. Pengujian benchmark menghasilkan nilai yang cukup tinggi. Tidak heran jika saat digunakan untuk membuka beragam aplikasi hingga multitasking gawai berjalan mulus.

Soal urusan bermain game pun sudah sangat bisa diandalkan. Game-game kekinian seperti PUBG Mobile hingga Genshin Impact bisa berjalan dengan mulus tanpa adanya lag. Selain itu, gawai juga dilengkapi dengan sistem pendingin Superb Carbon Fiber Cooling System yang akan menjaga suhu perangkat.

Jeroan apik ini dilengkapi dengan antarmuka Realme UI versi 1 yang berbasis Android 10. Pada seri ini juga disediakan pilihan untuk menyembunyikan ikon yang ada di bar notifikasi. Ada juga fitur Game Space yang akan memaksimalkan performa saat bermain game.

Fitur keamanan biometrik pemindai sidik jari yang ditempatkan bersama dengan tombol power juga cukup responsif. Sensitivitasnya cukup baik sehingga sidik jari selalu bisa dikenali.

Quad Cameras dengan Sensor Samsung ISOCELL GMI

kamera realme narzo 20 pro

Kamera Realme Narzo 20 Pro

Meski target pasar dari ponsel ini adalah para gamer, tetapi Realme tidak lantas mengabaikan sektor kamera. Di versi pro, ada empat buah kamera yang dibekalkan dengan konfigurasi 48MP, ultra-wide 8MP, potret 2MP potret, dan makro 2MP.

Untuk kamera utama, Realme mengandalkan sensor Samsung ISOCELL GM1. Kamera ini mampu memberikan hasil jepretan yang cukup baik saat cahaya cukup. Ada juga fitur super nightscape yang siap digunakan untuk membantu mengabadikan foto malam lebih baik.

Di bagian depan, sensor Sony IMX 471 yang diandalkan untuk kamera selfie 16MP juga tidak bisa diremehkan. Apalagi kamera ini sudah dilengkapi dengan algoritma kecantikan khusus yang membuat hasil gambar jadi lebih menawan.

Kapasitas Baterai yang Tidak Terlalu Besar

baterai realme narzo 20 pro

Baterai Realme Narzo 20 Pro

Meski mengusung embel-embel pro, Realme justru memasang baterai dengan kapasitas yang jauh lebih kecil dibandingkan versi reguler. Hanya ada baterai berkapasitas 4.500 mAh yang terpasang pada Realme Narzo 20 Pro.

Meski kapasitas baterainya menyusut dari versi reguler yang mencapai 6.000 mAh, tetapi gawai masih tetap bisa digunakan untuk menemani aktivitas seharian. Kabar baiknya, seri ini sudah dibekali dengan pengisian baterai secara cepat.

Berkat dukungan pengisi daya 65W SuperDart, baterai bisa kembali diisi penuh hanya dalam waktu 38 menit saja. Jika sedang terburu-buru dan hanya sempat mengisi 3 menit, baterai sudah mencapai 14 persen dan mampu digunakan untuk hiburan selama 10 jam.

Baca Juga: Review, Spesifikasi, Harga Realme C11

Spesifikasi Realme Narzo 20 Pro

Tabel Spesifikasi Realme Narzo 20 Pro
Tipe Smartphone
Bentuk Bar
OS Android
Versi OS Android 10, realme UI 2.0
SIM Nano SIM/Dual SIM/Dual Standby
CPU MediaTek Helio G95 (12 nm)
Kecepatan CPU 2x 2.05GHz Cortex-A76 & 6x 2.0GHz Cortex-A55
Storage 128GB
RAM 8GB
External Storage microSD, up to 256GB
Baterai 4.500 mAh
Ukuran Layar 6,5 inci
Resolusi Layar FHD+ 1080 x 2400 pixels
Tipe 2G/3G/4G (LTE)
2G GSM 850/900/1800/1900
3G WCDMA 1/5/8
4G (LTE) FDD-LTE/TD-LTE
Kamera Belakang 48MP + 8MP + 2MP + 2MP
Kamera Depan 16MP
Fitur dan Layanan Wi-Fi, Hotspot/Tethering, GPS, Bluetooth, Flash, Fingerprint Scanner, Quad Cameras, 3.5mm Headphone Jack
Dimensi dan Ukuran 162.3 x 75.4 x 9.4 mm
Berat 191 g

Harga Realme Narzo 20 Pro

Harga Realme Narzo 20 Pro saat ini berada dikisaran 3 jutaan Rupiah. Apakah harga yang sesuai?

Jadi Lebih Pilih Versi Pro atau Reguler?

Sesuai dengan namanya yang memiliki tambahan pro, performa yang dihasilkan perangkat ini jelas mengungguli versi reguler. Penggunaan ponsel bisa berjalan mulus tanpa ada lag bahkan saat bermain game. Meski kapasitas baterainya mengecil, tetapi Realme menggantinya dengan pengisian daya super cepat.

Spesifikasi tersebut tentu sangat cocok bagi para pecinta game. Selain itu, bagi yang membutuhkan gawai untuk menunjang aktivitas harian seri ini jelas layak dibawa pulang. Termasuk juga untuk para konten kreator yang mengandalkan ponsel sebagai teman kerjanya.

Baca Juga: Kredit HP Online Tanpa Kartu Kredit? Coba Gunakan 4 Aplikasi Kredit HP Berikut Ini!