Review, Spesifikasi, dan Harga Redmi Note 9 Pro

Pertengahan 2020 ini Xiaomi meluncurkan dua gawai terbarunya sekaligus di Indonesia, Redmi Note 9 dan Redmi Note 9 Pro. Selain pada embel-embel pro, kedua ponsel ini juga memiliki perbedaan yang cukup signifikan pada dimensi dan jeroan yang diusung.

Sebagai ponsel yang memiliki embel-embel pro, layar yang diusung jelas lebih besar dari versi biasa. Selain itu, versi pro juga sudah dilengkapi dengan fitur NFC yang tidak ditemukan pada versi biasa yang beredar di Indonesia.

Penasaran seperti apa spesifikasi lengkapnya? Simak ulasan lengkap Redmi Note 9 Pro berikut ini.

Desain yang Elegan

desain redmi note 9 pro

Dari segi desain fisik, keduanya bisa langsung dibedakan. Meski sama-sama mengusung desain DotDisplay pada sisi depan, versi pro meletakkan punch hole untuk tempat kamera di bagian tengah sementara versi biasa di sisi kiri atas.

Empat buah kamera dengan konfigurasi dua dua dengan dilengkapi bingkai kotak, tanpa ada fitur fingerprint yang ditemukan di bawahnya. Hal ini dikarenakan fitur keamanan biometrik tersebut ditempatkan pada sisi kanan gawai bersama dengan tombol power di sisi kanan gawai, berdampingan dengan tombol volume. 

Pada bagian atas, Xiaomi menempatkan IR blaster dan mikrofon. Di bagian sisi kiri gawai, ada SIM tray triple slot yang dapat digunakan untuk dua SIM card sekaligus microSD. Sementara sisi bawah, ada speaker, mikrofon, USB tipe C, dan 3,5 mm jack headphone.

Secara keseluruhan, bodi perangkat ini cukup besar dengan mengusung dimensi 165,8 x 76,7 x 8,8 mm. Dengan bodi yang cukup bongsor, versi Pro memiliki bobot mencapai 209 gram. Meski lumayan lebar, namun cukup nyaman ketika dalam genggaman.

Versi Pro ini hadir masih dengan balutan bodi berbahan polikarbonat. Meski begitu, bodi perangkat ini sudah dilengkapi dengan Corning Gorilla Glass 5 pada bagian depan dan belakang. Jadi, masih amanlah kalau terjatuh atau tergores ringan.

Baca Juga: 6 Penyebab yang Bikin Hp Lola, ini Tips Praktis untuk Mengatasinya

Layar Lebih Besar

Layar redmi note 9 pro

Jika dibanding versi normal, bagian layar dari seri Pro juga memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Layar yang digunakan memang tetap menggunakan IPS LCD capacitive touchscreen dengan kedalaman 16 juta warna. Tetapi ukuran layarnya berubah menjadi 6,67 inci.

Dengan desain DotDisplay yang diusung, tampilan bagian depan layar memang jadi semakin luas. Layar juga semakin luas karena saat dipakai untuk menjalankan aktivitas multimedia, pengaturan bisa diubah untuk menghilangkan punch hole sehingga tidak mengganggu.

Sebagai ponsel di kelas Rp3 jutaan, layar yang diusung sudah memiliki resolusi FHD +. Layar ini pun telah mempunyai sertifikasi cahaya biru rendah TUV Rheinland yang membuatnya lebih ramah untuk mata. 

Performa Meningkat

performa redmi note 9 pro

Sebagai versi pro, jeroan yang dibenamkan pada seri ini jelas lebih baik dari Redmi Note 9. Di versi pro, Xiaomi memilih untuk menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 720G berteknologi 8 nm yang dilengkapi dengan GPU Adreno 618.

Selain itu, perangkat juga didukung oleh CPU octa-core berkecepatan hingga 2.3 GHz yang bisa diandalkan. Chipset ini diketahui mengalami banyak peningkatan dibanding dengan pendahulunya, Snapdragon 712.

Kemampuan mumpuni tersebut juga didukung dengan pilihan RAM dan ROM yang besar dan bisa disesuaikan dengan budget dan kebutuhan. Jika menginginkan ruang yang lega, pengguna bisa memilih RAM 8 GB dengan ROM 128 GB. Namun jika budget terbatas, bisa menggunakan RAM 6 GB dengan ROM 64 GB.

Dengan besarnya RAM yang dibekalkan, ponsel ini jelas mulus saat digunakan untuk aktivitas harian. Ketika digunakan untuk menjalankan game berat sekelas PUBG, Arena of Valor, hingga PES 2020 bisa berjalan dengan lancar.

Urusan antarmuka versi pro maupun standar sepakat menggunakan MIUI 11 berbasis Android 10. Antarmuka ini memiliki banyak fitur menarik yang bisa dimanfaatkan termasuk untuk mengoptimalkan bermain game.

Hal menarik yang tidak dijumpai pada Redmi Note 9 yang beredar di Indonesia adalah NFC. Keberadaan NFC menjadi penting di era pembayaran digital saat ini karena fitur ini memudahkan pengguna dalam melakukan transaksi.

Selain itu, peletakkan sensor sidik jari di bagian samping bersama tombol power juga menghadirkan kesan lebih modern. Meski sensitivitasnya cukup baik, tetapi keberadaan fingerprint di bagian samping membuat jempol menjadi sidik jari paling ideal untuk digunakan.

Kamera Menghasilkan Gambar yang Lebih Baik dan Tajam

kamera redmi note 9 pro

Pada ponsel ini, Xiaomi berani memasang lensa 64 MP sebagai kamera utama. Lensa sebesar ini jelas mampu menghasilkan gambar yang tajam dan memanjakan para penggemar fotografi.

Lensa utama ini didukung oleh tiga buah lensa lain dengan konfigurasi ultra wide-angle 8 MP, lensa makro 5 MP, dan depth sensor 2 MP. Kamera ultra wide-angle yang dibekalkan memiliki sudut lebih luas hingga 119 derajat. Sehingga bisa memotret objek lebih banyak.

Sedangkan kamera makro bisa digunakan untuk memotret benda-benda mikro dengan jarak autofokus 2 hingga 10 cm. Untuk urusan bokeh, kamera depth sensor sudah mampu mengakomodasi. Pengguna pun bisa bebas mengatur efek yang ditimbulkan.

Selain kamera belakang yang oke, kamera depan yang dibekalkan di seri ini juga sangat bisa diandalkan. Dengan lensa 16 MP, pengguna sudah dapat melakukan swafoto dengan kualitas gambar yang memukau. 

Apalagi dengan keberadaan kecerdasan buatan yang semakin mempercantik foto. Selain itu, ada pula fitur gerak lambat 120 fps yang dapat membuat berswafoto jadi lebih menyenangkan.

Baca Juga: Review, Spesifikasi, dan Harga Redmi Note 9

Dilengkapi dengan Fast Charging

baterai redmi note 9 pro

Kapasitas baterai untuk versi pro masih mengusung daya 5.020 mAh. Baterai ini diklaim dapat bertahan hingga 13 jam ketika digunakan untuk bermain game, dan tentunya lebih lama jika hanya untuk aktivitas standar. Jika habis pun, ada pengisi daya super cepat 30 W yang siap digunakan.

Spesifikasi Redmi Note 9 Pro

Berikut adalah tabel spesifikasi Redmi Note 9 Pro terbaru:

Tabel Spesifikasi Redmi Note 9 Pro
Tipe Smartphone
Bentuk Bar
OS Android
Versi OS Android 10
SIM Nano SIM/Dual SIM/Dual Standby
CPU Qualcomm SM7125 Snapdragon 720G (8 nm) Octa core
Kecepatan CPU 2 x 2.3 GHz Kryo 465 Gold & 6 x 1.8 GHz Kryo 465 Silver
Storage 64GB/128GB
RAM 6GB/8GB
External Storage microSD, up to 512GB
Baterai 5.020 mAh
Ukuran Layar 6,67 inci
Resolusi Layar FHD+ 1080 x 2400 pixels
Tipe 2G/3G/4G (LTE)
2G GSM B2/3/5/8
3G WCDMA B1/2/4/5/8
4G (LTE) FDD-LTE/TDD-LTE
Kamera Belakang 64MP + 8MP + 5MP + 2MP
Kamera Depan 16 MP
Fitur dan Layanan Wi-Fi, Hotspot/Tethering, GPS, Bluetooth, Infrared, NFC, Flash, Fingerprint Scanner, Quad Cameras, 3.5mm Headphone Jack
Dimensi dan Ukuran 165.5 x 76.68 x 8.8 mm
Berat 209 g

Harga Redmi Note 9 Pro

Harga Redmi Note 9 Pro ada pada kisaran 3 jutaan Rupiah. Harga yang cukup masuk di akal, mengingat spesifikasi yang ditawarkan mengalami banyak peningkatan.

Jadi, Pilih Redmi Note 9 Biasa atau Pro?

Sebagai versi pro, seri ini memang membawa peningkatan yang lebih baik dari Redmi Note 9. Untuk aktivitas gaming jelas jauh lebih mumpuni. Kemampuan fotografinya pun lebih bisa diandalkan dibanding versi normal.

Dengan spesifikasi tersebut, para gamer rasanya wajib membawa pulang ponsel ini. Selain itu, para pemburu berita yang dituntut untuk bekerja di lapangan dan membutuhkan lensa kamera yang apik juga bisa menjadikan seri ini sebagai pilihan.

Baca Juga: Kredit HP Xiaomi: 8 Handphone Xiaomi di Bawah 2 Juta yang Wajib Kamu Punya