Review, Spesifikasi, dan Harga Samsung Galaxy M11

Samsung telah lama dipercaya masyarakat Indonesia sebagai salah satu produsen ponsel berkualitas. Tidak heran jika vendor asal Korea Selatan ini mengeluarkan produk baru, para penggemar setianya akan selalu mengantri untuk membeli.

Seri Galaxy M11 yang baru saja dikeluarkan Samsung pun agaknya juga akan menjadi salah satu incaran di kelas menengah. Harganya yang terjangkau dengan fitur komplit membuatnya banyak dilirik. Apalagi, jeroan yang dibekalkan sudah mampu mengimbangi berbagai aktivitas masa kini. 

Nah, jika ingin tahu spesifikasi lengkapnya, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Baca Juga: Review Samsung Galaxy M20

Desain Matte

desain samsung galaxy m11

Desain Samsung Galaxy M11

Bagi para penggemar warna-warna matte, ponsel ini jelas memberikan pilihan yang menarik. Tidak ada kesan berkilau yang muncul dari cover bodi belakang ponsel. Meski masih menggunakan material polikarbonat, perangkat ini masih tetap terlihat elegan.

Bodinya yang cukup tebal juga tidak lantas membuatnya sulit digenggam. Dengan dimensi bodi 161,4 x 76,3 x 9 mm dan berat 197 gram, nyatanya ponsel masih nyaman saat digunakan dengan satu tangan. Desain melengkung dan simetris di setiap sisi membuat Samsung Galaxy M11 lebih nyaman saat digenggam.

Memiliki banyak kemiripan desain dengan Galaxy A11, port dan tombol yang dibekalkan pada perangkat ini juga cukup lengkap. Pada sisi atas gawai, Samsung hanya membenamkan jack audio 3,5 mm. Sementara di sisi bawah gawai terdapat USB Type-C berjejer dengan lubang speaker.

SIM tray triple slot dipasang pada sisi kiri, yang dapat diisi dengan dual SIMcard dan microSD sekaligus. Sementara sisi kanan dipasang tombol power dan volume. Sisi bagian depan terdapat satu buah kamera yang diletakkan pada sudut kiri atas. 

Sedangkan, di bagian belakang terdapat fingerprint yang berdampingan dengan triple kamera lengkap bersama lampu flash. Hal yang menarik adalah, ketiga kamera ini dibuat rata dengan cover bodi belakang yang membuatnya lebih seimbang saat ditaruh di meja.

Tidak Dilengkapi dengan Pelindung Layar

layar samsung galaxy m11

Layar Samsung Galaxy M11

Desain Infinity-O tampaknya tengah menjadi favorit Samsung di berbagai ponselnya tahun ini. Galaxy M11 pun menggunakan desain tersebut pada layar PLS TFT capacitive touchscreen yang dibenamkan.

Layar seluas 6,4 inci yang dibawakan juga telah dilengkapi dengan resolusi HD+ yang menghasilkan gambar cukup baik. Bezel yang cukup tipis di sekeliling layar dan penempatan kamera di ujung kiri atas membuat layar jadi semakin luas. Menonton video hingga bermain game pun terasa lebih puas.

Sayangnya, dengan harga yang dibanderol Samsung masih belum mampu memberikan pelindung layar bawaan untuk ponsel ini. Pengguna harus lebih hati-hati atau memasang pelindung layar tambahan agar lebih aman.

Performa yang Cukup Memuaskan

performa samsung galaxy m11

Performa Samsung Galaxy M11

Jika beberapa vendor lain masih ada yang menggunakan Android 9 sebagai sistem operasi, perangkat baru milik Samsung telah mengusung Android 10. Seri ini pun mengandalkan antarmuka One UI 2.0 yang berbasis Android 10.0.

Sebagai antarmuka yang tergolong baru, One UI 2.0 dihadirkan sederhana dan mudah digunakan. Apalagi dengan ikon yang sengaja dibuat lebih besar sehingga mudah untuk disentuh. Berbagai fitur menarik seperti Samsung Pay, Samsung Note, hingga Dark Mode pun dibekalkan pada seri ini.

Sementara dari segi jeroan, gawai ini tidak berbeda jauh dengan Galaxy A11. Chipset Qualcomm Snapdragon 450 yang dibuat dengan fabrikasi 14nm sudah mumpuni untuk menunjang berbagai aktivitas. Apalagi berkat dukungan GPU Adreno 506 dan CPU octa-core 1.8 GHz Cortex-A53.

Untuk berbagai aktivitas harian, ponsel ini sudah mampu memenuhi semua kebutuhan. RAM 3GB yang ditanamkan mampu mendukung aktivitas pengguna semakin lancar. Berselancar di internet, bermain media sosial, hingga saat multitasking tidak ditemukan adanya hambatan.

Soal bermain game pun, Galaxy M11 sudah bisa memuaskan hasrat bermain pengguna masa kini. Game Free Fire hingga Mobile Legends mampu dimainkan dengan mulus. Sayangnya untuk penggemar PUBG, ponsel ini masih kurang maksimal karena paling tinggi hanya pada pengaturan frame rate medium.

Keamanan data juga semakin terjamin berkat adanya sensor pemindai sidik jari yang diletakkan pada bagian belakang. Meski tidak terlalu cepat, tetapi fitur keamanan biometrik ini masih responsif. Pengguna tidak perlu khawatir ada tangan-tangan jahil yang sembarangan membuka ponsel.

Triple Camera

kamera samsung galaxy m11

Kamera Samsung Galaxy M11

Sektor fotografi memang bukan andalan pada ponsel ini. Meski begitu, tidak berarti jika triple kamera yang dibawakan Samsung di seri ini tidak berkualitas lho! Kombinasi kamera utama 13MP, kamera ultra wide 5MP, dan depth sensor 2MP sudah cukup bisa diandalkan dalam menjepret gambar dengan baik.

Meski kamera ultra wide yang dibawakan hanya 5MP, tetapi sudah mampu digunakan untuk memotret dengan sudut hingga 115 derajat. Kalian juga bisa mendapatkan efek bokeh dengan memanfaatkan kamera depth sensor 2MP.

Sayangnya, belum ada dukungan kecerdasan buatan (AI) pada lensa utama ponsel ini. Hal ini membuat hasil jepretan akan tampak apik ketika kondisi pencahayaan cukup. Namun ketika cahaya minim, pengguna harus puas dengan gambar yang dipenuhi noise.

Sedangkan untuk kebutuhan selfie, ada kamera 8MP yang siap digunakan. Kamera ini dilengkapi dengan Live focus yang dapat menghasilkan gambar dengan efek bokeh. Efek yang dihasilkan pun terbilang cukup rapi dan tidak berlebihan.

Ketika tidak menggunakan efek bokeh pun, hasil bidikan kamera depan ini juga sudah cukup apik. Hanya saja, gambar akan terlihat lebih baik saat pencahayaannya bagus.

Baca Juga: Kredit HP Samsung: Ini 8 Handphone Samsung di Bawah 2 Juta Rupiah yang Wajib Kamu Miliki

Daya Tahan Baterai Sangat Baik

baterai samsung galaxy m11

Baterai Samsung Galaxy M11

Kapasitas baterai yang dibenamkan Samsung pada seri ini cukup besar, yakni 5.000 mAh. Kapasitas baterai ini memang sudah cukup umum digunakan di kelas menengah. Namun jika dibandingkan, daya tahan Galaxy M11 ternyata lebih unggul.

Pengujian daya tahan baterai melalui PCMark for Android menunjukkan jika ponsel dapat bertahan selama hampir 22 jam. Lebih dari cukup untuk menunjang berbagai aktivitas harian, termasuk bermain game. Jika habis pun, ada pengisi daya 15W fast charging yang mampu mengisi baterai hingga penuh dalam waktu kurang dari 3 jam.

Spesifikasi Samsung Galaxy M11

Tabel Spesifikasi Samsung Galaxy M11
Tipe Smartphone
Bentuk Bar
OS Android
Versi OS Android 10
SIM Nano SIM/Dual SIM/Dual Standby
CPU Qualcomm SDM450 Snapdragon 450 (14 nm) Octa core
Kecepatan CPU 1.8 GHz
Storage 32GB
RAM 3GB
External Storage microSD, up to 512GB
Baterai 5.000 mAh
Ukuran Layar 6,4 inci
Resolusi Layar HD+ 720 x 1560 pixels
Tipe 2G/3G/4G (LTE)
2G GSM850, GSM900, DCS1800, PCS1900
3G UMTS B1(2100), B2(1900), B5(850), B8(900)
4G (LTE) FDD-LTE/TDD-LTE
Kamera Belakang 13MP + 2MP + 5MP
Kamera Depan 8 MP
Fitur dan Layanan Wi-Fi, Hotspot/Tethering, GPS, Bluetooth, Flash, Face Unlock, Fingerprint Scanner, Triple Cameras, 3.5mm Headphone Jack
Dimensi dan Ukuran 161.4 x 76.3 x 9.0 mm
Berat 197 g

Harga Samsung Galaxy M11

Dengan kisaran harga Rp1 jutaan akhir, rasanya ponsel ini layak untuk dipertimbangkan terutama oleh Anda yang memiliki aktivitas tinggi.  

Ponsel Menengah yang Bisa Dijadikan Pilihan

Jeroan yang dibekalkan pada ponsel kelas menengah milik Samsung ini jelas masih layak bersaing. Meski kemampuan kameranya tidak istimewa, namun baterai yang dibenamkan menjadi keunggulan yang bisa didapatkan.

Spesifikasi tersebut membuat ponsel ini layak untuk dibeli orang-orang yang banyak menghabiskan waktu di luar ruangan. Atau bisa juga orang yang tinggal di daerah dengan pasokan listrik terbatas. Para pecinta game juga bisa melirik ponsel ini mengingat performa dan baterai yang sudah mumpuni.

Baca Juga:  Hp Rusak Saatnya Ganti Baru, Ini 8 Tips Beli Smartphone Online