Review, Spesifikasi, dan Harga Vivo Y30i

Kehadiran Vivo Y30i di pasar Indonesia membuat persaingan kelas entry level menjadi semakin panas. Ponsel yang dibanderol dengan harga di bawah Rp3 juta ini menawarkan pilihan tambahan untuk para pemilik budget terbatas tetapi memiliki performa mumpuni. 

Masih sama dengan seri yang lain, salah satu nilai jual yang diandalkan pada seri ini adalah sektor fotografi. Selain itu, bekal baterai 5.000 mAh yang ditanamkan pada gawai ini jelas menggiurkan bagi calon pengguna.

Kira-kira seberapa layak ya ponsel ini untuk dibeli jika dibandingkan dengan pesaingnya? Daripada bingung, simak ulasan berikut ini yuk.

Baca Juga: Review, Spesifikasi, dan Harga Vivo Y12i

Desain Elegan

desain vivo y30i

Desain Vivo Y30i

Sebagai ponsel yang hadir untuk kelas entry level, bukan hal yang aneh jika Vivo memilih untuk menggunakan material bodi dari plastik. Tetapi sekali lagi, vendor asal Tiongkok ini berhasil meramunya menjadi sesuatu yang menarik dan tidak berkesan murahan.

Lekukan 3D pada ponsel ini didesain sedemikian rupa sehingga mampu memunculkan efek ramping pada sisi samping. Secara keseluruhan, gawai berdimensi 162,04 x 76,46 x 9,11 mm ini cukup lebar tetapi masih cukup nyaman saat digenggam.

Sebagai sentuhan akhir, Vivo juga masih menggunakan efek mengkilat seperti pada seri Y30 yang reguler. Bedanya, pada Y30i efek mengkilat itu akan memunculkan gradasi warna pelangi ketika terkena cahaya. Sayangnya, ini juga membuat bekas sidik jari jadi mudah menempel.

Desain cover bodi belakang yang menawan tersebut dilengkapi dengan tiga buah kamera yang disusun berjajar pada sisi kiri atas. Ada pula fitur keamanan pemindai sidik jari di sebelahnya. 

Sayangnya, penempatan sensor ini sedikit terlalu ke atas sehingga pemilik jari mungil sedikit kesulitan. Di bagian depan Vivo mengusung desain Ultra O Screen yang dilengkapi dengan punch hole pada sisi kiri atas untuk kamera depan.

Beralih ke sisi kanan, ada tombol power dan volume yang berjajar. Di sisi sebaliknya, ada triple slot yang bisa digunakan untuk dual SIMCard dan microSD sekaligus. Sedangkan di bagian bawah ada USB Type-C, mikrofon, speaker, dan jack audio 3,5 mm.

Kualitas Layar yang Kurang Menonjol

layar vivo y30i

Layar Vivo Y30i

Para pengguna Vivo Y30i akan dimanjakan dengan tampilan layar yang super luas. Bezel tipis di berbagai sisi perangkat ditambah dengan desain Ultra O Screen yang dibawakan mampu memberikan sajian gambar di area yang lebih lebar.

Penggunaan teknologi IPS pada layar seluas 6,47 inci pada gawai ini juga sudah dapat menyajikan tampilan yang lumayan baik. Hal yang cukup disayangkan adalah di harga yang ditawarkan resolusi gambar yang dibekalkan hanya HD+. 

Padahal, beberapa merek lain di harga yang sama sudah banyak yang menggunakan layar beresolusi Full HD. Namun untungnya, gambar yang disajikan oleh layar ini masih cukup baik meskipun tidak istimewa.

Soal urusan keamanan layar, Vivo tidak menyebutkan adanya perlindungan dari Corning Gorilla Glass. Namun secara pabrikan, seri ini sudah mendapatkan screen guard bawaan. Jika ingin lebih aman, pengguna bisa menambahkan sendiri pelindung untuk layar agar lebih awet.

Performa yang Cukup Baik

performa vivo y30i

Performa Vivo Y30i

Melihat dari segi performa, para penggila game yang ingin merasakan pengalaman bermain mengesankan wajib menghindar dari ponsel ini. Pasalnya, jeroan yang dibekalkan masih belum mumpuni untuk bermain game dengan grafis yang tinggi.

Meskipun ada fitur Multi Turbo 3.0 dan Ultra Game Mode yang turut dibekalkan, Vivo Y30i masih bukan pilihan yang tepat untuk para gamer. Tetapi jika hanya untuk sekadar hiburan, game-game seperti AoV, PUBG Mobile, dan Mobile Legend masih bisa lancar dimainkan di pengaturan terendah.

Hal ini dikarenakan jeroan yang dibekalkan pada seri ini hanya chipset MediaTek Helio P35 octa-core dengan kecepatan maksimal hingga 2,3 GHz. Kemampuan chipset tersebut hanya bisa mengakomodasi aktivitas dengan beban menengah ke bawah.

Penggunaan RAM 4GB dan penyimpanan internal 64GB pada seri ini terbilang sangat membantu dalam memperlancar aktivitas. Menikmati berbagai konten streaming, akses media sosial, hingga melakukan multitasking menjadi lebih lancar.

Sebagai pelengkap, ada antarmuka Funtouch OS 10 yang berbasis Android 10. Antarmuka ini memiliki berbagai fitur yang siap membantu untuk memudahkan aktivitas. Tidak ketinggalan Jovi Smart Scene yang akan mengingatkan pengguna soal hidrasi dan jadwal olahraga.

Untuk keamanan data, pengguna bisa memanfaatkan pengaman konvensional seperti pola dan password. Jika ingin lebih banyak privasi, pengguna bisa memanfaatkan fitur keamanan pemindai sidik jari dan face unlock.

Baca Juga: Kredit HP Vivo: 5 HP Vivo Terbaru yang Kekinian dengan Harga di Bawah 3,5 Juta

Menghadirkan Triple Cameras

kamera vivo y30i

Kamera Vivo Y30i

Seperti kebanyakan ponsel Vivo lainnya, sektor kamera menjadi salah satu jualan utama di ponsel Y30i ini. Jika dibandingkan dengan versi reguler, ada satu kamera yang hilang dari seri ini yakni lensa ultra wide 8MP.

Tiga kamera yang dibekalkan pada seri ini terdiri dari konfigurasi kamera utama 13MP, Super Macro Camera 2MP, dan Super Bokeh Camera 2MP. Lensa Super Macro Camera memiliki fokus 4 cm yang siap membantu pengguna menjelajah ke dunia mikro.

Hasil jepretan ketia kamera ini pun sudah menghasilkan gambar yang cukup baik jika kondisi cahaya di lingkungan memadai. Untuk mengabadikan video pun hasilnya juga tidak terlalu mengecewakan.

Sementara di bagian depan, ada lensa 8MP yang dilengkapi dengan berbagai filter untuk mempercantik wajah. Kamera depan ini pun sudah mampu memenuhi ekspektasi swafoto pengguna di kelasnya.

Kapasitas Baterai yang Besar

baterai vivo y30i

Baterai Vivo Y30i

Nilai jual lain dari versi lite Vivo Y30 ini juga terletak pada baterai. Gawai ini dibekali dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh. Besarnya kapasitas baterai jelas bisa diandalkan untuk menemani aktivitas seharian tanpa khawatir kehabisan daya.

Menurut situs resminya, dalam mode standby ponsel ini bisa bertahan hingga 29,7 hari. Namun ketika digunakan untuk mendengar musik secara terus-terusan hanya bertahan 12,97 jam sementara untuk bermain game dapat digunakan selama 11,35 jam.

Daya baterai yang besar ini juga bisa digunakan untuk mengisi daya karena adanya kemampuan reverse charging. Namun cukup disayangkan adalah kapasitas baterai yang besar tidak didukung dengan teknologi pengisian cepat meski menggunakan konektor Type-C.

Spesifikasi Vivo Y30i

Tabel Spesifikasi Vivo Y30i
Tipe Smartphone
Bentuk Bar
OS Android
Versi OS Android 10, Funtouch OS 10
SIM Nano SIM/Dual SIM/Dual Standby
CPU MediaTek MT6765 Helio P35
Kecepatan CPU 4x2.35 GHz Cortex-A53 & 4x1.8 GHz Cortex-A53
Storage 64GB
RAM 4GB
Baterai 5.000 mAh
Ukuran Layar 6,47 inci
Resolusi Layar HD+ 1560 x 720 pixels
Tipe 2G/3G/4G (LTE)
2G GSM B3/5/8
3G WCDMA B1/5/8
4G (LTE) FDD-LTE/TDD-LTE
Kamera Belakang 13MP + 2MP + 2MP
Kamera Depan 8 MP
Fitur dan Layanan Wi-Fi, Hotspot/Tethering, GPS, Bluetooth, Flash, Face Unlock, Fingerprint Scanner, Triple Cameras
Dimensi dan Ukuran 162.04 x 76.46 x 9.11 mm
Berat 197 g

Harga Vivo Y30i

Harga Vivo Y30i berada di kisaran Rp2 juta awal, harga yang tidak begitu menguras kantong. Cukup sebanding dengan spesifikasi yang ditawarkan.

Sebanding dengan Harga yang Ditawarkan

Secara keseluruhan ponsel ini sudah cukup mumpuni untuk mendukung aktivitas sehari-hari dengan lancar. Namun jeroan yang dibekalkan masih belum mampu memenuhi ekspektasi para pecinta game. Daya jualnya pun lebih pada kapasitas baterai yang besar sekaligus bisa berfungsi menjadi power bank.

Dengan spesifikasi tersebut, ponsel ini cocok digunakan oleh para pelajar yang membutuhkan gawai untuk mendukung proses belajar daring. Selain itu, para orang tua maupun karyawan yang tidak memiliki mobilitas tinggi juga masih dapat menggunakan ponsel ini.

Baca Juga: Review, Spesifikasi, dan Harga Vivo Y20