Review, Spesifikasi, dan Harga Xiaomi Mi 9 SE

Xiaomi memang telah dikenal luas menjadi salah satu vendor yang mampu menghadirkan gawai berspesifikasi tinggi tetapi dengan harga miring. Xiaomi Mi 9 SE pun menjadi salah satunya. Dengan harga yang cukup ramah kantong, pengguna sudah akan disuguhi dengan performa rasa premium lewat seri ini. 

Bukan hanya dari segi desain bodi saja, saat digunakan gawai juga memberikan pengalaman yang memuaskan. Kebutuhan fotografi juga bisa diakomodir dengan baik lewat perangkat ini.

Jika tertarik untuk memboyong seri ini, simak dulu ulasan lengkap Xiaomi Mi 9 SE berikut.

Baca Juga: Review, Spesifikasi, dan Harga Xiaomi Poco X3 NFC

Desain Lebih Stylish dan Tipis

desain mi 9 se

Desain Xiaomi Mi 9 SE

Para pengguna seri ini akan disuguhi dengan tampilan yang tidak jauh beda dengan Xiaomi Mi 9. Mulai susunan port hingga kamera, semuanya nyaris sama. Hal membedakan yang secara kasat mata bisa dilihat adalah ukuran Mi 9 SE yang lebih imut dari sang kakak.

Dimensi dari seri ini hanya 147,5 x 70,5 x 7,5 mm sementara Mi 9 jauh lebih bongsor dengan dimensi keseluruhan mencapai 157,5 x 74,7 x 7,6 mm. Bobot seri ini juga hanya 155 gram yang membuatnya jadi lebih nyaman dalam genggaman meski hanya dengan satu tangan.

Apalagi dengan adanya frame alumunium yang digunakan untuk membingkai gawai membuat kualitas buildnya terasa solid. Jemari jadi lebih mudah untuk mengakses beragam tombol maupun aplikasi pada ponsel.

Untuk bagian cover belakangnya pun sudah menggunakan sentuhan akhir kaca 2.5D Curved Glass. Penggunaan material ini membuat tampilan gawai jadi tampak lebih mewah. Tetapi sayangnya, permukaan ini juga membuat bekas sidik jari mudah menempel dan licin saat digenggam.

Penggunaan soft case pun sangat disarankan agar gawai jadi lebih aman. 

Soal penempatan port, seri ini tidak jauh beda dengan saudaranya yang lain. Masih ada sensor infrared untuk mengontrol beragam perangkat elektronik yang dipasang pada bagian atas. Sedangkan sisi kanan masih ada tombol volume dan daya.

Sayangnya, lubang jack audio dihilangkan pada seri ini. Jadi di bagian bawah hanya ada port USB Type-C, speaker, dan mikrofon. Tetapi jika ingin menggunakan headphone, Xiaomi juga sudah membekali dengan adaptor untuk port USB Type-C ke Jack Audio.

Sangat disayangkan juga hanya ada dua slot untuk SIM Card yang ditaruh pada sisi kiri. Bagian depannya pun masih mengusung desain poni tetesan air yang dihuni kamera selfie. Sedangkan di sisi belakang, terdapat tiga buah kamera yang dipasang dalam modul persegi panjang.

Kualitas Layar yang Patut Diacungi Jempol

layar mi 9 se

Layar Xiaomi Mi 9 SE

Memiliki ukuran bodi yang lebih kecil tentu juga membuat layar yang disematkan pada seri ini ikut menciut jika dibanding Mi 9. Diagonal layarnya hanya 5,97 inci saja. Versi Lite bahkan memiliki ukuran layar yang lebih besar dengan diagonal 6,39 inci.

Meski kecil, tetapi panel yang digunakan sudah Super AMOLED. Kualitas gambar yang dihasilkan pun sudah full HD+ dan dapat digunakan untuk menikmati tayangan HDR dengan baik. Tidak heran jika sajian gambar terlihat bening dan tajam.

Keamanan layar juga sudah terjamin dengan keberadaan lapisan pelindung Corning Gorilla Glass 5. Jadi pengguna bisa merasa lebih aman dengan goresan dan benturan ringan.

Performa yang “Cukup”

performa mi 9 se

Performa Xiaomi Mi 9 SE

Menyinggung soal performa, gawai ini juga dibekali jeroan yang memiliki kualitas di bawah versi reguler. Tetapi bukan berarti jadi tidak mumpuni. Chipset Qualcomm Snapdragon 712 yang dibenamkan sudah mampu menunjang beragam aktivitas.

Membuka berbagai aplikasi, menonton video streaming hingga multitasking bisa dijalankan dengan lancar. Apalagi dengan adanya RAM 6GB dengan penyimpanan internal yang bisa dipilih antara 64GB atau 128GB. 

Penggunaan gawai untuk bermain game pun bisa berjalan dengan baik. Berbagai game kekinian populer seperti Mobile Legend hingga PUBG Mobile pun dapat dimainkan dengan mulus. Gawai juga tetap terasa adem dan hemat daya berkat fabrikasi 10nm.

Karena hadir di tahun 2019, tidak heran jika sistem operasi bawaan gawai ini masih menggunakan Android 9 Pie. Antarmukanya pun hanya MIUI 10. Untungnya, pada 2010 seri ini mendapat jatah untuk pembaruan ke Android 10. Jadi, gawai tetap bisa bersaing meski bukan keluaran terbaru.

Beragam fitur menarik pun turut dibawakan pada seri ini. Fitur andalan sensor infrared yang bisa digunakan untuk mengontrol berbagai perangkat elektronik pun masih bisa digunakan pada Mi 9 SE.

Selain itu, ada juga fitur NFC, Ultra Dark Night Screen hingga Game Turbo Mode yang akan memaksimalkan gawai saat digunakan bermain game. 

Keamanan datanya pun tidak perlu dikhawatirkan karena keberadaan berbagai fitur keamanan biometrik. Pengguna bisa memanfaatkan fitur pemindai sidik jari yang dibenamkan di layar maupun face recognition yang sama-sama responsif.

Triple Cameras

kamera mi 9 se

Kamera Xiaomi Mi 9 SE

Melihat para pesaingnya mampu menghadirkan kamera apik di rentang harga yang sama membuat Xiaomi tidak mau kalah. Tiga buah kamera pun dibenamkan Xiaomi pada seri ini. Sebagai kamera utama ada lensa 48MP yang sidap digunakan untuk mengabadikan berbagai momen.

Secara bawaan sebenarnya kamera utama ini akan memotret dengan resolusi 12MP, tetapi itu bisa diatur hingga meningkat sampai 48MP. Kamera ini pun ditemani dengan lensa telephoto 8MP dan juga ultrawide 13MP.

Saat memotret di tempat dengan cahaya minim pun tidak perlu khawatir. Ada dual LED Flash yang akan membantu memberikan cahaya tambahan. Selain itu, ada juga berbagai fitur yang dibekalkan seperti Bokeh Mode dan Night Mode.

Hasil jepretan dari kamera belakang ini pun sudah memuaskan dan layak untuk dibagikan di beragam media sosial. Tidak hanya kemampuan memotret, pengambilan video dengan perangkat ini juga sudah baik dan dapat menghasilkan kualitas hingga 4K. Untuk kebutuhan selfie pun sudah ada kamera 20MP yang siap diandalkan untuk mengambil foto dengan berbagai pose. 

Kapasitas Baterai Tidak Begitu Besar

Satu hal yang mungkin cukup disayangkan dari perangkat ini adalah kapasitas baterainya yang hanya 3070 mAh. Tetapi itu tidak lantas membuat gawai ini jadi tidak bisa digunakan berlama-lama berkat chipsetnya yang hemat energi.

Gawai masih bisa digunakan menemani aktivitas selama seharian. Jika baterai habispun, pengguna bisa kembali mengisinya dengan cepat berkat adanya teknologi pengisi daya cepat yang turut dibekalkan.

Baca Juga: Kredit HP Xiaomi: 8 Handphone Xiaomi di Bawah 2 Juta yang Wajib Kamu Punya

Spesifikasi Xiaomi Mi 9 SE

Tabel Spesifikasi Xiaomi Mi 9 SE
Tipe Smartphone
Bentuk Bar
OS Android
Versi OS MIUI 10 (Android 9.0 Pie)
SIM Nano SIM/Dual SIM/Dual Standby
CPU Qualcomm SDM712 Snapdragon 712 (10 nm) 7 Octa core
Kecepatan CPU 2.3 GHz
Storage 64GB/128GB
RAM 6GB
External Storage -
Baterai 3.070 mAh
Ukuran Layar 5.97 inci
Resolusi Layar FHD+ 1080 x 2340 pixels
Tipe 2G/3G/4G (LTE)
2G GSM: B2/3/5/8, CDMA 1X: BC0
3G WCDMA, TD-SCDMA, CDMA EVDO BC0
4G (LTE) FDD-LTE/TDD-LTE
Kamera Belakang 48MP + 13MP + 8MP
Kamera Depan 20 MP
Fitur dan Layanan Wi-Fi, Hotspot/Tethering, GPS, Bluetooth, Flash, Face Unlock, Fingerprint Scanner, Triple Cameras, NFC
Dimensi dan Ukuran 147.5 x 70.5 x 7.45 mm
Berat 155 g

Harga Xiaomi Mi 9 SE

Harga Xiaomi Mi 9 SE saat ini berada di kisaran Rp4 jutaan saja. Bagaimana menurut Anda? Apakah sebanding dengan spesifikasi yang ditawarkan?

Ponsel yang Masih Layak Dibawa Pulang di Tahun 2021

Meski diluncurkan pada 2019, tetapi Mi 9 SE masih layak dan mampu bersaing dengan ponsel keluaran terbaru di rentang kelas yang sama. Performanya masih mumpuni untuk mendukung beragam aktivitas masa kini, termasuk soal urusan fotografi dan pengambilan video.

Para penggemar ponsel fotografi bisa menjadikan perangkat ini sebagai teman berburu foto. Selain itu orang-orang yang membutuhkan gawai mungil untuk sekadar berkomunikasi dan memberikan hiburan selama lockdown juga dapat memilih seri ini.

Baca Juga: Jangan Sampai Rugi, Cek 4 Hal Ini Sebelum Ambil Kredit HP Online Tanpa Kartu Kredit