Review, Spesifikasi, Harga Oppo A15

Oppo tampaknya tidak ingin mengakhiri 2020 dengan begitu saja. Di bulan terakhir menjelang pergantian tahun, vendor asal Tiongkok ini pun mengeluarkan salah satu ponsel terbaru untuk kelas pemula. 

Dengan harga yang ditawarkan, kemampuannya jelas di bawah saudara-saudaranya di kelas flagship. Tetapi tentu saja itu tidak lantas membuatnya jadi terlihat buruk. Di kelasnya, ponsel ini masih memiliki kemampuan untuk bersaing.

Selain dibekali dengan tiga buah kamera untuk memenuhi kebutuhan fotografi pengguna, performa yang ditawarkan juga cukup baik. Agar tidak penasaran, simak dulu ulasan berikut ini.

Baca Juga: Review dan Spesifikasi Oppo A9 2020

Desain Tipis dan juga Stylish

desain oppo a15

Desain Oppo A15

Sebagai ponsel kelas pemula, desain yang diusung oleh Oppo A15 terbilang cukup menarik. Meski dibanderol dengan budget yang lebih rendah, tetapi vendor asal Tiongkok ini mampu menawarkan ponsel yang cukup tipis dan ringan.

Selain tipis, bodi dari gawai perangkat ini juga dibalut dengan desain yang stylish. Tentu saja untuk material bodi yang digunakan masih menggunakan bahan plastik mengingat dari segi harga yang ditawarkan.

Tetapi berkat pemberian finishing glossy, seri ini jadi memiliki tampilan yang cukup elegan. Selain itu, pemilihan warna yang digunakan untuk sentuhan akhir perangkat juga menarik. Ketika terkena cahaya, akan muncul efek berkilau yang membuat gawai jadi memukau.

Berkat ukurannya yang tipis serta bobotnya yang tidak terlalu berat, perangkat jadi terasa nyaman saat digenggam meski hanya dengan satu tangan. Penggunaan sentuhan akhir mengkilat juga tidak membuat gawai ini jadi licin dan rentan bekas sidik jari.

Tiga buah kamera yang ditaruh di sisi belakang bersama dengan lampu flash LED disusun dalam sebuah bingkai kotak yang membuatnya terlihat rapi. Selain itu, juga ada sensor pemindai sidik jari yang diletakkan di sisi ini.

Di bagian depan, desain poni tetesan air masih menjadi andalan. Poni ini sekaligus menjadi tempat untuk kamera selfie. Sisi kiri tetap dihuni oleh tiga buah slot yang dapat dihuni oleh microSD dan dua buah SIM secara bersamaan. 

Di sisi sebaliknya, masih terdapat pasangan tombol volume dan power yang disusun berjajar. Sementara di sisi bawah, terdapat jack audio 3,5 mm, speaker, serta microUSB.

Layar HD+

layar oppo a15

Layar Oppo A15

Sebagai ponsel kelas pemula, tentu tidak banyak hal yang diharapkan dari sisi layar yang dibenamkan. Tidak akan ada layar Super AMOLED yang dapat memberikan kepuasan saat ditonton.

Tetapi panel IPS yang dibawakan sudah cukup memuaskan. Mengandalkan layar dengan resolusi HD+, kecerahannya bisa mencapai 480 nit. Dengan begitu, pengguna tidak perlu khawatir saat harus membalas pesan di tempat yang cukup terang.

Menggunakan desain poni tetesan air, tampilan layar dari perangkat ini jadi terlihat lebih luas. Ditambah lagi dengan bezel tipis di sisi, layar 6,52 inci yang dibenamkan sudah cukup menyenangkan untuk menikmati berbagai gambar dan video.

Sayangnya, harga yang ditawarkan juga belum mampu memberikan lapisan pelindung Gorilla Glass. Tetapi sudah ada lapisan antigores bawaan yang dibekalkan.

Performa yang Masih Dapat Diandalkan

performa oppo a15

Performa Oppo A15

Sama seperti layarnya yang biasa, performa yang ditawarkan oleh seri ini juga bukan yang paling kencang di kelasnya. Meskipun RAM yang dibenamkan sudah 3GB dan dilengkapi dengan ROM 32GB, tetapi prosesor yang digunakan masih biasa.

Hanya ada chipset MediaTek Helio P35 octa-core berkecepatan 2,3 GHz yang menjadi otak dari perangkat ini. Kombinasi ini tentu tidak bisa menghasilkan performa yang luar biasa meski juga tidak bisa dibilang mengecewakan.

Untuk menemani aktivitas harian normal seperti membuka aplikasi perpesanan, browsing, Instagram, maupun membuka aplikasi streaming masih cukup lancar. Sudah cukup jika sekadar untuk menemani aktivitas harian normal.

Untuk bermain game pun ponsel ini juga masih cukup bisa diandalkan. Game seperti Mobile Legend dan PUBG mobile masih bisa dijalankan meski pengaturan grafisnya harus disesuaikan. Tampilannya masih cukup baik untuk ponsel kelas pemula.

Sebagai pengaman data, ponsel juga sudah dilengkapi dengan fitur keamanan pemindai sidik jadi di bagian belakang. Fitur keamanan ini terbilang cukup responsif saat digunakan.

Untuk menunjang performa gawai, Oppo sudah membenamkan sistem operasi Android 10 pada perangkat ini. Meski begitu antarmuka yang digunakan belum yang terbaru dan hanya ada ColorOS 7.2.

Untungnya, fitur yang dibekalkan sudah cukup komplit sehingga pengguna semakin mudah saat mengoperasikan gawai.

Baca Juga: Kredit HP Oppo: 10 Handphone Oppo dengan Harga Kurang dari 3,5 Jutaan Terbaik

Dilengkapi dengan Triple Cameras

kamera oppo a15

Kamera Oppo A15

Sebagai ponsel keluaran vendor yang selalu mengutamakan sektor kamera, seri ini juga dibekali dengan kemampuan memotret yang cukup baik. Untuk ukuran kelas pemula, Oppo A15 sudah bisa bersaing dengan seri lainnya.

Di bagian belakang, Oppo mengandalkan lensa 13MP sebagai kamera utamanya. Kamera utama ini dilengkapi dengan sejumlah fitur untuk membuat hasil memotret lebih memuaskan. Pengguna bisa menggunakan mode malam hingga potret.

Kamera utama ini pun tidak sendiri, melainkan ditemani dua buah kamera tambahan. Sama-sama menggunakan lensa 2MP, satu kamera berfungsi sebagai lensa makro dan satu lainnya untuk depth sensor.

Untuk hasil jepretannya tampak memiliki eksposur yang lebih tinggi. Namun secara keseluruhan warna yang dihasilkan cukup baik dan tampak natural. Keberadaan AI Scene Enhancement dapat memaksimalkan hasil jepretan.

Kamera depannya mengandalkan lensa 8MP yang juga sudah dilengkapi dengan fitur AI Beautification yang dapat mempercantik hasil jepretan pengguna. AI ini akan mengidentifikasi usia, jenis kelamin, serta akan menyempurnakan warna kulit serta kecantikan setiap wajah.

Kapasitas Baterai yang Tidak Begitu Besar

baterai oppo a15

Baterai Oppo A15

Untuk menunjang performa Oppo A15, ada baterai 4230mAh yang ditanamkan pada perangkat ini. Cukup kecil jika dibandingkan dengan beberapa pesaingnya yang sudah berani menggunakan baterai 5000 mAh.

Meski begitu, baterai masih bisa digunakan untuk menunjang berbagai aktivitas normal lebih dari sehari. Fitur Super Nighttime Standby juga akan membantu ponsel untuk menghemat daya saat malam hari.

Spesifikasi Oppo A15

Tabel Spesifikasi Oppo A15
Tipe Smartphone
Bentuk Bar
OS Android
Versi OS Android 10, ColorOS 7.2
SIM Nano SIM/Dual SIM/Dual Standby
CPU Mediatek MT6765 Helio P35 (12nm) Octa core
Kecepatan CPU 4x2.35 GHz Cortex-A53 & 4x1.8 GHz Cortex-A53
Storage 32GB
RAM 2GB/3GB
Baterai 4.230 mAh
Ukuran Layar 6,52 inci
Resolusi Layar HD+ 720 x 1600 pixels
Tipe 2G/3G/4G (LTE)
2G GSM 850/900/1800/1900
3G WCDMA B1/5/8
4G (LTE) FDD-LTE/TDD-LTE
Kamera Belakang 13MP + 2MP + 2MP
Kamera Depan 8 MP
Fitur dan Layanan Wi-Fi, Hotspot/Tethering, GPS, Bluetooth, Flash, Face Unlock, Fingerprint Scanner, 3.5mm Headphone Jack, Triple Cameras
Dimensi dan Ukuran 164 x 75.4 x 7.9 mm
Berat 175 g

Harga Oppo A15

Harga Oppo A15 saat ini masih berada di atas 1,5 juta Rupiah dan bisa dijadikan pilihan untuk Anda yang memiliki budget di bawah Rp2 juta.

Apakah Layak Dibawa Pulang?

Untuk ponsel kelas pemula, Oppo A15 sudah cukup bisa bersaing dengan seri lainnya di kelas yang sama. Performa jeroan dan kameranya memang tidak istimewa tetapi juga tidak mengecewakan. Masih layak untuk menemani aktivitas harian.

Spesifikasi tersebut sudah layak untuk dibawa pulang oleh pengguna yang membutuhkan gawai sekadar untuk berkomunikasi dan aktivitas standar lain. Ponsel ini juga sudah cukup layak untuk menunjang aktivitas belajar daring untuk siswa maupun guru.

Baca Juga: Jangan Sampai Rugi, Cek 4 Hal Ini Sebelum Ambil Kredit HP Online Tanpa Kartu Kredit