Review, Spesifikasi, Harga Realme C11

Sedang bingung mencari handphone murah tapi bisa diandalkan? Realme C11 mungkin bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat. Dibanderol dengan harga Rp1 jutaan, pengguna sudah akan disuguhi dengan berbagai kelebihan yang menggiurkan.

Ponsel ini ditenagai dengan chipset Mediatek Helio G35 yang sudah mumpuni untuk mendukung beragam aktivitas. Selain itu, baterai 5.000 mAh yang dibekalkan juga terbilang awet dan mampu bertahan seharian.

Daripada penasaran, simak ulasan lengkap dari Realme C11 berikut ini.

Desain Stylish Anti Selip

desain realme c11

Ada banyak hal yang ditawarkan Realme kepada para penggunanya. Dari segi desain, perangkat ini tidak tampak murahan dan terlihat cukup stylish ketika ditenteng kemana-mana. 

Penggunaan bodi berbahan polikarbonat juga tidak membuatnya terkesan murah. Sentuhan akhir berupa tekstur guratan di bagian belakang perangkat membuat penampakannya terkesan lebih premium di harga yang ditawarkan.

Selain itu, cover belakang perangkat juga dibuat kesat sehingga tidak mudah selip ketika tengah digenggam. Apalagi dengan desain geometris yang membuat bodi perangkat dikelilingi lekukan bersudut yang membuatnya semakin mantap ketiga dipegang.

Perangkat ini sebenarnya terbilang cukup tebal dengan ukuran dimensi keseluruhan mencapai 164,4 x 75,9 x 9,1 mm dengan bobot 196 gram. Meski begitu, jemari tangan masih mendapatkan kenyamanan saat memegangnya.

Selain desain covernya yang menarik, Realme juga menyusun dua buah kamera di bagian belakang dalam bingkai kotak bersama dengan lampu flash. Sayangnya, kalian tidak akan menjumpai fitur pemindai sidik jari pada ponsel murah ini.

Sementara di sisi depan, ponsel ini masih mengusung desain poni yang populer di tahun lalu. Desain poni yang disebut mini drop ini dihuni oleh sebuah kamera yang siap digunakan untuk memuaskan hasrat ber-selfie.

Bagian bawah ponsel pun menjadi yang paling ramai karena dihuni oleh mikrofon, speaker, port micro USB dan jack audio 3.5 mm. Sementara bagian sisi kanan masih ditempati tombol volume dan power sedangkan di sisi kiri ada SIM tray triple slot.

Baca Juga: Review, Spesifikasi, dan Harga Realme Narzo

Layar HD+

layar realme c11

Dengan harga yang cukup murah, pengguna juga sudah disuguhkan dengan tampilan layar yang memuaskan dengan layar IPS LCD capacitive touchscreen seluas 6,5 inci. Resolusi yang dibawa pun sudah HD+ sehingga semakin memuaskan saat dipandang.

Penggunaan desain poni mini drop dan bezel tipis di berbagai sisi layar membuat tampilannya juga semakin luas. Hal ini tentu membuat pengalaman menonton video hingga bermain game semakin menyenangkan.

Gambar yang ditampilkan pada layar ini pun terbilang masih cukup jelas dan nyaman untuk ditonton. Ketika digunakan di luar ruangan, bahkan di bawah sinar matahari pun layar masih cukup jelas terlihat.

Layar perangkat ini sebenarnya sudah dibekali dengan pelindung bawaan. Namun, masih disarankan untuk memberikan lapisan pelindung tambahan agar lebih aman.

Performa Baik di Kelasnya

performa realme c11

Desain yang menawan dari perangkat ini juga didukung dengan kemampuan mumpuni di kelasnya. Chipset MediaTek Helio G35 Octa-Core dengan fabrikasi 12nm yang ditanamkan sudah mampu mendukung berbagai aktivitas. Apalagi dengan adanya GPU PowerVR GE8320 untuk segi grafisnya.

Kemampuannya semakin mumpuni dengan dukungan RAM yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, yakni 2GB dan 3GB. Perbedaan RAM ini akan berpengaruh pada kemampuan gawai dalam melakukan multitasking.

Meski secara keseluruhan ponsel ini sudah bisa digunakan dengan lancar untuk menunjang berbagai aktivitas harian, tetapi dengan RAM besar penggunaan ponsel jadi semakin mulus. TikTok hingga Instagram yang dikenal sebagai aplikasi berat pun bisa dibuka dengan mudah.

Soal urusan game pun perangkat tidak perlu diremehkan. Pengujian dengan berbagai game kekinian, seperti Free Fire dan Mobile Legend yang masih populer hingga saat ini terbilang lancar. Bahkan untuk Mobile Legends bisa diatur hingga grafis High dan masih bisa dimainkan dengan mulus.

Dukungan antarmuka realme UI berbasis Android 10 yang dibekalkan juga membuat pengalaman mengoperasikan ponsel lebih menyenangkan. Secara visual, antarmuka ini memberikan tampilan yang stylish sekaligus fungsional.

Fitur terbaru yang cukup menarik adalah Dual Mode Music Share. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk dapat membagikan video maupun musik kepada pengguna lain. Ada pula fitur Mode Gelap yang bisa diaktifkan secara otomatis pada malam hari.

Cukup disayangkan Realme C11 tidak dibekali dengan fitur keamanan fingerprint yang sudah banyak dipasang di kelas entry level. Meski begitu, pengguna masih bisa memanfaatkan fitur face unlock sebagai pengaman tambahan.

Menghadirkan Dual Camera

kamera realme c11

Performa mumpuni yang dibawa oleh perangkat ini juga dilengkapi dengan kemampuan kamera yang bersaing di kelasnya. Meski hanya mengusung dua buah kamera di bagian belakang, ponsel masih mampu memenuhi kebutuhan memotret kelas entry level.

Kombinasi kamera 13MP dan 2MP sudah menghasilkan gambar dengan kualitas yang lumayan baik, terutama dalam kondisi cahaya yang cukup. Kamera 2MP juga bisa digunakan untuk membantu menghasilkan gambar bokeh yang apik.

Kamera ponsel ini juga dilengkapi dengan mode malam untuk membantu memotret di malam hari. Sayangnya, lensa kamera masih menghasilkan gambar penuh noise ketika cahaya di lingkungan sekitar minim.

Berpindah ke kamera depan, ada sensor 5MP yang bisa diandalkan untuk ber-selfie hingga melakukan panggilan video. Kamera ini juga didukung dengan kecerdasan buatan AI Beauty yang dapat menghasilkan gambar lebih baik.

Secara keseluruhan kamera depan dan belakang menghasilkan gambar yang kurang tajam, terutama ketika cahaya minim. Namun, masih cukup mumpuni untuk mengabadikan berbagai momen penting.

Kapasitas Baterai yang Besar

baterai realme c11

Sektor baterai memang menjadi daya jual utama dari perangkat ini. Kapasitas baterai 5.000 mAh yang dibekalkan jelas mampu memberikan pengalaman bermain ponsel lebih lama. Bahkan di situs resminya disebutkan ponsel mampu siaga hingga 40 hari.

Saat digunakan untuk bermain game bahkan bisa bertahan selama 12,1 jam. Menariknya, ponsel ini juga bisa berfungsi sebagai powerbank dengan menggunakan teknologi OTG reverse. Ketika baterai habis pun, hanya butuh waktu kurang dari 3 jam untuk bisa kembali penuh.

Baca Juga: Kredit HP Online Tanpa Kartu Kredit? Coba Gunakan 4 Aplikasi Kredit HP Berikut Ini!

Spesifikasi Realme C11

Tabel Spesifikasi Realme C11
Tipe Smartphone
Bentuk Bar
OS Android
Versi OS Android 10, realme UI 1.0
SIM Nano SIM/Dual SIM/Dual Standby
CPU MediaTek Helio G35 Octa-core Cortex-A53
Kecepatan CPU 1.3 GHz
Storage 32GB
RAM 2GB/3GB
External Storage microSDXC (dedicated slot)
Baterai 5.000 mAh
Ukuran Layar 6,5 inci
Resolusi Layar HD+ 720 x 1600 pixels
Tipe 2G/3G/4G (LTE)
2G GSM 850/900/1800/1900
3G WCDMA 1/5/8
4G (LTE) FDD-LTE/TDD-LTE
Kamera Belakang 13MP + 2MP
Kamera Depan 5 MP
Fitur dan Layanan Wi-Fi, Hotspot/Tethering, GPS, Bluetooth, Flash, Dual Cameras, 3.5mm Headphone Jack
Dimensi dan Ukuran 164.4 x 75.9 x 9.1 mm
Berat 196 g

Harga Realme C11

Sebagai ponsel entry level, harga Realme C11 masih terbilang masuk akal karena hanya berada di kisaran 1 jutaan Rupiah saja. Harga yang sebanding dengan kualitas yang ditawarkan.

Ponsel Entry Level yang Cukup Berkualitas

Secara keseluruhan perangkat ini memiliki berbagai keunggulan di kelas entry level dibanding pesaingnya. Baterai besar dan kemampuan bermain game yang mumpuni rasanya menjadi incaran banyak orang. Meski cukup disayangkan fitur pemindai sidik jari tidak dipasang pada seri ini.

Dengan spesifikasi tersebut, para penggemar game layak untuk membawa pulang perangkat ini. Selain itu, para pelajar juga bisa menjadikan Realme C11 sebagai pilihan untuk menemani aktivitas belajar daring.

Baca Juga: Hp Rusak Saatnya Ganti Baru, Ini 8 Tips Beli Smartphone Online