Sempat Rehat dari Panggung Hiburan, Begini Sekelumit Perjalanan Karir Kang Daniel Wanna One

Kang Daniel alias Kang Eui Geon dikenal sebagai penyanyi muda dari Korea Selatan. Namanya makin mencuat setelah tampil dalam Produce 101 di Season 2 tahun 2017. Berhasil menang dan menjadi trainee, ia pun didaulat sebagai center dari Wanna One.

Wanna One sendiri merupakan Idol terkenal dari acara beken tersebut. Meski begitu, Kang Daniel Wanna One yang tampan dan kian populer ini juga telah menjadi penyanyi solo. Tak hanya bertekun di industri entertainment, ia bahkan membentuk Konnect Entertainment, yakni perusahaan miliknya sendiri.

Meski sudah sangat sukses, namun tak disangka ia pernah mengalami depresi parah dan sejumlah kendala lainnya dalam usaha mengejar impiannya. Simak kisah perjalanannya berikut ini.

Pernah Berganti Nama

View this post on Instagram

A post shared by Daniel Kang (@daniel.k.here) on

Berasal dari Busan, Kang Daniel terlahir dengan nama Kang Eui Geon. Namun pria yang lahir pada 10 Desember di tahun 1996 ini lantas mengganti namanya. 

Menurut pria penyuka kucing ini, nama aslinya sulit dilafalkan. Sehingga ia dan keluarga pun lantas memutuskan untuk mengganti nama Kang Eui Geon menjadi Kang Daniel. Adapun nama Daniel diambilnya dari kitab suci. 

Sekarang, Kang Daniel tak hanya merupakan nama panggungnya saja. Nama ini juga resmi menjadi nama aslinya. Karena nama yang berunsur Barat ini, ia kerap disangka sebagai warga negara asing alih-alih Korea Selatan.

Anak Broken Home

View this post on Instagram

A post shared by Daniel Kang (@daniel.k.here) on

Meski kerap dikira datang dari keluarga berada, namun nyatanya tidak demikian. Malahan, ia merupakan anak dari keluarga broken home. Karena perceraian orang tua, Daniel pun harus rela dibesarkan oleh ibunya yang menjadi single parent.

Terlepas dari masa kecilnya yang tak ideal, Kang Daniel sudah bercita-cita untuk menjadi idol sejak usia remaja. Sebagai remaja berprestasi, Daniel berhasil masuk ke sekolah seni. Menaruh minat besar pada dance, ia pun kerap mengasah keterampilannya tersebut.

Baca Juga: Sukses Jadi Idol dan Fashion Icon Begini Perjalanan Karir Si Tampan Sehun EXO

Pernah Putus Sekolah

View this post on Instagram

A post shared by Daniel Kang (@daniel.k.here) on

Kesulitan ekonomi yang melanda, membuatnya pernah putus sekolah. Biaya pendidikan SMA waktu itu sangat mahal. Sementara Kang Daniel tak tega dan iba jika ibunya kerja lebih keras mencari nafkah.

Biaya hidup yang besar pun seakan tak sanggup lagi dibendung oleh ibunya sendiri. Alhasil, ia pun memutuskan berhenti dulu menuntut ilmu. Momen ini konon menjadi salah satu titik paling rendah yang pernah dialami Kang Daniel.

Ketidakpastian Sebagai Trainee

View this post on Instagram

A post shared by Daniel Kang (@daniel.k.here) on

Putus sekolah lantas mengantarkannya menjadi penyanyi untuk suatu perusahaan agensi yang tak begitu besar. Namun ketika itu, ia yang kerap berlatih di ruang basement tersebut tak pernah mengenyam training menari.

Tak seindah yang ia bayangkan, kehidupannya sebagai trainee selama dua tahun dari perusahaan agensi kecil itu hanya dapat menyewa ruangan kecil dan pengap di basement. Titik cerah mulai tampak sewaktu akhirnya MMO Entertainment mengambil alih agensi kecil itu.

Potensi kesuksesannya mulai terlihat, setelah menjadi salah satu dancer latar untuk penyanyi kawakan Cao Lu Fiestar dan Sihyun Spica. 

Pernah Menjadi Korban Bully

View this post on Instagram

A post shared by Daniel Kang (@daniel.k.here) on

Lagi-lagi ketidakpastian membayangi masa depan Kang Daniel. Sempat patah semangat, kemudian ia disodori tawaran menarik untuk mengikuti kontes Produce 101 musim kedua.

Merasa di ujung tanduk, Kang Daniel memutuskan keikutsertaan di acara itu ialah usaha akhir untuk mencapai cita-citanya menjadi penyanyi. Usaha terakhirnya tersebut telah berbuah manis.

Kang Daniel memang pernah menjadi korban bully di acara Produce 101. Namun semua itu berubah lantaran dukungan netizen yang menyebut wajah Daniel adorable. Ia juga jago rap dan menguasai dance dengan sangat baik sehingga tak heran jika ia dan 10 orang peserta lainnya berhasil menjadi Wanna One.

Meroket Bersama Wanna One

View this post on Instagram

A post shared by Daniel Kang (@daniel.k.here) on

Sejak debutnya bersama Wanna One di bulan Agustus 2017 lalu, Kang Daniel telah menjelma menjadi idol Negeri Ginseng yang digilai para penggemar dari seluruh dunia. Kian tersohor, nama Kang Daniel sering masuk tiga besar sebagai idol terpopuler di Korea.

Menjadi primadona bagi banyak orang, Kang Daniel kerap tampil di sejumlah program acara TV. Wajahnya semakin sering terlihat di berbagai sampul majalah. Daniel juga menjadi semakin sering muncul di layar kaca.

Kesuksesan Kang Daniel juga membawa pengaruh positif pada kondisi finansial keluarganya. Tak hanya meminta agar ibunya berhenti bekerja, ia juga melakukan lebih dengan menghadiahkan ibundanya tercinta sebuah rumah di Busan.

Baca Juga: Jadi Member BTS Paling Tajir, Tak Banyak yang Tahu JHope Memulai Karir dari Musik Underground

Jadi Pimpinan Konnect Entertainment dan Rilis Album Solo

View this post on Instagram

A post shared by Daniel Kang (@daniel.k.here) on

Sempat terlibat konflik dengan LM Entertainment membuat Kang Daniel membangun perusahaan agensinya sendiri. Agensi tersebut diberi nama Konnect Entertainment dan Daniel sendiri yang menjadi CEO dari perusahaan tersebut.

Berkat bantuan berbagai pihak, Kang Daniel melakukan debut sebagai solois di bawah naungan Konnect Entertainment. Para penggemar menyambut dengan antusias karya solo sang idola. 

Di bulan Juli tahun lalu, lagu What Are You Up To dirilis sebagai single dari albumnya yang bertajuk Color On Me. Menjadi hits, album solo Daniel berhasil terjual hingga tembus di angka 342.218 kopi hanya dalam kurun waktu 24 jam sejak rilis.

Alami Depresi Parah

View this post on Instagram

A post shared by Daniel Kang (@daniel.k.here) on

Berhasil meraup sukses besar bukan berarti perjalanan karir Kang Daniel mulus tanpa aral melintang. Pasalnya, setelah peluncuran album solonya, sang bintang pernah mengalami depresi parah.

Kesehatannya sempat memburuk sehingga segala acara berkenaan promosi album solonya jadi terganggu. Ketika itu, sistem imun tubuh Kang Daniel menurun disertai tingginya kecemasan berlebih yang ia alami.

Tak pelak, pria yang namanya masuk dalam daftar Selebritas Paling Berpengaruh tahun 2018 versi Forbes tersebut harus menjalani sejumlah perawatan serta terapi Psikologi.

Memilih Rehat, Utamakan Kesehatan

Sebagai selebritas yang jadi sorotan publik, Kang Daniel pernah mengakui dirinya sudah merasa tertekan sejak masih bersama grup Wanna One. Pasalnya, ia harus mengalami banyak cacian dan hinaan dari para haters.

Kendati sudah berjuang keras dengan segala usaha, ia masih juga berada di posisi yang tidak dihargai dan punya pembenci. Kini ia memilih untuk istirahat sejenak dari dunia hiburan yang seringnya penuh toxic. 

Rehat sementara dinilai merupakan langkah terbaik bagi Kang Daniel dalam rangka mempercepat pemulihan jiwanya. Kang Daniel Wanna One sendiri disebut dapat menghasilkan pundi uang hingga 1 miliar KRW untuk satu kontrak setahun.

Angka tersebut menjadikannya sebagai artis populer yang nilainya dipandang tinggi di industri advertising Korea Selatan. Meski begitu, kekasih dari Jihyo Twice ini memilih untuk lebih mengutamakan kesehatan mental dan emosionalnya dulu alih-alih terus mengejar hal dunia.

Hindari Lingkungan Toxic

Bagaimanapun, kesehatan jasmani dan rohani merupakan anugerah kehidupan. Sehat adalah modal bagi manusia untuk berikhtiar dan usaha. Seperti Kang Daniel yang saat ini sudah resmi comeback, tetap ingat untuk senantiasa memprioritaskan kesehatan Anda.

Demi kesehatan, hindarilah para toxic dan haters yang dapat menjadi ancaman. Terima kritik yang berkualitas dan membangun tapi jangan biarkan perkataan mereka membuat Anda mempertanyakan apakah diri ini berharga atau tidak.

Ingat, Anda tak perlu harus diterima dan menyenangkan hati semua orang. Selama tidak merugikan orang lain, lanjutkan saja upaya Anda dalam mencapai kesuksesan. Jadi kuatkan mental dan tetap semangat, guys! 

Baca Juga: Lika-Liku Karir Si Tampan Kim Yo Han: Dari Atlet Taekwondo Hingga Main Serial Drama