Senang Public Speaking? Ini Pilihan Profesi yang Cocok Untukmu

Menikmati pekerjaan dengan nyaman merupakan salah satu cara termudah dan menyenangkan dalam berkarir. Kondisi seperti ini akan memungkinkan kamu lebih siap untuk menghadapi semua tantangan, bahkan yang terbilang sulit sekalipun. 

Pada dasarnya ada banyak hal yang bisa membuat kamu nyaman dengan pekerjaanmu, salah satunya minat yang sesuai dan memang bisa kamu olah dengan baik sejak awal. Ini berlaku untuk semua bidang, termasuk untuk kamu yang senang public speaking juga.

Jika kamu termasuk orang yang gemar public speaking, maka kamu tentu sudah terbiasa berkomunikasi dengan banyak orang. Kemampuan seperti ini tidak dimiliki oleh semua orang, beberapa orang bahkan kerap mengalami kesulitan untuk berbicara di depan umum. 

Jangan sia-siakan minat mu yang satu ini, apalagi jika kamu ingin menjadikannya sebagai profesi. Ada banyak pilihan profesi untuk kamu yang senang public speaking, beberapa di antaranya bahkan cukup menantang. Jika berkarir dengan serius, kamu bahkan bisa saja menekuni lebih dari satu profesi di bidang tersebut. 

Simak beberapa profesi berikut ini yang bisa dijadikan pertimbangan untuk kamu yang senang public speaking: 

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Trainer

trainer

Trainer menjadi profesi pertama yang bisa kamu jadikan sebagai pilihan. Trainer akan memberikan pelatihan dalam bidang tertentu kepada sejumlah orang yang menjadi peserta training itu sendiri. 

Aktifitas seperti ini biasanya banyak dilakukan oleh perusahaan atau bahkan oleh komunitas tertentu. Tujuan training tentu sangat jelas, yakni untuk menguasai bidang atau hal tertentu yang pada umumnya bisa meningkatkan skill. 

Selain menguasai ilmu yang akan disampaikan, kemampuan public speaking akan sangat dibutuhkan dalam profesi yang satu ini. Kamu harus bisa berkomunikasi dengan baik, menguasai topik yang disampaikan, termasuk membuat seluruh peserta nyaman dan bisa menerima materi dengan maksimal dan tepat sasaran.

Baca Juga: Hal Penting yang Perlu Diketahui Jika Ingin Jadi CEO di Usia Muda

2. Pembawa acara

pembawa acara

Profesi yang satu ini juga sering disebut MC (Master of Ceremony). Pembawa acara bisa bekerja di berbagai bidang, mulai dari media hingga berbagai event lainnya. Kemampuan public speaking juga sangat dibutuhkan dalam profesi yang satu ini, apalagi jika acara yang dibawakan dihadiri oleh banyak orang. 

Pada umumnya pembawa acara harus menguasai berbagai topik yang berbeda, sebab pekerjaan ini bisa saja membawa kamu menangani berbagai acara yang berbeda juga. Kamu harus membiasakan diri membuat banyak orang nyaman dan bisa mengikuti acara dengan menyenangkan, bahkan sejak dari awal hingga selesai. 

3. Reporter

reporter

Reporter juga menjadi salah satu profesi yang membutuhkan kemampuan public speaking yang baik. Seorang reporter kerap harus meliput berbagai kejadian, bahkan yang di luar perkiraan sekalipun. Pekerjaan ini akan membawa kamu bertemu dengan banyak orang dan banyak lingkungan yang berbeda. 

Bukan hanya itu saja, kamu juga harus mampu membangun komunikasi dan mengajak nara sumber untuk berbincang. Selain kemampuan public speaking, kamu juga harus memiliki kemampuan lainnya, seperti: membuat pertanyaan, mengklarifikasi, termasuk melaporkan hasil reportase kepada atasan.

4. Interpreter

penerjemah

Profesi yang satu ini akan cocok untuk kamu yang menguasai bahasa asing dengan sangat baik. Berbeda dengan translator, seorang interpreter biasanya akan menangani langsung penerjemahan bahasa di dalam acara tertentu, seperti seminar atau bahkan pertemuan lainnya. 

Hal ini tentu tidak mudah, terutama jika yang ditangani adalah acara formal dan cukup penting. Selain kemampuan bahasa yang baik, kemampuan public speaking akan sangat dibutuhkan oleh interpreter. Profesi ini akan membawamu bertemu dengan banyak orang dan acara yang berbeda, sehingga kamu membutuhkan rasa percaya diri dan kemampuan komunikasi yang baik.

Baca Juga: 10 Bahasa Tubuh yang Mesti Diperhatikan Saat Wawancara Kerja

5. Moderator

moderator

Moderator menjadi profesi lainnya yang membutuhkan keahlian public speaking. Saat menjadi moderator, kamu harus bisa menjadi penengah bagi para peserta diskusi dan pembicara yang hadir di sana. 

Selain itu, moderator juga akan menjadi pemandu keseluruhan acara tersebut. Untuk menangani acara yang seperti ini tentu akan dibutuhkan kemampuan public speaking yang baik, apalagi jika acara yang dipandu terbilang besar dan memiliki jumlah peserta yang banyak.

6. Announcer

announcer

Announcer merupakan profesi terakhir yang dapat kamu jadikan sebagai pertimbangan. Profesi ini bukan hanya penyiar radio saja, namun juga petugas yang menyampaikan berbagai pemberitahuan di sebuah acara atau bahkan pusat perbelanjaan. 

Untuk menjadi announcer, kamu akan membutuhkan kemampuan public speaking yang baik, agar orang-orang bisa menerima informasi yang kamu sampaikan dengan lebih jelas dan nyaman.

Pilih Profesi yang Tepat dan Bisa Menjadi Karir Terbaik

Kemampuan public speaking yang baik bisa membawamu mendapatkan banyak peluang kerja. Pada dasarnya, ada banyak profesi menarik yang berkaitan dan membutuhkan keahlian di bidang yang satu ini. Pilih profesi yang paling tepat dan bisa menjadi karir terbaik untukmu, agar kamu bisa memiliki masa depan yang cerah dan menyenangkan.

Baca Juga: Pertanyaan Jebakan HRD Saaat Wawancara Kerja dan Tips Menjawabnya