Sering Ngantuk Saat Sibuk Bekerja? Simak Tips Ampuh Mengatasinya

Mengantuk saat bekerja pasti banyak yang pernah mengalaminya. Saat sedang sibuk-sibuknya mengejar deadline, malah rasa kantuk menyerang. Sebetulnya, hal ini merupakan tanda dari tubuh bahwa ia butuh istirahat.

Sayangnya, karena banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan, kadang waktu istirahat jadi terganggu. Sehingga kerap membuat pekerjaan menjadi kacau balau karena saat bekerja malah ngantuk dan ingin tidur.

Padahal, saat tubuh yang lesu dan tidak segar, secara otomatis akan membuat produktivitas menurun. Jika dibiarkan, justru akan membuat pekerjaan jadi terbengkalai.

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

Tips meredakan ngantuk saat bekerja

Mengantuk menjadi tanda bahwa tubuh perlu tidur untuk memulihkan kembali kondisinya. Tapi bagaimana jadinya kalau rasa kantuk sering datang di saat jam kerja? Jika ketahuan tidur saat jam kerja pastinya bakal ada surat teguran melayang.

Sebetulnya ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk mengusir dan mencegah rasa kantuk agar kinerja saat bekerja tetap dalam kondisi yang prima. Simak beberapa langkah berikut selengkapnya,

1. Jangan anggap sepele menu sarapan pagi

loader

Mengantuk yang dialami saat bekerja bisa saja bermuka dari kesalahan memilih menu sarapan pagi di hari. Perhatikan, asupan nutrisi yang dipilih. Terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat di pagi hari justru bisa menjadi bumerang untuk cadangan energi harian. 

Terlebih jika karbohidrat yang dipilih merupakan jenis karbohidrat sederhana seperti nasi uduk, bubur ayam, dan ketoprak. Ketiga menu sarapan tersebut memang menjadi menu andalan untuk sarapan pagi bagi sebagian masyarakat Indonesia. 

Akan tetapi, dominasi karbohidrat sederhana dalam menu makanan tersebut kurang bagus untuk kesehatan. Karena mereka bisa mendongkrak energi dengan cepat, namun sayangnya cuma bisa berlangsung sesaat saja. Setelah itu, energi yang dimiliki tubuh akan menurun langsung secara drastis dan menyisakan rasa lemas dan ngantuk. 

Supaya hal ini tak terjadi lagi, pastikan untuk mengubah menu makan di pagi hari. Pilihan jenis karbohidrat kompleks yang bervariasi, lalu imbangi dengan protein dan serat. Oatmeal, nasi merah atau roti gandum bisa dijadikan pilihan supaya tubuh bebas dari rasa lemas dan kantuk sekaligus tetap segar saat menjalani berbagai aktivitas.

Baca Juga: Awas, Ini Akibatnya kalau Anda Kerja Keras bagai Kuda

2. Pastikan ruangan mendapatkan sirkulasi udara dan cahaya yang cukup

loader

Sirkulasi udara dan pencahayaan dalam ruangan pun harus diperhatikan jika kerap terserang rasa kantuk ketika sedang bekerja. Apakah cahaya di ruangan kerja sudah cukup terang? Bagaimana soal sirkulasi udaranya, apakah sudah cukup memadai?

Jika memungkinkan, cobalah untuk bekerja di luar ruang kerja sekali waktu. Supaya bisa merasakan suntikan udara yang lebih segar setelah bekerja seharian di dalam ruang kerja. 

Udara segar dari luar ruangan pasti kaya akan kandungan oksigen, dan hal ini tentu sangat dibutuhkan otak dan juga tubuh. Supaya bisa tetap segar dan pastinya bebas rasa kantuk saat bekerja.

3. Selalu bergerak dengan aktif

loader

Banyak duduk diam dan kurang bergerak seharian bisa menjadi kesalahan yang dapat membuahkan rasa kantuk ketika sedang bekerja. Meskipun pekerjaan memang mengharuskan untuk tetap berada di depan komputer, tapi jangan malas untuk tetap bergerak aktif.  

Misalnya, jika ruangan kerja ada di lantai atas, dibanding menggunakan elevator, sebaiknya pilih untuk menggunakan tangga untuk kembali ke ruangan kerja. Bisa juga, saat waktu makan siang, alih-alih menggunakan jasa delivery order sebaiknya beli sendiri dan berjalan kaki ke restoran atau warung makan dekat kantor.

Jika ada hal penting yang harus didiskusikan dengan rekan kerja, coba hampiri mereka daripada berdiskusi lewat messenger. Setelah duduk dibalik meja selama hampir 2 jam, coba usahakan untuk melakukan stretching atau berjalan-jalan di sekitar ruang kerja minimal selama 10 menit. Tetap bergerak dengan aktif akan membantu tubuh tetap segar, dan jauh dari rasa ngantuk.

Baca Juga: 7 Tips Menciptakan Lingkungan Kerja Positif dan Produktif

4. Penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum yang cukup

loader

Memangnya ada hubungannya? Ternyata kecukupan cairan dalam tubuh sangat berhubungan rasa kantung yang kerap menyerang saat bekerja. Untuk bisa bekerja secara optimal, tubuh membutuhkan suplai darah dengan lancar.

Asupan air minum dengan jumlah yang cukup menjadi salah satu kunci untuk menjaga peredaran darah tetap lancar. Rata-rata dalam satu harinya tubuh orang dewasa memerlukan asupan air minimal 2 liter. Jumlah tersebut akan meningkat jika aktivitas yang dilakukan banyak menguras tenaga dan keringat, terlebih lagi aktivitas tersebut dilakukan di outdoor.

Jika kebutuhan ini tak tercukupi, maka akan menghambat aliran darah menuju organ penting lainnya. Misalnya saja, anggota gerak hingga bagian otak juga turut terhambat. Akibatnya, rasa kantuk, lemas, dan kurang fokus saat mengerjakan tugas harian.

Temukan dan Atasi Penyebabnya agar Rasa Kantuk Tak Lagi Menyerang

Itulah tadi beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa kantuk yang menyerang saat sedang sibuk di bekerja. Menemukan penyebab rasa  kantuk yang dialami lalu mengatasinya bisa jadi kunci agar kesegaran dan kinerja lebih optimal.  Jangan sampai rasa kantuk saat bekerja terus menyerang dan menurunkan kualitas kerja. Semoga bermanfaat, ya!

Baca Juga: Ternyata Terlalu Sering Dipuji Bisa Berdampak Buruk, Ini Alasannya