Simak Tips Jitu Mendapatkan Tiket Pesawat Murah Seminggu Sebelum Lebaran

Ramadan hampir usai dan pastinya kamu sudah disibukkan dengan perencanaan mudik yang akan dilakukan. Keadaan ini memang tidak mengherankan karena momentum mudik ini hampir dilakukan oleh semua masyarakat Indonesia. Hal ini dapat menjadi masalah jika tidak melakukan persiapan sedini mungkin. Banyaknya orang yang mudik pasti akan meningkatkan permintaan tiket transportasi baik darat, laut atau udara.

Kamu tentu telah belajar dari pengalaman. Bagaimana cara mengatasi momen mudik yang selalu terjadi setiap setahun sekali ini. Semua orang akan berburu tiket murah untuk mereka gunakan mudik. Biasanya, ini bisa dilakukan jauh-jauh hari sebelumnya.

Namun, bagaimana jika mengalami masa sulit, ketika semua tiket periode lama telah ludes terjual. Otomatis hanya akan tersisa tiket yang mendekati hari H lebaran serta secara wajar akan mendapatkan harga yang sudah melambung tinggi.

Dalam hal ini, kamu perlu mengambil keputusan transportasi apa yang akan dipilih. Setiap alat transportasi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika memprioritaskan kenyamanan dan cocok untuk yang masih sendiri, bisa memilih pesawat sebagai salah satu tranportasi untuk digunakan.

Ketika memutuskan memilih pesawat, maka ada beberapa hal harus dipelajari guna membantumu mendapatkan tiket yang terjangkau meski sudah mendekati hari H.

Baca juga: Rekreasi Hemat Pengganti Mudik Lebaran

Bingung cari asuransi perjalanan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Beli Asuransi Perjalanan Terbaik Sekarang!  

Tips Mendapatkan Tiket Murah Seminggu Sebelum Lebaran

loader

Tiket Pesawat Murah H-7 Lebaran

  1. Gunakan Situs Informasi Gabungan Maskapai

    Hal ini bisa dilakukan pada saat memilih tiket pesawat. Akan merepotkan jika mengecek setiap web penyedia pesawat untuk melihat harga setiap maskapai lalu membandingkannya. Itu akan memakan waktu yang lama dan merepotkan pastinya.

    Nah, kamu akan sangat terbantu dengan adanya beberapa aplikasi web agregator termasuk pada jasa akomodasi. Kamu bisa menggunakan traveloka, tiket.com, atau yang lainnya. Dengan adanya aplikasi-aplikasi tersebut, kamu tidak perlu lagi mengecek satu-persatu situs maskapai penerbangan.

    Jangan lupa untuk melihat beberapa aplikasi agregator yang juga menyediakan voucher atau promo, point, dan sebagainya. Itu bisa mengurangi harga tiket yang mahal sehingga kamu mengetahui harga tiket pesawat di beberapa aplikasi agregator lebih murah dibandingkan harga di web maskapai penerbangan.

  2. Maksimalkan Bandara Transit

    Keberadaan aplikasi agregator selain dapat membantu kamu membandingkan harga tiket pesawat, juga dapat digunakan untuk melihat setiap layanan yang tersedia dari setiap maskapai, mulai dari bagasi hingga perjalanan. Kamu bisa menganalisa bahwa harga tiket langsung dan transit biasanya berbeda.

    Di saat semua melakukan perjalanan langsung untuk mudik, kamu bisa memilih perjalanan pesawat tidak langsung atau transit. Kamu bisa memanfataakn keberadaan bandara internasional sebagai tempat transit.

    Tidak perlu ragu karena banyak para traveler yang melakukan hal itu. Selain bisa menikmati harga tiket yang murah, kamu bisa menikmati fasilitas sembari istirahat sejenak sebelum menuju kampung halaman. Hal yang benar-benar perlu dilakukan adalah mengamati setiap detail rute perjalanan pesawat dan tempat transitnya.

  3. Pilih Maskapai yang Sesuai Budget

    Maskapai penerbangan memliki banyak variasi mulai dari low cost carier sampai full service. Setiap tipenya juga memiliki cara pemasaran tiket yang berbeda. Maskapai seperti Lion Air, Air Asia, Batik Air biasanya melakukan perubahan harga secara cepat, bisa dalam hitungan hari dan jam. Bagi maskapai full service juga melakukan perubahan harga, tetapi dalam jangka waktu bulanan.

    Namun apabila membeli tiket pesawat dalam jangka hari atau hitungan sepekan sebelum keberangkatan, kamu akan mendapatkan harga yang mahal. Untuk itu, kamu bisa memilih maskapai sesuai dengan dana mudik.

  4. Perhatikan Waktu Memesan

    Kamu harus percaya bahwa tidak ada hari buruk, semua hari adalah baik. Akan tetapi, dalam hal pemesanan tiket pesawat, kamu perlu membuat strategi hari yang baik untuk memesan tiket. Ini bukan berarti ada hari yang tidak baik.

    Jika memesan tiket pesawat di hari libur atau weekend, dapat dipastikan kamu akan melihat harga tiket yang mahal. Sebab, terdapat banyaknya orang yang menggunakan pesawat di hari libur untuk liburan.

    Begitupun dengan hari Senin, karena akan banyak orang yang menggunakan hari pertama itu untuk perjalanan dinas atau bisnis. Kamu harus benar-benar mengamati perubahan harga tiket secara berkala. Selain itu, hal bijak yang bisa dilakukan adalah membeli tiket berdasarkan waktu penerbangan.

    Tentu, kamu telah mengetahui waktu luang yang pas untuk mendapatkan tiket murah, yaitu waktu ketika jarang orang melakukan aktivitasnya. Hindari jam sibuk seperti pagi dan sore lalu hari Senin dan weekend. Hari Selasa dan Rabu adalah hari yang memiliki rate rendah. Jadi, kamu bisa memilih tiket di hari tersebut.

  5. Pesan Tiket Secara Bersamaan

    Perjalanan akan terasa sepi tanpa adanya teman. Tentunya, kamu juga akan lebih bahagia jika melakukan perjalanan bersama orang lain. Namun, perlu diketahui membeli tiket pesawat online secara kelompok tidak selalu baik.

    Hal ini terjadi karena pembatasan kuota tiket promo. Biasanya, tiket promo bisa dinikmati per orang. Karena ini juga berkaitan dengan posisi duduk. Jika membeli secara berkelompok, secara tidak langsung kamu menggeser peluang kursi orang lain. Hal ini bisa saja menjadi faktor tiket menjadi mahal.

    Untuk menyiasati hal tersebut, kamu bisa membeli tiket secara bersama-sama memalui perangkat sendiri-sendiri. Dengan mendaftar dalam waktu yang sama ini, akan memperbesar kemungkinan kamu duduk bersebelahan dengan teman.

  6. Gunakan Jasa Online Travel Agency yang tepat

    Jika dalam keadaan masih sibuk dengan berbagai kesibukan, salah satu hal yang mudah dilakukan adalah memilih menggunakan online travel agency untuk mengakomodir persiapan mudik. Namun, hal yang perlu diingat adalah untuk memilih online travel agency yang tepat.

    Jasa online travel agency memang memiliki cara tersendiri untuk mendapatkan tiket dengan harga lebih murah. Namun, hal ini akan menjadi masalah ketika memilih online travel agency yang salah. Kamu perlu berhati-hati dalam memilih online travel agency.

Baca juga: Siapkan Sejak Dini, Ini Deretan Biaya Mudik dan Tips Mengumpulkannya secara Efektif

Perlunya Strategi Agar Perjalanan Nyaman

Mudik memang hal yang selalu terjadi setiap tahun. Selain memerlukan persiapan sedini mungkin, kamu juga memerlukan strategi agar perjalanan nyaman, baik bagi diri sendiri dan kantongmu. Ulasan di atas semoga bisa membantumu untuk mendapatkan tiket pesawat yang murah di waktu-waktu mendekati hari H.

Baca juga: Anti Ribet, 10 Aplikasi Rental Mobil Ini Bisa Jadi Solusi Buat Kamu yang akan Mudik