8 Alasan Kenapa Solo Trip Jadi Pengalaman yang Wajib Dicoba

Solo trip atau juga disebut solo traveling adalah istilah yang dipakai saat seseorang liburan sendiri, tanpa teman ataupun keluarga. Beberapa tahun terakhir istilah solo trip sangat populer di kalangan masyarakat, terutama mereka yang menyukai tantangan.

Bukan hanya pria saja, solo trip bahkan juga sering dilakukan oleh wanita. Liburan dengan teman dan keluarga memang menyenangkan, tapi liburan sendiri memberikan pengalaman yang berbeda. Kamu tidak akan bisa mendapatkan pengalaman tersebut ketika liburan bersama orang lain.

Oleh sebab itu, buat yang suka traveling wajib mencoba solo trip. Jika belum berani solo trip jauh, bisa mulai mencobanya dengan bepergian solo di dalam kota domisili atau ke kota tetangga yang masih berdekatan.

Bingung cari asuransi perjalanan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Beli Asuransi Perjalanan Terbaik Sekarang!  

Alasan Mengapa Solo Trip Wajib Dicoba, Setidaknya Sekali Seumur Hidup 

loader

Ada berbagai alasan yang membuatmu wajib mencoba solo trip. Penasaran apa saja? Berikut penjelasan:

1. Me Time

Me time secara bahasa bisa diartikan dengan waktu untuk diri sendiri. Istilah ini merujuk pada seseorang yang menghabiskan waktu sendiri untuk hal-hal yang disukai. Solo trip juga termasuk salah satu jenis me time yang menarik untuk lakukan.

Kamu bisa bepergian ke mana pun sendirian dan melakukan hal apapun yang disukai. Melalui me time, seseorang bisa menemukan jiwanya menjadi lebih bebas, dan merasa nyaman. Bahkan bisa sedikit lebih lega setelah setiap hari lelah beraktivitas dan berjumpa banyak orang.

2. Belajar Menentukan Keputusan Tanpa Harus Berdiskusi

Liburan seringkali hanya menjadi wacana saja pada beberapa orang. Salah satu alasannya karena diskusi yang tidak mendapatkan titik temu. Contohnya ketika ingin ke pantai, tapi teman yang diajak ingin pergi ke gunung.

Ketika melakukan solo trip, hal-hal yang mengganggu wacana liburan tidak akan terjadi. Pasalnya semua keputusan ada ditanganmu sendiri tanpa bisa berdiskusi dengan orang lain.

Saat itu, hanya bisa menentukan destinasi yang diinginkan, kota tujuan, lama liburan, bahkan budget liburan sendiri. Melalui hal ini, seseorang mungkin akan bisa lebih belajar mengenai berbagai dampak dari setiap keputusan kecil. Dengan begitu di masa depan bisa lebih fokus dan cepat mengambil keputusan dengan bijak.

3. Mendapatkan Teman dan Relasi Baru

Solo trip tidak berarti akan membuatmu terus sendirian dari awal sampai akhir liburan. Kamu bisa bertemu dan berinteraksi dengan orang baru. Misalnya bertemu saat di pesawat, kereta, hotel, atau bahkan tempat liburan.

Kesempatan bertemu dengan orang baru tersebut tidak boleh kamu sia-siakan. Carilah koneksi dan pelajari apapun hal baru yang bisa dipelajari. Melalui cara ini, akan sangat mungkin mendapatkan sesuatu yang tidak didapatkan sebelumnya.

Baca Juga:  Biar Gak Ribet, Begini Cara Packing Saat Solo Travelling

4. Melatih Jiwa Kemandirian

Ingin meningkatkan kemandirian? Solo trip adalah salah satu cara yang bisa dicoba. Apalagi jika kamu penggemar traveling, maka cara ini menjadi cara terbaik karena bisa sambil melepas penat setelah bekerja.

Saat solo trip, seseorang akan melakukan semua hal sendiri. Mulai dari memesan tiket transportasi, hotel, datang ke tempat wisata, dan lain sebagainya. Karena hal tersebut mau tidak mau membuat diri sendiri harus menjadi orang yang mampu melakukan semua hal secara mandiri tanpa tergantung pada orang lain.

5. Menumbuhkan Jiwa Pemberani

Selain melatih jiwa kemandirian, solo trip juga mampu menumbuhkan jiwa pemberani. Pasalnya tidak semua orang berani untuk liburan sendirian, apalagi ke luar kota. 

Selama melakukan solo trip, seseorang dituntut harus berani mengambil risiko maupun peluang yang ada selama perjalanan. Misalnya risiko naik kereta sendiri yaitu bertemu dengan orang jahat. 

Untuk meminimalisir risiko, maka persiapan dan perencanaan yang matang sangat penting dilakukan. Seperti menyimpan nomor kontak telepon keluarga, nomor darurat hingga nomor kepolisian terdekat. 

6. Lebih Praktis dan Hemat

Sudah penat dengan rutinitas sehari-hari, pastinya ingin pergi liburan ke tempat favorit. Hanya saja keinginan tersebut harus diurungkan karena budget untuk liburan yang terbatas. Nah, solo trip bis jadi jawabannya. 

Ketika solo trip, biaya yang dibutuhkan bisa lebih terjangkau. Pasalnya, kamu hanya perlu mengurusi kebutuhanmu sendiri tanpa memperdulikan orang lain. 

Misalnya ingin ke luar kota, cukup pesan tiket untuk dirimu sendiri. Begitu pula soal makanan, juga hanya perlu membeli untuk diri sendiri.

Ketika budget terbatas, maka bisa memilih transportasi umum atau makanan yang terjangkau sesuai dompet. Sert tidak perlu memikirkan orang-orang yang tidak menyukai makanan tertentu. Dengan begitu, tetap bisa liburan dengan menyenangkan tapi tetap hemat dan praktis. 

Baca Juga:  7 Bukti Keseruan Road Trip saat Travelling Ini Bikin Ketagihan

7. Sarana Belajar Mengelola Finansial

Beberapa traveller terkadang memiliki perilaku boros dan konsumtif. Jadi butuh diingatkan oleh orang lain agar tidak berperilaku impulsif atau membeli sesuatu yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Jika kamu adalah tipe orang yang demikian, maka solo trip bisa membantu belajar mengelola finansial. 

Agar tidak boros, maka harus merencanakan keuangan dari awal. Karena tidak ada teman atau keluarga yang membantu saat membutuhkan, maka akan membuat diri sendiri lebih mematuhi perencanaan keuangan tersebut.

8. Menghargai Berbagai Macam Perbedaan

Alasan mengapa harus mencoba solo trip setidaknya sekali seumur hidup adalah kamu akan lebih menghargai perbedaan yang ada. Ketika solo trip, seseorang mungkin akan bertemu orang dengan berbagai budaya dan adat yang berbeda.

Melalui orang baru tersebut, ini akan membantumu belajar, mengenali, dan beradaptasi dengan kebudayaan mereka. Lambat laun akan membuatmu menjadi bisa lebih menghargai perbedaan dan mudah beradaptasi dengan lingkungan baru.

Jangan Lupa Nikmati Solo Trip, Setidaknya Sekali Seumur Hidup

Itulah alasan kenapa kamu harus mencoba solo trip paling tidak sekali dalam hidup. Meskipun demikian, kamu tetap harus memiliki perencanaan yang baik ketika memutuskan untuk bepergian seorang diri salah satunya dengan memiliki asuransi perjalanan sebelum solo trip dimulai. Sehingga meskipun sendirian, kamu tetap bisa mengatasi semua hal yang mungkin saja tidak terduga selama di perjalanan. Selamat mencoba!

Baca Juga: Berbagai Hal Terkait Keuangan yang Wajib Disiapkan sebelum Traveling