Segera Hadir dengan Imbal Hasil Menarik, Yuk Kenalan dengan Sukuk Ritel Seri SR020!

Di tahun 2024 ini, Pemerintah Indonesia berencana untuk merilis 8 produk sukuk ritel dengan seri yang berbeda. Setelah kesuksesan penjualan sukuk ritel seri ORI025 yang mencapai angka 23,98 triliun rupiah, tak lama lagi akan hadir seri SR020 untuk diborong investor ritel di dalam negeri. 

Sesuai namanya, SR020 adalah produk sukuk atau Surat Berharga Negara ritel berbasis syariah yang akan dirilis dengan masa penawaran 1 Maret sampai 27 Maret 2024. Selayaknya beberapa seri sukuk ritel sebelumnya, SR020 juga memiliki karakteristik dan ketentuan yang perlu disesuaikan dengan kebutuhan serta tujuan investasi investor. 

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut tentang sukuk ritel keluaran terbaru ini, simak penjelasan lengkap seputar detail SR020, keuntungan, hingga alasan membelinya bagi investor berikut ini. 

Lebih Dekat dengan Sukuk Ritel Seri SR020

Di sepanjang tahun 2024, Pemerintah Indonesia berencana merilis 8 seri sukuk ritel baru secara bertahap. Setelah sukses pada penawaran Surat Berharga Negara (SBN) ritel pertama di tahun 2024 yaitu ORI025, pada bulan Ramadan nanti pemerintah menawarkan sukuk ritel baru dengan seri SR020, seri SBSN atau Surat Berharga Syariah Negara ritel pertama yang akan dikeluarkan tahun ini. SR020 memiliki masa penawaran dari tanggal 1 Maret sampai 27 Maret 2024. 

Selayaknya sukuk ritel di seri lainnya, produk ini adalah SBN yang pengelolaannya menganut prinsip syariah. Di samping itu, produk ini juga telah diawasi oleh DSN-MUI atau Dewan Syariah Nasional – Majelis Ulama Indonesia untuk menjamin kesesuaiannya dengan aturan syariah. 

Bagi yang belum tahu, sukuk ritel dengan seri ini akan dirilis dengan 2 tipe, yang pertama adalah SR020T3 yang memiliki masa tenor selama 3 tahun, dan yang kedua adalah SR020T5 yang memiliki masa tenor 5 tahun.

Detail Sukuk Ritel Seri SR020

Untuk memahami tentang karakteristik dari sukuk ritel seri SR020, kamu bisa mencermati detail produknya berikut ini.

loader

Keuntungan Kupon Bunga Tetap pada SR020

Dengan karakteristiknya tersebut, SR020 memiliki banyak keuntungan yang menarik bagi investor. Salah satunya adalah sistem imbal hasil berupa fixed rate atau bunga tetap. Dengan sistem tersebut, imbal hasil dari produk ini yang diterima investor akan tetap stabil sampai 3 tahun atau 5 tahun menjelang jatuh tempo. 

Tak kalah menariknya, dengan tingkat kupon sebesar 6.3% untuk yang tenor 3 tahun, dan 6.4% untuk yang tenor 5 tahun, imbal hasil yang diberikan oleh produk ini terbilang sangat tinggi. Bahkan, tingkat imbal hasil tersebut merupakan yang tertinggi selama 3 tahun terakhir di antara produk sukuk ritel lainnya.

Kalaupun suku bunga acuan menurun, sistem fixed rate tidak akan memengaruhi potensi imbal hasil dari investasi di SR020. Di samping itu, pembagian kupon bunga yang dilakukan secara rutin setiap tanggal 10 juga menjadikan produk ini alternatif menarik mendapatkan pendapatan pasif yang pasti. 

Oleh karena itu, jika kamu mencari instrumen investasi dengan imbal hasil yang pasti, minim risiko, harga terjangkau, serta aman karena dijamin negara, SR020 bisa menjadi pilihan sempurna buatmu.

Alasan Kenapa SR020 Cocok Jadi Pilihan Investasi Tahun 2024

Selain keuntungannya di atas, masih ada banyak alasan kenapa SR020 cocok jadi pilihan investasimu di tahun 2024, antara lain:

  1. Aman dan Dijamin Negara

    Sebagai Surat Berharga Negara, pembayaran pokok investasi serta imbal hasil pada SR020 dijamin oleh negara. Jadi, risiko kehilangan modal investasi dari produk ini bisa dibilang nyaris tidak mungkin terjadi. 

  2. Kesempatan Raih Imbal Hasil dengan Bunga Tinggi

    Berdasarkan bunga acuan dari Bank Indonesia yang saat ini berada di level 6%, imbal hasil di produk sukuk ritel ini pasti tidak jauh dari angka tersebut. Ya, kupon dari produk SR020 berada di angka 6.3% dan 6.4%. Dengan tingkat bunga yang bisa dibilang sedang berada di puncak, hal ini bisa menjadi kesempatan buatmu untuk meraih imbal hasil investasi menjanjikan dari instrumen investasi ini.

  3. Imbal Hasil Sifatnya Fixed Rate

    Dengan bunga yang relatif tinggi, sistem imbal hasil pada SR020 juga bersifat fixed rate atau tetap. Jadi, kamu bisa mendapatkan bunga kupon yang stabil selama 3 hingga 5 tahun ke depan tergantung dari jenis produk yang dipilih tanpa terpengaruh oleh perubahan bunga acuan dari Bank Indonesia.

  4. Opsi Investasi Berprinsip Syariah

    Selain itu, bagi investor muslim, instrumen investasi syariah seperti SR020 pasti digandrungi untuk mengisi portofolionya. Dengan pengelolaan berprinsip syariah, sukuk ritel ini terbebas dari unsur riba atau bunga, judi, atau ketidakjelasan yang dilarang oleh aturan agama Islam. Jadi, instrumen investasi ini cocok untukmu yang ingin berinvestasi dengan halal dan tak menyalahi prinsip syariah agama Islam.

  5. Pilihan Tenor Fleksibel

    Dirilis dengan 2 tipe, yaitu SR020T3 dan SR020T5, sukuk ritel seri ini memiliki opsi tenor yang lebih fleksibel. Tergantung kebutuhan, kamu bisa membeli produk ini untuk tenor 3 tahun atau 5 tahun. Tentunya, potensi keuntungan yang diberikan pada tipe produk tersebut berbeda dan perlu disesuaikan dengan keinginan. 

  6. Tradable atau Bisa Diperjualbelikan

    Alasan selanjutnya kenapa SR020 cocok dijadikan pilihan investasi tahun 2024 adalah produk ini dapat ditransaksikan pada pasar sekunder asal belum tiba waktu jatuh temponya. Sifat tradable ini berlaku dari tanggal 11 Juli 2024. Walaupun begitu, pahami jika penjualan produk ini mengikuti ketersediaan dari pembeli serta harga jualnya mengikuti harga pasar yang bisa berfluktuasi seiring waktu. 

  7. Pajak Imbal Hasil Surat Berharga Ritel Lebih Rendah Dari Pajak Deposito

    Saat ini pajak yang dikenakan dari imbal hasil atau kupon adalah 10%, sedangkan pajak dari bunga deposito 20%.

Jadi, Siap Menyambut SR020 dan Raih Peluang Imbal Hasilnya?

Sebagai produk sukuk ritel yang diterbitkan oleh Pemerintah Indonesia, SR020 menawarkan potensi keuntungan yang menjanjikan, dijamin negara, dan berprinsip syariah. Dengan harga yang terjangkau, produk ini cocok dijadikan pilihan untuk mengisi portofolio selama 3 atau 5 tahun mendatang dengan nilai kupon yang kompetitif. Karena waktu rilisnya sudah dekat, apakah kamu siap menyambut produk ini meraih potensi imbal hasilnya?

Beli SR020 di Sini!