Ini Manfaat dan Tips Menikmati Staycation dengan Seru

Staycation menjadi istilah yang begitu populer selama beberapa tahun belakangan ini di tanah air. Bukan hanya di kalangan anak muda saja, namun aktivitas ini juga sudah banyak diminati oleh orangtua yang seringkali ingin menikmati waktu istimewa dengan semua anggota keluarga. 

Meski pada awalnya staycation adalah istilah yang hanya populer di kalangan warga Amerika saja, namun seiring dengan berlalunya waktu, konsep liburan yang satu ini juga banyak diminati masyarakat Asia dan berbagai negara lainnya di dunia. 

Bingung cari asuransi perjalanan Covid terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Perjalanan Covid Sekarang!  

Pengertian Staycation

loader

Staycation adalah istilah yang berasal dari gabungan 2 kata, yakni stay dan juga cation. Stay memiliki arti tetap, sedangkan cation sendiri diambil dari kata vacation. Arti vacation sendiri adalah liburan. Definisi kedua kata ini seringkali diterjemahkan dengan bebas oleh kebanyakan masyarakat. 

Namun jika merujuk pada Cambridge Dictionary, maka staycation artinya liburan yang dilakukan di kawasan sekitar rumah, tanpa perlu bepergian jauh ke tempat lain. Jika merujuk hal ini, maka arti vacation dalam staycation akan menjadi lebih sederhana dan juga simpel. 

Sejumlah sumber lainnya mengartikan bahwa staycation adalah liburan yang dinikmati dengan cara tinggal ataupun menetap sementara di sebuah tempat. Staycation artinya berlibur di tempat-tempat yang berada dekat dengan rumah, di mana seseorang yang melakukannya akan menjadi turis di kotanya sendiri, tanpa perlu bepergian jauh ke kota lainnya. 

Sedangkan di tanah air, istilah staycation sangat populer, terutama di perkotaan besar seperti Jakarta, Bandung, dan yang lainnya. Untuk kebanyakan orang,  staycation artinya liburan yang dilakoni dengan cara menetap selama beberapa waktu di villa maupun hotel yang letaknya tidak terlalu jauh dari rumah (masih dalam satu kota). 

Konsep Staycation

Pada dasarnya, staycation adalah aktivitas liburan yang hanya dinikmati di lokasi yang berdekatan dengan rumah saja. Hal ini berkaitan dengan budget serta waktu liburan yang terbatas. Konsep yang seperti inilah yang membuat arti vacation yang satu ini semakin populer dan banyak diminati. 

Staycation sendiri bisa dianggap sebagai aktivitas menikmati liburan dengan tingkat polusi yang lebih rendah, hemat uang dan bahkan dengan tingkat kontribusi kecil terhadap kerusakan lingkungan yang kerap terjadi di berbagai destinasi wisata yang populer. 

Konsep liburan yang satu ini pada awalnya dikenal di Amerika serikat, tepatnya ketika terjadi krisis ekonomi pada tahun 2008 silam. Pada masa tersebut, kebanyakan rumah tangga harus menekan pengeluaran mereka, termasuk untuk kebutuhan liburan itu sendiri. 

Biaya liburan yang tinggi untuk bepergian ke luar negeri merupakan salah satu tantangan untuk menemukan aktivitas liburan seru dengan budget terbatas. Kebanyakan orang hanya menikmati liburan di kota mereka saja, di mana mereka mencoba untuk bisa menemukan berbagai hal yang menarik pada lingkungan sekitar mereka. 

Di saat bersamaan, kesadaran pada dampak buruk di sekitar kawasan wisata juga meningkat, terutama terkait dampak yang ditimbulkan transportasi yang digunakan. Dalam hal ini, staycation adalah salah satu cara untuk menghindari berbagai dampak buruk tersebut, namun tetap bisa menikmati liburan yang berkualitas. 

Dalam Staycation, arti vacation menjadi lebih simpel dan memberikan banyak dampak positif. Ini seperti sebuah solusi liburan di saat isu kerusakan lingkungan begitu sering terdengar. Liburan menjadi lebih mudah dan hemat biaya, tanpa perlu menghabiskan banyak waktu dalam perjalanan yang jauh dan seringkali melelahkan.

Baca Juga: Kelamaan di Rumah Aja? Coba Liburan Staycation di saat New Normal

Tips Staycation Sendiri 

loader

Staycation artinya berlibur di sekitar kawasan rumah, tanpa perlu bepergian jauh ke berbagai lokasi wisata populer. Kenyataan tersebut membuat aktivitas ini cocok dan cukup aman untuk dinikmati sendiri. Staycation sendiri bahkan cukup mudah dan bisa dilakukan kapan saja, tanpa perlu rencana yang rumit. 

Budget untuk liburan ini juga cukup terjangkau, tergantung pilihan hotel dan juga kamarnya. Namun jika ingin hemat, staycation sendiri sudah bisa menyenangkan dengan budget sekitar Rp 700 ribuan untuk sehari semalam (ini sudah termasuk hotel, makan dan yang lainnya). 

Berikut ini adalah beberapa tips untuk menikmati staycation sendiri dengan seru dan menyenangkan: 

  • Pilih Hotel yang Lokasinya Tidak Terlalu Jauh

Staycation adalah liburan yang dilakukan tidak jauh dari rumah dan ini cukup menyenangkan untuk dijalani sendiri. Memilih hotel yang lokasinya tidak terlalu jauh merupakan keputusan yang tepat. Selain menghemat waktu dalam perjalanan, ini juga akan menghemat biaya transport yang harus dikeluarkan untuk aktivitas yang satu ini. 

  • Pertimbangkan Fasilitas Hotel dengan Bijak 

Jangan lupa untuk memilih hotel dengan fasilitas yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Lakukan perbandingan antara satu hotel dengan yang lainnya, termasuk untuk biayanya juga. Hal ini akan memungkinkan staycation lebih nyaman dan menyenangkan, meskipun dilakukan sendiri saja. 

  • Nikmati Fasilitas Hotel dengan Maksimal

Masih berkaitan dengan poin di atas, menikmati semua fasilitas hotel dengan maksimal. Berenang di sore hari atau melakukan aktivitas di fasilitas fitnes tentu bisa menjadi pertimbangan. Hal ini juga akan sekaligus membuka peluang untuk berinteraksi dengan orang baru. 

  • Me Time di Kamar 

Selama staycation, menikmati me time yang berkualitas merupakan hal yang wajib dilakukan. Ada banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan di kamar, seperti: berendam santai di bathtub, menonton film favorit, atau bahkan sekedar membaca buku yang menarik juga akan menyenangkan.  

  • Nikmati Kuliner Lezat di Sekitar Hotel 

Untuk melengkapi momen liburan ini, jangan lupa menikmati beragam kuliner lezat yang ada di sekitar hotel. Ini bisa sekaligus menjadi momen menyenangkan untuk menikmati keindahan di lingkungan tersebut. Selain itu, menemukan suasana dan berbagai hal baru di tempat tersebut juga tentu tidak kalah seru. 

Tips Staycation Bersama Teman 

loader

Staycation bareng teman tentu tak kalah serunya, apalagi jika bepergian rame-rame. Ini bahkan bisa saja lebih hemat daripada staycation sendiri, sebab biaya dapat dibagi berdua atau dengan beberapa orang sekaligus. Namun berbagai aktivitas selama staycation mungkin saja membuat budget liburan bareng teman ini juga jadi lebih besar. 

Selain itu, liburan bareng teman seringkali harus dilakukan di akhir pekan, terutama untuk mereka yang sudah bekerja. Siapkan budget sekitar Rp 800 ribuan untuk satu hari satu malam (ini sudah termasuk hotel, makan, dan aktivitas lainnya). Jika ingin lebih hemat, berlibur saat weekdays tentu bisa jadi pertimbangan.  

Berikut ini adalah beberapa tips untuk menikmati staycation seru bareng teman:

  • Tentukan Konsep dan Budgetnya

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan konsep liburan dan juga budgetnya. Apakah akan berlibur di dalam kota, pinggir kota atau bahkan camping. Konsep ini akan sekaligus menentukan besaran biaya yang dibutuhkan untuk liburan tersebut. 

  • Tentukan Waktu Liburan

Langkah selanjutnya adalah menentukan waktu liburan. Ini sangat penting, terutama jika ingin staycation bersama banyak teman sekaligus. Pilih waktu yang tepat, di mana semua orang bisa bepergian dengan nyaman dan tenang. Hal ini akan membuat arti vacation yang sesungguhnya lebih mudah untuk dicapai.

  • Susun Rencana Selama Staycation 

Jangan lupa untuk menyusun rencana aktivitas selama staycation nanti. Rencanakan dengan baik keberangkatan, aktivitas selama liburan, dan juga kepulangan dengan cermat. Rencana yang baik akan membuat budget liburan juga menjadi lebih kecil. 

  • Pilih Hotel yang Tepat 

Pilihlah hotel yang tepat dan sesuai dengan rencana aktivitas selama liburan, misalnya yang memiliki fasilitas kolam renang atau bahkan yang menyediakan rooftop atau yang lainnya. Pemilihan hotel yang tepat akan membuat staycation menjadi lebih berkualitas maksimal. 

  • Main Game dan Wisata Kuliner 

Nikmati staycation dengan nyaman dan menyenangkan bersama teman-teman. Lakukanlah aktivitas seru seperti bermain game atau bahkan wisata kuliner di sekitar hotel. Selain itu, menikmati fasilitas hotel juga bisa menjadi salah satu cara untuk menghabiskan waktu seru bersama teman-teman. 

Baca Juga:  Siapkan Sebelum Berangkat, Ketahui Apa Itu Dana Liburan, Tujuan Memiliki, Hingga Cara Hitungnya

Tips Staycation Bersama Keluarga 

loader

Staycation artinya liburan yang dilakukan di sekitar rumah, sehingga cocok untuk dinikmati bersama dengan seluruh anggota keluarga. Untuk menikmati liburan ini tentu dibutuhkan budget yang lebih besar, yakni sekitar Rp 1-2 jutaan. Namun ini tentu akan sebanding dengan manfaat yang bisa dinikmati bersama dengan keluarga selama staycation tersebut. 

Berikut ini adalah beberapa tips untuk menikmati staycation seru bersama dengan keluarga: 

  • Buat Agenda yang Tepat

Susunlah agenda liburan yang tepat, sehingga setiap orang bisa menikmati liburan ini dengan nyaman dan tenang. Rencanakan juga aktivitas apa saja yang akan dilakukan selama staycation nanti. 

  • Pilih Tempat Menginap yang Nyaman 

Jangan lupa untuk memilih penginapan yang tepat dan sesuai untuk semua anggota keluarga. Hal ini penting, terutama jika staycation ini akan dinikmati bersama dengan anak-anak atau bahkan orangtua. 

  • Mainkan Game

Agar liburan lebih seru, mainkan game bersama dengan semua anggota keluarga. Libatkan semua orang, sehingga momen liburan ini menjadi lebih berkualitas. Jangan lupa untuk membawa beberapa mainan yang bisa digunakan untuk game seru selama staycation.  

  • Manfaatkan Fasilitas Hotel

Menikmati fasilitas hotel juga bisa menjadi salah satu cara untuk berlibur dengan menyenangkan bersama keluarga. Bersantai atau berenang di sore hari, menikmati sarapan bersama dengan santai juga bisa menjadi pertimbangan. 

  • Nikmati Kuliner Sekitar 

Untuk melengkapi liburan ini, ajak juga semua anggota keluarga menikmati beragam kuliner khas di sekitar hotel. Ini sekaligus bisa menjadi momen tepat untuk menikmati keindahan dan hal menarik di sekitar hotel. 

Rencanakan dan Nikmati Staycation dengan Maksimal

Staycation bisa menjadi pilihan yang tepat bagi yang ingin menikmati liburan simpel dan hemat. Tidak perlu bepergian jauh, aktivitas liburan ini biasanya dilakukan di dalam atau pinggiran kota saja. Rencanakan staycation dengan baik sejak awal, agar liburan ini bisa dinikmati secara maksimal.

Baca Juga: Ingin Berlibur Usai Pandemi yang Cocok dengan Kepribadian? Simak Inspirasinya Disini