Sudah Pernah Tahu Air Purifier, Belum? Ini Lho Ragam Manfaatnya untuk Kesehatan

Polusi udara makin hari kian mengancam kesehatan manusia. Ratusan ribu kendaraan berkeliaran setiap harinya dan menyebabkan udara menjadi semakin kotor. Khususnya di perkotaan besar, rasanya sudah nyaris tidak mungkin untuk bisa kembali menghirup udara bersih tanpa polusi. 

Jika dibiarkan terlalu lama, bukan tidak mungkin polusi udara yang setiap hari dihirup dapat menumpuk di dalam saluran pernapasan. Dalam jangka panjang, bisa-bisa kotoran yang ikut terhirup di udara menimbulkan masalah kesehatan yang dapat mengancam nyawa seseorang. Lantas, adakah solusi untuk mengatasi masalah yang dialami oleh semua masyarakat modern tersebut?

Tentu saja ada, yaitu dengan menggunakan pemurni udara atau yang biasa dikenal dengan nama air purifier. Dewasa ini, air purifier mulai dilirik dan digandrungi oleh masyarakat perkotaan. Alasannya, teknologi tersebut dipercaya mampu membersihkan udara sehingga kotoran yang ikut terhirup ketika bernapas menjadi lebih sedikit atau bahkan tidak ada sama sekali. 

Lalu, apa sih air purifier itu? Apakah benar jika menggunakannya, udara yang dihirup menjadi lebih bersih dan tidak mengandung polusi penyebab penyakit? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, simak penjelasan mengenai fungsi dan manfaat air purifier berikut ini. 

Baca Juga: Biang Kerok Batuk Gak Sembuh-sembuh, Jangan Sepelekan!

Apa Sih Air Purifier Itu?

loader  

Air purifier adalah sebuah alat yang berguna untuk menyaring dan membuat udara di sebuah ruangan menjadi lebih jernih. Dalam kata lain, fungsi dari air purifier adalah untuk membersihkan udara dari kontaminasi kotoran maupun polusi, yang mana semakin sulit untuk didapatkan oleh manusia saat ini.

Menurut penelitian oleh lembaga pemerhati lingkungan atau Environmental Protection Agency, polusi udara adalah salah satu penyebab udara memiliki kondisi yang buruk. Jika dibiarkan terlalu lama dan selalu dihirup oleh manusia, polusi udara bisa menjadi penyebab menurunnya kesehatan seseorang. 

Agar masalah tersebut tidak terjadi pada Anda, menggunakan air purifier dapat menjadi salah satu solusinya. Khususnya bagi Anda yang hidup di area perkotaan yang setiap harinya selalu menghirup udara kotor akibat polusi. Memiliki air purifier dapat memberikan kualitas udara yang jauh lebih sehat dan aman.

Untuk perokok atau yang tinggal dengan seorang perokok, udara yang dibersihkan oleh air purifier dapat meminimalisir bau dan juga asap rokok dalam sebuah ruangan. Bahkan, dengan alat ini, udara yang terkontaminasi dengan asap dan racun dari rokok dapat dinetralisir.

Cara Kerja Air Purifier dalam Membersihkan Udara di Ruangan

Air purifier adalah sebuah terobosan teknologi untuk memberikan kebutuhan manusia akan udara yang bersih dan terbebas dari polusi. Dengan menggunakan air purifier, udara di sebuah ruangan akan menjadi lebih bersih dan menyehatkan ketika dihirup. 

Air purifier juga dikenal ampuh dalam menghilangkan partikel alergen yang dapat menyebabkan alergi bagi penderitanya. Dalam kata lain, alat ini disarankan untuk dimiliki oleh penderita penyakit asma atau penyakit alergi lain yang disebabkan oleh kotoran di udara.

Cara kerja air purifier sendiri cukup sederhana dan mudah. Dengan hanya menyalakan alat tersebut, air purifier akan langsung melakukan tugasnya dalam menyedot udara dan menyaring kotoran yang ada. Dalam air purifier terdapat filter yang dapat membuat udara menjadi lebih bersih. 

Setelah berhasil disedot dan disaring oleh filter, air purifier akan menyalurkan kembali udara melalui penyalur yang ada di bagian depan alat tersebut. Udara yang keluar tentu sudah bersih dan terhindar dari polusi, seperti debu, bakteri, kuma, maupun partikel lain yang dapat membahayakan saluran pernapasan. 

Memiliki alat ini juga dipercaya mampu meningkatkan kualitas dan kebersihan udara mencapai 95 persen. Oleh karena itu, bagi Anda yang merasa jarang mendapatkan kesempatan untuk menghirup udara yang bersih, tidak ada salahnya untuk mulai memanfaatkan fungsi dari teknologi air purifier ini. 

Baca Juga: 7 Cara Menjaga Paru-Paru Supaya Sehat Sampai Tua

Manfaat Air Purifier 

Setelah memahami apa itu air purifier dan bagaimana cara kerjanya, teknologi tersebut tentu mampu memberikan beragam manfaat untuk kesehatan. Manfaat-manfaat tersebut adalah: 

  1. Menumpas Bakteri dan Virus di Udara

    Salah satu manfaat air purifier yang utama adalah mampu menghilangkan bakteri dan virus di udara. Retroscreen Virology asal Inggris telah melakukan sebuah penelitian pada air purifier menggunakan metode tes. 

    Pada penelitian tersebut diketahui bahwa virus yang dimasukkan dalam kotak yang diberi aliran air purifier memiliki aktivitas yang lebih pasif dan menurun. Hal tersebut membuktikan bahwa alat ini mampu menekan aktivitas dari bakteri dan virus.

  2. Menghilangkan Bau

    Air purifier sudah menjalani beragam jenis tes untuk membuktikan kemampuannya dalam mengurangi bau tak sedap dalam sebuah ruangan. Hasilnya? Air purifier terbukti ampuh melakukan tugasnya tersebut. 

  3. Mengurangi Jamur

    Jamur yang ikut terbawa oleh udara dapat menjadi pemicu munculnya penyakit pada saluran pernapasan saat terhirup. Kemampuan air purifier dalam melawan jamur di udara telah dibuktikan melalui tes oleh sebuah laboratorium penelitian makanan di Jepang. Dalam tes tersebut, terbukti bahwa jumlah dan juga pertumbuhan jamur mampu ditekan dengan menggunakan alat tersebut

  4. Menetralisir Polusi dari Asap Rokok

    Sudah menjadi rahasia umum, bahwa kebiasaan merokok dapat memberikan ancaman penyakit pada organ pernapasan. Tidak hanya pada perokok aktif, ancaman dari asap rokok juga mengintai bagi mereka yang secara tidak sengaja menghirup asap rokok atau biasa disebut sebagai perokok pasif.

    Terlalu banyak menghirup asap rokok dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, seperti asma, bronkitis, dan juga radang pada paru-paru. Untuk mengecilkan risiko terjadinya penyakit tersebut, air purifier mampu membersihkan udara dari polusi asap rokok.

  5. Mengecilkan Risiko Adanya Alergen

    Alergen atau partikel yang menyebabkan alergi menjadi masalah tersendiri bagi penderitanya. Mulai dari bersin-bersin, masalah kulit, dan banyak gangguan kesehatan lainnya dapat dirasakan oleh seseorang ketika tersentuh atau dekat dekat partikel alergen. 

    Khususnya bagi orang yang memiliki alergi bulu hewan, memasang air purifier sepertinya menjadi ide yang bagus untuk dilakukan. Pasalnya, air purifier dapat dengan mudah memberantas segala polusi yang menjadi partikel alergen di sebuah ruangan.

  6. Dianjurkan pada Orang Sakit dan Lansia

    Air purifier disarankan untuk dipasang di ruangan yang ditinggali oleh orang yang sedang sakit atau berusia lanjut. Alasannya karena alat tersebut mampu menjamin kesehatan udara yang dihirup oleh kalangan tersebut dan menekan ancaman dari penyakit pernapasan. 

    Orang yang sedang sakit dan lanjut usia cenderung memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih rentan. Akibatnya, terlalu banyak polusi udara akan meningkatkan risiko untuk terjangkit penyakit. Oleh karena itu, penting halnya untuk memastikan kualitas udara yang dihirup oleh orang sakit dan lansia terjaga dengan baik serta terbebas dari polusi. 

Masih Ragu dengan Manfaat yang Diberikan Air Purifier?

Air purifier memang tergolong sebagai teknologi baru, khususnya bagi masyarakat Indonesia. Meski begitu, manfaat yang diberikan oleh alat tersebut bisa dibilang sangat menakjubkan dan dibutuhkan oleh masyarakat yang tinggal di area berpolusi tinggi seperti Indonesia. 

Oleh sebab itu, agar tubuh tidak selalu menghirup udara yang kotor, cobalah untuk memasang air purifier di ruangan pribadi Anda agar saluran pernapasan bisa mendapatkan cukup asupan udara yang bersih.

Baca Juga:  Polusi Tinggi di Jakarta. Ini Kota dengan Udara Paling Bersih di Dunia!