Sukses Jadi Pengusaha dengan Modal 20 Juta Saja

Membuka sebuah usaha yang baru dan mencoba peruntungan di sana menjadi pilihan banyak orang, terutama mereka yang membutuhkan sejumlah penghasilan tambahan di dalam keuangan mereka.Hal ini tentu harus dilakukan dengan hati-hati, mengingat sejumlah risiko akan selalu ditemukan di dalam setiap usaha. Bukan hanya usaha yang berskala besar saja, namun usaha dalam skala kecil sekalipun tidak akan luput dari sejumlah risiko.

Meski peluang usaha selalu terbuka dengan lebar, namun Anda tetap harus jeli dan memiliki kemampuan untuk menemukan dan memilih salah satu yang terbaik di antaranya. Hal ini bisa dilakukan dengan cara mempertimbangkan banyak hal, misalnya: kemampuan dalam menguasai / memahami usaha tersebut, peluang berkembang ke depannya, risiko terburuk yang mungkin akan dialami, serta berbagai hal lainnya yang patut dicermati sejak awal.

Dengan modal Rp20 juta, sebenarnya ada banyak peluang usaha yang bisa dilirik, tentunya yang kira-kira menarik dan memiliki potensi untuk mendatangkan pendapatan bagi Anda. Berbagai pertimbangan dan juga perhitungan awal harus tetap dilakukan sebelum memilih salah satunya, mengingat uang yang akan Anda jadikan sebagai modal di dalam usaha tersebut cukup besar.

Tidak perlu terburu-buru dalam memilih dan menjalankan usaha, pastikan Anda mengenal dan memahami dengan baik usaha yang akan dijalankan tersebut, agar berbagai risiko di dalamnya bisa ditekan dan dihindari. Berikut ini beberapa jenis usaha dengan modal Rp20 juta yang bisa Anda jadikan sebagai pertimbangan:

Baca Juga : Simak Tips Berikut Ketika Kamu Mencari Peluang Usaha

1. Waralaba Makanan

loader

Waralaba Makanan via binalotfiestafoodsinc.com

 

Saat ini, ada banyak waralaba makanan yang bisa Anda pilih dan jadikan sebagai pilihan usaha. Tidak harus membutuhkan sejumlah modal yang besar, beberapa waralaba ini bahkan bisa dimiliki dengan kisaran harga Rp10 juta saja, dengan begitu Anda bisa menggunakan sejumlah sisa modal untuk menyewa tempat atau kebutuhan yang lainnya.

Pilih jenis waralaba yang banyak diminati dan selalu ramai pembeli, sehingga peluang Anda untuk mendapatkan keuntungan dan penghasilan tambahan menjadi semakin besar. Anda juga bisa memadukan satu waralaba dengan waralaba lainnya, misalnya makanan dengan minuman, sehingga keuntungan yang didapatkan akan semakin maksimal.

2. Bisnis Agro

Ini jenis usaha yang sangat cocok untuk Anda yang memiliki hobi berkebun atau beternak. Bisnis agro adalah bisnis yang mengalami perkembangan pesat belakangan ini, sebab  perkebunan dan peternakan yang dipadukan dengan teknologi sekarang lebih modern dan menyenangkan untuk dijalani. Potensi hasil yang bisa didapatkan juga semakin jauh lebih baik, di mana hal ini tentu akan berbanding lurus dengan jumlah keuntungan yang bisa Anda petik nantinya.

Dengan modal Rp20 juta, Anda bisa memilih berbagai jenis usaha ternak yang menjanjikan, seperti: ternak ayam, ternak kucing, anjing, kelinci, atau bahkan sapi jika memiliki lahan yang mencukupi. Sejumlah modal yang Anda miliki tersebut bisa dialokasikan untuk berbagai kebutuhan usaha ini, yakni: mengolah lahan, membeli bibit, pakan, obat-obatan untuk hewan ternak dan juga berbagai kebutuhan lainnya.

Selain beternak, ada juga usaha berkebun yang cocok dengan modal yang Anda miliki tersebut. Saat ini, orang begitu gencar-gencarnya untuk menjalankan pola hidup sehat, yakni dengan mengkonsumsi berbagai sayuran dan tanaman organik lainnya.

Ini bisa Anda jadikan sebagai peluang usaha, di mana Anda mengembangkan berbagai tanaman tersebut dengan menggunakan modal yang dimiliki sekarang. Jangan khawatir dengan pasar, sebab jenis tanaman ini begitu dicari dan selalu memiliki pasar yang cukup luas, sehingga dapat dijual dengan mudah.

3. Salon dan Spa

loader

Salon dan Spa via aliyabali.com

 

Jika memiliki minat untuk menjalankan bisnis kecantikan, maka tidak ada salahnya membuka sebuah salon dan spa. Dengan modal Rp20 jutaan, Anda sudah bisa membuka sebuah salon berukuran sedang dengan dukungan sejumlah peralatan yang terbilang lengkap dan memadai.

Lakukan riset pasar dengan baik, dan ikuti tren kecantikan yang sedang berkembang, sehingga salon Anda tidak akan sepi dari pelanggan. Untuk usaha ini, mungkin akan membutuhkan bantuan dari beberapa orang tenaga ahli, agar usaha tersebut bisa berkembang dengan baik dan pesat.

4. Usaha Kuliner

Bisnis ini tidak pernah sepi dari pembeli, sebab semua orang akan selalu membutuhkan makanan dan juga minuman. Jika memiliki kemampuan dalam memilih dan menyajikan berbagai jenis makanan yang tepat, maka usaha dengan modal Rp.20 juta ini akan memberi Anda banyak keuntungan.

Jangan lupa untuk membuat konsep yang unik, terutama jika sajian yang Anda pilih memiliki saingan yang banyak. Pastikan memilih tempat usaha yang nyaman dan bersih, termasuk karyawan yang ramah dalam melayani pelanggan, sebab pembeli selalu ingin yang terbaik ketika mereka datang. Lokasi menjadi salah satu hal yang paling menentukan, sehingga sangat penting untuk memilih dan menemukan lokasi yang tepat untuk bisnis kuliner yang akan dijalankan.

Baca Juga : Cari Modal Usaha? Gunakan Dua KTA Bisnis Ini!

5. Beternak Kambing

loader

Ternak Kambing via blogspot.com

 

Usaha ini cocok untuk dijalankan oleh Anda yang memiliki lahan memadai sehingga bisa dijadikan sebagai lokasi peternakan, di mana Anda bisa dengan bebas memelihara dan beternak kambing-kambing tersebut. Dengan modal Rp20 juta, Anda sudah bisa memiliki beberapa pasang kambing ternak yang bisa dikembangbiakkan. Permintaan pasar akan hewan ternak ini cukup tinggi, bahkan tidak pernah sepi setiap tahunnya.

Bukan hanya dagingnya saja, namun susu kambing juga menjadi komoditi yang banyak dicari, sebab supply yang ada belum mencukupi pasar yang cukup luas. Jika Anda memiliki minat di bidang peternakan, maka ternak yang satu ini bisa dijadikan sebagai pilihan yang tepat.

6. Laundry

Dengan modal Rp20 juta, Anda sudah bisa membuka usaha ini dalam skala yang cukup besar. Anda bisa memulainya dengan membeli beberapa mesin cuci dan juga peralatan menyetrika dan mencuci lainnya. Dengan hal itu saja, sudah bisa menjalankan bisnis ini dengan mudah dan nyaman.

Potensi bisnis ini sangat besar, terutama jika memiliki lokasi yang strategis dan menjanjikan, seperti: dekat wilayah yang banyak kos-kosan, kampus, sekolah, atau bahkan perkantoran. Bisnis laundry tidak pernah sepi, apalagi jika Anda bisa memberikan pelayanan yang baik dan juga pemasaran yang tepat untuk usaha tersebut.

7. Bengkel

loader

Bengkel motor via intisari-online.com

 

Membuka usaha bengkel juga bisa dijadikan sebagai pertimbangan. Dengan modal Rp20 juta yang Anda miliki tersebut tentu sudah bisa membeli beberapa peralatan dasar untuk usaha bengkel. Temukan dan pilih sebuah tempat yang strategis untuk menjalankan usaha ini, sehingga tidak pernah sepi dari pelanggan.

Usaha ini tentu akan membutuhkan keahlian khusus, sehingga tentu wajib mempekerjakan beberapa tenaga di dalam usaha ini. Namun jika Anda memiliki kemampuan sendiri, maka itu tentu akan membantu Anda dalam mendapatkan keuntungan yang lebih maksimal.

8. Jual Keripik

Siapa yang tidak suka keripik? Panganan yang satu ini begitu populer dan banyak diminati, bahkan oleh semua umur. Usaha ini patut dijadikan sebagai pertimbangan, sebab pasar yang tersedia begitu luas dan menjanjikan. Dengan modal yang dimiliki, Anda sudah bisa membeli beberapa perlengkapan dalam mengolah berbagai jenis keripik yang laku di pasaran.

Buat beberapa jenis keripik sekaligus, seperti: keripik pisang, keripik tempe, keripik melinjo, keripik singkong, dan yang lainnya. Siapkan berbagai macam keripik ini dalam beberapa rasa yang unik dan berbeda, sehingga pembeli memiliki sejumlah pilihan.

Gunakan juga kemasan yang menarik dan unik, agar pembeli merasa tertarik untuk membeli dan mencobanya. Meski terbilang seperti usaha rumahan yang kecil, namun jika ditekuni dengan baik, usaha ini juga akan sangat menjanjikan dan bisa memberikan.

Selalu Pertimbangkan dengan Matang

Saat akan menjalankan sebuah bisnis yang baru, maka sangat penting bagi Anda untuk selalu mempertimbangkan segala sesuatunya dengan baik, terutama jika bisnis tersebut melibatkan sejumlah modal yang cukup besar.

Pemahaman yang baik pada sebuah bisnis, akan membantu Anda untuk bisa mengatasi dan menghadapi berbagai kendala di masa yang akan datang. Pilih dan jalankan bisnis yang sesuai dengan minat, sehingga semua berjalan dengan mudah dan menyenangkan.

Baca Juga : Ilmu Bisnis dari Taylor Swift, Apa Saja yang Bisa Dipelajari?