10 Anime Terbaik dari Sunrise Studio, Paling Banyak Bertema Gundam!

Salah satu studio animasi terbaik di Jepang bernama Sunrise ini didirikan sejak 1972. Jika kebanyakan perusahaan menciptakan anime yang diadaptasi dari manga, tentang olahraga, hingga cerita anak-anak, Sunrise memilih untuk memproduksi sesuatu hal yang cukup berbeda.

Sunrise justru memutuskan untuk menciptakan anime robot layaknya seperti mainan atau yang kerap disebut gundam, yakni Kidou Senshi Gundam. Selain itu adapula anime yang tak kalah populer lainnya, yakni diantaranya seperti City Hunter, InuYasha, Gindatama, serta juga Code Geass.

Berikut adalah rangkuman anime terbaik yang diproduksi oleh studio animasi Sunrise, ini daftarnya berdasarkan tahun tayang dari terlama hingga terbaru:

Baca Juga: 12 Rekomendasi Anime Terbaik dari Studio Ufotable, Ada Fate/Zero!

Beli Voucher Streaming dengan Mudah Hanya di Cermati!

Beli Voucher Streaming di Sini!  

  1. Mobile Suit Gundam (1979)

    loader

    Serial televisi anime karya studio Sunrise ini juga dikenal sebagai First Gundam atau Gundam 0079 yang dibuat dan disutradarai oleh Yoshiyuku Tomino. Pada awal penayangannya dari April 1979 hingga Januari 1980, Mobile Suit Gundam memproduksi sebanyak 43 episode, dan kemudian banyak diadaptasi menjadi banyak sekuel dan spin off.

    Cerita ini bermula ketika kapal perang Federasi yang baru dikerahkan tiba di pangkalan penelitian rahasia yang terkenal di Side 7 untuk mengambil senjata terbaru Federasi. Namun rupanya, mereka diikuti oleh pasukan Zeon yang akhirnya membunuh sebagian besar awak Federasi dan warga sipil.

    Kendati demikian, tiba-tiba muncul seorang warga sipil bernama Amuro Ray yang tidak sengaja menemukan Gudang senjata prototipe baru Federasi bernama RX 78 Gundam, yakni berupa robot. Dengan menggunakan robot tersebut, Federasi berhasil mengalahkan pasukan  Zeon.

  2. City Hunter (1987)

    loader

    Studio Sunrise mengadaptasi City Hunter dari serial manga yang ditulis dan diilustrasikan oleh Tsukasa Hojo, serta menjadikannya sebagai salah satu anime terbaik hingga ke negara bagian Eropa. Anime ini mengisahkan tentang seorang bernama Ryo Saeba yang merupakan detektif swasta untuk membersihkan Tokyo dari berbagai macam kejahatan.

    Bersama dengan rekannya, yakni Hideyuki Makimura, mereka mendirikan bisnis bernam City Hunter yang beroperasi secara bawah tanah dan dikenal dengan panggilan ‘XYZ’. Namun pada suatu hari, Hideyuki dibunuh dan Ryo harus menjaga saudara perempuan Hideyuki bernama Kaori yang akhirnya menjadi partner barunya untuk melanjutkan misi berikutnya di City Hunter.

  3. Patlabor (1989)

    loader

    Salah satu anime terbaik yang diproduksi oleh Sunrise ini diadaptasi dari manga dengan judul sama atau juga disebut Mobile Police Patlabor. Anime ini mengisahkan tentang bagaimana perkembangan teknologi membuat banyak manusia menciptakan robot, serta memanfaatkannya untuk berbagai macam kegiatan dan pekerjaan.

    Bahkan, kepolisian juga menggunakan robot tersebut untuk mengatasi masalah kejahatan yang berhubungan dengan tenaga kerja. Salah satu petugas polisi bernama Noa Izumi direkrut untuk menjadi unit Patlabor khusus dan mendapatkan setelan mekanisnya sendiri demi melawan tindakan kejahatan.

  4. Mobile Suit Gundam Wing (1995)

    loader

    Serial anime mecha yang diproduksi Sunrise ini disutradarai oleh Masashi Ikeda yang merupakan karya dari Katsuyuki Sumizawa. Mobile Suit Gundam Wing merupakan turunan keenam dari franchise Gundam yang memiliki sebanyak 49 episode yang tayang mulai dari April 1995 hingga Maret 1996.

    Anime ini dimulai pada masa setelah koloni  dengan ditandainya operasi meteor, yakni sebuah rencana dari para ilmuan untuk membalaskan dendamnya terhadap OZ atau Operasi Zodiak dengan melibatkan lima remaja laki-laki. Mobile Suit Gundam Wing wajib ditonton karena anime ini merupakan yang terbaik dan membawa kesuksesan serta popularitas dari waralaba Gundam di Amerika Serikat.

  5. Cowboy Bebop (1998)

    loader

    Cowboy Bebop merupakan salah satu anime terbaik dari Sunrise Studio dengan mengangkat kisah kehidupan sejumlah kru pemburu kejahatan dengan menggunakan pesawat luar angkasa bernama The Bebop. Dalam anime ini, terdapat dua tokoh yang menjadi sorotan, yakni Spike Spiegel dan Jet Black yang turut bergabung dengan Inter Solar System Police (ISSP).

    Mereka tergabung dengan seorang penipu amnesia bernama Faye Valentine, Edward seorang anak eksentrik dan memiliki kemampuan meretas, dan Ein merupakan Welsh Corgi yang telah direkayasa secara biologis. Tim tersebut menggunakan pesawat luar angkasa untuk menangkap para penjahat dan membawanya secara hidup-hidup demi mendapatkan sebuah hadiah.

    Kehadiran Cowboy Bebop pun banyak menuai pujian karena dinilai merupakan salah satu serial anime terbesar sepanjang masa, serta juga mendapatkan kesuksesan di pasar Jepang, dan internasional, yakni Amerika Serikat. Selain itu, penyajian anime ini dari segi gaya, karakter, cerita hingga akting pengisi suara sangat dipuji dan dianggap sebagai anime terbaik.

  6. Inuyasha (2000)

    loader

    Popularitas dari anime yang diadaptasi dari serial manga karya Rumiko Takahashi dan diproduksi oleh Sunrise ini memang tidak perlu diragukan lagi. Ya, anime tersebut adalah Inuyasha yang mengisahkan tentang seorang gadis bernama Kagome Higurashi ditarik dan masuk ke dalam sebuah sumur tua di kuil keluarganya, dan di situ ia bertemu dengan seorang iblis bertubuh setengah anjing dan manusia, yakni Inuyasha.

    Tanpa sadar, ternyata Kagome membawa sebuah bola kecil dengan kekuatan luar biasa, yakni Permata Shikon. Namun sayangnya, di tengah pertarungan memperebutkan Permata Shikon tersebut, benda tersebut justru hancur berkeping-keping dan tersebar di seluruh negeri, dan  lantas bagaimanakah perjuangan Kagome dan Inuyasha selanjutnya?

  7. Gintama (2006)

    loader

    Dengan berlatar sebuah kota bernama Edo, yakni rumah bagi semangat serta ambisi samurai di seluruh negeri. Namun pada suatu ketika, manusia diserang oleh alien yang disebut Amanto dan akhirnya membuat masyarakat samurai di Edo berjuang untuk mempertahankan bumi, namun militer Jepang justru menyerah karena menyadari kekuatan dari alien itu.

    Saat itu, muncul seorang samurai eksentrik bernama Gintoki Sakata yang bekerja sebagai pekerja lepas dan membantu seorang remaja bernama Shinpachi Shimura untuk menyelamatkan adiknya dari kelompok alien. Kemudian, mereka akhirnya bersama dengan Kagura yang mana merupakan gadis alien berkekuatan super untuk mengalahkan dan menyerang alien.

  8. Code Geass: Lelouch of The Rebellion (2006)

    loader

    Code Geass: Lelouch of The Rebellion merupakan salah satu anime terbaik yang diproduksi oleh Sunrise Studio karena menerima banyak pujian untuk alur cerita, akting pengisi suara, konflik hingga karakter yang disuguhkan. Selain itu, anime ini juga mendapatkan sejumlah penghargaan sehingga wajib menjadi rekomendasi tontonan kamu.

    Anime yang disutradarai oleh Goro Taniguchi ini mengisahkan  tentang seorang anak laki-laki bernama Lelouch vi Britannia yang memperoleh kekuatan super dari seorang wanita misterius bernama CC dimana menggunakan kekuatan super tersebut yang disebut Geass. Lantas bagaimana kelanjutan kehidupan Lelouch setelah menerima kekuatan itu?

  9. Mobile Suit Gundam 00 (2007)

    loader

    Dengan mengambil latar masa depan, manusia sangat ketergantungan pada bahan bakar fosil sehingga menyebabkan penipisan total dan bahkan terjadi krisis energi di dunia. Hal tersebut pun membuat manusia mulai beralih kepada sumber energi alternatif, yakni tenaga surya yang memberi kekuatan tak terbatas.

    Hal tersebut pun mengakibatkan negara-negara yang dulunya bergantung pada penjualan bahan bakar fosil jatuh ke dalam kemiskinan dan menyebabkan adanya peperangan selama bertahun-tahun. Di tengah masalah itu, organisasi paramiliter tak dikenal muncul untuk mengakhiri peperangan dengan menggunakan mobile suit misterius berteknologi maju yang dikenal sebagai Gundam.

  10. Daily Lives of High School Boys (2012)

    loader

    Salah satu anime terbaik dari Sunrise Studio yang terakhir adalah berjudul Daily Lives of High School Boys, yang mana diadaptasi dari serial manga karya Yasunobu Yamauchi dengan merilis sebanyak 12 episode. Anime ini mengangkat kegiatan sehari-hari dari tiga orang remaja yang duduk di bangku SMA, yakni Tadakuni, Hidenori Tabata, dan Toshitake Tanaka. 

    Ketiga orang siswa dari North Boys High School dengan sifat atau karakter berbeda-beda tersebut menghabiskan waktu mereka dengan banyak hal-hal berwarna dan juga aneh. Diantaranya adalah ketika peragaan RPG atau Role Playing Game  yang rumit hingga pertemuan romantis yang tak terduga di tepi Sungai saat matahari tenggelam.

    Baca Juga: 15 Anime dengan Produksi Termahal di Dunia, Tembus Triliunan!

Anime Manakah yang Paling Kalian Suka dari Sunrise Studio?

Nah, berikut tadi adalah daftar anime terbaik yang diproduksi oleh Sunrise Studio beserta ulasan singkat terkait, yakni diantaranya ada series Gundam, Inuyasha hingga Gintama yang bisa menjadi rekomendasi tontonan kalian. Dari rangkuman anime di atas, manakah yang menjadi kesukaan atau terbaik menurut kamu?

Baca Juga: Daftar Lengkap Anime Terbaik dari MAPPA Studio, Ada Jujutsu Kaisen?