Survei: 64% Masyarakat Ingin Beli Mobil Mulai April 2021

Ekonomi Indonesia diyakini akan pulih di tahun 2021. Seiring program vaksinasi oleh pemerintah yang akan menjangkau 182 juta penduduk.

Dengan optimisme ini, pertumbuhan ekonomi Indonesia diprediksi sekitar 4,5-5,5% pada 2021. Didorong pula dari upaya mengurangi dampak Covid-19.

Kalau ekonomi nasional bangkit, maka daya beli masyarakat pasti akan kembali membaik. Sehingga bukan hanya bisa membeli kebutuhan pokok, tapi juga memenuhi keinginan, seperti membeli mobil.

Baca Juga: Mau Beli Mobil, Pilih Baru atau Bekas Ya?

Anda Bingung Cari Kredit Mobil Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Kredit Mobil Terbaik! 

Banyak Orang RI Mau Beli Mobil di April 2021

loader

Pemerintah mengupayakan berbagai cara untuk memulihkan ekonomi Indonesia dari dampak pandemi Covid-19. Salah satunya pengadaan vaksin gratis.

Diharapkan, laju penyebaran virus corona dapat ditahan lewat vaksinasi Covid-19. Sehingga pandemi ini akan berakhir di tahun Kerbau Logam.

Marketplace mobil terbesar di Asia Tenggara, Carsome melakukan survei kepada 1.005 responden di Indonesia. Dalam laporannya “Carsome Consumer Survey,” menunjukkan bahwa pasar mobil bekas di Tanah Air akan kembali menggeliat di kuartal II-2021.

Hasil survei tersebut mengungkap:

  • Sebanyak 64% masyarakat ingin membeli mobil mulai April 2021
  • Mereka optimistis pendapatan bakal lebih stabil, punya anggaran cukup, sehingga daya beli mereka akan menguat.

Ogah Naik Angkutan Umum Jadi Alasan Beli Mobil

loader

Survei Carsome juga menguak perubahan pola perilaku masyarakat saat ini. Dari yang tadinya menggunakan transportasi umum, beralih ke kendaraan pribadi karena lebih aman. Terhindar dari penyebaran virus corona.

  • Sebanyak 60% masyarakat mengaku tidak pernah naik angkutan umum dan ojek online selama PSBB. Jumlah ini naik dibanding sebelumnya sebanyak 27% responden
  • Mereka beralasan pakai transportasi umum tidak nyaman dan khawatir tertular virus Covid-19
  • Responden yang tidak nyaman naik angkutan umum dan ojek online juga naik dari 33% sebelum PSBB menjadi 74% selama PSBB.

Baca Juga: Pajak Progresif Mobil: Ketahui Cara Menghitungnya

Mobil Bekas Jadi Pilihan

loader

Untuk mengakomodir kebutuhan ini, masyarakat dapat melirik mobil bekas. Tidak harus selalu baru. Yang penting mesin masih oke, bodi mulus, gak bekas banjir, bersih, dan gak bikin kantong jebol.

Buat yang mau beli mobil bekas ataupun baru, ini daftar mobil terlaris 2020 berdasarkan data GAIKINDO (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia):

  1. Honda Brio = 40.879 unit
  2. Suzuki Carry = 38.072 unit
  3. Toyota Avanza = 35.754 unit
  4. Daihatsu Gran Max (minibus dan pick up) = 32.373 unit
  5. Toyota Rush 29.361
  6. Toyota Innova 27.594
  7. Mitsubishi Xpander 26.362
  8. Toyota Calya 23.442
  9. Daihatsu Sigra 23.295
  10. Daihatsu Ayla 13.091.

Yang Mau Jual Mobil Juga Cukup Banyak

loader

Kalau di tahun ini banyak yang mau beli mobil, ternyata yang minat jual mobil pun tak kalah besar. Dari hasil survei di atas menjelaskan:

  • Sebanyak 29% masyarakat ingin menjual mobilnya dalam kurun waktu April-September 2021
  • Mobil yang dijual masih kredit
  • Tantangan menjual mobil yang masih kredit setelah PSBB adalah kesulitan keuangan sebanyak 51%, serta transfer kepemilikan mobil yang tertunda dan ketidakpuasan harga masing-masing 31%.
  • Menjual mobil secara onlinedipilih sebanyak 71% responden karena dianggap memberikan kemudahan dan kenyamanan.

Baca Juga: Pilih Jenis Asuransi ini biar Mobil Kena Banjir Ditanggung Asuransi

Pinjaman KTA Terbaik 2021

loader

Untuk kesehatan gak ada kompromi. Apalagi virus Covid-19 nyata keberadaannya. Bila ingin membeli mobil bekas atau baru, tetapi uang tabungan belum cukup, manfaatkan pinjaman KTA (Kredit Tanpa Agunan).

Sekarang banyak pinjaman KTA yang menawarkan bunga ringan. Plafonnya jangan ditanya, sampai Rp 300 juta. Sangat cukup kan buat beli mobil?

Buat yang masih bingung pilih, berikut rekomendasi pinjaman KTA terbaik 2021:

1. KTA Digibank

Produk pinjaman KTA dari Bank DBS Indonesia. KTA Digibank menawarkan pinjaman dengan bunga paling murah, mulai dari 0,88%

2. KTA Standar Chartered

Beli mobil makin mudah dengan pinjaman KTA Standard Chartered. Memberikan plafon hingga Rp 300 juta dan bunga rendah mulai dari 0,65%. Jangka waktu atau tenornya pun cukup panjang, 5 tahun (60 bulan).

3. PermataKTA Regular

Produk pinjaman KTA dari Bank Permata. Anda bisa mendapatkan pinjaman online hingga Rp 300 juta. Suku bunga yang ditawarkan juga ringan, mulai dari 0,88% per bulan.

4. KTA Citi Ready Credit

Pinjaman KTA yang dapat mewujudkan keinginan Anda membeli mobil. Pinjaman yang ditawarkan hingga Rp 200 juta. KTA Citi Ready Credit adalah pinjaman dalam bentuk kartu yang dapat dicairkan kapan saja.

5. Kredit Express Panin

Kalau mengajukan pinjaman KTA di Bank Panin lewat Kredit Express Panin, suku bunganya pun murah mulai dari 0,88% per bulan. Plafon yang ditawarkan sangat besar, hingga R 500 juta dan tenor sampai dengan 36 bulan.

6. KTA Tunaiku

Produk pinjaman online yang menawarkan kredit hingga Rp 20 juta. Dengan tenor hingga 20 bulan. Pengajuannya tidak perlu pakai syarat kartu kredit. Dananya cair hanya dalam waktu 1 hari. 

Beli Mobil Sesuai Kebutuhan dan Keuangan Anda

Bila kondisi keuangan Anda sudah stabil di tahun ini, tidak masalah membeli mobil. Termasuk jika dananya berasal dari pinjaman atau utang.

Terpenting batasi utang tidak lebih dari 30% dari gaji atau penghasilan Anda. Itu artinya, kalau beli mobil pakai modal utang, sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan keuangan Anda.

Dengan begitu, Anda tetap bisa membayar cicilan utang setiap bulan. Tidak menjadi beban keuangan, sehingga akhirnya menunggak dan gagal bayar.

Baca Juga: Mau Kredit Mobil Bekas? Ini Cara Tepat Menetapkan Asuransinya