Mengenal Tabungan Emas Pegadaian yang Banyak Peminatnya

Tabungan emas pegadaian menjadi salah satu produk yang paling banyak diminati oleh masyarakat belakangan ini. Pegadaian tabungan emas dianggap bisa memberikan banyak kemudahan bagi masyarakat yang ingin melakukan investasi emas dengan dana yang masih terbatas sekalipun.

Minat masyarakat yang tinggi ini disambut dengan baik oleh perusahaan BUMN tersebut dengan cara membenahi sistem dan layanan menjadi lebih baik lagi. Berbagai kemudahan coba diberikan oleh pegadaian, termasuk dengan mempermudah cara mencairkan tabungan emas pegadaian itu sendiri. 

Mulai Berinvestasi Emas Sekarang!

Apa saja Keuntungan Memiliki Tabungan Emas Pegadaian?

  loader

Pegadaian tabungan emas merupakan layanan penitipan saldo emas yang akan mempermudah masyarakat untuk melakukan investasi dalam bentuk emas batangan, sebab pembukaan rekening serta penitipan saldo emasnya sendiri bisa dilakukan di kantor pegadaian terdekat. 

Bukan hanya itu saja, nasabah juga bisa melakukan berbagai aktivitas yang berkaitan dengan investasi emas ini dengan mudah, seperti: pembelian/ top up, penjualan/ buy back, dan juga pencetakan emas di PT Pegadaian Galeri Dua Empat. 

Selain di pegadaian konvensional, tabungan emas Pegadaian Syariah juga banyak diminati. Para pengguna layanan ini mendapatkan banyak kemudahan dalam melakukan transaksi, termasuk cara mencairkan tabungan emas pegadaian dan cek saldo tabungan emas pegadaian.

Ada banyak keuntungan yang ditawarkan tabungan emas pegadaian syariah dan konvensional, berikut ini di antaranya: 

  • Emas yang didapatkan sudah pasti berkadar 24 karat.
  • Transaksi mudah dan bisa dilakukan secara online maupun offline di kantor cabang pegadaian terdekat.
  • Biaya pengelolaan yang diterapkan sangat ringan, yakni hanya Rp 30 ribu saja per tahunnya. 
  • Jumlah pembelian sangat terjangkau, bisa dimulai dari 0,01 gram saja.
  • Emas yang sudah dimiliki bisa dicetak dalam bentuk emas batangan.
  • Bisa digadaikan maupun dijual dengan mudah, kapan saja nasabah membutuhkan dana tunai. 
  • Bisa ditransfer langsung ke rekening tabungan emas lainnya. 
  • Cek saldo tabungan emas pegadaian bisa dilakukan dengan mudah, kapanpun dan dimanapun nasabah menginginkannya. 

Syarat dan Cara Membuka Tabungan Emas Pegadaian 

Sebagaimana produk keuangan pada umumnya, pegadaian tabungan emas dan juga tabungan emas pegadaian syariah ini juga memiliki sejumlah syarat. Namun jangan khawatir, berbagai syarat ini terbilang mudah dan tidak akan merepotkan sama sekali. 

Berikut ini adalah beberapa syarat yang harus dipenuhi saat membuka rekening pegadaian tabungan emas

  • Memiliki kartu identitas diri yang masih berlaku (KTP, Paspor).
  • Menyiapkan biaya transaksi yang sudah ditentukan. 
  • Menyiapkan dana tabungan, minimal setara dengan emas 0,01 gram. 

Jika kedua persyaratan di atas sudah disiapkan dengan baik, maka tabungan emas pegadaian syariah maupun tabungan emas pegadaian konvensional bisa dibuka. Nasabah bisa memilih salah satu layanan tersebut, sebelum akhirnya membuka rekening tabungan emas ini. 

Pembukaan rekening tabungan emas ini sendiri bisa dilakukan dengan dua cara yang mudah, yakni secara online maupun offline. Hal ini akan sangat membantu, dimana nasabah bisa memilih salah satu cara yang paling tepat dan sesuai dengan kebutuhannya. 

Berikut ini adalah cara mudah untuk membuka rekening tabungan emas pegadaian: 

  • Cara Membuka Tabungan Emas di Outlet/ Agen Pegadaian
  • Bawa  semua persyaratan yang dibutuhkan untuk melakukan pembukaan rekening ini. 
  • Isilah formulir permohonan pembukaan rekening tabungan emas dan jangan lupa untuk melampirkan KTP/ Paspor sebagai identitas diri. 
  • Bayarkan biaya-biaya yang dibutuhkan, yakni: administrasi sebesar Rp 10 ribu, biaya pengelolaan rekening emas sebesar Rp 30 ribu untuk satu tahun, biaya materai sebesar Rp 10 ribu. 
  • Lakukan pembelian emas sebagai saldo awal, minimal sebesar 0,01 gram.

Jika semua poin di atas sudah selesai dilakukan, maka nasabah akan menerima buku tabungan emas dari petugas pegadaian. Buku tabungan ini harus dibawa setiap kali nasabah akan melakukan transaksi pada rekening tabungan emas, termasuk ketika melakukan penyetoran maupun penarikan saldo. 

Baca Juga: Kupas Tuntas Cara Investasi Emas di Pegadaian

Cara Membuka Tabungan Emas Menggunakan Aplikasi Pegadaian 

  • Unduh aplikasi Pegadaian Digital melalui layanan Playstore atau Appstore.
  • Buka aplikasi dan loginlah menggunakan identitas diri yang benar.
  • Pilih menu “Buka Tabungan Emas” yang terdapat pada halaman utama. 
  • Isi semua data diri dengan lengkap dan benar.
  • Pilih cabang pegadaian terdekat sebagai lokasi untuk pembukaan rekening secara manual. 
  • Pilih metode pembayaran yang akan digunakan untuk bertransaksi. 
  • Lakukan transaksi pembelian emas sebagai saldo pertama, minimal sebesar Rp 50 ribu. Selesaikan proses pembayaran sesuai dengan metode pembayaran yang sudah dipilih sebelumnya. 

Jika semua poin di atas sudah dilakukan dengan baik, maka pembukaan rekening pegadaian tabungan emas ini sudah selesai dan rekening tabungan sudah aktif. Rekening tabungan emas sudah bisa digunakan untuk bertransaksi, sesuai dengan kebutuhan nasabah. 

Namun dalam pembukaan rekening tabungan emas digital ini, nasabah juga harus mendatangi kantor cabang pegadaian yang sebelumnya telah dipilih untuk melakukan pencetakan buku tabungan secara manual. Pencetakan buku tabungan ini harus dilakukan paling lambat 6 bulan setelah pembukaan rekening tabungan digital ini dilakukan. 

Baca Juga: Temukan Pegadaian Terdekat dengan Cara Ini!

Cara Cek Saldo Tabungan Emas Pegadaian

loader

Hampir sama dengan tabungan biasa, pengguna tabungan emas pegadaian syariah maupun konvensional seringkali membutuhkan transaksi pengecekan saldo pada rekening tabungan emasnya. Hal ini tentu sangat wajar, untuk memastikan berapa jumlah saldo emas terkini yang dimiliki oleh yang bersangkutan. 

Berikut ini adalah cek saldo tabungan emas pegadaian yang bisa dilakukan dengan mudah dan cepat: 

1. Cara Cek Saldo Tabungan Emas Pegadaian Melalui Website

  • Kunjungi situs resmi Pegadaian melalui smartphone maupun desktop 
  • Ketikkan nomor rekening tabungan emas pada kolom yang tersedia. 
  • Ketikkan nomor validasi pada kolom yang tersedia. 
  • Klik “Cek Saldo” dan tunggu beberapa saat, maka informasi mengenai saldo rekening tabungan emas akan ditampilkan pada layar. 

2. Cara Cek Saldo Tabungan Emas Melalui Aplikasi Pegadaian 

  • Unduh aplikasi Pegadaian Digital melalui layanan Playstore atau AppStore. 
  • Loginlah dengan menggunakan data diri.
  • Jika sudah pernah menggunakan layanan ini sebelumnya untuk melakukan pembukaan rekening atau yang lainnya, maka pengecekan saldo ini bisa langsung dilakukan dengan mudah, sebab saldo akan terlihat pada halaman utama aplikasi tersebut. 

Cara Mencairkan Tabungan Emas Pegadaian

Sebagaimana tabungan pada umumnya, tabungan emas ini juga tentu bisa dicairkan kembali ke dalam bentuk uang tunai yang likuid. Para pengguna rekening tabungan emas tidak perlu khawatir, sebab proses pencairan tabungan ini sendiri akan berlangsung cukup mudah dan cepat. 

Berikut ini adalah cara mencairkan tabungan emas pegadaian dengan cepat dan mudah: 

1. Jual Kembali Emas Kepada Pegadaian 

Cara mencairkan tabungan emas yang pertama adalah dengan menjual kembali emas tersebut kepada pegadaian. Pihak pegadaian akan melakukan pembelian kembali emas tersebut sesuai dengan harga pasar yang berlaku di hari itu. Namun penjualan emas ini hanya bisa dilakukan dengan minimal berat 1 gram.

Pemilik rekening hanya perlu mendatangi cabang pegadaian terdekat dan melakukan penjualan emas ini secara manual. Atau, penjualan emas ini juga bisa dilakukan secara online melalui aplikasi pegadaian digital. 

2. Cetak Tabungan dalam Bentuk Emas Batangan 

Cara mencairkan tabungan emas pegadaian yang kedua adalah dengan mencetaknya menjadi emas batangan. Pencetakan emas ini bisa dilakukan dengan cara mendatangi cabang pegadaian di mana nasabah melakukan pembukaan rekening tabungan emas. Selain itu, pemilik rekening juga bisa melakukan pencetakan emas ini melalui aplikasi pegadaian digital. 

Permintaan pencetakan emas akan diproses dan pemilik rekening harus membayarkan sejumlah biaya pencetakan. Selanjutnya, pihak pegadaian akan memberikan informasi jika emas tersebut sudah selesai dicetak dan bisa diambil/ dikirimkan sesuai dengan permintaan nasabah. 

Nikmati Keuntungan dari Tabungan Emas Pegadaian

Tabungan emas pegadaian menjadi salah satu produk keuangan yang banyak diminati belakangan ini. Hal ini tentu bukan tanpa alasan, mengingat ada banyak kemudahan yang ditawarkan produk yang satu ini bagi para nasabahnya. Kenali dan gunakan tabungan emas pegadaian mulai sekarang, agar transaksi pembelian emas bisa menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

Baca Juga: Daftar Kantor Pegadaian Syariah Terdekat di Kawasan Jakarta