Mengenal Tabungan Emas, Syarat, dan Manfaatnya

Investasi sama halnya dengan menabung itulah yang ada di benak mereka yang telah lama berkecimpung di bidang ini. Sebagai contohnya saja apabila Anda saat ini memiliki banyak uang dan disimpan di bank, maka uang tersebut bisa jadi akan berkurang karena inflasi. Uang satu juta sekarang tidak sama dengan uang satu juta sepuluh tahun yang akan datang, hal itulah yang harus mulai Anda pikirkan dari sekarang.

Untuk bisa mengantisipasi hal tersebut, maka langkah menabung yang paling tepat adalah menyimpannya dalam bentuk barang termasuk juga emas. Seperti yang kita ketahui bersama emas untuk setiap tahunnya mengalami kenaikan, dan jarang sekali mengalami penurunan. Jadi selain rumah dan tanah, emas pun merupakan cara menabung yang paling tepat untuk Anda.

Beberapa waktu lalu PT Pegadaian sebagai salah satu BUMN terbesar yang ada di Indonesia, telah meluncurkan produk terbarunya yang berbasiskan EMAS. Produk tersebut dinamakan Tabungan EMAS, memang masih dalam tahap uji coba, namun dalam waktu yang tidak lama lagi akan mulai tersebar di seluruh pelosok Indonesia. Seperti kita ketahui PT Pegadaian saat ini memiliki lebih dari 4000 cabang di seluruh Indonesia.

Tabungan Emas adalah layanan pembelian dan penjualan emas dengan fasilitas titipan dengan harga yang terjangkau. Layanan ini memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk berinvestasi emas.

Berikut beberapa keunggulan serta manfaat yang bisa Anda dapatkan dari menabung dalam bentuk emas :

Keunggulan Tabungan Emas

Keunggulan Tabungan Emas

Keunggulan Tabungan Emas via wsimg.com

 

  1. Pegadaian Tabungan Emas tersedia di Kantor Cabang di seluruh Indonesia (sementara hanya tersedia di Kantor Cabang Piloting).
  2. Pembelian emas dengan harga terjangkau (mulai dari berat 0,01 gram).
  3. Layanan petugas yang profesional.
  4. Alternatif investasi yang aman untuk menjaga portofolio aset.
  5. Mudah dan cepat dicairkan untuk memenuhi kebutuhan dana Anda.

Syarat Tabungan Emas

 Syarat Tabungan Emas

Syarat Tabungan Emas via wordpress.com

 

  1. Membuka rekening Tabungan Emas di Kantor Cabang Pegadaian hanya dengan melampirkan fotocopy identitas diri (KTP/ SIM/ Passpor) yang masih berlaku.
  2. Mengisi formulir pembukaan rekening serta membayar biaya administrasi sebesar Rp5.000,- dan biaya fasilitas titipan selama 12 bulan sebesar Rp30.000,-.
  3. Proses pembelian emas dapat dilakukan dengan kelipatan 0.01 gram dengan atau sebesar Rp5.320,- untuk tanggal hari ini (07-04-2016). Misalnya jika ingin membeli 1 gram, maka harganya adalah Rp532.000,-.
  4. Apabila membutuhkan dana tunai, saldo titipan emas Anda dapat dijual kembali (buyback) ke Pegadaian dengan minimal penjualan 1 gram dan Anda dapat menerima uang tunai sebesar Rp515.000,- untuk tanggal 07-04-2016.
  5. Apabila menghendaki fisik emas batangan, Anda dapat melakukan order cetak dengan pilihan keping (5gr, 10gr, 25gr, 50gr, dan 100gr) dengan membayar biaya cetak sesuai dengan kepingan yang dipilih.
  6. Minimal saldo rekening adalah 0.1 gram
  7. Transaksi penjualan emas kepada Pegadaian dan pencetakan emas batangan, saat ini hanya dapat dilayani di Kantor Cabang tempat pembukaan rekening dengan menunjukkan Buku Tabungan dan identitas diri yang asli.

Baca Juga : 5 Cara Investasi Emas Batangan Antam untuk Pemula

Cara Menabung Emas di Pegadaian

Pegadaian

Cara Menabung Emas di Pegadaian via img1.beritasatu.com

 

  1. Lakukan survei terlebih dahulu untuk mengetahui harga emas hari ini. Untuk melakukannya Anda tidak perlu datang langsung ke toko emas, cukup dengan mengunjungi situs PT Antam yang beralamatkan di www.logammulia.com. Harga emas di situs tersebut akan menjadi bahan acuan Anda, karena biasanya harga di Pegadaian akan lebih tinggi sekitar 3% dari harga yang telah dipatok oleh PT. Antam.
  2. Selanjutnya sesuaikan terlebih dahulu dana yang dimiliki dengan berat emas yang akan dibeli. Umumnya emas yang ada di Pegadaian tersedia dalam berbagai pilihan beratnya mulai dari 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, dan 250 gram, bahkan ada yang mencapai 1 kg.
  3. Selanjutnya persiapkan syarat-syarat untuk mencicil emas di Pegadaian, untuk syarat sendiri telah dijelaskan diatas. Sesudah melengkapi segala persyaratan yang diperlukan, langkah berikutnya mengisi lembaran formulir aplikasi untuk program investasi emas ini. Setelah semuanya selesai, maka Anda akan diminta oleh pihak dari Pegadaian untuk menyerahkan DP (Down Payment) sebesar 20% atau 30% dari harga normal emas tersebut. Juga harus diingat untuk mengisi data diri Anda selengkap-lengkapnya.
  4. Setelah Anda membayar DP, Anda pun akan dikenakan biaya administrasi, jadi harus dipersiapkan sebelumnya. Untuk biaya administrasi itu ditentukan oleh masing-masing dari lembaga Pegadaian yang bersangkutan.
  5. Agar Anda bisa mendapatkan keuntungan nantinya, upayakan untuk tidak memilih jangka waktu yang terlalu lama. Karena semakin lama jangka waktu yang Anda pilih, maka akan semakin mahal harga emas cicilan tersebut. Dimana yang kita ketahui harga emas itu jarang sekali mengalami penurunan, sebaliknya selalu mengalami kenaikan setiap tahunnya.
  6. Harus diingat juga, selama masa cicilan berlangsung jangan sampai Anda lupa atau sampai lewat dari masa waktu yang telah ditentukan sebelumnya untuk membayar cicilan, karena nantinya Anda akan dikenakan denda oleh pihak Pegadaian, atau bahkan emas yang Anda investasikan akan dilelang oleh pihak Pegadaian. Nantinya uang hasil lelang itu akan dipotong 2%, serta dibebankan denda kepada pihak nasabah yang mengalami keterlambatan dalam membayar cicilan. Setelah itu nasabah akan menerima selisih dari harga emas tersebut. Hingga pada akhirnya Anda juga yang akan mengalami kerugian.
  7. Apabila pembayaran telah selesai atau lunas, emas baru akan diterima dalam jangka waktu dua minggu sampai 1 bulan dari waktu pelunasan tersebut
  8. Selama masa cicilan berjalan, Anda tidak perlu takut jikalau emas itu akan hilang atau terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, karena emas yang Anda investasikan akan disimpan dengan baik oleh pihak Pegadaian, dan telah menjadi tanggung jawab petugas pegadaian tersebut.
 

Keuntungan Menabung dan Investasi Emas di Pegadaian

Keuntungan Investasi Emas

Keuntunngan Investasi Emas via imperialfin.com

 

  1. Di pegadaian pembelian emas dapat dilakukan secara kredit maupun tunai. Apabila Anda membeli emas secara tunai, maka emas yang akan Anda beli akan diterima 2 minggu setelah pembayaran lunas. Hal ini karena pihak dari Pegadaian tidak menyediakan secara langsung emas tersebut. Jika Anda membelinya dengan sistem cicilan atau kredit, maka Anda akan baru menerima emas beserta sertifikatnya setelah cicilan tersebut lunas.
  2. Pegadaian adalah lembaga resmi serta perusahaan yang memiliki kredibilitas baik itu dalam hal transaksi maupun investasi emas. Oleh sebab itu, serahkanlah investasi Anda pada perusahaan yang jelas dan telah terbukti legalitasnya, agar tidak terjadi penipuan saat melakukan investasi, karena hingga saat ini saja telah banyak orang tertipu dalam hal investasi ini, jadi Pegadaian adalah tempat yang paling tepat untuk Anda manfaatkan.
  3. Emas yang dijual oleh Pegadaian telah memiliki sertifikat resmi dari PT Antam, namun kabarnya sekarang PT Pegadaian pun mengeluarkan produk emasnya sendiri yang mereka beri merk Pegadaian.
  4. Harga yang diterapkan oleh pihak Pegadaian dapat terbilang normal, dengan didukung proses yang sederhana. Tidak lebih dari 20 menit Anda sudah bisa menyelesaikan proses dari transaksinya.
  5. Jika kita melakukan investasi emas, akan dipastikan terlebih dahulu harganya akan selalu mengalami kenaikan. Karena pada dasarnya emas jarang sekali mengalami penurunan harga.
  6. Jangka waktu cicilan pun tidak akan membebani, di Pegadaian telah tersedia waktu cicilan mulai dari 1 bulan hingga 36 bulan.
  7. Apabila di tengah jalan saat proses cicilan Anda ada keperluan mendesak, maka emas tersebut bisa digadaikan di Pegadaian pula. Pegadaian akan menghitung semua cicilan Anda selama ini, dan itulah nilai maksimal yang akan Anda dapatkan. Jika Anda telah memiliki uang kembali silahkan bayar dan melanjutkan cicilan kembali.
  8. Emas tersedia dalam berbagai pilihan berat , mulai dari 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, 100 gram, 250 gram, hingga 1 kg. Jadi Anda dapat menentukan sendiri mau berinvestasi dalam bentuk berat yang mana.
  9. Untuk sisi keamanan investasi pun, pihak Pegadaian menyediakan fasilitas penyimpanan emas Anda dengan biaya yang sangat terjangkau.
  10. Emas Anda dijaga aman oleh PT. Pegadaian, jadi jangan takut emas Anda akan hilang.

Baca Juga : 7 Tempat Jual Beli Emas yang Paling Aman

Persiapkan Dengan Baik Sebelum Berinvestasi

Dengan mengetahui lebih dulu apa saja yang harus Anda persiapkan dan segala resiko apa saja yang mungkin timbul dalam berinvestasi emas, dapat lebih membantu Anda dalam mengetahui segala aspek yang dibutuhkan ketika ingin berinvestasi emas. Karena dengan begitu, Anda lebih bisa mempersiapkan segala sesuatunya dengan sebaik mungkin, untuk mencegah segala hal yang tidak diinginkan.   

Baca Juga : Penipuan Investasi Emas, Ini Modus dan Cara Menghindarinya