Mengenal Tabungan Emas, Syarat, dan Manfaatnya

Investasi emas sama halnya dengan menabung, tapi nilai aset tak tergerus inflasi. Itulah pemikiran sederhana yang ada di benak mereka yang telah lama berkecimpung di bidang investasi emas atau menabung emas.

Sebagai contoh, apabila Anda saat ini memiliki banyak uang dan disimpan di bank maka uang Anda bisa jadi akan berkurang karena inflasi. Uang senilai Rp5.000.000  di tahun 2020 tidak akan sama lagi nilainya pada tahun 2020. Hal seperti inilah yang harus mulai Anda pikirkan dari sekarang apabila Anda hanya mengandalkan menabung uang di bank saja.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, maka langkah menabung yang paling tepat adalah menyimpannya dalam bentuk barang sepertihalnya emas.

Seperti yang kita ketahui bersama emas, setiap tahunnya harga emas mengalami kenaikan dan jarang sekali mengalami penurunan atau penurunan yang terjadi sangat lama. Data terkini, harga emas logam mulia Antam per 12 Agustus 2020 adalah Rp1.026.000 per gram. Harga emas harian Anda bisa pantau disini.

Tentu saja, menabung emas bisa menjadi alternatif investasi minim risiko yang pas untuk mewujudkan tujuan keuangan Anda dan keluarga.

Tabungan Emas adalah layanan pembelian dan penjualan emas dengan cara membeli emas dalam bentuk logam mulia melalui fasilitas seperti menabung. Modal investasi emas sistem menabung ini sangat terjangkau, yakni bisa mulai nabung emas dengan besaran 0,01 gram.  Layanan nabung emas tentunya memberikan kemudahan kepada masyarakat luas untuk bisa berinvestasi emas.

Keunggulan Tabungan Emas di Pegadaian

emas pegadaian

  • Nabung emas dalam bentuk logam mulia bisa dilakukan secara online melalui Pegadaian (pegadaian.co.id).
  • Pembelian emas dengan modal terjangkau. Nasabah dapat melakukan transfer ke rekening Tabungan Emas mulai dari 0,1 gram.
  • Apabila uang di tabungan emas Anda sudah terkumpul, semisal uang Anda sudah setara dengan harga 5 gram emas maka Anda bisa menukarnya dengan emas bentuk fisik yakni logam mulia Antam.
  • Investasi emas dengan cara menabung ini aman untuk pilihan investasi jangka pendek maupun jangka panjang guna menjaga portofolio aset agar tidak tergerus inflasi. 
  • Emas logam mulia adalah investasi yang cepat dicairkan untuk memenuhi kebutuhan dana kapan saja. 
  • PT Pegadaian (Persero) menjamin emas Anda adalah karatase 24 karat.
  • Tabungan emas Pegadaian dikelola secara profesional dan transparan. Anda dapat melakukan buyback mulai dari 1 gram dan dapat melakukan pembelian atau nabung emas mulai dari 0,01 gram. 

Cara Buka Rekening Tabungan Emas di Pegadaian 

Membuka rekening Tabungan Emas di pegadaian sangatlah mudah. Anda bisa membuka rekening secara online atau offline.

Cara Offline:

  • Datang di Kantor Pegadaian atau Agen Pegadaian terdekat di kota Anda. Bawa fotocopy identitas diri (KTP/ Passpor) yang masih berlaku.
  • Mengisi formulir pembukaan Rekening Tabungan Emas
  • Membayar biaya pembukaan rekening Rp10.000 dan biaya fasilitas titipan selama 12 bulan sebesar Rp30.000,-.

Lalu, proses pembelian emas dapat dilakukan dengan kelipatan 0.01 gram sesuai dengan harga emas terkini. Misalnya jika Anda ingin membeli 1 gram per tanggal 12 Agustus, maka harga beli sebesar Rp1.026.000,-.

  • Apabila membutuhkan dana tunai, saldo titipan emas Anda dapat dijual kembali (buyback) ke Pegadaian dengan minimal penjualan 1 gram.
  • Apabila menghendaki fisik emas batangan, Anda dapat melakukan order cetak dengan pilihan keping (5gr, 10gr, 25gr, 50gr, dan 100gr) dengan membayar biaya cetak sesuai dengan kepingan yang dipilih.
  • Untuk top up atau menabung, Anda bisa setor dana Anda melalui outlet Pegadaian, ATM.
  • Minimal saldo rekening tabungan emas di Pegadaian adalah 0.1 gram dan untuk transaksi top up mulai dari 0,01 gram dan maksimal 100 gram per hari.
  • Transaksi penjualan emas bisa dilakukan dengan di Kantor Cabang tempat pembukaan rekening dengan menunjukkan Buku Tabungan dan identitas diri yang asli.
Baca Juga : 5 Cara Investasi Emas Batangan Antam untuk Pemula

Cara Online: 

  • Unduh Aplikasi Pegadaian Digital di Playstore atau Appstore.
  • Isi formulir permohonan pembukaan rekening tabungan emas
  • Lampirkan kartu identitas diri (KTP/Paspor)
  • Jika ingin mencetak buku tabungan emas, Anda harus datang ke outlet Pegadaian pembuka Tabungan Emas maksimal 6 bulan sejak pembukaan dari aplikasi Pegadaian/Agen Pegadaian. 

Tips Menabung Emas di Pegadaian 

View this post on Instagram

A post shared by PT PEGADAIAN (PERSERO) (@pegadaian_id) on

  1. Lakukan survei terlebih dahulu untuk mengetahui harga emas hari ini. Lakukan survei cek harga emas logam mulia  dari PT  Antam secara online di www.cermati.com/artikel/harga-emas-hari-ini. Harga emas tersebut akan menjadi bahan acuan Anda, karena umumnya harga di Pegadaian akan lebih tinggi sekitar 3% dari harga yang telah dipatok oleh PT. Antam.
  2. Selanjutnya sesuaikan terlebih dahulu berapa dana yang dimiliki dengan berat emas yang akan dibeli. Umumnya emas yang ada di Pegadaian tersedia dalam berbagai pilihan beratnya mulai dari 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, dan 250 gram, bahkan ada yang mencapai 1 kg.
  3. Selanjutnya persiapkan syarat-syarat untuk membuka tabungan emas di Pegadaian. Lakukan pendaftaran pilih ke kantor Pegadaian/Agen Pegadaian atau cara online melalui Aplikasi Pegadaian Digital.
  4. Lalu langkah berikutnya adalah mengisi lembaran formulir aplikasi untuk program investasi tabungan emas Pegadaian. Isi data diri dan data lainnya dengan lengkap. 
  5. Setelah semuanya selesai, maka Anda akan diminta oleh pihak dari Pegadaian untuk membayar biaya administrasi, dan biaya penitipan emas serta setoran uang tabungan emas. 
  6. Agar Anda bisa mendapatkan keuntungan dari investasi tabungan emas ini. Disiplinlah menabung emas. Ingat ya, harga emas itu jarang sekali mengalami penurunan, sebaliknya selalu mengalami kenaikan setiap tahunnya.
  7. Tapi apabila Anda jarang menabung, Anda tidak perlu khawatir. Saldo emas tidak akan hilang dan rekening tetap aktif apabila saldo emas anda masih mencukupi untuk membayar biaya fasilitas penitipan Rp30.000,-.
  8. Ingat, apabila saldo tabungan emas Anda tidak mencukupi maka rekening Anda akan tersebut otomatis ditutup. 
  9. Apabila program tabungan emas yang Anda pilih telah selesai atau lunas, maka emas bisa Anda cetak dalam bentuk fisik. Untuk saat ini, proses order cetak saldo emas hanya dilakukan di outlet pembuka rekening Tabungan Emas.
  10. Selama masa program nabung emas ini berjalan, Anda tidak perlu takut jikalau emas Anda akan hilang atau terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, karena emas yang Anda investasikan akan disimpan dengan baik oleh pihak Pegadaian, dan telah menjadi tanggung jawab petugas pegadaian tersebut.
Baca Juga : 7 Tempat Jual Beli Emas yang Paling Aman
Hati-Hati Penipuan Tawaran Nabung Emas via Sosial Media

Jadi nabung emas itu menguntungkan dan minim risiko. Sebelum nabung emas, Anda harus paham dulu apa saja yang harus Anda persiapkan dan pastinya Anda harus lebih berhati-hati agar terhindari dari penipuan program tabungan emas yang marak beredar via sosial media (Facebook/Instagram). Pastikan Anda mendapatkan informasi yang resmi dari website PT  Pegadaian dan Sosial Media resmi dari PT  Pegadaian.

Baca Juga : Penipuan Investasi Emas, Ini Modus dan Cara Menghindarinya