Tak Perlu Kaget, Ini 6 Kendala yang Sering Terjadi Saat Mulai Bisnis Pertama

Saat akan memulai bisnis untuk pertama kalinya, pastikan Anda sudah memiliki gambaran yang jelas tentang bisnis itu sendiri. Pada umumnya ketika menjalankan bisnis pertama ini akan membutuhkan tenaga ekstra dan tidak selalu berjalan sesuai dengan rencana. 

Bahkan bisa saja mengalami banyak kendala saat akan memulainya. Jika menghadapi berbagai kendala, jangan mudah menyerah dan pastikan Anda selalu mampu untuk mengatasi semua kendala ini dengan cara yang paling tepat.

Agar Anda tidak kaget, berikut ini adalah beberapa kendala yang kerap terjadi ketika membangun bisnis untuk pertama kalinya.

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

1. Bingung memilih bisnis yang tepat

loader
Bingung memilih bisnis yang tepat

Kebingungan memilih bisnis yang akan dijalankan, hal ini merupakan salah satu yang paling umum dirasakan calon pebisnis pemula. Bisnis yang sedang tren tentu akan selalu menarik, tapi juga bisa saja hanya bersifat musiman. Sebaliknya, bisnis yang terlihat besar dan menguntungkan justru tidak mudah untuk dimulai dari awal. 

Hal-hal seperti ini bisa saja membuat Anda pusing sendiri dalam menentukan bisnis yang tepat untuk dilakoni. Jangan buang waktu dan hanya berkutat di dalam pertanyaan yang satu ini saja. Pilih bisnis yang sesuai dengan minat dan kemampuan, sehingga lebih mudah untuk memulai dan mengelolanya dengan cara yang tepat.

Baca Juga: Pebisnis Pemula, Ini 4 Kriteria Produk Bisnis Online yang Paling Aman Dijual

2. Takut mengalami kegagalan

Kegagalan merupakan salah satu hal yang paling menakutkan bagi para pebisnis pemula. Kehilangan kesempatan, waktu dan juga uang merupakan dampak yang kerap membayangi orang yang ingin terjun ke dunia bisnis. 

Pada dasarnya, semua ini merupakan bagian dari resiko bisnis itu sendiri. Anda bisa mengelola berbagai risiko ini dengan cara yang tepat, sehingga tidak perlu dialami ketika menjalankan bisnis. 

Hindari rasa takut yang berlebihan seperti ini, sebab hal tersebut bisa membuat langkah selalu surut dalam membangun bisnis. Cobalah untuk selalu berpikir positif dan tenang, agar bisa memulai bisnis dengan rencana yang lebih matang.

3. Tidak punya modal bisnis

loader
Tidak punya modal bisnis

Bisnis yang besar tentu akan membutuhkan modal yang banyak, sehingga sulit untuk direalisasikan oleh pemula. Dalam prakteknya, bisnis yang besar sekalipun bisa saja dimulai dari sebuah bisnis yang kecil terlebih dahulu.

Jangan hanya fokus pada skala bisnis yang besar dan membutuhkan modal yang juga besar, sebab hal ini akan membuat Anda sulit untuk memulai bisnis. Ada banyak pilihan bisnis yang lebih simpel dan minim modal, sehingga Anda bisa menjalankannya dengan lebih mudah. 

Jika perlu modal tambahan, Anda bisa mendapatkan dana pinjaman dengan berbagai cara, antara lain pinjam ke anggota keluarga lain atau bahkan mengajukan pinjaman online di berbagai aplikasi pinjol terpercaya atau berbagai bank.

4. Tidak punya tempat berbisnis

Tempat bisnis yang strategis memang kerap mahal, Anda bisa kesulitan untuk membayar sewanya saja. Namun bisnis bisa saja dimulai dari tempat yang kecil, bahkan dari rumah sekalipun. 

Anda dapat memilih bisnis rumahan yang tepat untuk masa awal ini, di mana Anda menjalankan semua aktivitas bisnis dari rumah saja. Jangan memaksakan diri untuk menyewa tempat bisnis, apalagi jika kondisi keuangan tidak memungkinkan untuk kebutuhan tersebut.

Baca Juga: Pebisnis Pemula, ini 4 Hal Penting yang Bikin Bisnis Anda Sukses

5. Tidak percaya diri dan merasa tidak mampu

loader
Tidak percaya diri dan merasa tidak mampu

Pada masa awal ini, Anda tentu belum memiliki kemampuan dalam mengelola bisnis atau bahkan merencanakannya dengan sempurna. Jangan jadikan alasan untuk merasa tidak percaya diri dalam memulai bisnis tersebut. 

Anda harus tetap optimis dan lebih banyak belajar lagi, agar memiliki kemampuan yang lebih baik dalam menjalankan bisnis. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menambah ilmu bisnis, mulai dari mengikuti seminar hingga membaca lebih banyak artikel dan buku tentang dunia bisnis yang geluti.

6. Belum siap untuk berhenti dari pekerjaan utama 

Meninggalkan pekerjaan kantoran untuk menekuni bisnis yang baru memang tidak mudah. Hal ini bahkan akan semakin sulit, jika ternyata Anda sudah bekerja cukup lama. 

Tak perlu bingung ataupun khawatir, sebab Anda bisa saja menjalankan kedua pekerjaan ini secara beriringan. Biasakan untuk disiplin dan membagi waktu dengan cerdas, agar pekerjaan dan bisnis bisa sukses secara bersamaan. 

Jika bisnis sudah berjalan stabil dan menunjukan omset penjualan yang terus meningkat, maka Anda bisa resign dari perusahaan.

Mulai Bisnis Pertama Sekarang Juga

Kenali semua kendala yang kerap terjadi pada pebisnis pemula, agar Anda bisa mengatasinya dengan cara yang tepat. Memulai bisnis pertama dengan rencana yang matang, sehingga Anda bisa lebih mudah mengelola bisnis untuk mendapatkan kesuksesan maksimal.

Baca Juga: Sederhana! Lakukan 7 Kebiasaan Kecil Saat Membangun Bisnis