Tertarik Kuliah Jurusan Sistem Informasi? Ini Mata Kuliah yang Wajib Dipelajari

Memilih jurusan kuliah tentu bukan hal mudah dan membutuhkan pertimbangan matang, seperti passion, prospek pekerjaan atau karier, dan lainnya. Jangan sampai salah pilih jurusan, karena hal tersebut dapat berujung pada penyesalan seumur hidup.

Mau kamu banyak uang atau tidak, kuliah akan menjadi sebuah jembatan yang menghubungkan kamu dengan masa depan. Jadi kamu betul-betul harus memilih jurusan kuliah sesuai minat dan kemampuan. Jika didasari pada kedua hal ini, kamu akan lebih mudah untuk belajar, beradaptasi, dan mendalami jurusan tertentu.

Ada banyak pilihan jurusan kuliah yang dapat kamu pertimbangkan, salah satunya jurusan sistem informasi. Perkembangan teknologi informasi di Indonesia yang sangat pesat membuka banyak kesempatan kerja untuk lulusan sistem informasi. Nah lulusannya bisa bekerja menjadi application developer, data analyst, computer engineering, software engineer, graphic designer, network security, web developer, dan masih banyak lainnya.

Buat kamu yang tertarik kuliah mengambil jurusan sistem informasi, pastikan kamu mengenal baik ilmu bidang ini. Tapi kamu harus siap untuk mempelajari beberapa mata kuliah yang agak njelimet, hitung-hitungan saat memilih jurusan sistem informasi. Antara lain:

Baca Juga: Tips Bisa Bayar Kuliah S2 Sendiri

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

1. Matematika dan Statistika

Matematika dan Statistika
Matematika dan Statistika

Mata kuliah matematika dan statistik biasanya menjadi mata kuliah wajib untuk semua jurusan, apalagi yang berbau teknik. Kamu akan kembali mengulik angka-angka di jurusan ini, bahkan di semester awal. Bukan cuma itu, mata kuliah statistika wajib kamu pelajari di jurusan sistem informasi.

Namun biasanya mata kuliah ini akan diajarkan setelah kamu lulus mata kuliah matematika terlebih dahulu. Akan sangat menyenangkan jika ternyata kamu telah memiliki kemampuan matematika yang baik sejak awal. Jika tidak, maka belajar lebih keras tentu menjadi pilihan yang tepat, bukan?

 

2. Ekonomi

Di jurusan sistem informasi, kamu juga akan belajar mengenai ilmu ekonomi. Mempelajari beberapa bidang sekaligus, seperti manajemen dan akuntansi. Hal ini mungkin akan membuat kamu sedikit kaget, mengingat jurusan yang kamu pilih jauh dari bidang ekonomi.

Selain manajemen dan akuntansi, kamu juga dituntut mendalami berbagai peraturan, serta undang-undang lainnya yang diterbitkan oleh pemerintah, tentunya yang berhubungan dengan jurusan sistem informasi.

3. Kepemimpinan

Mahasiswa jurusan sistem informasi juga akan mendapatkan mata kuliah kepemimpinan. Jangan anggap sepele, karena itu penting untuk masa depan kamu yang kelak akan menangani sejumlah proyek dan membawahi beberapa orang lain dalam satu tim. Kamu harus memiliki kemampuan presentasi, memimpin sebuah proyek besar sekalipun.

4. Pemrograman

Mata kuliah pemrograman tentu wajib kamu dalami apabila mengambil jurusan sistem informasi. Hal ini akan membutuhkan kemampuan dasar yang baik terlebih dahulu, tentunya di beberapa bidang lain yang akan menjadi dasar dari mata kuliah ini, antara lain algoritma, matematika, bahasa pemrograman, dan lainnya. Jadi kamu juga akan membutuhkan logika dan berbagai pemecahannya sebagai solusi. Mata kuliah ini membutuhkan kreativitas, kemampuan berhitung, dan logika kamu sekaligus.

Baca Juga: Cara agar Diterima Kuliah di PTN

5. Analisis

Ketika bertemu dengan sejumlah kasus atau masalah pada komputer, kamu tentu akan melakukan analisis dan mencari sumber masalahnya, dan berupaya menemukan solusinya. Hal seperti ini juga akan kamu hadapi di jurusan sistem informasi. Kamu akan mencoba membangun sebuah sistem, memulai dari nol dan membuatnya sedemikian rupa hingga dapat berjalan dengan baik. Untuk semua itu, kamu membutuhkan analisis terlebih dahulu, baik itu terkait dengan peralatan, biaya, dan cara mengatasi hal tersebut sebaik mungkin.

6. Sistem dan Data

Sistem dan Data
Sistem dan Data

Di jurusan sistem informasi ini, kamu akan sangat akrab dengan yang namanya data. Sebuah sistem akan berjalan dengan adanya data, proses, dan output yang saling berhubungan. Semua hal ini akan menjadi palajaran penting, jadi pastikan kamu memiliki pemahaman yang baik sejak awal terkait dengan sistem dan data. Kamu akan mengolah sejumlah data dan memprosesnya, sehingga sejumlah output yang dibutuhkan akan dihasilkan dari proses tersebut.

Pahami Agar Lebih Mudah Dijalani

Meski tergolong jurusan yang masih baru, namun sistem informasi makin hari kian diminati. Jika kamu berminat untuk masuk ke jurusan ini, maka pastikan kamu memahami terlebih dahulu apa saja yang akan dipelajari nanti. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah untuk menjalani kuliah.

Baca Juga: 5 Negara Tujuan dengan Biaya Kuliah yang Terjangkau