Tip Investasi Saham Agar Masa Depan Keuangan Lebih Baik

Bayangkan sejenak. Apa saja hal yang ingin Anda wujudkan dalam 5 tahun atau 10 tahun ke depan? Apakah Anda berencana menikah, beli rumah, punya mobil, punya dana pendidikan untuk anak hingga menikmati masa pensiun tanpa khawatir soal uang?

Apa pun impian baik Anda, semua itu memerlukan dana yang tidak sedikit dan menabung saja tidak akan cukup. Anda harus pintar mengelola keuangan dan mulai investasi.

Investasi menjadi cara terbaik yang dapat membantu Anda mewujudkan semua impian dan tujuan keuangan Anda di masa depan.

Tapi investasi kemana? Investasi apa yang mudah, aman dan menguntungkan?

Ada beragam pilihan investasi legal seperti saham, reksa dana, obligasi hingga emas. Dari semua itu, investasi saham merupakan instrumen investasi pasar modal yang dapat memberikan return atau keuntungan paling tinggi diantara produk investasi lainnya.

Berbeda dengan dulu, investasi saham di zaman sekarang itu mudah dan modal investasinya semakin terjangkau. Bahkan, Anda bisa investasi saham dengan sistem menabung, yaitu nabung saham.  

Menyoal investasi saham, Anda tak bisa sembarangan beli saham dan berharap akan untung tinggi. Ada strategi dan tipnya agar bisa meraih untung dan meminimalisir risiko kerugian investasi. Apa saja itu? Berikut tip praktis investasi saham agar keuangan Anda menjadi lebih baik di masa depan.

1. Miliki Tujuan Keuangan Jangka Panjang

loader

Ilustrasi mencatat finansial goal jangka panjang

Sebelum mulai investasi, sebaiknya tentukan di awal apa saja tujuan keuangan jangka panjang yang ingin Anda wujudkan. Misalnya, membeli rumah, persiapan dana menikah, pendidikan anak, kendaraan hingga tabungan dana pensiun.

Dengan memiliki tujuan jangka panjang yang jelas, diharapkan Anda akan lebih termotivasi dan bersemangat ketika investasi. Setelah itu, niatkan dan bangun mindset investasi yang positif yaitu menjadi investor yang terus belajar berbagai strategi investasi saham, disipilin menyisihkan uang untuk investasi dan sabar menanti hasilnya.

2. Kenali Keuntungan & Risiko Investasi Saham

Pahami sejak awal bahwa semua jenis investasi memiliki keuntungan dan risiko masing-masing. Ada dua jenis keuntungan yang akan diperoleh investor saham yaitu capital gain dan pembagian deviden.

Arti dari capital gain adalah keuntungan yang didapatkan dari selisih harga beli dan harga jual saham. Sedangkan, pembagian deviden adalah keuntungan yang dibagikan perusahaan kepada investor sesuai dengan porsi kepemilikan masing-masing.

Sementara itu, risiko investasi saham antara lain dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal seperti kondisi bisnis perusahaan (emiten) saham, kondisi perekonomian hingga situasi global. Namun, semua risiko investasi ini dapat diminimalisir, misalnya dengan cara membeli saham-saham yang memiliki prospek dan fundamental kuat.

3. Mulai Investasi, Tak Perlu Menunda

loader

Ilustrasi investasi saham bertumbuh dalam jangka panjang

Anda tak perlu menunggu kaya-raya untuk bisa mulai investasi saham. Dengan modal ratusan ribu saja, Anda sudah bisa mulai investasi saham. Jangan lupa disiplin untuk top up setiap bulan dengan menyisihkan gaji, misalnya Rp 500.000 - Rp 1.000.000 per bulan.

Gunakan aplikasi investasi saham yang aman dan terpercaya seperti aplikasi IPOT dari PT Indo Premier Sekuritas. IPOT dilengkapi dengan digitalisasi pembukaan rekening efek saham yang tidak lagi butuh tanda tangan basah. Aplikasi IPOT tampil lebih menarik, lengkap dan detail dibanding aplikasi transaksi saham yang ada saat ini dengan 7 (tujuh) keunggulannya:

Pertama, Robo Trading Lengkap. Sistem trading otomatis akan menjalankan seluruh instruksi order jual dan beli pada saham dan harga yang telah ditentukan sebelumnya oleh nasabah sehingga nasabah tidak akan kehilangan momen. Di sistem ini semua bisa disetting user mau beli saham apa saja, di harga berapa, target berapa, banyaknya berapa hingga kapan mau dieksekusi.

Kedua, Charting Lengkap. Fitur charting dengan indikator dan tools lengkap dan up to date serta kalender aksi korporasi dengan notifikasi untuk mendukung keputusan investasi nasabah. Fitur charting ini akan memudahkan nasabah mengetahui pergerakan harga saham masa lalu dan prediksi ke depannya.

Ketiga, Transaksi Berapa Pun dan Dari Mana Pun. Nasabah bisa melakukan transaksi multiorder dengan fitur fast buy/sell di harga dan jumlah berapa pun secara bersamaan. Nasabah juga dapat mengakses fitur transaksi tersebut dari layar mana pun. Transaksinya pun bisa sekaligus borongan di harga dan jumlah yang berbeda-beda.

Keempat, Berita Lengkap dan Akurat dengan Hasil Riset Mendalam. Aplikasi ini dilengkapi laman News yang berisi berita ekonomi dan keuangan lengkap dan akurat dengan hasil riset yang mendalam dari tim Indo Premier. Di page News ada artikel riset dan berita-berita ekonomi dan keuangan terkait saham yang akan memudahkan nasabah dalam berinvenstasi. Menariknya, nasabah juga bisa langsung beli/jual di berita dengan kode saham yang tercantum.

Kelima, Laporan Transaksi dan Gain/Loss Tanpa Batas. Histori transaksi dan laporan gain/loss dapat dilihat secara detil dan lengkap tanpa batas waktu, bahkan sejak pertama kali akun dibuka.

Keenam, Platform Edukasi Terintegrasi.  Konten edukasi dalam berbagai macam format dan jadwal kegiatan edukasi tersedia di laman Journey. Nasabah bisa memilih konten dan mengikuti kegiatan edukasi yang sesuai dengan kebutuhan untuk meningkatkan pengetahuan investasimu. Nasabah akan dibimbing dari newbie sampai jago! Di page Journey ada konten-konten edukatif dari level beginner sampai advanced dalam segala format biar investor pemula pun bisa belajar sekaligus praktek langsung

Ketujuh, Tampilan yang Customized. Fitur quicklink dapat membantu mengakses fitur favorit nasabah di IPOT. Nasabah juga bisa menyesuaikan preferensi tampilan dengan adanya pilihan dark mode.

4. Tingkatkan Skills Investasi Saham

loader

Ilustrasi tingkatkan skills untuk ciptakan strategi investasi 

Kunci sukses investasi saham itu terletak pada strategi investasi. Menyoal hal ini, Anda tak perlu khawatir sebab di aplikasi IPOT, Anda bisa menikmati fitur untuk meningkatkan ilmu investasi, yakni IPOT memiliki Konten Edukasi terintegrasi untuk meningkatkan pengetahuan investasi, berita lengkap dan akurat dengan hasil riset mendalam.

Selain itu, ada tampilan Dark/Light Mode dan Quicklink guna memudahkan akses informasi. Jadi, melalui konten edukasi dan berita IPOT, Anda bisa mencari informasi lengkap seperti bagaimana cara mengetahui saham-saham yang berfundamental kuat, perusahaan yang memiliki prospek bisnis cemerlang, hingga kinerja terkini saham-saham blue chip

Semangat Investasi Demi Masa Depan

Anda tak perlu menunda-nunda investasi, mulailah hari ini. Investasi saham semakin mudah berkat aplikasi IPOT, yang bisa diunduh melalui Android atau IOS.

Mau buka rekening saham, jual-beli saham, baca laporan hingga berita terkini seputar investasi lengkap bisa dinikmati dalam satu aplikasi. Fitur investasi IPOT sangat inovatif dan memudahkan setiap langkah Anda dalam investasi.

Yuk, mulai lakukan aksi nyata untuk mewujudkan semua tujuan keuangan Anda dengan cara investasi, lalu berdisiplin dan bersemangatlah dalam menciptakan masa depan keuangan menjadi lebih baik.