Tips Investasi Emas Batangan dan Perhiasan Biar Cuan Maksimal

Punya rencana berinvestasi untuk mendapatkan keuntungan di masa depan? Jenis investasi seperti apa yang akan kamu pilih? 

Seperti yang kita ketahui, banyak instrumen investasi yang bisa dijadikan pilihan. Salah satu instrumen yang paling populer dan sudah ada sejak lama adalah emas. Hingga saat ini, investasi emas masih menjadi pilihan bagi banyak orang untuk mendapatkan keuntungan. Namun, bagaimana cara berinvestasi emas yang tepat? Terutama emas batangan dan perhiasan yang masih menjadi primadona masyarakat. Berikut jawabannya.

Mulai Berinvestasi Emas Sekarang!

Tips Investasi Emas Batangan dan Perhiasan

1. Selalu Pantau Harga Emas di Pasaran

Memantau harga emas memang menjadi hal yang sangat penting. Hal ini bertujuan agar kamu bisa membeli emas sebanyak-banyaknya di waktu yang tepat. Usahakan membelinya di harga paling rendah.

Sebaliknya, lakukan penjualan emas ketika harganya sedang melambung tinggi. Namun, sesuaikan juga dengan rencana atau target investasimu. Jangan sampai, kamu menjual emas di waktu yang tidak tepat atau sedang tidak membutuhkannya.

2. Pastikan Kelengkapan Sertifikat

Saat kamu memutuskan untuk berinvestasi emas, maka emas yang dibeli pun harus jelas serta bisa dipertanggungjawabkan nantinya. Maksudnya, pastikan bahwa emas yang kamu beli sudah dilengkapi dengan surat-surat atau sertifikat resmi. Pasalnya, surat atau sertifikat inilah yang akan menjadi indikator keaslian serta kualitas dari emas tersebut. 

Mempunyai surat-surat atau sertifikat emas, bisa memudahkanmu dalam melakukan penjualan emas di kemudian hari. Begitu pun dengan harga jual nantinya yang tidak akan mengalami banyak penurunan karena tidak memiliki surat atau sertifikat resmi.

3. Perhatikan Kadar Kemurnian Emas

Tidak kalah pentingnya untuk diperhatikan, kadar emas menjadi faktor penentu kualitas dan harga emas yang dimiliki. Kamu harus memastikan bahwa emas yang dibeli memiliki kemurnian sebesar 99% - 99,9% untuk logam mulia atau merupakan emas tua (kandungan emas murninya lebih dari 70%) untuk perhiasan.

4. Beli di Toko Emas Langganan atau Terpercaya

Investasi emas fisik tetap harus hati-hati. Beli emas di toko langganan atau terpercaya yang sudah dikenal kredibilitasnya.

Membeli emas pun harus dilengkapi dengan surat atau sertifikat seperti yang sudah dijelaskan di poin sebelumnya.

Bijak dalam Berinvestasi Emas

Pada intinya, investasi emas memang menawarkan banyak keuntungan sehingga sangat disayangkan jika kamu melewati peluang untuk menstabilkan kondisi keuangan di masa depan dengan berinvestasi emas. Namun, untuk melakukan investasi pun tidak bisa asal-asalan, harus diperhitungkan dengan matang.